10 Pantai Paling Eksotis Di Bali

Ilustrasi pantaiIngat film yang dibintangi bintang sexy Julia Roberts; Eat, Pray and love? Salah satu tempat syutingnya adalah di pulau Bali, sebuah pulau yang terkenal memiliki kebudayaan dan pesona alam yang luar biasa.

Sebenarnya, rahasia mengapa Bali dapat terkenal sampai ke mancanegara adalah karena ke eksotisan berbagai jenis pantai yang memang seperti mengurung seluruh pulau itu.

10 Pantai Eksotis di Pulau Bali

Anda tentu tidak mau kalah dengan para turis mancanegara yang telah mengunjungi kekayaan wisata bangsa itu kan? Nah, berikut adalah daftar panduan pantai-pantai eksotis yang ada di Bali, jika Anda nanti berniat menjelajahinya.

1. Pantai Kuta

Pantai berpasir putih ini paling tenar di kalangan turis lokal ataupun mancanegara. Pemandangan sunset-nya menjadi favorit pengunjung. Tak heran jika sore menjelang malam, pantai ini selalu penuh dengan turis. Ombaknya yang tinggi juga membuat banyak orang gemar melakukan kegiatan surving di Pantai Kuta. Bagaimana jika Anda yang ingin mencoba ber-surving ria namun tak mempunyai papan selancar? Jangan khawatir, karena di Kuta banyak terdapat penyewaan papan selancar dengan harga terjangkau.

2. Pantai Sanur

Tidak seperti Kuta, suasana Sanur lebih mencerminkan suasana pedesaan. Semenjak direnovasi besar-besaran, Pantai Sanur berubah menjadi tempat wisata yang lebih cantik dan teratur. Banyaknya aktivitas yang dilakukan pengunjung berdampak menjamurnya pembangunan resort di sana. Lautan dangkalnya membuat kita dapat berjalan hingga 400 meter ke arah laut.

3. Pantai Padang Bai

Pantai yang terletak di dekat pelabuhan penyeberangan Bali–Lombok yaitu Padang Bai. Bagi pengunjung yang gemar memancing dan para penyelam (diver), di sinilah tempat yang tepat. Walaupun bersebelahan dengan pelabuhan, tapi biota laut yang ada di lautnya masih sangat terjaga dengan baik. Namun hati-hati, terkadang arusnya sangat kencang.

4. Pantai Legian dan Seminyak

Pantai ini juga berpasir putih. Namun, tidak seperti pantai Kuta yang ramai sekali, pantai yang terletak di utara Pantai Kuta ini mempunyai suasana yang lebih bersih dan tenang. Pantai Legian dan Seminyak ini merupakan tempat favorit bagi mereka yang hobi memotret sunset, karena setiap harinya suasana sunset tidak pernah sama dan sangat unik.

5. Pantai Dreamland.

Pantai ini mempunyai pasir putih yang membentang sangat luas dan diperindah dengan karang karang besar di sekitarnya. Pantai Dreamland merupakan salah satu pantai pasir putih di Bali yang sangat indah dan eksotik. Hanya sayang, akses ke tempat ini agak susah karena harus memasuki komplek perumahan mewah dan jalan yang sangat curam. Agak berbahaya di kala musim hujan. 

6. Pantai Lovina

Pantai ini terletak di utara Pulau Bali. Karakter pasir di sini sedikit berbeda dibanding pantai pantai bali lainnya, karena pasirnya hitam. Selain itu, yang khas di Pantai Lovina ini adalah setiap pagi Anda bisa menyaksikan Ikan Lumba – lumba yang bermain di laut agak ke tepi pantai. Untuk menyaksikan mereka, Anda dapat menyewa sebuah perahu dari nelayan yang ada di pinggir pantai.

7. Pantai Jimbaran

Banyak perahu tradisional yang sedang menangkap ikan di pantai ini. Terbukti, adanya pasar ikan yang menjual berbagai jenis ikan segar di ujung utara Pantai Jimbaran. Pantai Jimbaran terkenal dengan wisata kuliner dengan menu khas masakan laut. Ada kurang lebih 24 tempat makan di Pantai Jimbaran yang selalu ramai dengan pengunjung yang ingin menikmati hidangan masakan laut sekaligus panorama pantai yang indah. 

8. Pantai Nusa Dua

Pantai ini terletak di daerah selatan Pulau Bali. Pemandangannya yang luar biasa indah, berdampak maraknya pembangunan hotel di kawasan ini. Hampir semua hotel di sepanjang pantai ini adalah luxury hotel atau hotel mewah yang berbintang lima.

9. Pantai Tanjung Benoa

Pantai ini sangat terkenal dengan aktivitas olah raga airnya seperti Parasailing, Windsurfing, Glass bottom boat, Waterskiing, Jet ski dan masih banyak lagi. Di dekat pantai ini, Anda bisa mengunjungi Pulau Penyu. Kita juga bisa melihat tempat penangkaran penyu di sana.

10. Pantai Candi Dasa

Pantai berpasir putih ini dapat Anda capai sekitar 2 jam perjalanan menuju timur Pulau Bali. Pemandangan lautnya yang indah, dengan terumbu karang dan ikan yang bermacam-macam. Kegiatan yang umumnya dilakukan di daerah ini adalah snorkeling dan diving.

Jadi, jangan berwisata ke luar negeri, jika pantai-pantai di atas belum Anda kunjungi yah!

Cara Menyenangkan Berlibur di Pantai

Berlibur ke pantai merupaka kegiatan yang menyenangkan dan dapat menghilangkan beban pikiran akibat rutinitas kerja di kantor atau tempat usaha. Berlibur ke pantai seharusnya menjadi aktivitas yang dapat membuat hati tenang dan rileks, serta perasaan riang akan muncul. Namun betapa banyak orang-orang yang pergi berlibur ke pantai justru mendatangkan beban pikiran dan pikiran yang runyam, ini dikarenakan mereka tidak mempersiapkan diri saat keberangkatannya.

Berwisata di pantai akan sangat mengasyikkan bila dilalui dengan orang-orang yang Anda cintai. Terutama pasangan hati dan anggota keluarga bagi yang telah menikah. Maka rencanakan keberangkatan liburan ke pantai dengan mereka, pasti perjalanan akan terasa semakin meriah dan ramai.

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menghabiskan waktunya di pantai antara lain:

1. Pakaian

Untuk masalah pakaian memang harus dipersiapkan secara matang, bawalah pakaian pengganti atau yang digunakan untuk berenang di pantai. Bila tidak memiliki pakaian renang maka sebaiknya mengenakan pakaian dengan bahan yang tidak terlalu tebal, karena pakaian dengan kain tebal akan menghambat gerak tubuh saat berenang di air asin. Misalnya jenis pakaian seperti jeans sebaiknya diganti dengan pakaian yang berbahan lebih tipis saat akan menuju ke pantai untuk berenang.

Bagi yang membawa anak-anak, otomatis sediakan pakaian pengganti yang lebih banyak karena umumnya baju yang mereka kenakan akan cepat kotor atau ternodai. Maka pakaian cadangan harus dipersiapkan beberapa setel untuk berjaga-jaga kemungkinan tersebut terjadi.

2. Kaca mata hitam

Kaca mata hitam sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin berjemur di pantai, karena memang sinar matahari akan mengenai tubuh secara langsung. Oleh sebab itu mata bagian tubuh yang terganggu bila terkena cahaya berlebih harus dilindungi sebaik-baiknya. Pilihlah kaca mata hitam yang sesuai dengan gaya pakaian yang hendak digunakan, agar kombinasi kaca mata dan baju tidak terlalu kontras dan banyak mengundang perhatian orang lain. Lain halnya bila memang Anda ingin mencari perhatian di tengah-tengah kerumunan orang di pantai.

3. Pakai sunblock

Sunblock digunakan agar kulit kita tidak terbakar akibat sengat matahari yang terlalu panas, selain itu sunblock berfungsi menjaga kelembapan kulit tatkala cahaya matahari sangat panas. Misalnya antara jam sepuluh pagi hingga 2 siang, waktu tersebut merupakan saat yang perlu dihindari bila ingin berjemur di pantai.

Saat berenang di pantai hendaknya juga memperhatikan apa saja yang ada di sekitar Anda, karena hewan laut seperti ubur-ubur atau bulu babi dapat melukai anggota tubuh bila tidak berhati-hati.

Sekian artikel tentang pantai-pantai di Indonesia dan tips berliburnya, semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Speak Your Mind

*