Age of Empire 3, Sekuel yang Lebih Menantang

Age of Empire 3 adalah game berbasis Real Time Strategy (RTS) yang dikembangkan oleh Studio Microsoft. Game ini merupakan seri ketiga dari Age of Empire dan merupakan sekuel game keduanya yaitu Age of Empires II: The Age of Kings.

Game ini menggambarkan kolonisasi Eropa di Amerika antara 1492 hingga 1850. Ada delapan bangsa Eropa yang bisa Anda mainkan. Age of Empire 3 memiliki dua expansion pack, yaitu Age of Empires 3: The War Chiefs, dengan tambahan tiga bangsa asli Amerika, yaitu Iroquis, Sioux, dan Aztec dan Age of Empire 3: The Asian Dynasties, dengan tambahan bangsa India, Jepang, dan Cina.

Latar Belakang

Age of Empire 3 berlatar belakang Dunia Baru pada era kolonial. Seperti seri sebelumnya, pemain memilih satu bangsa untuk dimainkan. Pemain mengembangkan peradaban pilihannya dari nol hingga menjadi sebuah kerajaan melalui tahapan “ages”, yaitu tahapan perkembangan teknologi.

Selain itu, pemain harus menaklukkan musuh. Ada dua gameplay di game ini, yaitu ekonomi dengan mengumpulkan sumber daya alam dan militer yang melibatkan unit-unit militer dan peperangan dengan tentara musuh.

Anda dapat memilih satu di antara tiga mode, yaitu story based campaign (mengikuti skenario), single player skirmishes (melawan tim komputer), dan online multiplayer skirmishes.

Permainan dimulai dengan sebuah pusat kota, seorang penjelajah, dan beberapa penduduk. Pemain mengeksplorasi peta dan mengumpulkan sumber daya alam untuk membangun bangunan lain dan untuk mengembangkan teknologi.

Pemain mendapat poin dari aksi yang dilakukan, misalnya membangun unit militer, melatih tentara, dan sebagainya. Demikian seterusnya hingga satu bangsa berdiri sebagai kerajaan dengan teknologi bertambah maju. Permainan berakhir apabila salah satu pihak dihancurkan lawan.

Tahapan Permainan

Terdapat beberapa “ages” dalam Age of Empire 3 yang mewakili periode tertentu. Discovery Ages menggambarkan masa penemuan dan eksplorasi Amerika oleh Eropa.

Pada masa ini, pemain mengembangkan perekonomian. Colonial Ages menceritakan ekspansi Eropa dengan dibentuknya unit militer. Fortress Age menggambarkan kubu-kubu koloni Eropa. Pada masa ini, pemain dapat membangun unit militer yang canggih.

Pada Industrial Age, pemain memperkuat perekonomian dengan membangun pabrik dan bangunan-bangunan lain yang memroduksi bahan mentah atau artileri. Di masa ini, pemain sudah dapat menggunakan seluruh unit militer dan angkutan kapal.

Memasuki Imperial Age, pemain dapat menggunakan seluruh bangunan dan meng-upgrade sumber daya yang dimiliki. Pemain mulai mengirimkan unit militer dan menyerang lawan. Semua “ages” membutuhkan makanan dan koin untuk berkembang.

Tahapan dalam permainan ini memang tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang. Selalu menggunakan konsep yang sama yakni dari zaman susah hingga zaman modern. Memang demikianlah konsep dari permainan age of empire ini.

Meskipun demikian, tetapi oleh sebagian orang hal tersebutlah yang membuat permainan terasa sangat seru dan begitu asyik untuk dimainkan. Bayangkan saja seseorang bisa membangun peradabannya sendiri dari tingkat bawah hingga menjadi sebuah kerajaan yang super power.

Bukan perkara yang mudah untuk mewujudkan itu semua. Semua orang memiliki impian menjadi orang yang besar dan itu bisa diwujudkan dalam permainan ini. Salah satu perwujudannya adalah dengan adanya usaha dari pemain yang memulai usaha membangun peradaban dari bawah hingga mampu mencapai top karir sebagai seorang penguasa seluruh tanah eropa.

Pilih Bangsa Favorit Anda

Age of Empires 3 menyediakan delapan bangsa untuk dimainkan, yaitu Spanyol, Inggris, Perancis, Portugis, Belanda, Rusia, Jerman, dan Turki. Tiap-tiap bangsa memiliki kelebihan dan kekurangan, serta unit khusus yang hanya dimiliki oleh bangsa tersebut.

Unit khusus tersebut memiliki kelebihan dibandingkan dengan unit lainnya yang pada umumnya dimiliki oleh sebuah Negara. Unit khusus ini ada yang memiliki kelebihi di bidang ekonominya namun ada juga dalam hal kekuatannya.

Kekhususan di bidang ekonominya maksudnya adalah untuk menciptakan atau membuat unit ini tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak. Bahkan bisa dibilang sangat murah dibandingkan unit khusus lainnya. Namun ada juga yang memiliki kelebihan di bidang kekuatannya seperti memiliki damage yang jauh lebih besar dibandingkan pasukan biasa.

Age of Empire 3 mendapat banyak penghargaan. Game ini juga termasuk game terlaris. Sejak seri pertama Age of Empire diluncurkan, game ini memiliki penggemar tersendiri. Apakah Anda termasuk di antaranya? Silakan mencobanya sendiri. Selamat bermain!

Menengok ke Belakang

Game age of empire ini merupakan game yang tidak asing dikalangan para pecinta game. Terutama bagi mereka yang menyukai game yang bersifat real time strategi. Game ini merupakan lanjutan dari game yang sudah ada sebelumnya yaitu age of empire 1 dan age of empire 2.

Dan game yang telah dirilis sebelumnya tersebut memang telah mampu mencuri dari hati orang yang memainkannya. Bukan karena grafisnya yang spektakuler tetapi memang karena ide yang dimiliki oleh game ini yang membuat orang merasa kecanduan untuk terus memainkannya.

Apalagi nilai dari komplesitas yang diberikan memang lain dari yang lainnya. Ada banyak sekali kerumitan yang dimiliki oleh game real time strategi ini dibandingkan dengan game real time strategi yang lainnya. Sebagai sebuah perbandingan dari tingkat kerumitannya kita bisa membandingkannya dengan game stronghold crusaeder.

Dalam game stronghold terdiri dari dua bangsa yaitu bangsa arab dan bangsa dari pasukan salib yang rata-rata merupakan bangsa eropa. Dari dua bangsa tersebut bisa dilihat bahwa pasukan atau jenis tentara yang digunakan hanya terdiri dari dua macam yakni tentara arab dan tentara dari pasukan salib atau eropa.

Meskipun di dalam game stronghold yang juga termasuk ke dalam game real time strategy ada banyak sekali karakter tetapi jenis pasukan yang digunakan untuk menyerang dan bertahan terdiri dari dua jenis saja. Berbeda dengan yang ada di dalam game empire of age yang memang banyak sekali tingkat komplesitasnya.

Tingkat kerumitan dari game age of empire bisa dimulai dari adanya berbagai teknologi yang setiap Negara berbeda. Ada Negara yang memiliki teknologi maju namun ada juga Negara yang memiliki teknologi yang tidak begitu maju. Dengan demikian meskipun pasukan yang dimiliki sama tetapi tingkat teknologinya berbeda sehingga memberikan efek tersendiri terhadap strategi penyerangan maupun bertahan.

Mengapa bisa demikian? Hal tersebut dikarenakan tingkat teknologi yang berbeda sehingga kondisi pasukan juga berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada tingkat kehancuran yang dihasilkan oleh pasukan tersebut. Tidak hanya itu, tingkat pertahanan juga mempengaruhi dari pasukan untuk bisa menang atau kalah.

Untuk memperoleh tingkat kehancuran yang tinggi dari pasukan terhadap musuh maka semuanya bisa diperoleh jika dilakukan upgrade yang tinggi pada pasukannya. Dan upgrade tersebut bisa terjadi jika teknologi yang dimilikinya tinggi. Namun jika tingkat teknologi yang dimilikinya sangat rendah maka mau tidak mau pasukan yang digunakan juga hanya sebatas itu saja kemampuannya.

Selain hal itu, masih ada lagi hal yang lainnya yang juga patut menjadi pertimbangan yaitu tingkat kelebihan dan kekurangan setiap karakter dari pasukan yang digunakan. Setiap Negara yang muncul dalam game age of empire memiliki pasukan khusus yang memang hanya dimiliki oleh Negara tersebut. Negara lainnya juga memiliki pasukan khusus juga yang juga hanya dimiliki oleh Negara itu.

Pasukan khusus ini tergolong sebagai pasukan elit yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan pasukan biasanya. Kelebihan tersebut bisa menguntungkan namun terkadang bisa juga merugikan. Seperti halnya pasukan elit pembawa obor yang ada di age of empire 2. Pasukan ini memiliki gerak yang cukup cepat dan memiliki kemampuan yang cepat pula dalam menghancurkan bangunan.

Itu adalah sisi yang menguntungkan jika kita ingin menghancurkan bangunan lawan dengan tujuan agar lawan tidak mampu bangkit lagi. Namun di sisi lain adalah pasukan ini tidak memiliki kekuatan sama sekali untuk menghadapi pasukan musuh. Bahkan dengan pasukan yang paling rendah sekalipun bisa mengalami kekalahan.

Oleh karena itu, pasukan yang memiliki tipe seperti ini biasanya membutuhkan pengawalan dari pasukan lainnya. Minimal pengawalan yang dilakukan adalah dengan pasukan berkuda hussar yang juga memiliki kecepatan berlari seperti pasukan khusus pembawa obor ini.

Speak Your Mind

*