Alarm Rumah – Penjaga Baru Rumah Anda

Ilustrasi alarm rumahPerlukah kita memasang alarm rumah? Ya, ini bukan pertanyaan retoris. Memang benar semua orang menginginkan keamanan, namun tingkat kepentingannya tentu saja merupakan penilaian yang bersifat subyektif, sesuai dengan keadaan internal dan kondisi eksternal. Misalnya, lingkungan tempat tinggalnya benar-benar aman sehingga belum merasa perlu memasang alarm rumah.

Jika Anda termasuk yang menganggap bahwa keamanan rumah mendapat prioritas, maka Anda perlu merasa beruntung karena saat ini sudah banyak dijual alarm rumah yang akan membantu Anda mengawasi semua akses yang tidak dikehendaki keberadaannya: maling, misalnya. Jendela, pintu, atau bagian-bagian rumah yang Anda pasang alarm akan menimbulkan bunyi jika bagian-bagian itu dibuka dengan paksa.

Alarm rumah ini biasanya dipasang tanpa kabel. Pemasangannya sangat mudah dan fleksibel. Anda hanya harus memasangnya dengan menggunakan super double tape yang biasanya sudah disediakan dalam paketnya. Kekuatan suaranya sangat keras, bisa terdengar dalam radius yang cukup jauh sehingga bisa menghasilkan efek kejut yang dapat membuat panik pencuri. Baterai yang digunakan juga relatif awet.

Selain didesain mudah agar bisa dioperasikan siapa saja, produk alarm rumah memiliki cara pengaktifan baik secara manual atau otomatis, bergantung pada merek, harga, dan kebijakan produsennya. Anda bisa menggunakan alarm rumah dengan radio remote control untuk memudahkan dalam mengaktifkan atau menonaktifkan sistem alarm rumah Anda, semudah menggunakan alarm pada mobil Anda.

Mengenal Sistem Alarm Rumah Lebih Dekat

Alarm rumah biasanya ditempel di area rumah untuk menjamin dan melindungi properti yang ada di dalam rumah dari bahaya pencurian. Sistem alarm rumah dapat memonitor keamanan rumah dan memberikan laporan kepada pemilik jika terjadi tindakan yang mengancam keamanan rumah sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir. Cara kerja alarm rumah terbagi dua, yaitu:

Sensor Infra Merah

Sistem pendeteksi bahaya yang digunakan adalah infra merah yang dalam bahasa teknis disebut PIR (Passive Infra Red) atau infra merah pasif. Sensor ini hanya untuk mendeteksi saja sehingga disebut pasif. Sensor infra merah memiliki keuntungan dari sisi penguasaan area di mana sensor ini mempunyai jarak radius 15m/90 derajat dan biasanya dipasang di tempat strategis.

Sistem alarm GSM

Jenis alarm tanpa kabel yang dalam instalasinya relatif lebih mudah. Kelebihan alarm ini, ketika terjadi bahaya, maka alarm akan memberikan laporan kepada pemilik melalui jaringan GSM selama pemilik berada dalam jangkauan sinyal GSM.

Pada dasarnya, sebuah alarm system yang lengkap hendaknya memiliki:

  • Main panel, yakni pengendali utama atau otak sebuah sistem alarm.
  • Keypad, yakni alat yang memungkinkan pengguna alarm untuk berinteraksi dengan sistemnya secara langsung.
  • Sensor, yakni alat yang mampu mendeteksi akses asing yang memaksa masuk.
  • Audio Visual Alert, yakni alat yang digunakan untuk menghasilkan tanda bila sensor telah menangkap adanya akses asing: bisa berupa suara atau cahaya.
  • Remote Alert, yakni alat yang digunakan untuk menyampaikan tanda pada pemilik sistem melalui alat komunikasi.

Secara umum, sistem alarm dibedakan menjadi dua:

  • Hard-wired system yang menggunakan kabel untuk mengirimkan sinyal pada bagian-bagiannya.
  • Wireless system yang menggunakan gelombang frekuensi untuk mengirimkan sinyal pada bagian-bagiannya.

Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Alarm dengan hard-wired system relatif lebih stabil daripada wireless system, namun biaya proses instalasi infrastrukturnya relatif lebih besar.

Wireless system relatif berharga mahal, namun proses pemasangannya relatif lebih mudah. Setidaknya dalam memenuhi standar keamanan, sebuah alarm sistem hendaknya memiliki panel, keypad, sensor, audio/ video alert, serta remote alert.

Alternatif Alarm Rumah Wireless Safe Guard

Selain dari alarm rumah yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain alarm rumah, yaitu alarm rumah wireless safe guard. Apa itu alarm wireless safe guard? Dan apa keuntungannya jika kita menggunakan alarm tipe wireless safe guard ini? Berikut beberapa keuntungan yang kita dapatkan jika menggunakannya:

    • Pada saat pencuri terdeteksi, wireless safe guard secara otomatis akan mengirimkan
      pemberitahuan kepada 3 nomor telepon yang telah terprogram sebelumnya. Di mana Anda dapat memprogram salah satu dengan menghubungkan ke nomor kepolisian atau kantor security di tempat Anda, sehingga memberikan kemudahan pada pihak security untuk mengontrol rumah atau tempat usaha Anda.
    • Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan serta mengontrol wireless safe guard dengan ponsel tanpa harus berada di lokasi hanya dengan cara memasukkan password yang telah Anda setting terlebih dahulu sehingga sangat memberikan kemudahan bagi Anda.
    • Sistem wireless safe guard ini banyak memberikan kemudahan dan keuntungan bagi Anda, pemasangan yang cepat, tidak merusak interior dan ke indahan rumah Anda, tanpa menggunakan kabel sehingga menghindarkan dari pemutusan kabel oleh pencuri.
    • Wireless safe guard ini di lengkapi dengan sensor atau detektor infrared yang hanya mendeteksi setiap gerakan dan suhu tubuh manusia dan sensor atau detektor pintu yang dapat mencakup 99 panel pintu dan 60 sensor infrared.
    • Wireless safe guard ini di lengkapi dengan main unit atau unit utama di dalamnya terdapat MIC yang berfungsi untuk komunikasi 2 arah mengecek kondisi rumah atau ruangan Anda, serta mendengarkan suara atau gerakan dan berbicara langsung dengan mereka yang berada di tempat saat itu jika hal itu di perlukan. Hanya dengan mengendalikan lewat ponsel Anda, serta Built-in Memory sehingga dari setiap data yang telah terprogram aman.
    • Wireless safe guard ini di lengkapi dengan LED Display untuk mengetahui daerah mana yang telah dimasuki oleh pencuri melalui display.
    • Wireless safe guard dilengkapi dengan baterai back up Built-in yang secara otomatis mengisi, sehingga alarm akan tetap berfungsi walaupun listrik mati.
  • Dengan garansi 1 tahun untuk main unit langsung ganti baru atau replace jika terjadi kerusakan, sehingga Anda tidak perlu kuwatir dengan produk ini.

Tips Membeli dan Memasang Alarm Rumah

    • Carilah info sebanyak-sebanyaknya tentang produk alarm rumah baik dari media maupun kerabat, kenalan, dan tetangga yang sudah terlebih dahulu memakainya sebagai bahan pertimbangan kebaikan dan keburukan pembelian dan pemasangan alarm rumah.
    • Mintalah produsen atau toko tempat Anda membeli menjelaskan secara rinci mengenai sistem, pemasangan alat, cara kerja, dan perencanaan biaya.
    • Pilihlah harga yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Jangan membeli barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Bila perlu, carilah perbandingan harga dengan penjual lainnya.
    • Jangan lupa untuk memastikan garansi yang Anda peroleh; apakah hanya garansi alat, garansi instalasi, atau keduanya.
    • Anda harus memastikan bahwa barang yang Anda beli sesuai dengan barang yang ditawarkan.
  • Usahakan memakai jasa teknisi yang sama untuk instalasi di rumah Anda agar tidak terjadi banyak komunikasi di rumah Anda. Selain itu, Anda tidak harus membangun komunikasi mulai dari awal lagi untuk pemasangan yang kontinyu.

Tips Menjaga Keamanan Rumah selain Alarm Rumah

Apakah Anda khawatir bila suatu waktu anda harus berlibur atau meninggalkan rumah Anda untuk waktu yang lama tapi Anda tidak memiliki alarm rumah? Tidak usah bingung. Hal terpenting adalah selalu waspada dan gunakan tips berikut ini untuk menjaga keamanan rumah Anda dari incaran pencuri:

Tutup dan kunci jendela

Pintu mungkin menjadi fokus utama, tapi jendela juga harus menjadi perhatian kita karena biasanya pencuri menggunakan jendela untuk masuk kedalam rumah. Jangan hanya karena perangkat seperti mesin pendingin udara kebetulan bertengger dijendela lantai dua tidak berarti bahwa perampok kehilangan akal dan tetap mencari cara masuk walaupun kita menutup dan mengunci semua jendela, atau pastikan ada tambahan keamanan ditempat jika itu memungkinkan.

Bicara dengan tetangga

Apakah Anda sudah berada disebuah gedung apartemen selama bertahun-tahun atau baru saja pindah ke sebuah rumah, penting untuk mencari tahu siapa milik disekitar lingkungan, sehingga anda mungkin sedikitnya bisa meminta bantuan mereka untuk menjaga rumah anda. Plus, di dunia orang lebih sering mengabaikan satu sama lain. Jadi masuk akal bila Anda berbicara dengan tetangga dan bersosialisasi.

Jaga kunci ditangan anda

Apakah Anda tinggal dirumah besar atau sebuah apartemen studio yang sempit, berjalan sampai kepintu larut malam sambil meraba-raba melalui saku atau tas seseorang adalah menarik perhatian yang tidak diinginkan. Keamanan rumah adalah lebih dari sekedar menjaga orang keluar dari rumah, melainkan juga tentang menjaga aman di mana pun Anda. Jangan buat kesalahan ini.

Jangan mengiklankan barang

Jauhkan televisi LCD Anda agar tidak mudah terlihat dan menyolok hingga menarik perhatian orang-orang diluar sana, gunakan tirai atau samarkan keadaan rumah anda sehingga orang-orang luar yang tidak berkepentingan tidak bisa melihat. Jika penjahat tidak bisa melihat secara akurat keadaan rumah Anda, maka kemungkinan mereka akan kesulitan dan berpikir sekian kali untuk merampok rumah Anda.

Speak Your Mind

*