Ajang Pamer di Moto GP

Ilustrasi moto gpBila kita mendengar nama Valentino Rossi, maka kita akan memningat ajang motor gede di moto Gp. Valentino Rossi ini merupakan rider asal Italia yang terkenal melalui ajang balap motor tercepat di dunia tersebut. hampir setiap rioder atau pembalap dunia ingin mengikuti ajang tersebut hingga mencapai titik dimana memperoleh kesuksesan yang seperti halnya Valentino Rossi di ajang motoGp tersebut. pada dasarnya moto Gp merupakan suatu olahraga yang beresiko tinggi.

Dengan resiko yang tinggi akan ajang balapan tersebut, maka panitia penyelanggara Moto Gp tersebut menentukan standart kemanan yang tinggi pula bagi peserta dari ajang Moto Gp tersebut. hal tersebut dilakukan semata –mata untuk mengurangi kecelakaan yang bisa saja terjadi ajang balap tersebut. banyak kejadian  yang terjadi di lintasan balap motoGp tersebut, dari mulai cerdera ringan, cedera parah atau berat, bahkan hingga merenggut nyawa sang pembalap tersebut.

Para rider atau pembalap yang mengikuti ajang ini tentunya saling berlomba untuk memperebutkan piala yang membultikan siapa yang tercepat dan terkuat di lintasan balap tersebut. Podium yang menjadi tempat para juara berdiri dengan kemenangannya tersebut juga menjadi suatu tempat tujuan yang di dincar oleh para pembalap di ajang ini. Di setiap musim dan lintasan yang berbeda – beda tersebut juga menjadi ajang yang selalu diwarnai dengan keunikan dan pertandinagn tersendri yang wajib kita ikuti perkembangannya.

Ajang Impian

Motor Grand Prix atau yang sering kita kenal dengan nama Moto Gp merupakan suatu kejuaraan khusus yang di ikuti oleh motor yang berkapasitas mesin tinggi yaitu mulai dari 125 samapi 500 cc. Ajang ini mulai diselenggrakan pada tahun 1949 oleh organisasi balap motor dunia atau Fim yaitu Federation Internatoinale de Motocyclisme.

Pada awal di adakan ajang balap motor ini, FIM mengadakan pertandingan dengan membbaginya menjadi empat kelas, yaitu 500,350,250, dan 125 CC. Namun dengan perkembangan yang terus dilakukan maka motor dengan kapasitas mesin 350 CC mulai ditiadakan hingga saat ini. Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini memang di adakan pula pertandingan motor hingga kapasitas mesin mencapai 1000 cc, namun pada tahun 2007 FIM menurunkan kapasitas mesin maksimal menjadi 800 cc.

Dengan penurunana kapasitas mesin yang lebih rendah dari ajang super bike, namun ajang Moto Gp ini tetap ,menjadi impian yang ingin di capai oleh para rider atau para pemblap  dunia yang ingin berkiprah di bidang balapan ini. Ajang balap motor ini di anggap ebagai puncak karir dari seorang pembalap yang sangat di utamakan. Selain itu, ajang ini juga tidak bisa dengan mudahnya diikuti oleh para pembalap karena di setiap ajangnya, pembalap yang bisa ikut dalam ajang ini harus mengikuti seleksi yang sangat ketat dengan setiap seleksinya tersebut hanya 35 pembalap dalam setiap kelasnya.

Italia Juaranya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ajang Moto Gp ini sering di menangi oleh pembalapa atau rider asal Italia. Pemabalap yang sukses menduduki puncak ajang balap motor ini adalah Giacomo Agostini. Giacomo Agostini ini merupakan rider asal Italia yang menorehkan sejarah panjang dalam ajang balap motor ini. Giacomo Agostini ini merupakan satu – satunya rider yang mampu mempertahankan predikat juaranya tersebut hingga mencapai juara dunia sebanyak 15 kali di semua kelas yang pernah ia ikuti. Juara dunia dalam ajang balap motor ini ia raih sebanyak 8 kali di ajang balap motor di kelas 500 cc.

Kehebatan dalam mengukir prestasi di ajang balap motor Moto Gp yang pernah di raih oleh Giacomo Agostini ini, tentunya mendapat persaingan yang tak kalah hebatnya. Pesaing sang legenda Giacomo Agostini ini merupakan rider asal Italia pula yang bernama Valentino Rossi. Kesuksesan Valentino Rossi sebagai rider yang tercepat ini menjadikan ia sebagai penerus keberhasilan yang pernah di capai oleh Giacomo Agostini tersebut.

Pada tahun 2010 lalu, Rosii pun menggunakan motor buatan Italia yaitu Ducati yang merupakan motor buatan negara asalnya yaitu Italia. Dengan prestasi – prestasi yang pernah ditorehkan olehnya di motor – motor sebelumnya yaitu Aprilia, Honda dan Yamaha, Rossi di harapkan mampu juga mengukir prestasi dengan motor Ducati ini. Hingga tahun 2009 lalu, Rossi sudah menjuarai ajang balap motor Moto Gp ini sebanyak 9 kali dengan dua di antanya ialah ia peroleh di kelas 125 cc dan 250 cc.

Tidak hanya Italia saja yang mempunyai rider yang berkelas dunia hingga menjadi juara di dunia ini, negara – negara lain pun memiliki masing – masing roder yang tidak bisa di ragukan lagi kemampuan dalam menungganhgi motornya tersebut. negara – negara seperti Amerika Serikat pun memberikan rider yang hebat pula seperti Kevin Schwantz, Kenny Roberts, dan terakhir Nicky Hayden. Spanyol pun memberikan rider terbaiknya yaitu Angel Nieto dan penerusnya Jorge Lorenzo. Dan Australia dengan pembalapnya yang legendaris Michael Doohan dan saat ini Australia di bawa oleh Casey Stoner yang tangguh dalam setiap lintasan balap Moto Gp tersebut.

Tempat Pamer Pabrikan

Selain tempat untuk para rider membuktikan menjadi pembalap yang tercepat, Moto Gp juga menjadi ajang untuk produsen motor memamerkan motor – motor yang berkualitas tinggi di dunia. Pada awal keberadaan ajang Moto Gp ini di adakan, produsen motor yang paling mengungguli dan menjuarai ajang ini ialah Agusta, Gilera, atau Aprillia dan BMW.

Namun selanjutnya, produsen motor dari Jepang pun hadir dengan kekuatan dan kualitas yang patut di acungi jempol seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki. Dan akhir – akhir ini ajang balap motor ini pun diikuti oleh produsen motor Kawasaki yang meramaikan balapan motor paling bergengsi tersebut. hingga saat ini, produsen motor dari Jepanglah yang banyak mendominasi ajang Moto Gp dunia tersebut.

Saat ini, selain kita dapat melihat keahlian dari para rider yang sangat mengagunkan seperti Valentino Rossi, Casey Stoner, ataupun Jorge Lorenzo, kita juga bisa melihat teknologi – teknologi canggih dari para produsen motor tersebut. Para pembalap seolah – olah menjadi bintang untuk produsen motor yang ia tunggani, selain itu produsen motor pun menjadi bangga terhadap motor yang di pakai oleh para rider hebat tersebut karena bisa meningkatkan minta pasaran untuk motor tersebut.

Sebagian orang yang menggemari ajang balap Moto Gp ini mungkin banyak bertanya – tanya bagaimana bisa motor sanggup di jalankan dengan kecepatan di atas 300 km per jamnya dalam hitungan waktu detik saja. Tentunya itu menjadi rahasia pabrikan motor produsen tersebut, namun di balik rahsia tersebut spesifikasi mesin – mesin moto gp inilah yang menjadi andalan dan rahasi utama motor yang digunakan dalam balapan tersebut. Berikut adalah spesifikasi mesin yang ikut dalam ajang moto Gp :

Untuk mtor yang di tunggangi oleh Valentino Rossi yaitu Ducati, spesifikasi mesinnya adalah :

  • Mesin yang berpendingin-cair, 90 derajat V4 empat tak. Esmodromic DOHC, empat katup per silinder.
  • Kapasitas mesin: 799cc
  • Tenaga puncak: lebih dari 200hp (hp=tenaga kuda)
  • Kecepatan puncak: lebih dari 310 kpj
  • Spesifikasi mesin yang di miliki Ducati9 di antaranya:
    1. Tipe Mesin : 4-Tak V4 Berpendingin Air
    2. Katup : 4 Katup persilinder DOHC, Desmodromic
    3. Kapasitas Mesin : 799cc
    4. Tenaga Max : 230dk
    5. Transmisi : 6 Percepatan.
  • Situs Resmi : www.Ducati.com

Sedangkan team Repsol yang dimiliki oleh Honda dengan nama Honda RC212V, memiliki spesifikasi mesin sebagai berikut;

  • Tipe Mesin : 4 Stroke, Pneumatic 4 Katup Persilinder, pendingin air
  • Konfigurasi : V4
  • Kapasitas Mesin : 799cc
  • Tenaga Max : 220dk.
  • Situs Resmi : www.World.Honda.Com

Untuk motor Yamaha dengan nama Yamaha Yzr-M1 memiliiki spesifikasi mesin sebagai berikut;

  • Tipe Mesin : Berpendingin Air dengan 16 katup DOHC berkatup Pneumatic
  • Konfigurasi : 4 Silinder segaris crossplane
  • Kapasitas Mesin : 799cc
  • Pengapian : Magneti Mirelli, Busi NGK
  • Pelumas Mesin : Yamalube
  • Tenaga Max : 220dk
  • Top Speed : Lebih dari 330km/jam.
  • Situs Resmi : www. Yamaha-Racing.com

Suzuki GSV-R yang dibuat oleh team Suzuki mempunyai spesifikasi mesinnya ialah sebagai berikut;

  • Tipe Mesin : 4 Langkah, pendingin air
  • Konfigurasi : V4, Pneumatic
  • Kapasitas Mesin : 799cc
  • Sistem Bahan Bakar : injeksi
  • Pelumas : Motul
  • Kopling : Multi Pelat kering
  • Transmisi : 6 percepatan
  • Situs Resmi : www.rizla-suzuki-motogp.co.id.uk

Dan spesifkasi mesin dari Kawasaki yang diberi nama ZX-RR ialah sebagai berikut;

  • Konfigurasi : Inline, 4 silinder , 4 stroke
  • Kapasitas Mesin : 798cc
  • Sistem Induksi : DOHC , Pneumatic , 4 Valve persilinder
  • Pelumas : Elf
  • Sistem Bahan Bakar : Electronic Fuel injection
  • Sistem Exhaust : Titanium, 4-2-1
  • Maximum Power : 200 Bhp
  • Maximum Speed : lebih dari 300km/jam.

Demikianlah informasi mengenai ajang Moto Gp yang terkenal di dunia, semoga bermanfaat!

Speak Your Mind

*