Akurasi Mouse Komputer

Ilustrasi mouseKata mouse pasti sudah tidak asing lagi bagi pengguna komputer. Mouse ini adalah sebuah alat input (input device) yang digunakan untuk memasukkan data ataupun perintah ke dalam komputer.

Penemu Mouse

Mouse ditemukan oleh seorang penemu Amerika Serikat, Douglas Engelbart. Dia tidak hanya penemu mouse, namun perangkat lain lebih banyak juga, seperti mesin khusus – yang hanya bisa digunakan setelah pelatihan operasional – dan sederhana user-friendly perangkat, yang dapat digunakan oleh siapa saja.

Inovasi yang paling terkenal atau penemuan pribadinya adalah mouse komputer, yang digunakan di seluruh dunia. Selain itu, ia juga memberikan kontribusi terhadap penemuan seperti jendela, email, teknologi internet, komputer telekonferensi video, hypermedia groupware, dll antara lain.

Pada tahun 1964, sebuah model skala penuh kerja mouse dikembangkan dan digunakan dengan Graphical User Interface (GUI). Itu adalah shell terbuat dari kayu dengan dua roda logam. Douglas Engelbart mengajukan, dan menerima paten untuk ini, pada tahun 1970.

Dalam aplikasi paten, ia menyebutkan hal itu sebagai “indikator posisi XY untuk sistem display.” Itu hanya bernama ‘mouse’, sebagai kawat yang terhubung belakang, mirip dengan ekor tikus. Nama terjebak dan sampai hari ini dikenal sebagai ‘mouse’, dalam istilah komputer.

Karena tidak ada prosedur mengeluarkan paten untuk produk-produk perangkat lunak pada saat itu, Engelbart tidak menerima paten untuk versinya Windows. Dia, bagaimanapun, memperoleh lebih dari 45 paten atas namanya.

Jadi, apa yang terlihat dalam mouse komputer? Kebanyakan orang akan mengatakan itu perlu sesuai dengan kebutuhan Anda, yang lain mengatakan itu perlu teknologi canggih dan beberapa akan mengatakan itu harus kompatibel dengan komputer Anda. Bahkan mereka benar, Anda perlu mencari semua hal ini sementara akan luar sana untuk mencari mouse komputer terbaik.

Sekarang mouse komputer telah datang jauh dari apa yang digunakan untuk menjadi, teknologi telah maju setelah semua memiliki bukan? Jadi ada beberapa jenis dasar dari mouse komputer – ada mekanik, optik, dan mouse laser.

Sekarang Anda perlu memutuskan apa yang Anda inginkan, apakah Anda ingin mouse mekanik dasar atau akan Anda lebih suka berbelanja secara royal pada mouse optik atau laser pukulan baru. Yang optik adalah apa yang kita sarankan.

Cara Kerja Mouse

Mouse bekerja dengan menggunakan prinsip sederhana yaitu menangkap gerakan bola yang terdapat di dalam mouse. Bola ini berada di antara dua roller yang merupakan pengukur sumbu vertikal dan horizontal.

Jika kita melepaskan bola yang ada di dalam mouse dan menggerakkan roller vertikal, maka pointer hanya akan bergerak secara vertikal saja. Dan jika kita menggerakkan roller horizontal saja, maka pointer hanya akan bergerak secara horizontal.

Oleh karena itulah diletakkan sebuah bola agar pergerakan pointer bisa vertikal, horizontal, maupun diagonal. Masing-masing roller di dalam mouse terhubung dengan sepasang piringan yang berlubang-lubang dan akan ikut berputar ketika roller berputar, sehingga mouse juga bisa melakukan gerakan pointer berputar.

Seiring berjalannya waktu, mouse yang menggunakan bola di dalamnya sebagai penggerak, diganti dengan mouse yang menggunakan sinar LED sebagai penggerak.

Jenis-jenis Mouse

Berdasarkan jenis penggeraknya, mouse dapat dibagi menjadi 3:

1. Mouse Bola Mouse generasi pertama ini menggunakan bola sebagai penggeraknya. Karena memerlukan perawatan khusus dan harus sering dibersihkan, mouse jenis ini sudah jarang dipakai.

2. Mouse Optikal Mouse jenis ini menggunakan sinar LED sebagai penggerak pointer. Prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan sensor optik yang mengambil gambar saat mouse bergerak. Perubahan gambar saat mouse bergerak ini kemudian diterjemahkan oleh chip khusus ke dalam sumbu vertikal dan horizontal. Mouse ini paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer saat ini.

3. Mouse Laser Jenis mouse ini mempunyai prinsip kerja yang sama dengan mouse optikal. Bedanya mouse ini menggunakan sinar laser sebagai penggerak. Dengan menggunakan mouse ini keakuratan pergerakan pointer bisa 20 kali lebih akurat daripada menggunakan mouse optikal. Karena harganya yang masih mahal, mouse ini jarang dipakai.

Berdasarkan sarana koneksi, mouse dibagi menjadi 4:

1. Mouse Serial Mouse ini menggunakan kabel serial sebagai sarana koneksi ke komputer. Jenis mouse ini biasanya dipakai untuk komputer pentium 1.

2. Mouse PS2 Mouse ini menggunakan port PS2 sebagai sarana koneksi dengan komputer. Jenis mouse ini sudah banyak dipakai oleh para pengguna komputer.

3. Mouse USB Mouse ini menggunakan port USB sebagai sarana koneksi ke komputer. Biasanya mouse jenis ini dipakai oleh para pengguna laptop.

4. Mouse Wireless Mouse ini menggunakan sinyal wifi sebagai saran koneksi dengan komputer.

Jika memakai mouse optikal, maka kita bisa mengetahui keakuratan mouse tersebut dalam menggerakkan pointer dengan melihat besarnya dpi yang tertera pada mouse. Semakin besar dpi, maka semakin akurat mouse tersebut dalam menggunakan pointer.

Tips Membeli Optical Mouse

  • Roda gulir: Kebanyakan mouse optik akan menggunakan roda gulir. Ini adalah roda kecil yang memungkinkan Anda gulir ke atas dan ke bawah pada monitor tanpa benar-benar menggerakkan tangan Anda ke atas dan ke bawah. Seperti saya mengatakan sebagian besar benda itu akan memilikinya, tetapi ada beberapa yang tidak, yang terbaik untuk mendapatkan satu dengan roda gulir.
  • Roda Tilt: Ini adalah fitur lain yang akrab dengan mouse optik, tetapi ada beberapa yang tidak. Roda miring ini adalah fitur yang hebat, dan memungkinkan Anda menggulir dengan cara ke samping pada layar tanpa menggerakkan tangan Anda dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
  • Wireless: Sekarang jika Anda adalah tipe orang yang tidak dapat diganggu dengan kabel terlalu banyak, Anda perlu membeli mouse optik nirkabel. Sebuah mouse nirkabel besar dan menggunakan frekuensi radio untuk berkoordinasi dengan komputer. Mouse optik nirkabel akan memerlukan penggantian baterai atau mungkin perlu diisi ulang setiap begitu sering pada base station baterai. Anda perlu menyadari fasilitas Bluetooth dan WLAN pada komputer Anda untuk dapat menggunakan mouse optik nirkabel.
  • Fitur Shortcut: Jika Anda malas atau seseorang yang tidak memiliki banyak waktu, kemudian mendapatkan sebuah mouse yang memiliki fitur shortcut. Ini berarti mouse optik akan memiliki tombol shortcut seperti atas halaman dan halaman ke bawah untuk memungkinkan Anda untuk bekerja lebih cepat.
  • Comfort: Sementara memilih mouse optik nirkabel Anda, Anda harus selalu mencoba menggunakannya. Untuk harus merasa nyaman dan alami di tangan sendiri. Jika Anda memiliki tangan kecil atau yang besar, toh bisa kan Anda menggunakan mouse itu sesuai dengan tangan itu juga.
  • Kinerja: Tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan pada komputer, di mana Anda ingin memilih mouse sesuai dengan kinerja yang ada. Setiap mouse akan memiliki tingkat presisi yang berbeda dan mouse perlu menanggapi kebutuhan Anda.
  • Harga: Jika Anda ingin mouse nirkabel yang baik dan maju optik, bersiaplah untuk membayar apapun dari 50 ribu sampai 100 ribu perak.
  • Styles: Anda pun selalu bisa memilih mouse nirkabel gaya optik, di dalam berbagai macam warna, tekstur, dan pola grafis yang tersedia. Dan semua pilihan terserah saja. Mau norak, mau bergaya, mau kerlap kerlip, mau bentuk tedy bear, bebas toh.
  • Membeli sesuatu yang berkualitas baik dan user-friendly sehingga Anda tidak perlu jalan ke toko komputer lagi, sekedar komplain dan lantas beli lagi.

Speak Your Mind

*