10 Gedung Tinggi di Dunia

Ilustrasi gedung tinggiDi kota-kota besar, terdapat banyak gedung tinggi yang berfungsi sebagai pusat perkantoran. Selain sebagai pusat perkantoran, gedung pun sering dipakai untuk pertemuan atau acara-acara lainnya.

Jika berbicara soal ketinggian gedung, akab banyak sekali perdebatan dalam mentukan definisi dan criteria gedung tinggi. Oleh karena itu, gedug-gedung yang memiliki ketinggian yang lebih dari biasanya dibangun dengan struktur menara radio atau televisi yang rata-rata memiliki ketinggian sekitar 600 meter.

Hal-hal yang diperdebatan dalam menentukan kriteria gedung tinggi atau bangunan tinggi antara lain sebagai berikut.

  • Apakah struktur yang disanggah guy wire dapat dihitung ketinggiannya?
  • Apakah menghitung ketinggian hanya tempat yang dapat ditinggali?
  • Apakah antenna di atas atap dapat dihitung?
  • Apakah struktur yang ada di bawah air pun dihitung ketinggiannya?

Gedung-gedung Tinggi di Dunia

Nah, untuk menetahui gedung-gedung tinggi yang ada di dunia, simak uraiannya dalam penjelasan berikut ini.

1. Burj Khalifa

Salah satu gedung yang termasuk bangunan tinggi di dunia adalah Burj Khalifa. Bangunan tinggi ini berlikasi di Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung yang dibangun pada 2004 ini dibuka pada 4 Januari 2010. Bangunan yang memiliki ketinggian 828 meter ini memiliki jumlah lantai sebanyak 150 lantai.

Burj Khalifah ini termasuk bangunan tertinggi nomor satu di dunia. Ketinggian yang dimiliki gedung ini melewati ketinggian gedung lainnya, misalnya gedung Taipe 101 yang dinobatkan sebagai gedung tertinggi pada Juli 2007.

Ketinggian gedung Burj Khalifa ini pun melewati ketinggian gedung CN Tower dan Menara KVLY-TV di Amerika Serikat. Gedung Burj Khlifa ini pun memiliki lift yang tercepat dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam.

2. Gedung Abraj Al Bait

Salah satu bangunan yang termasuk bangunan tertinggi di dunia adalah gedung Abraj Al Bait. Bangunan yang nerlokasi di Mekah, Arab Saudi ini memiliki ketinggia 601 meter. Gedung yang dibangun antara 2004 hingga 2012 ini memiliki jumlah lantai 120. Gedung Abraj Al Bait dikenal dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Bangunan ini memliki keunikan, yaitu gedung ini letaknya dekat Masjidil Haram, tpatnya di pintu selatan Masjidil Haram.

Bangunan ini memiliki tujuh menara dengan satu menara yang bernama Hotel Towe memiliki ketinggian di atas menara lainnya yang digunkan khusus sebagai apartemen. Hotel Tower berfungsi sebagai hotel bintang tujuh. Bangunan yang berada di bawah tujuh menara ini diisi dengan 5 lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas lainnya, termasuk ruang ibadah yang mampu menampung hingga 10.000 orang.

Pembangunan bangunan tertinggi kedua di dunia ini dimulai pada 2004. Secara bertahap, ketujuh menara itu diselesaikan. Menara terakhir yang diselesaikan dinamakan menara Maqam. Bagunan ini memang dirancang sebagai hotel yang diharpakan bisa menampung 100.000 orang jemaah haji.

3. Taipe 101

Bangunan tinggi selanjutnya adalah Taipe 101. Bangunan yang berlokasi di Taipe, Taiwan ini memiliki jumlah lantai 101. Bangunan yang memiliki ketinggian 509 ini dibuka pada 31 Desember 2004. Dalam berbagai aspek, gedung Taipe 101 ini merupakan gedung pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat oleh manusia. gudng Taipe 101 ini memiliki keunggulan, yaitu fiber optic dan saluran intenet satelit yang bisa mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik.

Gedung ini pun memiliki dua lift yang memiliki kecepatan sekitar 63 km per jam. Dengan kecepatan tersebut, lift dapat menempuh waktu 39 detik dari lantai dasar hingga lantai 89. Menara ini memiliki pendulum seberat 800 ton yang dipasang di lantai 88. Pendulum ini berfungsi sebagai penyeimbang menara ini dari goyangan yang ditimbulkan angin, gempa bumi, ataupun gaya geser dari angin.

4. Shanghai World Financial Center

Bangunan tertinggi di dunia selanjutya adalah Shanghai Wolrd Financial Center. Gedung tinggi yang berlokasi di China ini dibangun dari tahun 1997 hingga 2008 dan dibuka untuk umum pada Agustus 2009. Bangunan dengan tinggi 494,3 meter ini memiliki lantai sebanyak 101 lantai.

Bangunan tertinggi keempat di dunia ini memiliki fitur khas. Fitur khas dari bagunan ini terletak paa desain bangunan yang berbentuk aperture trapezium di puncaknya. Aperture yang berbentuk melingkar ini memiliki diameter 46 meter. Aperture yang berbentuk melingkar ini berfungsi untuk mengurangi tekanan dari angin yang bertiup.

5. International Commerece Center

Gedung tinggi yang selanjutnya adalah International Commerece Center. Bangunan tertinggi kelima di dnia ini belokasi di Hong Kong. Gedung International Commerece Center ini memiliki tinggi 484 meter. Bangunan tertinggi di dunia ini dibangun pada 2005 hingga 2010 dan dibuka untuk umum pada 2011. Perlu diketahui bahwa gedung ini memiliki jumlah lantai sebanyak 108 lantai.

Gedung yang terkenal dengan nama ICC Tower ini merupakan bagian dari nion Square yang dibangun di kawasan Kowloon Station. Selain menjadi bangunan tertinggi kelima di dunia, gedung ini pun menjadi gedung tertinggi di Hongkong.

6. Menara Kembar Petronas

Bangunan tertinggi di dunia selanjutnya adalah Menara Kembar Petronas. Menara Kembar Petronas ini terletak di negara serumpun Indonesia, yaitu Malaysia. Sekarang ini, Menara Kembar Petronas ini menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Malaysia. Selain itu, bangunan yang terletak di Kuala Lumpur ini pun menjadi ikon Malaysia di mata dunia. gedung dengan tinggi sekitar 451 meter ini memliki jumlah lantai sebanyak 88 lantai.

Menara kembar ini dirancang oleh Adamson Associates Architects dari Kanada dan Cesar Pelli & Associates Architects, Amerika Serikat. Karena menara ini terdiri dari 2 gedung yang sama, Menara Kembar Petronas diberi gelar sebagai menara kembar tertinggi di dunia.

7. Zifeng Tower

Bangunan tinggi di dunia selanjutnya adalah Zifeng Tower. Bangunan tinggi yang berlokasi di Nanjing, China ini memiliki tinggi sekitar 450 meter. Bangunan tertinggi ketujuh di dunia selesai dibangun pada 2009 dan dibuka untuk umum pada tahun yang sama. Jumlah lantai dari bangunan tinggi ini sebanyak 89 lantai.

Bangunan tertinggi ketujuh di dunia ini berfungsi sebagai perkantoran di bagian bawah. Sementara itu, bagian atas gedung tinggi ini berfungsi sebagai restoran, hotel, dan observatorium public.

8. Wills Tower

Bangunan tertinggi di dunia selanjutnya adalah Willis Tower. Bangunan tinggi yang teletak di Chicago, Amerika Serikat ini memiliki tinggi 442 meter. Bangunan tertinggi kedelapan di dunia ini memiliki jumlah lantai sebanyak 108 lantai. Menara Willis ini sebelumnya bernama Sears Tower. Karena menara kembar World Trade Center hancur akibat serangan teroris, menara Willis ini menjadi gedung tertinggi di Amerika Serikat. Menara ini pun menjadi objek wisata paling populer di Chicago.

9. Jin Mao Buliding

Bangunan tertinggi di dunia selanjutnya adalah Jin Mao Building. Bangunan tetinggi kesembilan di dunia berlokasi di Shanghai, China. Bangunan dengan tinggi 420 meter ini memiliki jumlah lantai sebanyak 88 lantai. Jin Mao Building ini berfungsi sebagi area perkantoran dan hotel dengan nama Shanghai Grand Hyatt Hotel. Gedung ini bersebelahan dengan Shanghasi World Financial Center.

10. Two International Finance Center

Bangunan tertinggi di dunia selanjutnya adalah Two International Finance Center. Bangunan yang berlokasi di Hong Kong inin memiliki ketinggin 415 meter. Bangunan yang dibangun pada 1997 hingga 2003 ini memiliki jumlah lantai sebanyak 88 lantai.

Itulah 10 gedung tinggi yang ada di dunia. Semoga penjelasan yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Speak Your Mind

*