Adakah Universitas Swasta Terbaik di Indonesia?

Pendidikan adalah proses perubahan kompetensi yang dilakukan secara berkesinambungan. Pelaksanaan proses dilakukan mulai dari pendidikan tingkat dasar, menengah, hingga perguruan tinggi.  Pada saat proses pendidikan menengah tingkat atas, maka yang menjadi pemikiran orangtua dan anak didik adalah bagaimana memilihkan kuliah anak-anak. Apakah kuliah di perguruan tinggi negeri ataukah di universitas swasta terbaik. Penentuan ini sangat penting sebab terkait dengan kehidupan masa depan.

Pertimbangan Tepat

Dalam hal ini Anda memang harus mempertimbangkan banyak hal sebelum menentukan universitas untuk anak-anak. Jika tidak, maka setelah mengikuti proses pendidikan, hasilnya tidak sesuai dengan kebutuhan hidupnya.  Jika anak Anda berhasil masuk ke universitas negeri, tetapi jika tidak, maka harus benar-benar dapat memilih universitas swasta yang dianggap terbaik. Mungkin saja ini sulit sebab kualitas universitas swasta yang ada di negeri ini belum menjamin kualitas yang dibutuhkan.

Walaupun tidak bisa juga meremehkan beberapa universitas swasta yang telah mempunyai pengalaman selama berpuluh tahun, seperti Universitas Trisakti di Jakarta, Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta, dan beberapa Universitas Muhammadiyah di beberapa daerah. Universitas-universitas swasta tersebut telah mengantongi prestasi yang cukup membanggakan untuk beberapa fakultas unggulannya. Ada juga Universitas Sanata Dharma yang cukup bagus di fakultas pendidikan bahasa Inggrisnya.

Bagus tidak suatu fakultas dari universitas swasta bisa juga dilihat dari kalangan alumninya yang tersebar di beberapa kantor pemerintahan dan lembaga pendidikan atau lembaga-lembaga lainnya yang cukup dipandang bagus. Para alumni ini terkadang mempunyai persatuan dan asosiasi yang membantu para alumni lainnya yang belum mempunyai pekerjaan. Selain itu, lihat juga fasilitas pendukung pendidikan.

Berapa jumlah guru besar dan dosen dengan pendidikan di luar dan dalam negeri. Komposisi dosen dengan gelas S2 dan S3. Kualitas dan karakter para dosen ini pasti akan mempengaruhi kualitas dan karakter mahasiswanya. Oleh karena itulah, untuk memilih universitas swasta yang baik itu tidak mudah. Sisihkan waktu untuk mencari informasi yang tepat. Pendidikan adalah investasi seumur hidup. Untuk itulah harus berhati-hati. Kalau asal mendapatkan titel sarjana tanpa mendapatkan ilmu yang manfaat, untuk apa.

Kuliah itu bukan hanya untuk mendapatkan pekerjaan. Ada banyak hal yang harus diraih selama kuliah. Kalaupun dikatakan bahwa universitas tertentu baik, jangan mudah percaya sebelum membuktikan sendiri. Datangi kampusnya. Perhatikan semua yang ada di area kampus. Lihat apakah ada kehidupan kampus yang yang representatif atau tidak. Kegiatan para mahasiswanya juga perlu diperhatikan. Jangan sampai pengaruh yang tidak baik malah membuat anak menjadi orang dewasa yang tidak bertanggung jawab.

Semua Ingin yang Terbaik

Ada yang mengatakan bahwa tidak perlu mempermasalahkan kualitas sebab semua universitas berusaha menjadi universitas swasta yang terbaik. Ini merupakan tuntutan bagi peningkatan kompetensi kehidupan anak didik. Jika tidak, maka anak pasti mengalami kesulitan hidup. Dan, Anda tidak ingin hal tersebut terjadi sebab yang diharapkan kehidupan mereka berhasil. Namun, tetap saja bahwa bagaimana pun semua hal yang berhubungan dengan pendidikan itu harus diteliti dahulu sebelum menjadi bagian dari lembaga pendidikan tersebut.

Adakah Universitas Swasta Terbaik?
Saat melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi, maka pada saat itu Anda berharap ada peningkatan kualitas kompetensi diri. Kejelian Anda dalam menentukan universitas yang sesuai dengan keinginan merupakan satu keharusan. Ketepatan dalam menentukan pilihan ini, maka tujuan Anda mempersiapkan masa depan anak tercapai.

Pada setiap akhir tahun pelajaran atau awal tahun pelajaran, Anda selalu dihadapkan pada sekian banyak jumlah pilihan pendidikan untuk anak Anda. Dari sekian banyak universitas yang menawarkan program pendidikannya, mereka menyebut diri sebagai universitas swasta terbaik.

Mereka menawarkan berbagai program pendidikan yang diklaim sebagai program dengan prospek bagus di masa depan. Tentunya dengan cara seperti ini, maka mereka mencoba untuk menebar pesona ke masyarakat. Dan, rerata hal tersebut berhasil menjaring orangtua dan anak didik untuk mempercayakan pendidikan masa depan.

Dalam menentukan pemilihan universitas swasta terbaik ini, ada banyak hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Pertimbangan ini meliputi banyak aspek, yaitu aspek kualitas pelayanan, proses, dan alumni yang telah mereka hasilkan.  Tentunya semakin bagus pelayanannya, maka berakibat pada semakin bagusnya proses dan selanjutnya membawa pada keberhasilan alumninya. Dalam konteks inilah Anda menjadikannya sebagai acuan dalam menentukan universitas swasta yang terbaik bagi proses pendidikan.

Permasalahannya adalah adakah universitas swasta yang terbaik di negeri ini, sementara citra mereka telah dirusak oleh beberapa universitas awu-awu. Ada beberapa universitas yang begitu bagus menawarkan program pendidikannya, tetapi ketika anak masuk dan mengikuti proses pendidikan, ternyata proses yang terjadi tidak lebih drai proses pembelajaran di sekolah lanjutan.

Sungguh ini merupakan pembohongan publik. Tetapi bagaimana lagi, semua sudah terjadi, maka anak tetap saja mengikuti proses pendidikan di universitas awu awu tersebut. Tapi, apakah benar di negeri ini sudah tidak ada universitas swasta terbaik?

Universitas Swasta Terbaik, Awu-Awu
Terus terang saja, jika ditelaah segala hal yang terjadi dalam kehidupan Anda, terutama dalam dunia pendidikan di negeri ini, maka ada banyak sekali ketimpangan yang terjadi. Dalam dunia pendidikan seringkali Anda mendengar adanya universitas swasta terbaik yang mampu mendidik anak seutuhnya. Universitas ini dalam setiap brosur pendaftaran mahasiswa baru selalu mencantumkan informasi bahwa mereka adalah universitas swasta terbaik. Walaupun mereka swasta, tetapi kualitas mereka tidak kalah dibandingkan universitas negeri.

Sungguh ini merupakan sebuah pengkondisian yang tidak benar. Ini merupakan pembohongan publik atas sebuah kondisi yang tidak benar. Dana, jika Anda terjebak dalam lingkaran ini, maka kita tidak mungkin dapat melepaskan diri. Seperti telah Anda ketahui bersama, beberapa tahun terakhir banyak universitas yang oleh pemerintah telah dicabut ijin operasionalnya dan dimerger dengan universitas lainnya sebab institusi yang dikelolanya sama sekali tidak nyata.

Sebagai institusi pendidikan, maka aspek yang harus dilakukan adalah mendidik dan mengajar anak didik sehingga mempunyai kompetensi yang memadai. Tetapi, kenyataan yang dihadapi sungguh sangat berlainan. Universitas yang dengan bangga mengatakan sebagai universitas swasta terbaik, ternyata sama sekali bukan yang layak disebut sebagai universitas.

Dengan memperhatikan segala hal yang diuraikan di atas, setidaknya jika dapat lebih berhati-hati pada saat mengarahkan anak-anak untuk mengikuti proses pendidikan di salah satu universitas di negeri Anda. Sudah sangat banyak “universitas swasta yang terbaik” di negeri ini.

Setiap universitas mengklaim dirinya sebagai universitas swasta terbaik sehingga hal tersebut mampu menjadi buruan calon mahasiswa baru. Setiap tahun jumlah mahasiswa baru terus bertambah sebab mereka terpikat awu-awu mereka sebagai universitas swasta terbaik. Tetapi, memang begitukah universitas itu?

Universitas Swasta Cukup Baik

Universitas Trisakti
Sejarah telah membuktikan kalau universitas swasta satu ini bisa dikatakan sebagai slah satu universitas yang cukup baik di Indonesia. Para lulusannya telah banyak yang berkarya di beberapa tempat termasuk para pemimpin negeri ini. Usia yang tidak muda dengan pengalaman yang cukup baik di bidang pendidikan, adalah bukti kalau universitas ini bisa diandalkan.

UII (Universitas Islam Indonesia)
UII merupakan salah satu universitas swasta yang berdiri sejak awal pembentukan negera Republik Indonesia. Dengan pengalaman dan tempat yang nyaman di Yogyakarta, UII telah mencetak kader bangsa yang baik dan bisa diandalkan. Universitas satu ini cukup dikenal di dalam dan di laur negeri.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Muhammadiyah memang sangat perhatian terhadap dunia pendidikan. Hampir di banyak tempat di seluruh Indonesia ada perguruan Muhammdiyah. Salah satu yang terbaik adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Menempati tanah yang cukup luas sebagai kampus terpadu semakin membuat unversitas swasta satu ini menancapkan kakinya sebagai salah satu yang terbaik di tanah air.

Fakultas-fakultasnya bisa diandalkan. Program untuk mahasiswa yang cukup bagus dan pembinaan yang terprogram, membuat banyak lulusannya mengisi posisi yang bagus diberbagai lembaga pemerintahan dan swasta. Ternyata tidak hanya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang dianggap cukup baik dengan peringkat 3242 di dunia. Ada juga Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Malang yang juga dianggap cukup mempuni. Inilah bukti bahwa Muhammadiyah memang bisa diandalkan.

Speak Your Mind

*