Apa Saja Persiapan Sebelum Renang

Ilustrasi persiapan renangBerenang adalah latihan bagi kesehatan jantung yang menggerakkan bagian abdominal, tangan otot gluteus, otot lutut, dan quadriceps. Sangat bagus untuk membangun stamina, dan bentuk otot. Tujuan renang yang paling umum adalah sebagai rekreasi.

Anda mungkin sudah sering mendengar orang mengatakan bahwa renang adalah salah satu bentuk terbaik dari latihan kardiovaskular, dan ini adalah karena manfaat berenang yang sangat banyak. Berenang tidak diragukan lagi salah satu latihan yang paling ketat dan dengan hasil berat, dan itu benar bahwa dengan berenang cukup banyak setiap kelompok otot dalam tubuh manusia bekerja.

Nah, apabila niatnya renang rekreasi itupun berguna untuk melegakan diri penghilang stress, dan sebagai sarana pengikat hubungan keluarga. Tentunya aktifitas renang tidak ingin mengecewakan Anda. Bagaimana agar Anda dapat merasakan persiapan sebelum renang yang nyaman dan aman.

Manfaat Berenang

  • Berenang memiliki tingkat jauh lebih rendah dari cedera dibandingkan dengan bentuk-bentuk lain dari latihan kardio. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Anda tidak stres tulang dan sendi saat Anda berenang, berkat daya apung air.
  • Berenang adalah salah satu latihan terbaik untuk pengkondisian seluruh tubuh Anda secara bersamaan. Anda tidak perlu melakukan stroke berbeda untuk bekerja tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah, karena tindakan yang mensimulasikan akan bekerja pada seluruh tubuh pada waktu yang sama. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan renang utama.
  • Seiring dengan menjadi sangat bermanfaat bagi tubuh, renang juga membantu seseorang rileks secara mental. Mengambang di air adalah sesuatu yang banyak orang dapat memperoleh kenyamanan dari, dan ini memenuhi kualitas meditasi juga banyak.
  • Tekanan darah menurunkan adalah salah satu yang terkenal banyak manfaat renang, dan ini juga membantu dalam mengurangi tingkat stres dan mendapatkan stres lega. Selain itu, risiko penyakit jantung dan stroke juga jauh diturunkan.
  • Bagian terbaik tentang berenang adalah bahwa hal itu dapat berubah menjadi bentuk yang sesuai dengan kebutuhan spesifik dari setiap individu tertentu. Orang dengan cedera dapat memperkuat kaki mereka dengan ayuhan kaki tertentu dan anak-anak kecil dapat berolahraga dan bersenang-senang pada saat yang sama di kolam renang.
  • Manfaat bagi wanita yang paling sering terlihat pada wanita hamil, karena mereka dapat mencapai latihan tubuh penuh dengan mudah. Bahkan orang tua dapat memperoleh sejumlah besar manfaat latihan.
  • Banyak orang melakukan renang dengan tujuan tunggal menurunkan berat badan. Dikatakan bahwa jumlah kalori yang terbakar renang sekitar 3 kalori per mil untuk setiap pon berat badan Anda bahwa, jika Anda berenang pada kecepatan yang cepat. Ini berarti bahwa seseorang yang memiliki berat 200 kg bisa membakar sekitar 600 kalori jika ia berenang satu mil dengan cepat.
  • Berenang, bahkan dengan teknik renang dasar, tidak diragukan lagi meningkatkan stamina dan daya tahan Anda karena itu adalah suatu latihan berat. Pola pernapasan Anda juga akan dikuasai saat berenang, dan ini membantu Anda menghemat energi dan memanfaatkan energi dalam semburan.
  • Metabolisme individu juga meningkatkan setelah ia / dia mengambil berenang. Ini berarti bahwa Anda tidak akan memakai sebanyak berat seperti yang Anda lakukan sebelumnya, meskipun nafsu makan akan meningkat dengan signifikan.
  • Laju metabolisme yang lebih cepat berarti bahwa makanan akan dipecah dan diubah menjadi energi lebih cepat. Hal ini akan menyebabkan Anda merasa lebih aktif sepanjang hari.
  • Semua kelompok otot dalam tubuh Anda (leher, bahu, punggung, lengan, betis, paha, kaki dan dada) akan terpakai dengan bantuan latihan ini, berkat banyak manfaat renang yang Anda akan menikmati.

Dengan begitu banyak manfaat besar berenang untuk anak-anak dan orang dewasa, ini merupakan latihan yang harus Anda lakukan secara teratur.

Tips Persiapan Renang

Berikut tips persiapan sebelum renang untuk Anda.

  1. Pakai sun block, jangan lupakan yang 1 ini jika Anda tidak ingin hitam. Jika Anda berenang di pagi hari tidak menggunakan sun block pun tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah jika Anda berenang di siang hari. Pilih yang mengandung spf 30 karena memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit.
    Selain itu gunakan sun block yang memiliki spectrum yang cukup lebar yang mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Selain itu hindari sun block yang mengandung Oxybenzone jika Anda berenang siang hari karena oxybenzone merupakan racun yang dimiliki penahan sinar matahari (sunscreen) yang notabene merupakan penyebab kanker kulit. Lebih baik gunakan sunscreen yang berbahan Zinx Oxide atau Titanium Oxide
  2. Lakukan pemanasan dan pendinginan. Sebelum memulai renang ada baiknya Anda lakukan pemanasan, bisa dengan melakukan jalan-jalan atau lari-lari kecil di pinggiran kolam. Atau gerakan peregangan lainnya. Sekitar 5 sampai 10 menit dan menyesuaikan detak jantung.
    Jika sudah usai untuk pendinginan jangan langsung mandi. Tutup latihan keras dengan renang beberapa menit atau keluar dari kolam dan berjalan di sekitar kolam sampai detak jantung kembali normal.
  3. Alat renang jangan dilupakan. Misalnya kacamata renang atau google, hal ini bertujuan untuk menghindari mata merah karena air kolam.
  4. Baju renang. Mungkin Anda merasa risau berenang. Karena Anda bingung harus mengenakan baju renang yang seperti apa yang pantas untuk tubuh Anda. Kalau Anda memiliki dada yang kecil tetapi pinggul besar, pilih baju renang yang bercorak ramai. Karena dapat memberikan kesan lebih penuh pada dada Anda.
    Bila Anda berdada kecil dan berkaki pendek Anda bisa menutupinya dengan baju renang two pieces dan tambahan busa serta kawat. Jika Anda berdada besar dan perut besar, sebaiknya Anda menyamarkan kedua bagian tersebut dengan mengenakan baju renang one pieces.
    Jangan memilih baju renang bermotif karena akan membuat terlihat semakin membesar. Pilihkan motif polos dan berwarna gelap. Jika perut, pinggul dan bokong Anda besar, pilihlah baju renang model two pieces.
  5. Jika Anda membawa anak kecil. Jangan tinggal anak Anda sendirian dan bermain pada kolam yang lebih kecil. Tentunya kegiatan berenang adalah kegiatan yang dapat bersama-sama dinikmati oleh keluarga dan berenang merupakan cara yang paling baik untuk mempertemukan anak dengan orang tua.
    Sesekali Anda perlu juga berenang dan mengajak Anda untuk berenang di kolam yang dangkal. Sasarannya umumnya adalah membuat anak menikmati berada di dalam air dan bergerak bebas mundur, maju, dan ke samping, tengadah, telungkup.
    Anda pasti akan melihat reaksi yang menggemaskan dari anak Anda. Kalau Anda tipe orangtua yang tidak sabar, segeralah beri anak Anda pelampung, dan bawa dia ke kolam besar, kalau perlu latih agar dia terbiasa untuk berenang di sana.

Catatan penting untuk orangtua : jika membawa anak kecil, jangan biarkan anak Anda membuang air kecil atau buang besar di dalam air. Karena dari sedikit feses yang keluar dapat menimbulkan berbagai macam penyakit menular kepada orang lain. Yang paling utama, jangan berenang dalam keadaan sakit. Sebaiknya Anda membantu pencegahan penyakit juga untuk orang lain. Selamat berenang yang sehat dan nyaman.

Speak Your Mind

*