Adobe Reader 9 Terbaru dari Adobe

Ilustrasi adobe reader 9Seperti telah kita ketahui bersama, Adobe Reader adalah software gratis yang disediakan oleh Adobe sebuah perusahaan software raksasa, untuk membaca dokumen-dokumen dalam bentuk pdf. Versi terbaru yang diluncurkan oleh Adobe saat artikel ini ditulis adalah Adobe Reader 9.3.4 dengan besar file installer 41.41 Mb untuk sistem operasi Windows XP.

Adobe

Adobe adalah salah satu brand perusahaan yang piawai membuat berbagai software terkenal. Beberapa di antaranya adalah Adobe Photoshop, Adobe Image Ready, Adobe Illustrator, dan Adobe Page Maker. Bagi yang biasa bermain dengan pengeditan foto atau Photo Editing, pasti sudah sangat kenal dengan Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengedit foto atau gambar. Tak hanya seorang profesional yang menggunakan Adobe Photoshop, orang biasa pun banyak memanfaatkannya untuk sekadar mempercantik foto diri.

Jadi, foto diri yang semula kurang memuaskan, misalnya agak kurang simetris, berjerawat, atau pencahayaan yang kurang mendukung, bisa diatasi dengan mudah. Ketimbang operasi plastik yang memakan biaya lebih mahal, tinggal otak-atik foto di Photoshop, maka masalah pun terpecahkan. Alhasil, banyak anak-anak ABG atau remaja yang memanfaatkan Adobe Photoshop sebagai sarana untuk tampil eksis cantik.

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems Incorporated, sebuah perusahaan perangkat lunak komputer asal Amerika sejak tahun 1982, berkedudukan di San Jose, California, Amerika Serikat.

Penemunya, John Warnock dan Charles Geschke, sebelumnya pernah bekerja di Xerox PARC, dan berhenti ketika keduanya memutuskan untuk mengembangkan dan menjual bahasa deskripsi PostScript.

Photoshop merupakan perangkat lunak khusus untuk mengedit atau mengoreksi hasil foto atau gambar dan membuat atau menambah efek pada foto/gambar. Perangkat ini pertama kali dikenalkan sebagai produk andalan Adobe pada tahun 1989, yang mana merupakan program koreksi grafis untuk Macintosh.

Aplikasi ini diciptakan oleh Thomas Knoll dan John Knoll pada awal musim panas, 1988, yang kemudian dibeli lisensinya oleh Adobe Systems pada September 1988.

Adobe Photoshop dan Adobe Acrobat disebut sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems hingga mendapatkan penghargaan Standar Internasional, ISO 32000-1: 2008.

Kini perangkat ini telah banyak digunakan oleh fotografer digital profesional, desainer grafis, dan perusahaan iklan. Popularitas yang dihasilkan perusahaan yang termasuk jajaran perintis ini masih sulit disaingi, sehingga Adobe dapat dikatakan sebagai market leader (pemimpin pasar) untuk perangkat lunak pengolah gambar atau foto.

Memahami kondisi yang ada, Adobe pun meluncurkan Adobe Photoshop Express. Dengan cara ekspres ini Anda tak perlu lagi repot-repot memindahkan foto dari kamera ataupun kamera ponsel ke komputer untuk dapat diedit.

Adobe Photoshop Express dapat diinstal di ponsel yang memiliki sistem operasi Android atau iPhone. Jadi, bagi yang ingin eksis tampil cantik atau tampan dan keren, dapat langsung mengedit foto menggunakan aplikasi ini segera setelah memotret langsung dari kamera ponsel. Mudah dan praktis, bukan?

Fasilitas Adobe Reader 9

Kemudian, apa fungsi dan fasilitas yang tersedia di Adobe Reader? Fasilitas-fasilitas baru tersedia dalam versi ini yang berguna untuk mempermudah pekerjaan kita dalam mengelola file pdf. di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mencari Informasi di File PDF

Kita bisa menggunakan fasilitas Search Window (Edit=>Search) untuk mencari informasi tentang file pdf yang kita inginkan. Kita bisa mencari informasi ini dari semua file pdf yang ada di komputer kita, termasuk di dalam form, tanda tangan, catatan, dan halaman buku.

2. Mengisi Form

Dengan menggunakan software Adobe Reader 9, kita bisa mengisi form yang terdapat di dalam dokumen pdf. Untuk memudahkan kita mengetahui form yang dapat diisi, bisa dilihat dari pointer yang berubah bentuk.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak sekali fitur atau fasilitas yang disediakan oleh Adobe Reader ini. Misalnya, saja kemampuannya untuk dapat membaca ebook yang berupa file pdf.

Selain itu, Adobe Reader juga bisa digunakan untuk mengubah file pdf menjadi file text. Adobe Reader juga menyediakan fasilitas find untuk menemukan kata-kata yang ingin kita cari.

Fasilitas zoom in dan zoom out juga sangat membantu jika file pdf yang sedang kita baca berupa gambar. Kita juga bisa langsung mencetak file pdf tersebut ke atas kertas tanpa perlu kesulitan.

Satu lagi fasilitas yang ditawarkan adalah fasilitas free trial Adobe connect. Dengan Adobe connect ini, komunikasi antara sesama pengguna komputer dalam satu jaringan akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain itu, juga tersedia fasilitas update otomatis untuk software Adobe Reader free download ini. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mendownload software Adobe Reader ini karena keuntungan yang diberikan sangat banyak, walaupun kita mendapatkannya secara gratisan.

Tips Menyelesaikan Masalah Adobe Reader

Jika pointer yang diletakkan di atas form berubah menjadi bentuk I, maka form tersebut bisa diisi. Pointer juga akan berubah menjadi bentuk tangan jika pointer berada di atas link suatu website. Setelah kita mengisi form tersebut, kita bisa mengirimkan form tersebut langsung dengan mengklik link yang disediakan form tersebut.

Jika terdapat password dalam file pdf yang ingin kita buka, kita bisa memasukkan data-data yang dibutuhkan untuk membuka file tersebut dengan Document => Sign.

Kita bisa menambahkan catatan dengan menggunakan tanda komentar dan markup seperti kotak, bintang, lingkaran, maupun anak panah. Kita juga bisa menjawab catatan yang sudah ada di file pdf.

Ada dua cara untuk membalas catatan ini, yaitu dengan klik pop-up dari catatan, kemudian pilih Reply dari menu Options. Atau, dengan mengklik tombol Comments di pilihan navigasi. kemudian pilih komentar yang ingin kita balas dan pilih Reply.

Sering kali kita kesulitan untuk membuka file pdf yang kita miliki. Ada beberapa penyebab kenapa kita tidak bisa membuka file tersebut. Di antara penyebab tidak terbukanya file pdf tersebut, antara lain karena file pdf tersebut rusak atau corrupt.

Jika kita mendapatkan pesan “one or more Adobe PDF Extensions are disabled”, kita bisa memperbaikinya dengan membuka Options => Internet Options => Advanced.

Selanjutnya kita centang kotak Enable Third-Party Browser Extensions => klik Ok dan restart komputer. Untuk menyelesaikan masalah lain bisa dilihat di fasilitas Help yang disediakan oleh software Adobe Reader ini.

Untuk meningkatkan kemampuan Adobe Reader, pihak Adobe terus melakukan pembaharuan dari software Adobe Reader ini. Kita bisa mendapatkan update software secara otomatis karena Adobe Reader 9 ini juga menyediakan fasilitas Update.

Software gratis tidak selamanya minim fasilitas. Contohnya saja Adober Reader. Walaupun software ini dapat kita unduh dengan gratis, tetapi fasilitas yang disediakan oleh Adobe Reader bisa dibilang mumpuni. Banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh software ini. Asyiknya lagi, cara penggunaannya pun cukup sederhana.

Kita tentu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan link download software ini karena begitu banyak situs yang menampilkan link untuk bisa mengunduh software ini dengan gratis.

Coba saja ketikkan “Adobe Reader free download” di Google. Maka, hasilnya akan sangat banyak situs yang memuat kata kunci ini. Situs-situs ini biasanya menampilkan link yang akan langsung menuju ke situs resmi adobe, yaitu www.adobe.com. Anda bisa langsung menuju ke situs resmi adobe.

Saat kita masuk situs resmi adobe, kita akan melihat banyaknya produk-produk yang ditawarkan oleh adobe. Misalnya, saja adobe flash, adobe acrobat, adobe ilustrator, dan masih banyak lagi software yang lain. Kita bisa memilih untuk membeli software tersebut jika kita membutuhkan software tersebut untuk bekerja.

Tetapi jika tidak, kita langsung saja menuju ke tombol download adobe reader yang ditampilkan dalam bentuk gambar adobe reader. Kita bisa langsung mengklik tombol donwload dan menunggu proses download hingga selesai.

Ukuran file Adobe Reader sendiri sekitar 30 Mb dalam bentuk file exe. Proses download akan berlangsung beberapa lama tergantung dari kecepatan koneksi internet kita.

Setelah proses download selesai, kita bisa langsung menginstall software Adobe Reader ini ke komputer kita. Proses instalasi sama dengan proses instalasi software lainnya.

Kita akan diminta untuk menyetujui persyaratan yang berlaku di Adobe dan memilih bagaimana software tersebut akan diinstall di komputer kita. Kita dapat menggunakan software ini setelah proses installasi selesai. Software Adobe Reader 9 membuktikan bahwa software gratisan belum tentu berkualitas jelek.

Speak Your Mind

*