Alternatif Browsing dengan Speedy

Ilustrasi speedy
Untuk Anda yang suka berselancar di dunia maya, pasti merasa sebal kalau koneksi internet Anda lambat atau tidak lancar. Rupanya ada juga alternatif untuk browsing dengan kecepatan tinggi. Speedy, nama produknya. Cukup banyak yang menggunakan produk ini. Rumah-rumah, sekolah, dan perkantoran dengan kebutuhan interntet cukup tinggi pun menggunakan penyedia internet satu ini. Walaupun tidak terlalu cepat, selama ini pelayanan cukup lumayan.

Teknologi yang Digunakan

Speedy adalah layanan akses internet berkecepatan tinggi dari PT Telkom berbasis teknologi akses Asymetic Digital Subscriber Line (ADSL). ADSL ini memungkinkan komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) dengan hanya melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga). Biaya yang dikenakan juga tidak terlalu mencekik leher. Sesuai dengan iklan yang sering diperdengarkan di radio, biayanya hanya 5000 pe hari.

Biaya ini cukup murah dibandingkan kalau masing-masing anggota keluarga membeli modem dengan harga membeli pulsa 45 ribu per bulannya. Kalau ada 4 orang anggota keluarga yang membutuhkan modem, biaya menggunakan jaringan dari Telkom tersebut tentunya jauh lebih murah dengan kualitas yang bisa diandalkan. Hukum ekonomi ini memang harus diperhitungkan mengingat begitu banyak hal yang harus dibiayai. Tidak salah kalau banyak masyarakat yang mempercayakan akses internet rumahnya kepada produk ini.

Memakai Speedy, tidak sama dengan memakai layanan akses internet dial-up, seperti TelkomNet Instan misalnya. Dengan memakai layanan ini, saluran telepon tetap bisa dipakai menelepon, berbarengan dengan akses internet. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan. Walaupun kini penggunaan telepon rumah bukan sesuatu yang terlalu diandalkan, sesekali orang masih menggunakannya terutama untuk rumah-rumah yang telah memasang telepon jauh sebelum maraknya penggunaan ponsel di tanah air.

Untuk bisa menikmati fasilitas saluran telepon dan internet secara bersamaan, pelanggan layanan ini harus memakai splitter yang bisa memisahkan saluran telepon dan saluran modem. Splitter ini biasanya sudah termasuk dalam paket penjualan modem ADSL. Harga pemasangan yang tidak mahal serta pemasangan yang tidak lama, menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan juga. Rumah biasanya tidak ada yang menunggu ketika semua anggota keluarga beraktivitas di luar rumah di pagi hingga sore hari.

Menyediakan waktu untuk pemasangan jaringan internet itu terkadang membutuhkan pengorbanan dari salah satu anggota keluarga yang harus mengambil cuti kerja. Demi mendaptkan suasana rumah dengan model jaringan internet terpasang, memang tidak mudah. Namun, setelah ada jaringan internet, hidup terasa mudah dan tidak harus banyak berpikir ketika ada masalah. Dengan adanya jaringan internet ini, tinggal buka laptop dan cari penyelesaian dengan mesin pencari seperti Google.

Anak-anak juga bisa bermain game di rumah. Kalaupun akan membuka bisnis warnet, pengalaman menggunakan layanan ini bisa menjadi salah satu pertimbangan mengembangkan sayap bisnis. Walaupun tentunya bisnis satu ini agak sulit dikembangkan mengingat telah begitu banyak kemudahan bagi para pemain game memainkan hobi mereka di manapun dan kapanpun mereka mau. Biaya internet yang tidak terlalu mahal membuat bisnis permainan game ini agak merana.

Mengenal Layanan Telkom satu Ini Lebih Jauh

Speedy merupakan brand salah satu ISP yang memberikan pelayanan akses internet end to end untuk penggunaan bisnis kecil atau menengah di suatu residensial yang berbasis akses kabel tembaga dengan menggunakan teknologi Asymetryc Digital Subsciber Line atau dikenal masyarakat umum dengan singkatan ADSL.

Layanan ini menawarkan  kecepatan akses sesuai dengan pilihan paket yang digunakan pelanggan. Paket layanan kecepatan yang dapat digunakan pelanggan untuk sampai ke Broadband Remote Acces Server (BRAS) dimulai dari 384 kbps sampai 3 Mbps per line. Ada harga, ada rupa berlaku dalam mengambil layanan ini. Kalau memang membutuhkan kecepatan yang cukup lumayan, biaya yang dikeluarkan memang harus lebih banyak.

Beberapa waktu lalu, layanan satu ini sering diremehkan karena dikenal cukup lambat dan sering membuat kesal. Kini, dengan persaingan yang semakin banyak, Telkom telah memperbaiki dan berusaha meningkatkan kemampuan salah satu produk andalannya ini. Tentu saja Telkom tidak mau ditinggalkan oleh pelanggannya gara-gara layanan yang kurang prima.

Untuk mengetahui seberapa cepat kecepatan akses yang ditawarkan Speedy ini, pembaca bisa membandingkan dengan kecepatan dial up telkomnet instant yang sejak pertama kali ditekan hingga mendapatkan jawaban itu menggunakan kecepatan 56 kbps per line. Jadi, jangan ragukan lagi kecepatan akses internet dengan Speedy ini.

Kecepatan
Speedy memberikan koneksi ke internet yang lebih cepat dibanding memakai layanan dial-up biasa. Koneksi Speedy mempunyai kecepatan mengunduh (download) sampai maksimal 3 Mbps (MegaByte per detik) dan kecepatan mengunggah (upload) sampai maksimal 128 Kbps (KiloByte per detik).

Layanan dial-up hanya memberi kecepatan maksimal hanya sekitar setengahnya. Jadi, kalau Anda ingin mendownload file dengan kapasitas besar, seperti film, maka waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat.

Cara Mengakses
Untuk bisa mengakses layanan ini, para pelanggan (yang disebut Sahabat Speedy) tidak bisa memakai modem analog biasa, tapi harus memakai modem ADSL. Modem bisa dihubungkan ke komputer/laptop lewat fasilitas konektor Ethernet LAN, Wireless LAN, dan USB.

Paket-paket Modem yang ada, memungkinkan pengguna bisa menggabungkan dua atau tiga fasilitas di atas, ataupun hanya memiliki satu saja. Modem ADSL biasanya sudah menyediakan fasilitas-fasilitas seperti pengaturan modem melalui web browser seperti Internet Explorer atau Firefox, dan fitur keamanan seperti firewall.

Disebabkan karena teknologinya, tidak semua jaringan telepon bisa dipakai untuk layanan Speedy. Untuk bisa melakukan koneksi ADSL, diperlukan kualitas jaringan telepon yang cukup baik dan alat Multiplexer khusus di Sentra Telepon Otomatis di Telkom terdekat.

Tapi karena kecepatan koneksinya, ada kalanya Speedy menjadi tidak aman. Ini dimungkinkan karena kecepatan itu membuat komputer rentan terkena serangan-serangan dunia maya, seperti worm, trojan horse, dan virus. Untuk itu, kalau Anda memakai layanan ini, lebih baik Anda menginstal firewall atau anti-virus lebih dulu di komputer Anda.

Speedy, Lead Your Life
Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin maju. Berbagai aktivitas yang menggunakan sistem manual sudah mulai tertinggal dengan sistem jaringan online. Ya, sistem online ini dinilai memiliki beberapa keuntungan dibanding dengan sistem manual. Selain dari segi efektivitas waktu, jangkauannya pun sangatlah luas. Kehadiran teknologi internet memungkinkan penghuni bumi untuk melakukan segala aktivitas secara online.

Tak terkecuali di Indonesia, internet sudah mulai menjadi pilihan banyak pihak yang mampu memberikan beragam kemudahan. Banyaknya Internet Service Provider (ISP) yang terdapat di Indonesia semakin memperjelas bahwa orang Indonesia sangat peka terhadap kemajuan teknologi. Sebagai contoh, kita sebut saja ISP dari Speedy, M2, Flash, AHA, dan sebagainya.

Beberapa Keunggulan

Selain dari segi kecepatan akses yang bisa dibilang sangat cepat, Speedy juga memiliki beberapa kelebihan lain, seperti akses akhir ke pelanggan yang bersifat individual, artinya tidak bergantung pada BTS, seperti akses broadband wireless. Selain itu, koneksi Speedy dapat Anda share dengan beberapa komputer lain yang berdekatan dengan menggunakan switch maupun wifi hotspot.

Mengenai koneksi dalam backbone domestic, akses Speedy ini bebas hambatan dan koneksi ke gateway internasional pun sangatlah nyaman. Dan yang paling menggembirakan, Speedy ini memiliki kemampuan untuk menyalurkan data dan suara melalui satu saluran telepon biasa. Dengan kata lain, speedy merupakan line internet sekaligus telepon.

Paket yang Disediakan Speedy
Seperti yang sudah dibahas tadi, Speedy menawarkan kecepatan akses sesuai dengan paket yang dipilih pelanggan. Berikut adalah paket-paket dari layanannya yang dapat pelanggan pilih. Perhatikan baik-baik dan pertimbangkan memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Paket Mail; paket (Limited 15 Jam ) dengan kecepatan downstream 1 Mbps dan kecepetan upstreamnya 256 kbps.
2. Paket Load; paket dengan kecepatan downstream 512 kbps dan kecepetan upstreamnya 128 kbps.
3. Paket Chat; paket (Limited 50 jam) dengan kecepatan downstream 1 Mbps dan kecepetan upstreamnya 256 kbps.
4. Paket Familia; paket dengan kecepatan downstream 1 Mbps dan kecepetan upstreamnya 356 kbps plus kepasitas ke gateway internasionalnya lebih besar.
5. Paket Sosialita; paket dengan kecepatan downstream 384 kbps dan kecepatan upstreamnya 96 kbps.
6. Paket Executive; paket dengan kecepatan downstream 2 Mbps dan kecepatan upstreamnya 512 kbps.
7. Paket Biz; paket dengan kecepatan downstream 3 Mbps dan kecepatan upstreamnya 512 kbps.

Speak Your Mind

*