4 Topik Makalah Sistem Politik

Para mahasiswa, ilmuwan, dan professional, sering diberikan tugas menyusun makalah. Sekian dari bentuk makalah tersebut ialah makalah sistem politik. Terutama, bagi yang sedang menempuh studi ilmu politik. Menyusun makalah tentang sistem politik bukan perkara gampang. Bukan juga hal mustahil. Makalah tentang sistem politik memang luas. Anda harus pandai-pandai memilih fokus bidang sistem politik yang akan digeluti. Kalau tidak menentukan fokus pembahasan, maka apa yang akan dibuat menjadi tidak terarah. Fokus itu akan menentukan batasan hal-hal yang akan dituliskan di dalam makalah tersebut.

Pengamatan

Sebelum membuat makalah sistem politik, sebaiknya membaca dan mendengar banyak hal tentang sistem perpolitikan di banyak negara. Ada baiknya berpikir seperti akan membuat sebuah resensi buku. Semakin banyak hal yang dibaca yang berkaitan dengan buku yang akan diresensi, akan semakin bermutulah apa yang akan dituliskan. Begitu juga dengan makalah seperti ini. Semakin banyak infromasi yang didapatkan, maka akan semakin berisilah makalah tersebut. Misalnya, membuat perbandingan sistem politik di Brunai Darussalam dengan sistem politik yang ada di Saudi Arabia.

Kedua negara sama-sama mempunyai sistem politik monarki. Kedua negara juga merupakan negara yang kaya. Penduduknya mempunyai tingkat pendapatan per kapita yang sangat tinggi. Pembahasan tentang sistem politiknya mungkin bisa dibuat sangat menarik. Selanjutnya bisa juga membandingkan apa yang terjadi di Brunai dan Saudi Arabia dengan apa yang terjadi di Inggris dan Belanda. Keempat negara itu mempunyai sistem monarki yang masih dipertahankan hingga saat ini. Tentu saja ada perbedaan yang sangat mencolok antara apa yang terjadi di Belanda dan apa yang terjadi di Inggris.

Mengapa orang lebih memperhatikan putra mahkota kerajaan Inggris dibandingkan dengan putra mahkota kerajaan Belanda. Kekayaan dan sistem politik mungkin berjalan seimbang. Ketika kekayaan tidak menjadi masalah, biasanya monarki ini masih bisa dipertahankan sebagai bagian dari menarik bangsa lain untuk mempelajarinya dan berkunjung ke negara bersangkutan. Namun ketika kekayaan menjadi masalah, biasanya kerajaan akan dikebiri. Pola pikir penduduk juga menjadi bagian dari tetap dipertahankannya sistem monarki ini.

Perhatikan apa yang terjadi di Rusia. Kekaisaran Rusia dihancurkan sehingga para pembaru negara Beruang Merah itu memulai babak baru kehidupan negara dengan sistem politik yang baru. Walaupun akhirnya sistem politik Uni Soviet tetap tidak berhasil membuahkan kesejahteraan rakyat sehingga Uni Soviet pun hancur dan kini menyisakan banyak negara kecil. negara-negara pecahan Uni Soviet ini berjuang untuk bangkit. Ada yang berusaha masuk ke Uni Eropa. Namun, mereka malah keteteran. Tidak mudah untik bangkit dari satu sistem politik ke sistem politik yang lain. Rusia pun kini terus berusaha memiliki sistem politik yang stabil.

Dari negara dengan sistem politik komunis, mereka berusaha menjadi negara yang demokrastis. Yang terjadi adalah banyaknya korban dari sistem yang berebut kuasa. Hal ini tentu saja sangat disayangkan. Yang cukup berhasil mengubah sistem politik dan berhasil menyatukan dua negara lagi adalah Jerman. Ketika tembok Berlin masih berdiri, Jerman Timur dan Jerman Barat terpisah. Perbedaan pembangunan yang sangat jauh berbeda di antara keduanya akhirnya bisa disatukan. Walaupun tidak sedikit yang meninggal dunia hanya berusaha menembus dan melompati tembok Berlin yang sangat kokoh itu.

Kini Jerman memang tetap berjuang untuk tidak terpuruk ke dalam krisis moneter yang sedang menimpa banyak negara di Eropa, namun, Jerman tetap mampu menjadi salah satu negara Eropa yang berdiri kokh di kakinya sendiri. Bersama denagn Inggris, Jerman masih dianggap sebagai negara yang kuat. Tidak seperti Spanyol yang terus terpuruk dan bahkan akan menjual banyak aset negaranya. Begitu juga dengan Yunani yang akan menjual banyak pulau kepada orang asing yang mampu mengucurkan dana kepada negara tersebut.

Portugis juga seperti itu. Sistem politik yang kuat seharusnya mampu memberikan kekuatan ekonomi. Kenyataannya imbas yang didapatkan dari negara lain telah membuat banyak negara akhirnya menyerah dan mendapatkan bantuan dari negara lain dengan sistem imbal balik yang terkadang tidak adil. Tetapi itulah perpolitikan dunia. Afrika Selatan yang kini termasuk dalam salah satu negara dengan perekonomian yang cukup baik, pernah juga mengalami suatu sejarah kelam dalam sisitem politik yang membedakan warna kulit.

Tokoh Politik

Mantan Persiden kulit hitam pertama,, Nelson Mandela, bahkan harus mendekam didalam penjara selama puluhan tahun. Demi keyakinannya yang dianggapnya bisa menyelamatkan rakyatnya, Mandela rela berada di penjara. Perjuangannya membuahkan hasil dan kini ia menjadi bapak bangsa yang tidak hanya disegani di negerinya namun juga disegani oleh bangsa lain. Ia yang sangat senang mengenakan pakaian batik ini kini sedang sakit. usianya yang menginjak angka 90an lebih itu tidak membaut orang surut mencintainya. Inilah salah satu bukti bahwa memegang teguh apa yang diyakini itu membutuhkan perjuangan yang besar.

Tokoh politik seperti ini tidak hanya di Afrika Selatan. Myanmar juga memiliki Aung Sang Suu Kyi. Wanita perkasa ini harus menjadi tahanan rumah selama puluhan tahun. Ia yakin bahwa dengan perubahan sistem politik, maka negaranya akan mendapatkan penghargaan yang lebih baik dari negara lain. Dengan demikian, bangsanya bisa sejajar dengan bangsa lain. Ia telah membuktikan bahwa perjuangan memang harus banyak mengorbankan segala sesuatunya termasuk kehidupan keluarga. Bahkan kisah Aung Sang Suu Kyi ini telah difilmkan. Keharuan dan inspirasi yang dituangkan dalam film itu akan mampu membangkitkan jiwa juang orang lain.

Dengan banyaknya pengetahuan tentang sejarah dan sistem politik dari banyak negara, liputan dan ulasan dalam makalah akan semakin dalam sehingga kesimpulan dan bahkan usulan bisa diambil sebagai sesuatu yang masuk akal. Ketika tulisan ini banyak manfaat dan dapat mempengaruhi orang lain dalam berpikir, itulah tulisan yang akan menginspirasi. Tulisan yang menginspirasi akan memberikan nilai lebih tidak hanya kepada penulisnya namun juga kepada orang banyak. Hal ini pasti akan sangat menyenangkan. Itu artinya investasi waktu dan pemikiran dalam membuat makalah itu tidak sia-sia.

Sistem Politik

Makalah sistem politik akan membahas topik sistem politik. Itu sebuah syarat mutlak. Berikut ini beberapa sistem politik yang bisa Anda jadikan referensi. Ada beberapa sistem politik yang bisa dicermati, di antaranya adalah:
* Sosialisme. Sistem politik ketika negara masih berperan besar (intervensi). Tata kelola ekonomi merujuk pada keputusan pusat.
* Demokrasi. Sistem politik ketika hak asasi manusia dijamin. Partisipasi masyarakat dalam Pemilu. Pembagian cabang kekuasaan menjadi tiga, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
* Mix. Sistem ekonomi campuran. Kombinasi antara sosialisme dan demokrasi.

Menyusun makalah sistem politik harus pandai memilih topik. Beberapa macam topik yang bisa jadi pilihan adalah sebagai berikut.

1. China. Sistem politik China unik. Komunisme, tetapi mengakomodasi kapitalisme. China mejadi negara maju yang berkembang pesat, mulai mengusik tahta AS. Bahkan, China menggeser Jerman dalam kampiun dagang dunia. Politik di China masih konservatif. Memegang teguh komunisme. Namun, sejak era Den Xiaoping pada 1978, China mulai membuka diri. China meneguhkan diri sebagai state capitalism bukan market capitalism.

2. Indonesia. Sistem politik Indonesia berganti sejak rezim reformasi dimulai. Sistem politik Indonesia menarik karena sebagai negara muslim terbesar di dunia, namun tidak menjadikan agama tertentu sebagai dasar negara. Mencermati politik di Indonesia kian menarik setelah pemilihan umum yang telah dihelat dua kali secara terbuka. Politik Indonesia mengalami perkembangan pesat seperti yang dicatat beberapa lembaga internasional. Misalnya, Freedom House.

3. Kuba. Sistem politik di Kuba masih identik dengan Fidel Castro. Sistem politik sosialistik masih kuat di sana. Namun, unik karena Kuba ternyata negara dengan kesehatan yang bagus di dunia. Bahkan, di sana pendidikan dan kesehatan bisa gratis dan murah. Sistem politik Kuba yang tertutup tapi masih bisa merawat publik jadi menarik.

4. Singapura. Trah Lee Kuan Yeew di sistem politik Singapura kental terasa. Namun, Lee Kuan Yew dipandang berhasil membuat Singapura jadi satu Macan Asia. Negara kecil ini menjelma jadi negara besar dari segi ekonomi. Sistem politik di sana tidak riuh rendah. Terkesan adem ayem. Namun, mampu menopang pertumbuhan ekonomi Singapura yang maju.

Speak Your Mind

*