Ada 15 Langkah Praktis Cara Instal Ulang Komputer

Ilustrasi Cara Instal Ulang Komputer 

Pada suatu saat, komputer kita dapat mengalami kerusakan. Kerusakan yang kita maksudkan dalam hal ini bukan kerusakan fisik, tetapi kerusakan program. Hal ini sangat dimungkinkan sebab selama proses pemakaian, dapat saja terjadi kesalahan akses dan sebagainya. Untuk menghadapi kondisi seperti ini, maka kita dapat menanganinya dengan cara menginstal ulang komputer kita. Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara instal ulang komputer agar kerusakan tersebut dapat ditangani.

Instal Komputer

Cara untuk instal ulang komputer ini akan menjadi peristiwa penting sebab pada saat itulah kita dapat melakukan perubahan isi pada komputer kita. Apa yang kemarin ada dalam program perangkat lunak di komputer kita dapat saja hilang dan diganti dengan perangkat lunak lainnya. Oleh karena itu, maka kita harus benar-benar memahami konsep dasar dari menginstal komputer.

Sebenarnya, istilah instal secara baku belum ada padanan baku untuk kata ini. Tetapi, setidaknya kita dapat mengatakan bahwa menginstal ulang artinya mengatur ulang segala hal yang ada.

Instal diartikan sebagai memasukkan perangkat lunak ke dalam rangkaian perangkat keras yang dimiliki oleh komputer. Kita memasukkan dalam hal ini diartikan memprogramkan perangkat lunak. Cara instal ulang komputer ini menghapus program lama dan menggantikan dengan program yang baru.

Proses instal ulang komputer kita lakukan sebab ada bagian program di kompuer yang mengalami kerusakan. Sistem kerja komputer rusak bahkan hancur karena adanya virus komputer.

Oleh karena itu, maka harus diprogram ulang. Namun, jika cara instal ulang komputer tidak kita ketahui dapat membahayakan terhadap data yang ada di komputer.

Boleh saja proses instal ulang berhasil, tetapi kemudian kita harus mencak-mencak karena data yang ada di komputer ternyata hilang atau yang sering terjadi adalah komputer tidak dapat bersuara karena sound card tidak dikenali dan kita tidak memiliki drivernya. Atau, kalau komputer kita ada dilengkapi camera atau laptop, bisa jadi perangkat lunak untuk kamera terpasang terbalik.

Ada 15 Langkah Cara Instal Ulang Komputer

Agar proses instal ulang komputer yang kita lakukan lancar dan berhasil, setidaknya kita dapat mengikuti 15 (lima belas) langkah berikut. Langkah-langkah ini merupakan langkah yang dianggap efektif, sehingga kita tidak mengalami kegagalan atau kerusakan lebih parah lagi.

1. Amankan Harddisk

Sebelum proses instal ulang kita lakukan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengamankan data yang ada dalam komputer kita. Perlu kita ketahui bahwa jika kita menginstal komputer berarti kita akan menghapus semua yang ada dan menggantinya dengan program-program yang baru. Dalam kondisi seperti ini, jika tidak hati-hati, kerusakan justru akan semakin banyak.

Untuk hal tersebut, maka kita perlu mengamankan data yang penting tersebut dan mengimpannya atau memindahkannya pada partisi lainnya. Misalnya, sistem ada di C, maka harus kita pindahkan pada drive lainnya, misalnya drive D dan lainnya. Hal ini perlu kita lakukan agar pada saat proses instal ulang selesai, maka kita dapat memprogram kembali data yang kita simpan tersebut.

2. Restart Komputer

Selanjutnya, kita harus merestart komputer yang kita pergunakan. Restart ini kita lakukan untuk menghidupkan kembali melalui by pass. Setelah komputer hidup lagi, kita tekan tombol Del.

3. Masuk bagian BIOS

Setelah kita tekan tombol Del, selanjutnya kita masuk ke bagian BIOS. BIOS adalah sebuah sistem input output bagi komputer. Dengan sistem ini, maka kita dapat memasukkan data ke dalam sistem komputer.

Setelah kita memasuki bagian BIOS, selanjutnya kita cari menu pengelola booting. Menu ini sangat penting agar komputer kita dapat melakukan booting, misalnya kita cari boot configuration.

4. Ubah Urutan Booting

Setelah kita menentukan menu booting, selanjutnya kita ubah urutan bootingnya. Pengubahan urutan booting dilakukan hingga CD/DVD Room berada pada posisi First Boot.

5. Tekan F10 lalu ketik Y

Setelah kita tunggu beberapa saat, maka di layar akan muncul dialog yang meminta kita melakukan proses saving terhadap data yang sudah kita instal. Untuk merespon dialog ini, maka kita tekan F10 dan selanjutnya kita ketik huruf Y.

6. Biarkan Komputer Anda Merestart Kembali

Setelah langkah ke-5 kita lakukan, maka kita biarkan hingga melakukan restart kembali.

7. Tekan Tombol Apa Saja

Setelah selesai melakukan restart, maka di layar monitor akan muncul dialog, Press any key to booting from CD. Untuk saat itu, kita tekan sembarang tombol, tidak perduli tombol apa saja.

8. Klik Partisi System

Setelah kita klik sembarang tombol, maka layar monitor akan berwarna biru. Setelah posisi tersebut, klik partisi sistem yang akan kita instal. Umumnya, kita menginstal drive C. Tekan tombol D untuk mendelete isi partisi.

9. Lalu tekan L

Setelah isi drive yang akan kita instal kosong, maka kita tekan tombol L sesuai dengan petunjuk yang ada pada bagian bawah halaman.

10. Tekan Tombol C

Akibatnya partisi yang akan kita instal akan hilang dari layar, bisanya drive C. Pada saat itulah kita tekan tombol C untuk membuat kembali partisi baru yang akan kita instalkan.

11. Tekan Enter

Setelah drive siap, maka kita tekan tombol enter. Penekanan tombol ini mengisyaratkan bahwa kita sudah siap untuk menginstal beberapa perangkat lunak yang kita inginkan. Pada saat tombol enter kita tekan, pada saat itulah kita mulai melakukan penginstalan.

12. Tekan F8

Setelah itu, kita, tunggu sebentar. Jika muncul dialog atau pesan yang menu persetujuan, maka kita tekan tombol F8. Penekanan tombol F8 menunjukkan bahwa kita menyetujui kesepakatan yang diminta terkait dengan penginstalan komputer kita.

13. Biarkan Proses Format System Berjalan

Setelah kita menyetujui proses yang dijalankan secara otomatis oleh komputer, maka kita hanya menunggu proses tersebut berlangsung. Proses ini akan berlangsung terus, sehingga proses format sistem terus berlangsung. Jika kita biarkan, maka komputer akan merestart dirinya sendiri hingga proses instalasi dengan layar biru terus berjalan.

14. Biarkan Proses Berjalan

Selama proses instalasi, yang dapat kita lakukan hanyalah menunggu. Masa menunggu kita terhenti pada saat muncul dialog yang meminta kode sandi, product key atau password untuk perangkat lunak yang kita instalkan.

15. Teruskan Settingan

Selanjutnya, jika proses pemasukan kode sudah selesai dan diterima oleh sistem, maka selanjutnya kita harus melakukan settingan terhadap beberapa fitur, misalnya waktu.

Settingan ini bukan sesuatu yang standar, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan kita. mungkin kita ingin menyetting waktunya, sehingga kapanpun kita tahu waktunya.

Kita juga dapat menyetting bahasa yang dipergunakan dalam program. Kita juga dapat menyetting satuan ukuran dalam sistem seluruhnya. Untuk menginstal ulang komputer memang dibutuhkan kemampuan khusus. Tetapi, kemampuan tersebut bukan harga mati sebab siapapun jika mau belajar, maka proses tersebut dapat menjadi proses yang gampang sekali.

Demikian informasi mengenai cara instal ulang komputer. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat melakukan instal ulang komputer Anda.

Speak Your Mind

*