Age of Empires: Game Penuh Strategi

Ilustrasi age of empiresAge of Empires adalah game strategi epik real time selama 10.000 tahun. Di mana, setiap pemain merupakan pemandu dalam evolusi kecil suku zaman batu.

Game ini diawali dengan penyediaan sumberdaya minim sehingga para pemain ditantang untuk membangun suku mereka masuk ke dalam sebuah peradaban besar.

Para pemain bisa memilih salah satu dari berbagai cara untuk memenangkan permainan, di antaranya:

  • Menguasai dunia dengan menaklukkan musuh peradaban.
  • Eksplorasi dunia yang dikenal dan kemenangan perekonomian melalui akumulasi kekayaan.

Age of Empires dikembangkan oleh Ensemble Studios dan fitur keahlian dari Bruce Shelley, co-desainer dari game terkenal Civilization.

Fitur-Fitur Age of Empires

Age of Empires (AOE) bukan hanya sebuah permainan berbeda setiap kali Anda memainkannya. Ini adalah permainan yang sungguh sangat berbeda.

Tampilan grafis yang menarik, dua belas peradaban, pohon teknologi yang komprehensif, ratusan unit, tampilan peta secara acak, dan suara yang apik merupakan berbagai fitur yang menjadi kekayaan dari game ini untuk melengkapi pengalaman permainan.

AOE membuat Anda seakan sebagai pelaku peradaban dalam konteks historis, bukan dalam dunia yang murni fiksi. Akan tetapi, tentu saja jika Anda lebih suka menyimpang dari alur permainan yang telah ditentukan, Age of Empires menyertakan pula editor pembuat skenario sendiri sehingga Anda dapat membuat konflik dan skenario sendiri.

AOE juga akan membawa Anda pada sebuah ruang yang tidak diketahui batasnya. Anda memiliki ruang untuk berkeliaran, peta yang besar, dan banyak ruang tersedia untuk Anda.

Permainan Age of Empires ini bisa dimainkan melalui multiplayer delapan pemain sekaligus. Sehingga, kemampuan strategi Anda dalam membangun peradaban akan langsung teruji.

Multimedia

Tampilan grafis yang cermat menciptakan sebuah pengalaman yang tidak bisa ditandingi. Objek-objek digambar dengan tangan dan dirender hingga berbentuk 3 dimensi. Sehingga, objek-objek seakan-akan berbentuk nyata. Perhatian pada detail-detail objek permainan membawa pengalaman permainan Anda menjadi semakin fokus.

Persyaratan Game Age of Empires

Konfigurasi perangkat keras minimum dari Age of Empires adalah:

  • Pentium 90 atau prosesor yang lebih tinggi
  • 16 MB RAM
  • Sistem operasi Windows 95 atau Windows NT Workstation 4.0 dengan Service Pack 3
  • Kartu SVGA (dengan 1 MB VRAM)
  • 80 MB minimal tersedia ruang dalam hard disk
  • 50 MB ruang bebas untuk file swap
  • CD-ROM
  • Mouse
  • Speaker atau headphone untuk mendengarkan audio
  • 28.8 Kbps modem untuk melakukan bermain bersama
  • 28.8 Kbps modem untuk permainan head-to-head

Link : http://www.microsoft.com/games

Strategi untuk Menang

Data tersebut adalah permainan game age of empire yang pertama kali keluar. Game tersebut walaupun grafiknya untuk saat ini termasuk kurang baik tetapi strategi dari permainan ini masihlah memiliki tempat di hati pemain.

Untuk saat ini permainan ini yang masih banyak dimainkan adalah permainan age of empire II. Age of empire II minimal dimainkan pada komputer pentium III. Jika dimainkan pada komputer dengan kecepatan yang tinggi maka itu lebih baik.

Saat ini banyak sekali game-game terbaru yang mengedepankan nilai grafisnya. Berteberan sudah game yang memiliki gambar yang luar biasa bagusnya. Bahkan hampir mendekati nyata jika diperhatikan. Inilah yang dimanjakan oleh game yang ada saat ini.

Meskipun demikian, untuk tingkat kompleksitas yang diberikan oleh game terbaru masih belum mengalahkan apa yang ada pada age of empire II. Dalam permainan yang ada saat ini biasanya hanya terdiri dari tiga atau beberapa karakter saja.

Semisal permainan yang termasuk ke dalam real time strategi (rts) adalah starcraft II. Permainan starcraft II merlupakan kelanjutan ada sekuel dari starcraft yang lama. Hanya ada beberapa perkembangan pada beberapa karakter saja dan tingkat grafis yang lumayan bagus.

Age of empire sendiri juga mengembangkan diri dalam memperbaiki grafisnya. Namun kurang mendapatkan respon dari pemain game ini. Hal tersebut dikarenakan beratnya game yang dimainkan serta hilangnya tingkat kompleksitas yang telah ada pada permainan AOE II.

Hal tersebutlah yang tetap membuat pecinta game rts AOEII tetap bertahan pada AOE II dan tidak beralih langsung ke AOE III. Memang dari segi grafis tergolong baik namun untuk komplesitas dan kesulitan dalam permainan dirasakan masih sangat kurang.

Permian AOE II lebih asik kalau dimainkan ramai-ramai bersama teman. Berbagai strategi tentunya yang akan menjadi andalan dalam mengalahkan musuh. Tidak hanya pemilihan karakter yang berupa negara tetapi membutuhkan strategi yang jitu untuk dapat menang.

Lain halnya dalam game saat ini yang grafisnya luar biasa bagusnya. Ketika kita mampu memegang atau menggunakan karakter yang bagus maka sudah bisa dipastikan akan meraih kemenangan dalam permainan. Hal tersebut tidaklah berlaku dalam permainan AOE II.

Strategilah yang menentukan untuk dapat menang. Ada banyak negara yang bisa digunakan dalam berperang melawan musuh. Semuanya memiliki kelamahan dan keunggulan masing-masing. Ada kalanya keunggulan dimiliki oleh suatu negara tetapi selain keunggulan tersebut juga terdapat kelemahan.

Sebagai contoh adalah negara britania yang memiliki keunggulan pada pasukan panahnya yang spesial. Pasukan panah yang diciptakan dari dalam benteng atau kastil ini memiliki jangkauan panah yang sangat jauh serta keakuratan yang tinggi. Dengan demikian maka pasukan musuh akan sangat sulit untuk mendekati karena sebelum mendekat sudah terkena panah semua.

Namun karena keakuratan yang tingkat tinggi maka biasanya walaupun jumlah pasukan panah yang besar tetap akan fokus pada memanah pada satu target dengan demikian akan sangat memakan waktu sekali ketika musuh yang diserang berjumlah sangat banyak.

Selain itu, dalam pasukan britania tersebut gerakkan untuk menghindar atau lari juga sangat lambat. Sehingga tidak mampu mengejar pasukan musuh yang hanya menggunakan strategi memancing saja tanpa berani untuk mendekat. Kelemahan lainnya adalah tidak memiliki pasukan kuda bersayap yang terkenal larinya sangat cepat walaupun juga sangat lemah. Namun pasukan ini sangat efektif untuk digunakan sebagai pertahanan atau serangan jarak jauh.

Contoh lainnya yang paling membuat jengkel adalah kalahnya tentara paladin. Paladin adalah tentara berkuda yang paling kuat dan paling mahal. Untuk menciptakan atau membuat pasukan ini maka akan menghabiskan sumber alam yang sangat banyak. Kerugian besar jika menyerang dengan menggunakan pasukan ini tetapi kekalahan yang didapatkan.

Pasukan jenis paladin tidak semua negara memilikinya. Termasuk ke dalam negara yang tidak memiliki pasukan paladin adalah negara britania. Pasukan berkuda paladin sangat lemah terhadap pasukan tombak yang notabene adalah pasukan yang paling murah dan lemah.

Pasukan berkuda akan banyak mengalami kekalahan ketika berhadap dengan pasukan tombak. Oleh karena itu dibutuhkan pasukan pedang untuk melindungi pasukan kuda dari serangan pasukan tombak.

Selain menggunakan pasukan pedang juga bisa menggunakan pasukan panah untuk mengatasi pasukan tombak yang mencoba mengusir atau menghancurkan pasukan berkuda. Pasukan tombak merupakan pasukan murah yang hanya mengandalkan makanan dan kayu saja untuk menciptakannya.

Oleh karena itu daya tahan dari pasukan ini sangat lemah. Cukup dengan pasukan panah maka pasukan tombak akan kocar-kacir. Namun lebih baiknya jika disertakan dengan pasukan pedang sebagai jaga-jaga.

Semakin banyak pasukan yang dibawa maka akan semakin bagus. Hanya saja kelemahan manusia adalah tidak mampu mengendalikan jenis pasukan yang terlalu banyak. Semakin beragam maka pengendaliannya juga akan semakin sulit.

Dalam pertarungan untuk mengatasi pasukan panah britania yang jaraknya sangat jauh biasanya diserang dengan menggunakan siege onager. Namun juga harus memperhatikan musuh yang sedang lengah. Jika musuh tidak lengah maka kemungkinan untuk gagal sangat tinggi.

Siege onager merupakan mesin mekanik yang mampu melontarkan bola api ke arah musuh. Karena jumlah bola api yang dilontarkan sangat banyak maka kerugian yang dialami musuh juga sangat banyak. Sekali lempar saja mampu mempunuh puluhan prajurit yang sedang berjajar.

Tentu saja pasukan panah tersebut akan kewalahan jika sampai kecolongan. Apalagi harga dari pasukan panah tersebut tidaklah murah. Mampu menguras kantong dari pemain musuh jika terus-terusan menciptakan prajurit tersebut.

Speak Your Mind

*