Aktor Komedi Kreatif, Adam Sandler yang Fenomenal

Ilustrasi adam sandlerAdam Sandler adalah salah satu aktor Holywood terkenal yang film-filmnya sudah beredar luas di Indonesia. Filmnya yang mendapat sambutan hangat di tanah air, misalnya Click yang diedarkan pada 2006 lalu. Kesuksesan Adam Sandler mengantarkannya menjadi seorang aktor papan atas Hollywood yang namanya patut diperhitungkan.

Adam, begitu dia biasa disapa, adalah warga Amerika Serikat yang lahir di Brooklyn, New York, pada 9 September 1966. Ayahnya yang bernama Stanley dan ibunya yang bernama Judy adalah warga Amerika keturunan Yahudi. Sang ayah bekerja sebagai teknisi listrik dan ibunya adalah guru sekolah taman kanak-kanak. Di usianya yang kelima, keluarga Adam pindah ke Manchester. Adam mengenyam pendidikan tingginya di Universitas New York. Di sana ia suka melawak dan berakting, ia sering kali tampil sebagai stand up comedian di kampusnya. Di tahun 1988, ia lulus dari Universitas New York.

Bakatnya yang luar biasa telah membuat pria berusia  44 tahun ini melejit sebagai bintang Hollywood. Betapa tidak, aktor komedi ini piawai memerankan beragam peran, menuliskan skenario, bernyanyi, bahkan memproduseri sendiri filmnya, ataupun film dengan bintang lain. Walaupun dia lebih banyak berakting di film-film bergenre komedi romantis, tetapi dunia mengakuinya sebagai aktor yang hebat. Kita bisa menyaksikan akting sekaligus kemampuan Adam dalam bernyanyi dan bermain gitar pada beberapa film yang dia mainkan, misalnya saat ia menyanyikan lagu Grow Old with You dalam film The Wedding Singer.

Karier Adam Sandler di Dunia Perfilman

Aktor komedi ini mulai berkecimpung di dunia seni peran, khususnya film, pada 1989. Sebenarnya, publik Amerika sudah menikmati aktingnya di layar kaca sejak 1987. Ketika itu, aktor komedi ini membintangi serial televisi berjudul Remote Control dan The Cosby Show, meski bukan peran yang penting. Dia juga turut membantu kepopuleran acara Saturday Night Live di stasiun televisi NBC sekitar 1990 – 1995. Dalam acara Saturday Night Live, Adam bertugas sebagai penulis di awal penayangannya. Baru pada tahun selanjutnya ia terpilih menjadi salah satu pemain dalam acara tersebut.

Di tahun 1994, ia mendapat peran di dalam film Airheads. Tahun selanjutnya ia berperan sebagai seorang lelaki dewasa yang tidak berpendidikan dan mengulang kembali pendidikan kelas 1 sampai kelas 12 demi mendapatkan rasa hormat dari sang ayah dalam film Billy Madison. Kariernya tidak selalu cemerlang. Dalam film At the Movies, beberapa kritikus film menyatakan bahwa akting Adam tidak menarik dan bahwa Adam hanya mampu melucu tanpa benar-benar berakting serta mendalami karakternya.

Selanjutnya ia pun melebarkan sayap sebagai aktor film komedi, seperti Bulletproof, Happy Gilmore, dan The Wedding Singer. Film-film tersebut sukses di pasaran dan ia pun mulai dikenal sebagai aktor komedi. Meskipun aktingnya dalam film-film tersebut tidak mendapat pujian dari para kritikus film, aktingnya film-film selanjutnya mulai dilirik para kritikus, mulai dari film Punch-Drunk-Love di tahun 2002. Kesuksesan selanjutnya diraih melalui film SpanglishReign over Me, dan Big Daddy. Film Big Daddy juga mempertemukannya dengan sang istri, Jacqueline Samantha Titone.

Nama Adam mulai mencuat. Ia kerap kali mendapat tawaran bermain film bermutu. Bahkan Tim Burton, sempat menominasikannya untuk memerankan karakter Willy Wonka dalam film Charlie and the Chocolate Factory, meski ternyata kemudian pilihannya jatuh kepada Johnny Depp. Film-film lainnya yang juga terkenal adalah I Now Pronounce You Chuck and Larry, You Don’t Mess with the Zohan, dan sebagainya. Sampai kini citra aktor komedi lekat di nama Adam. Ia kerap kali membintangi film-film layar lebar bertema komedi atau film keluarga.

Tahun 2011, ia bermain bersama Jennifer Aniston dalam sebuah film komedi romantis berjudul Just Go with It. Film ini berkisah tentang seorang ahli bedah plastik yang meminta salah seorang karyawan perempuannya untuk berpura-pura menjadi istrinya. Di tahun 2011 Adam juga mengisi suara untuk peran seekor monyet capuchin dalam film Zookeeper. Tahun 2012, bersama Andy Samberg ia membintangi film That’s My Boy.

Film-film yang dibintangi aktor komedi ini rata-rata termasuk sukses di pasaran dunia. Publik Amerika Serikat pun menyenanginya. Tak heran, sudah banyak peran yang dia mainkan. Jika dijumlahkan, ada sekitar 30-an lebih film yang menyertakan namanya. Menakjubkan, bukan?

Menurut para pengamat perfilman, Going Overboard (1989) adalah film yang membuka jalan baginya untuk melebarkan sayap di industri perfilman Hollywood. Adam, sebagai aktor multitalenta, disertai pembawaannya yang unik, membuat Hollywood mudah ditaklukkan oleh Tuan Sandler.  Adam Sandler termasuk aktor komedi yang produktif. Berikut ini beberapa judul film yang telah dibintanginya.

  • Going Overboard (1989)
  • Testing Dirty (1990)
  • Coneheads (1993)
  • Airheads (1994)
  • Billy Madison (1995)
  • Happy Gilmore (1996)
  • Bullet Proof (1996)
  • The Wedding Singer (1998)
  • The Waterboy (1998)
  • Big Daddy (1999)
  • Punch-Drunk Love (2002)
  • Anger Management (2003)
  • 50 First Dates (2004)
  • Spanglish (2004)
  • Click (2006)
  • I Now Pronounce You Chuck & Larry (2007)
  • Crood Awakening (2008)
  • Don’t Mess With The Zohan (2008)
  • Bed Time Stories (2008)
  • Funny People (2009)
  • Grown Up (2010)

Adam Sandler dan Happy Madison Production

Setelah sukses menjadi aktor papan atas, Adam mendirikan sebuah perusahaan produksi film bernama Happy Madison Production di tahun 1999. Film pertama yang diproduserinya adalah Deuce Bigalow: Male Gigolo. Terdapat juga film-film lain yang Adam bintangi sendiri, yakni Punch Drunk Love, Spanglish, Reign over Me,  dan Funny People. Film-film lainnya yang juga diproduksi oleh Happy Madison Production adalah The Hot Chick, The Animal, dan The Benchwarmers. Aktor komedi ini juga memproduseri sendiri beberapa film, yakni The Waterboy, Little Nicky, Click, Mr. Deeds, I Now Pronounce You Chuck and Larry, Bedtime Stories, dan The Longest Yard.

Prestasi dan Kehidupan Pribadi Adam Sandler

Nama aktor komedi ini seakan sudah menjadi jaminan mutu bagi para produsen film Hollywood yang ingin membuat film bergenre komedi romantis dan mendulang dolar dari film-film itu. Adam menjelma menjadi aktor yang diperhitungkan di mata kritikus sinema.

Pada 2003, lewat filmnya yang berjudul Punch-Drunk Love, aktor komedi ini dinobatkan sebagai Aktor Komedi Terbaik (Best Actor Comedy) di ajang Golden Globe Awards. Lalu, ketika memerankan Michael Newman dalam filmnya Click, nama Adam pun menjadi salah satu nominasi untuk kategori pemeran aktor komedi terbaik. Sayangnya, aktor komedi ini tidak berhasil memenangi piala tersebut. Di tahun 2011, ia mendapatkan penghargaan Golden Raspberry Awards dengan kategori “Aktor Terburuk” dalam film Jack & Jill.

Kehidupan pribadi seorang Adam Sandler agaknya jauh dari gosip. Dia menikah dengan Jacqueline Samantha Titone, seorang aktris yang lebih akrab disebut Jackie Sandler. Pasangan serasi ini telah dikaruniai seorang anak perempuan cantik bernama Sadie Madison Sandler. Sebelum menikah, Adam pernah disinyalir menjalin kasih dengan pengusaha kosmetik bernama Margaret Ruden pada 1989. Sedangkan, aktris Hollywood yang pernah dekat dengan aktor komedi ini di antaranya ialah Alicia Silverstone pada 1996.

Speak Your Mind

*