Arti, Kegunaan dan Macam Browser

Ada banyak macam browser yang bisa digunakan oleh pengguna internet. Masyarakat awam yang baru mengenal internet mungkin tidak tahu apa itu web browser. Yang  mereka tahu adalah bahwa mereka bisa berselancar dengan mudah dan apa yang mereka cari bisa didapatkan dengan cepat. Mereka tidak peduli  dengan apa yang disebut dengan Safari, Opera, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, dan lainnya. Kalau ditanya menggunakan browser apa, mungkin mereka bingung.

Pengertian dan Kegunaan Browser

Browser adalah adalah alat utama untuk melakukan akses pada jaringan atau saluran internet. Jadi kita tidak mungkin bisa melakukan surfing, cek email dan lain-lain bila di komputer kita tidak ada fasilitas software ini. Jenis browser ini banyak sekali ragam dan kelebihan serta kelemahannya. Masing-masing seolah saling bersaing dan tinggal pengguna internet yang memilih web browser mana yang paling aman, paling mudah diunduh, tidak mengganggu, dan paling cepat akses ke internat.

Sedangkan browsing pengertiannya adalah kegiatan melakukan jelajah dunia internet. Tujuan dari jelajah internet ini juga bermacam-macam. Ada yang ingin mengecek email,cmencari data, sekedar hiburan dan sebagainya. Internet itu sudah menjadi kebutuhan yang sangat vital. Apalagi bagi orang-orang yang bekerja melalui jaringan ini di mana-mana. Ia tentu saja membutuhkan jaringan internet yang kuat. Indonesia bukanlah negara dengan jaringan internet yang kuat. Di Asia Tenggara sendiri, negara yang mempunyai akses internet cukup bagus adalah Singapura.

Padahal para pengguna internet di Indonesia ini sangat banyak. Anak-anak sekolah pun kini dituntut bisa mengakses internet dan belajar dengan internet. Guru berperan sebagai pengarah. Tidak jarang bahwa guru kalah cepat dan kalah ilmu dibandingkan dengan para murid yang menginvestasikan waktu mereka lebih lama dalam memperdalam ilmu yang telah di dapat dari sekolah. Kalau anak-anak ini diarahkan dan mereka bisa menahan diri untuk tidak bermain game lebih lama, maka otak mereka akan terus terasah.

Jenis Web Browser

Saat ini perkembangan teknologi internet mengalami kemajuan yang sangat cepat. Hampir setiap waktu selalu terjadi perubahan yang lebih baik pada dunia maya ini. Demikian pula dengan perkembangan browser, yang merupakan sarana untuk untuk memasuki dunia internet.  Bila dulu kita hanya mengenal satu atau dua saja macam browser, namun saat ini jumlahnya semakin banyak dan terus bertambah. Yang paling terkenal di antaranya adalah:

1. Internet exploler
Adalah salah satu jenis browser yang pertama kali muncul. Jadi usianya juga tergolong tua. Saat ini, browser yang merupakan produk dari perusahaan raksasa Microsoft milik pengusaha kondang Bill Gates ini baru saja mengeluarkan versinya yang paling baru, yaitu 6.0. Namun, walaupun begitu, para penggunanya tidak sebanyak ketika pertama kali browser satu ini keluar.

Orang telah banyak memilih browser yang lebih mudah diakses dan menyesuaikannya dengan teknologi yang ada pada laptopnya. Bila kita menggunakan sistem operasi windows di komputer atau laptop kita, maka secara otomatis browser ini sudah terinstal dan kita bisa menggunakannya secara langsung. Kelebihan dari browser ini antara lain adalah kestabilannya dalam menjalankan program. Tapi terkadang  sayang sekali banyak yang mengeluhkan bila kecepatannya kurang bagus bila dibanding dengan browser yang lain.

Terutama ketika sedang digunakan untuk melakukan upload atau download. Mengingat kelemahan yang cukup mengganggu inilah yang membuat web browser satu ini perlahan ditinggalkan. Bahkan para pengguna internet baru juga bisa langsung berpendapat yang sama. Tidak dapat dipungkiri bahwa yang banyak dilakukan orang dengan internet, salah satunya adalah mengunduh banyak program, film, musik, dan informasi tentang keilmuan.

2. Mozilla firefox
Meski tampilannya cukup sederhana, hampir delapan puluh persen pengguna internet di Indonesia lebih suka menggunakan browser ini. Padahal beberapa tahun yang lalu internet explolerlah yang menjadi jawaranya.  Alasan yang paling sering dikemukakan adalah karena browser ini sistem kerjanya layak mendapat pujian terutama dalam hal kecepatan akses, baik untuk surfing maupun mengambil atau mengirim data.

3. Google chrome
Ini merupakan salah satu jenis  browser yang peluncurannya belum terlalu lama dilakukan. Jadi masih termasuk produk software yang baru. Meski begitu,  browser ini langsung bisa membuat para pengguna internet berpaling kepadanya. Ini tak lain karena nama besar dari produsennya yaitu google, mesin pencarian nomor satu di dunia saat ini. Untuk waktu-waktu tertentu, browser ini memang sangat membantu membuka situs yang kalau menggunakan Mozilla, tidak bisa diakses.

Banyak juga yang masih enggan menggunakannya karena merasa kurang nyaman dibandingkan dengan Mozilla. Masing-masing browser memang mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Google Chrome Bisa jadi akan mengalahkan Mozilla kalau ia bisa membuat penggunanya nyaman.

4. Netscape navigator
Ini sebenarnya juga merupakan jenis browser yang lama sekali. Pertama kali dirilis pada sekitar tahun 1990. Pada saat itu, browser ini menjadi alat yang paling terkenal untuk menjelajahi dunia maya.  Bahkan tingkat kepopulerannya melebih internet exploler maupun mozilla firefox. Namun entah mengapa sekarang orang sudah tidak suka lagi untuk menggunakan fasilitas browser yang satu ini.

Selain empat macam browser di atas, sebenarnya masih banyak browser lain yang juga bisa digunakan untuk mengakses sambungan internet. Misalnya, Opera, Safari, Max OS X dan lain-lain yang jumlahnya mencapai puluhan. Opera, misalnya, lebih banyak digunakan dalam ponsel. Kecepatannya bisa lumayan dibandingkan dengan browser lainnya.

Empat jenis Browser yang Sering Digunakan

Bagi Anda yang sering menggunakan internet, istilah browser bukanlah hal asing, karena browser merupakan komponen penting bagi para netter/pengguna internet dalam mencari informasi di dunia maya. Bahkan saat ini, ada banyak browser yang diluncurkan untuk memanjakan para netter. Dari segi bahasa, browser bisa berarti penjelajah. Di dunia internet, browser adalah suatu software yang berfungsi untuk melihat dan menelusuri sebuah web yang telah disediakan di dunia maya.

Sebenarnya sangat banyak web browser yang bisa digunakan. Masing-masing memiliki fitur dan kelebihan sendiri-sendiri. Namun, di Indonesia sendiri ada 4 macam browser yang paling sering digunakan oleh para pengguna internet. Apa saja itu?

Internet Explorer (IE)
Browser ini adalah produk keluaran perusahaan besar bernama Microsoft. Browser berlogo huruf ‘e’ dengan warna biru ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 16 Agustus 1995, dan sampai saat ini sudah berkembang menjadi banyak versi.

Di Indonesia, dulu browser ini memang merupakan web browser yang paling banyak digunakan. Tapi saat ini, banyak pengguna internet yang mulai meninggalkan jenis browser ini dan beralih ke browser lainnya, apalagi sejak beredarnya berita tantang ketidakamanan menggunakan IE.

Mozilla Firefox
Salah satu jenis browser yang sangat dikenal pengguna internet adalah Mozilla Firefox. Web browser yang satu ini adalah produk dari perusahaan Mozilla. Versi Mozilla yang paling awal diluncurkan pada 9 November 2004 dan didownload sekitar 6 juta kali setelah 15 hari sejak peluncuran pertama.

Walau memiliki beberapa kekurangan pada versi-versi Mozilla Firefox yang selanjutnya, kelemahan itu tidak terlalu mendasar dan mengganggu, bahkan Mozilla tetap menjadi browser populer sampai saat ini.

Opera
Web browser lain yang juga cukup populer adalah Opera. Walau sudah dibuat sejak tahun 1994, browser dengan logo huruf ‘o’ berwarna merah ini diluncurkan oleh Opera Software pada tahun 1996.
Sampai saat ini, Opera terus memunculkan versi-versi terbarunya. Opera juga memiliki kelebihan dan kekurangan seperti browser-browser lainnya, tapi Opera adalah browser pertama yang memiliki versi browser khusus untuk perangkat mobile seperti ponsel yang disebut dengan Opera Mini.

Google Chrome
Salah satu jenis browser yang juga sangat diminati pengguna internet di Indonesia adalah Google Chrome, web browser yang diluncurkan oleh Google. Versi beta atau versi percobaannya diluncurkan pada 2 September 2008. Banyak pengguna internet yang menyukai browser berlogo bulatan dengan empat warna ini karena dinilai sebagai browser yang paling ringan.

Pilihan menggunakan browser itu ada di pengguna internet sendiri. Tidak jarang mereka pun menggunakan lebih dari satu browser selagi berselancar di internet. Ini pun tidak menjadi masalah asalkan jaringan internet cukup kuat dan mampu mengimbangi aktivitas pengguna internet tersebut.

Speak Your Mind

*