Aneka Kerajinan Penyalur Hobi dan Penghilang Stres

Ilustrasi aneka kerajinanSemakin banyak kegiatan, semakin banyak tekanan. Semakin banyak tekanan, semakin stres. Tapi, tak ada kegiatan juga bikin stres karena energi tak tersalurkan dengan saksama. Bila hobi tidur, nonton TV, membaca, main game, sudah tak mampu membuat perasaan terlegakan dalam hidup terobati, maka saatnya mencari kegiatan baru yang lebih menantang.

Aneka kerajinan! Kegiatan ini mungkin akan mampu memenuhi dahaga akan tetes-tetes kebahagiaan yang agak menjauh. Aneka kerajinan apa saja yang dapat membuat jiwa dan raga terpenuhi kebutuhannya?

Tentunya kerajinan yang tidak terlalu menguras keuangan, energi, dan waktu. Kalau mau mencoba membuat sebilah belati sendiri dengan cara mengunjungi pandai besi? Mengapa tidak. Pasti akan cukup berkeringat dan lelah sekali. Kepuasannya sangat membantu otak Anda mengeluarkan dopamine, suatu zat yang membuat Anda merasa puas dan bahagia. Lega dan membanggakan memperlihatkan belati buatan Anda sendiri kepada teman dan handai taulan. Jangan lupa untuk meng-upload gambarnya di status Facebook. Seru, bukan?

Mengatasi Stres dengan Hobi

Padatnya jam kerja yang dilalui oleh seseorang kadang membuat suasana linkungan dan ketenangan hidup menjadi terganggu. Banyak sekali permasalahan yang terus berdatangan silih berganti. Seakan-akan tidak akan pernah ada habisnya waktu digunakan untuk mencari solusi dari setiap permasalahan.

Setiap datang satu masalah yang telah berhasil diselesaikan, pada saat itu pula datang masalah yang lain yang siap menunggu untuk diselesaikan pula. Kinerja otak seakan diperas hingga perasaan tetes terakhir seperti sebatang tebu yang terus-terusan diperas walau sarinya sendiri tinggal sedikit.

Ada baiknya jika kita lari sejenak dari hiruk pikuk yang melelahkan otak. Sebuah aktivitas rutin yang sangat menjemuhkan bagi pikiran yang terus menerus menggenjot otak hingga kelelahan. Pada akhirnya membuat kita menjadi mudah untuk stres karena banyaknya hal yang harus dipikirkan.

Seperti sebuah mesin yang membutuhkan waktu rehat sejenak agar mesinnya tidak kepanasan. Sebuah mesin motor yang dipacu dengan kecepatan di atas normal secara terus menerus tanpa adanya jedah untuk berhenti maka mesin tersebut akan panas dan terbakar. Hingga akhirnya mogok karena kepanasan

Karena mesin yang mogok tersebut kota tujuan yang seharusnya bisa dicapai menjadi terhambat bahkan bisa jadi tidak tercapai karena kendaraan yang mogok. Oleh karena itu, butuh sedikit istirahat agar mesin kembali dapat bekerja secara optimal.

Sama seperti otak manusia yang juga tidak bisa terus menerus untuk melakukan pekerjaan. Harus ada waktu yang digunakan untuk beristirahat agar otak dapat kembali lagi bekerja dengan optimal. Jika mesin akan mengalami mogok ketika kepanasan maka otak manusia akan stres ketika digunakan terlalu lama untuk bekerja tanpa ada jeda untuk berhenti.

Ada berbagai cara untuk mengatasi stres atau lari dari rutinitas yang menjemukan dan bisa memicu terjadi stres pada otak. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengerjakan hobi untuk menghilangkan stres.

Hobi bisa menjadi obat bagi stres yang dialami seseorang karena hobi merupakan suatu hal yang sangat disengani oleh seseorang. Orang tidak akan merasakan adanya beban untuk melakukan sesuatau ketika orang tersebut melakukannya dengan perasaan yang senang.

Namun jika hal tersebtu dilakukan karena adanya perasaan terpaksa maka bisa jadi hal tersebut malah menimbulkan atau memicu terjadinya stres. Pekerjaan juga merupakan salah satu hal yang terpaksa dilakukan, karenanya pekerjaan dapat memicu terjadinya stres.

Keterpaksaan atau paksaan yang diberikan oleh pekerjaan adalah adanya kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Jadi mau tidak mau seseorang yang ingin kebutuhan hidupnya terpenuhi maka harus bekerja. Meskipun pekerjaan itu adalah pekerjaan yang tidak disukainya.

Oleh karena itu, hobi adalah hal yang tepat dan baik untuk dilakukan agar stres yang dialami menjadi berkurang bahkan hilang. Jenis hobi pun sangat beragam dan bermacam-macam bergantung pada kesenangan seeorang.

Ada yang memiliki hobi memancing ikan di tepi danau hanya sekedar untuk menghilangkan stres yang telah memenjarakannya dalam ruang kepenatan yang dirasakan di hiruk pikuknya lingkungan kota. Duduk di tepi sungai sembari menikmati pemandangan alam beserta gemericik air yang mengalir memang pilihan yang tepat bagi yang memiliki hobi memancing sebagai penghilang stres.

Namun ada juga yang memiliki hobi lain yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan stres yang ada di pikiran. Hobi tersebut adalah berupa kerajinan yang bisa menghilangkan stres sekaligus bisa menghasilkan.

Tidak ada salahnya untuk mencoba hobi yang satu ini jika anda sudah merasa bosan dan terlalu banyak beban pikiran yang anda rasakan.

Beberapa Hobi Penghilang Stres

Terlalu ekstrem? Tidak juga jika hal itu merupakan kesenangan yang biasa dilakuka oleh orang. Kerajaninan bukanlah hal yang eksterem karena hal tersebut merupakan hobi.

Dan hobi selalu dilakukan oleh orang ketika ingin melakukannya atau pun untuk mengusir kepenatan hidup yang dilaluinya. Kalau begitu, bagi Anda yang hanya ingin melepaskan kepenatan dengan mencoba kerajinan tangan.

Berikut adalah beberapa contoh dari kerajinan yang bisa dijadikan hobi untuk melepaskan kepenatan yang anda rasakan.

1. Merajut

Kegiatan merajut identik dengan kegiatan para nenek. Tidak juga, lho. Merajut itu membutuhkan ketelatenan, ketelitian, dan kecepatan serta unsur seni meramu warna yang akan membuat hasilnya menjadi sangat menarik. Tidak sulit untuk mempelajarinya, tetapi memang awalnya dibutuhkan kesabaran. Percayalah! Merajut akan membuat Anda ketagihan, terutama bila hasilnya dipakai atau digunakan oleh orang-orang yang Anda cintai.

Selain itu, Anda bisa merajut kapan pun dan di mana pun. Bisa juga sambil nonton TV dan sambil mengobrol dengan teman-teman. Seru kan, tangan Anda terus bergoyang. Eit, jangan salah, merajut tidak hanya untuk kaum wanita, laki-laki pun bisa mencobanya. Siapa tahu hasilnya malah lebih bagus karena daya kreatif laki-laki kan berbeda dengan wanita.

2. Menyulam

Kegiatan ini hampir sama dengan merajut, tetapi bagi sebagian orang, menyulam terasa lebih mudah dibandingkan merajut. Menyulam pun membutuhkan ketelatenan, ketekunan, dan daya kreativitas tinggi.

Karena membutuhkan ketelatenan  yang juga tinggi maka jangan sampai hobi ini bisa menjadi bomerang bagi anda sendiri. Maksud dari bomerang adalah malah menjadikan anda semakin stres. Oleh karena itu, lakukan atau pilih hobi yang sangat anda senangi agar bisa membantu mengurangi stres.

3. Kerajinan pelepah (daun) pisang

Kerajinan ini lebih rumit dari kedua kerajinan di atas. Tingkat kesabaran pun harus lebih tinggi. Apalagi, bila mau melakukannya dari awal. Pelepah pisang dijemur terlebih dahulu. Setelah kering, dilapisi lem. Lalu, baru dibentuk menurut selera. Misalnya, membuat tempat koleksi CD, VCD, jam, wadah pernak-pernik aksesori, dan lain-lain. Untuk membuat hasil kerajinan lebih indah, tempelkan beberapa aneka bijian, dedaunan, dan bunga kering.

4. Kerajinan Barang Bekas

Koran bekas, botol bekas, bahkan plastik bekas isi ulang berbagai produk pun bisa menjadi barang bagus buat kerajinan. Kampanye GO GREEN begitu mendukung kegiatan ini. Membuat payung, tas, wadah sepatu dari bekas plastik pembungkus kopi instan? Wow, keren sekali. Harga jualnya pun lumayan.

Manfaat Hobi Kerajinan

Selain untuk menghilangkan stres yang diakibatkan oleh pola kerja yang berat. Hobi yang satu ini juga memiliki manfaat lain yang juga sangat baik bagi kehidupan seseorang. Di antaranya adalah mengalirnya keuntungan berupa uang yang didapatkan dari hasil penjualan barang kerajinan tersebut.

Jika tekun dan penuh gaya inovatif maka kerajinan yang semula hanya berupa hobi tanpa ada tendensi untuk mencair untung sekarang bisa menjadi sumber penghasilan. Bahkan bisa menjadi sumber penghasilan yang utama jika digeluti dengan serius.

Selain itu, juga masih ada manfaat lain seperti yang dilakukan pada hobi kerajinan barang bekas. Membuat kerajinan dari barang bekas yang merupakan sampah merupakan hal baik yang bisa dilakukan. Dengan membuat kerajinan dari barang yang tidak terpakai atau yang oleh berapa orang dikategorikan sampah akan mengurangi timbunan sampah yang semakin menggunung.

Barang yang biasanya dibuang akan mampu untuk digunakan kembali. Dengan demikian akan mengurangi polusi akibat sampah dan mengurangi pula jumlah sampah yang ada.

Tunggu apalagi? Anda bisa mencobanya. Atau, mau mencoba kerajinan yang lain? Mengapa tidak? Yang penting, hidup Anda menjadi lebih menyenangkan karena mempunyai kegiatan yang bermanfaat.

Speak Your Mind

*