Anggora, Pesona Kucing Lucu

Ilustrasi anggoraSebuah rumah pasti lebih meriah dan seru bila ada binatang peliharaan di dalamnya. Tetapi tentu Anda tidak ingin gegabah memelihara sembarang binatang. Bila Anda sedang mencari binatang lucu yang bisa menghiasi keceriaan di rumah Anda, mungkin kucing Anggora bisa menjadi salah satu pilihan.

Kucing angora Turki adalah jenis ras kucing di mana orang sering membeli nya untuk dipelihara di rumah, dan tetap sebagai hewan peliharaan tidak dilepas liar. Kucing ini memiliki sejarah kuno dan banyak signifikansi kepada orang-orang Turki.

Kucing ini juga dikenal memiliki rambut panjang, dan putih biasanya warna yang disukai, meskipun warna lain juga mungkin. Kucing itu tidak cukup sebagai berambut panjang sebagai Persia, dan rambut didistribusikan pada tubuh dengan cara yang tidak merata, dengan rambut lebih rumbai di sekitar telinga dan ekor.

Selain mantel panjang angora tersebut, berkembang biak juga memiliki telinga terutama sempit dan runcing. Secara tradisional, angoras putih telah jauh lebih populer daripada warna lainnya, tetapi ada beberapa masalah kesehatan yang sedikit berkurang popularitas kucing itu.

Para ilmuwan menemukan bahwa setiap kucing angora Turki dengan bulu putih dan mata biru biasanya benar, atau setidaknya sebagian, tuli. Kucing itu karena gen yang menyebabkan masalah pendengaran adalah gen yang sama yang juga memberikan kucing menjadi berwarna putih. Kucing putih biasanya memiliki mata biru juga, meskipun beberapa memiliki dua warna mata yang berbeda, dan kucing itu biasanya tidak tuli di kedua telinga.

Kebiasaan perilaku utama dari angorra adalah disposisi aktif dan kecenderungan untuk menyukai air. Beberapa pemilik menunjukkan bahwa kucing bahkan tidak akan membiarkan orang menahan kucing itu untuk waktu yang lama karena kucing itu menjadi mudah bosan dengan kasih sayang.

Kucing itu juga dikenal untuk senang melompat ke dalam air, sementara pemiliknya sedang mandi, dan beberapa menikmatinya begitu banyak bahwa kucing itu melakukannya berulang kali.

Menurut sejarawan, kucing angora Turki memiliki sejarah akan kembali ke setidaknya abad ke-13. Kucing-kucing yang diduga berasal dari spesies yang sama liar Afrika yang kebanyakan kucing domestik lainnya berasal dari, tetapi ada beberapa yang percaya kucing sebenarnya keturunan dari spesies liar Turki disebut kucing pallas, yang memiliki mantel yang sama.

Orang-orang telah mencoba menjinakkan kucing pallas dan ternyata malah tidak bisa menjadi hewan peliharaan. Untuk alasan ini, banyak orang yang menolak kucing palas ini, dan inilah sebagai asal mungkin untuk penerimaan angora, tetapi perdebatan terus berlangsung di antara para ahli.

Selama abad ke-15, angora dibawa ke beberapa negara Eropa, di mana kucing itu akhirnya menjadi cukup populer. Seiring waktu, kucing itu dibiakkan secara ekstensif dengan berkembang biak kucing Persia, dan dari waktu ke waktu, dua keturunan menjadi umumnya dibedakan.

Bahkan, orang Eropa saat ini mulai mengelompokkan semua kucing berambut panjang bersama dengan anggora disilang dalam cara berkembang biak tunggal, yang selanjutnya diencerkan kemurniannya untuk berkembang biak.

Di negara asalnya, kucing angora Turki relatif tidak berubah, dan akhirnya, kucing itu digunakan untuk membangun kembali populasinya dan berkembang biak.

Karakteristik Fisik

Karakteristik utama dari kucing Angora adalah mantel yang kaya dan halus dan tebal dan ekor marah. Ini adalah binatang, panjang dan ramping halus bertulang dan diberikan dengan mata besar yang berbentuk seperti almond dan telinga besar yang waspada dan runcing.

Angora Turki biasanya berwarna putih, namun, peternakan konstan telah menghasilkan kucing anggora dalam berbagai warna seperti merah, krem, hitam dan biru. Kucing ini juga tersedia dalam berbagai pola seperti bi-warna, tempurung kura-kura, mackerel dan berasap serta warna teduh.

Warna seperti ungu, coklat, kayu manis, dll tidak diterima dalam Angora karena kucing ini adalah hasil pemuliaan sejati. Warna mata biasanya biru atau kuning, bagaimanapun, Angoras Turki dengan warna mata lainnya juga diterima.

Kepribadian Natural

Tidak seperti kucing normal yang cenderung menjadi egois, kucing Angora Turki ramah, nakal dan penuh kasih sayang. Ini adalah kucing yang aktif, suka bermain dan suka berada bersama anak-anak daripada duduk menganggur.

Kucing ini adalah teman yang hebat dan suka berada bersama dengan sang pemilik. Kucing ini juga sangat ekstrovet dan mampu sosialisasi dengan baik dengan yang asing dan hewan peliharaan lain di rumah.

Kesehatan dan Kebugaran

Kucing ini dikatakan kuat dan sehat dengan alam dan hidup selama hampir 15 tahun. Satu kelemahan utama yang ditemukan dalam berkembang biak kucing adalah bahwa, Angora Turki putih dengan mata biru cenderung menjadi tuli.

Kucing Anggora ini yang juga memiliki satu mata biru dan kuning lainnya, cenderung menjadi tuli di sisi dari mata biru. Beberapa keturunan kucing memiliki masalah keturunan seperti ataksia, yang melibatkan kurangnya gerakan otot karena yang kucing tidak dapat bergerak dan juga meninggal pada usia yang sangat muda.

Kucing Angora diyakini memiliki sisi perawatan yang rendah. Karena tidak memiliki lapisan bawah yang, sering menyikat dan menyisir tidak diperlukan. Kucing itu juga bukan hewan rewel dan makan apa pun yang diberikan, meskipun mencintai daging. Ini adalah kucing berperilaku baik dan peduli. Membawa pulang kucing Angora Turki pasti akan mengisi rumah Anda dengan sukacita.

Keunikan Kucing Anggora

Bagi orang awam, kucing anggora sering diindetikkan sebagai kucing dengan perut gemuk, kaki pendek, bulu-bulu panjang, wajah bulat, hidung pesek, dan bermata bulat. Tetapi sebenarnya ciri-ciri di atas adalah ciri-ciri dari kucing Persia.

Kucing Anggora yang asli memiliki kaki yang panjang, hidung mancung, perawakan wajah seperti kucing jalanan, badan ramping, bulu-bulu panjang hanya di sekitar leher, dada dan buntutnya saja.

Meskipun begitu, kini sudah banyak terjadi kawin silang antara kucing Anggora dengan kucing Persia. Tentu saja kucing itu membuat kualitas kucing Anggora menjadi lebih cantik.

Bila dulu kucing Persia dan Kucing Anggora masih berharga mahal, kini dengan semakin banyaknya ras kucing persilangan itu, harga Kucing Anggora pun masih bisa Anda jangkau. Berkisar tentang 800 ribu sampai 4 jutaan. Tergantung dari umur dan jenis. Tapi tentu saja, kocek yang harus Anda keluarkan tidak sedikit.

Perawatan Kucing Anggora

Walau begitu, kucing ini adalah kucing istimewa, perawatannya pun membutuhkan modal. Makanan Anggora pun beraneka ragam.

Anda bisa memberikan makanan kotak untuk kucing Anggora di petshop atau meramu sendiri makanan untuk kucing Anggora. Makanan kucing Anggora dengan kucing lainnya tidak terlalu beda hanya mungkin ada beberapa pantangan yang harus diberikan.

Tips merawat kucing Anggora:

  1. Tidak boleh makan tulang ikan karena dapat membuat bulu kucing Anggora yang lebat dan panjang itu menjadi rontok.
  2. Berikan juga susu khusus untuk kucing.
  3. Mandikan seminggu sekali. Namun, jangan dipaksakan jika kucing memang malas mandi. Tabiat awal semua kucing memang malas mandi karena kucing itu biasa membersihkan diri dengan menjilati tubuh kucing itu sendiri.
  4. Kucing anggora Anda harus disisir setiap hari dengan sisir yang halus dan hati-hati, jangan sampai bulu kucing Anggora Anda rontok.

Biasanya kucing Anggora yang cantik itu sering dimanja oleh pemiliknya. Karena dasarnya, kucing Anggora memang secara turun temurun tidak pernah hidup di dunia liar. Jadi kucing itu cenderung malas.

Ajaklah kucing itu bermain sesekali. Bila Anda ingin kucing Anda tambah cantik, Anda bisa menambahkan aksesoris kucing Anggora.

Seperti rantai kalung yang warna-warni, pita untuk bulu kucing Anggora yang lebat. Atau lebih ekstrim lagi, memberikan baju untuk kucing anggora Anda. Sekarang ini sudah banyak yang menjual baju untuk kucing Anggora.

Kontes-kontes kucing Anggora juga sering diadakan. Jadi, bila Anda tertarik untuk ikut kontes, peliharalah kucing Anggora Anda sebaik mungkin.

 

Speak Your Mind

*