Anyer Beach – Tempat Pas Melepaskan Kepenatan Ibukota

Ilustrasi anyer beach

Daftar Isi

  1. Keistimewaan Anyer Beach
  2. Aktivitas di Anyer Beach
  3. Daya Tarik di Anyer Beach
  4. Wisata Kuliner di Anyer
  5. Akomodasi dan Fasilitas
  6. Hotel Terkenal di Anyer
  7. Penataan yang Lebih Serius

Pernahkah Anda berlibur ke Anyer Beach? Jika Anda bekerja dan berdomisili di wilayah jabodetabek, dan cukup penat dengan suasana ibukota yang penuh kemacetan, polusi, dan beban pekerjaan yang menumpuk, Anda bisa mendapatkan kesegaran kembali dengan berkunjung ke pantai Anyer (inggris: Anyer Beach) bersama keluarga.

Pantai yang terletak di Provinsi Banten ini begitu terkenal sejak 1980. Anyer Beach merupakan salah satu dari tujuh keindahan alam Banten. Lokasi Anyer Beach ini 38km dari kota serang, dan berdekatan dengan Jakarta.

Anyer Beach adalah obyek terbaik sebagai tempat ‘melarikan diri’ bagi Anda dari rutinitas pekerjaan di saat akhir pekan bersama keluarga.

Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta menjadikan Anyer Beach sebagai alternatif pilihan obyek wisata terbaik.

Yang Anda perlukan hanyalah waktu sekitar 2,5 jam dari jalan tol Jakarta – Merak, atau keluar melalui gerbang tol Cilegon Barat, kemudian melalui kawasan Industri Krakatau Steel dan selanjutnya mengambil arah Anyer.

Suasana pantai yang alami dengan debur ombaknya, ditambah pesona cakrawala biru langit yang membentang luas, dan keindahan matahari terbit maupun terbenam di Anyer Beach, merupakan pemandangan keindahan alami khas pantai yang begitu sayang jika Anda lewatkan.

Belum lagi pantai pasir putih yang membentang luas yang dapat Anda susuri. Sensai relaksasi dari butir-butir pasir pantai yang menyentuh telapak kaki Anda merupakan cara alami untuk melepaskan ketegangan otot Anda, akibat tuntutan rutinitas kerja Anda.

Keistimewaan Anyer Beach

Anyer Beach adalah obyek terbaik sebagai tempat ‘melarikan diri’ bagi Anda dari rutinitas pekerjaan.

Di pesisir Anyer Beach, para wisatawan dapat menyaksikan panorama laut biru berlatarkan kaki langit yang juga biru.

Hamparan pasir di Anyer Beach yang luas dan bersih, membuat pantai ini nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti berjemur atau membuat patung dari pasir. Air laut di Anyer Beach cukup jernih dan menjadi habitat berbagai jenis ikan sehingga banyak dimanfaatkan untuk berenang, menyelam, serta memancing.

Anyer Beach terasa lebih spesial ketika pengunjung disuguhkan pesona terbit dan tenggelamnya matahari serta burung-burung laut yang terbang rendah memburu ikan di sepanjang pantai.

Momen ini dapat dinikmati di shelter-shetler, taman, pondok-pondok wisata, dan di atas perahu di tepi pantai.

Jika bosan beraktivitas di tepi pantai, para wisatawan bisa menikmati keindahan Anyer Beach dari atas mercusuar di sekitar kawasan wisata tersebut. Selain itu para wisatawan pun dapat menyewa sepeda untuk mengelilingi kawasan Anyer Baech.

Aktivitas di Anyer Beach

Daya Tarik Lain di Anyer Beach

Ada beberapa obyek wisata lain yang dapat Anda jumpai di Anyer Beach , misalnya Mercusuar Anyer, yang diyakini banyak kalangan sebagai titik nol dari jalan Anyer (Banten)-Panarukan (Jatim) yang dibangun Gubernur Jenderal Daendles, saat zaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Ada juga obyek wisata karang bolong di kawasan wisata Anyer Beach.

Selain itu karena Anyer Beach termasuk pantai yang tidak curam, sehingga tidak berbahaya untuk melakukan olahraga air maupun kegiatan bermain di laut , seperti misalnya  banana boat, jet ski, surfing, berenang, atau naik speed boat keliling wisata Anyer Beach.

Semua itu tersedia lengkap di kawasan wisata Anyer Beaach, Anda tinggal membayar harga ongkos sewa dari masyarakat sekitar yang menyewakan peralatan tersebut, misal ongkos sewa banana boat (berisai 6-8 orang) untuk satu jam pemakaian Rp1 juta.

Bisa juga ditawar untuk paket setengah jam Rp500.000 atau 15 menit Rp 250.000, dan Rp 600.000 untuk penyewaan jet skiper per jamnya.

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai kegiatan aktivitas adventure, Anda dapat bermain volley dan sepak bola di pasir pantai, sensasi permainan yang berbeda bisa bikin ketagihan.

Untuk kegiatan bersama putra-putri tercinta, Anda dapat membentuk istana pasir di pinggir pantai atau berjalan bersama mencari kerang-kerang laut yang indah di pinggir pantai, untuk dijadikan souvenir.

Tak hanya itu Anda juga dapat menikmati pijat di tepi pantai, karena di sepanjang alur pantai dapat ditemui pemijat yang rata-rata memasang tarif Rp17.000 – Rp20.000 per jam.

Wisata Kuliner di Anyer Beach

Untuk memuaskan hobi memancing Anda, maupun menyantap hidangan laut yang masih benar-benar segar, banyak sekali restoran yang menawarkan berbagai menu olahan laut terbaiknya.

Anda bisa memilih berbagai jenis ikan yang bisa Anda pilih sendiri dalam keadaan masih hidup, untuk kemudian dimasak dengan bumbu ikan bakar khas Anyer Beach yang begitu menggoda selera Anda.

Bagaimana tidak ikan segar yang sudah dibersihkan kemudian dibalur bumbu rempah, lalu dibungkus daun pisang kemudian dibakar. Sensasi dari bumbu rempah tersebut menghilangkan bau amis ikan dan daun pisang yang terbakar bersama kulit ikan menambah sensasi rasa tersendiri.

Ikan bakar tersebut kemudian disajikan bersama tiga jenis sambal yang terdiri atas sambal kecap, sambal ricarica, dan sambal terasi.

Akomodasi dan Fasilitas Penunjang di Anyer Beach

Di sekitar Anyer Beach, banyak terdapat home stay, wisma, hotel, resort, cottage, dan villa dengan beragam jenis.

Kawasan wisata Anyer menyediakan berbagai fasilitas penginapan mulai dari kelas melati dengan harga sewa kamar rata-rata Rp150.000 per malam, hingga kelas hotel berbintang dengan harga sewa rata-rata Rp2 juta per malam.

Harga ini bergantung dari kamar yang Anda sewa langsung berhadapan denag pantai atau tidak.

Jika kamar Anda menghadap langsung ke pantai harganya jauh lebih mahal jika dibanding dengan kamar yang letaknya membelakangi pantai atau jauh dari pantai.

Selain penginapan, kawasan Anyer beach juga ditunjang dengan jaringan filber optic untuk mengakses internet dan jaringan komunikasi baik interlokal maupun internasional.

Dengan demikian, para wisatawan mampu berkomunikasi dan mengikuti perkembangan dunia luar.

Fasilitas-fasilitas lain yang tersedia di Anyer beach adalah pusat informasi pariwisata, pemandu wisata, penjaga pantai, area parkir yang luas dan aman, arena bermain anak-anak, arena berjemur, camping ground, pondok-pondok wisata, shelter-shelter, penyewaan peralatan menyelam, dan lain-lain.

Hotel Terkenal di Anyer Beach

Jika berlibur ke Anyer Beach, tak ada salahnya Anda dan keluarga menginap di Nuansa Bali Hotel Anyer. Selain lokasinya dekat dengan Anyer Beach, hotel yang bernuansa Bali ini memiliki fasilitas-fasilitas nyaman. Berikut fasilitas-fasilitas yang diusuguhkan oleh Nuansa Bali Hotel Anyer.

1.Hotel

  • Bungalow Anyer
  • Bungalau Badui
  • Sanur Cottage SV

2.Fasilitas Kamar

  • AC
  • Kamar mandi
  • Living room dengan TV
  • Dinning Area
  • Shower & Bath
  • Dapur

3.Fasilitas Hotel

  • Cottage
  • Bungalows
  • Kolam renang
  • Play Ground
  • White Shandy Beach
  • Club House & Restaurant
  • Beach Game
  • Gazebo

Penataan yang Lebih Serius di Anyer Beach

Sayangnya beberapa bagian di kawasan Anyer Beach terlihat kotor oleh sampah-sampah yang ditinggal wisatawan, kurang tersedianya tempat sampah yang memadai oleh pemerintah daerah setempat mungkin menjadi salah satu sebabnya.

Ditambah juga kurang tersedianya toilet umum yang bersih yang bisa digunakan wisatawan, untuk membasuh diri diluar tempat penginapan atau hotel. Seharusnya pemerintah setempat lebih serius memperhatikan penataan kawasan Anyer Beach agar tetap terjaga keindahan dan kenyamanannya.

Speak Your Mind

*