Artikel Hutan: Pengertian dan Jenis-enis Hutan

Penulis tidak tahu pasti berapa banyak pembaca yang mencariartikel hutan melalui Google. Bisa jadi jumlahnya sangat banyak. Lantas, untuk apa mereka mencari artikel hutan? Sedemikian pentingkah artikel hutan bagi seseorang? Jawabannya, tentu saja sangat beragam.

Ada yang mencari artikel hutan ini sebagai pengetahuan dan penambah wawasan, ada juga yang mencarinya sebatas untuk mengerjakan tugas sekolah saja. Terlepas dari dua contoh kemungkinan seseorang mencari artikel hutan di internet, penulis akan menyajikan sebuah artikel hutan yang semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Artikel Hutan – Peran Hutan Bagi Makhluk Hidup

Peranan hutandalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini sangatlah penting. Hutan membantu makhluk hidup menetralisir karbon dioksida dan menjadikannya oksigen bagi makhluk hidup untuk bernapas. Bayangkan saja jika tidak ada hutan, maka seluruh permukaan bumi akan diliputi karbon dioksida yang akan menyebabkan makhluk hidup yang sangat membutuhkan oksigen akan punah secara perlahan karena kesulitan bernapas.

Artikel hutanini akan membahas pengertian tentang hutan dan berbagai jenis hutan yang ada. Dengan adanya artikel hutan ini, kita akan mengetahui definisi dan jenis-jenis hutan sehingga tahu bagaimana pengelolaan dan pemanfaatan hutan yang baik untuk mencegah kerusakan hutan.

Artikel Hutan – Apakah Hutan Itu?

>Hutan adalah suatu kawasan yang dipenuhi oleh berbagai tumbuhan dan pepohonan, baik tumbuhan bawah yang terdiri dari rerumputan, perdu, dan semak belukar maupun pohon-pohon tinggi berkayu keras. Hutan biasanya meliputi kawasan yang cukup luas.

Hutan dapat berada di dataran rendah, pegunungan, pantai dan dapat pula berada di tengah-tengah kota yang disebut hutan kota.

Artikel Hutan – Jenis Hutan Berdasarkan Iklim

Berdasarkan iklimnya, hutan dapat dibagi menjadi hutan hujan tropis, hutan gambut, dan hutan muson.

1. Artikel Hutan – Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang kawasannya selalu lembap atau basah. Hutan hujan tropis biasanya ditumbuhi pohon tinggi yang banyak menerima hujan dalam satu tahun. Karena banyaknya curah hujan di daerah hutan hujan tropis ini menyebabkan hutan ini memiliki pepohonan dan tumbuhan yang lebat dan tinggi di mana hewan dan tumbuhan langka dapat hidup dan berkembang biak.

Hutan hujan tropis banyak terdapat di Asia, Afrika, Australia, Amerika Selatan, Mexico Amerika Tengah, dan Kepulauan Pasifik. Di kawasan Asia, khususnya di Indonesia, Hutan hujan tropis banyak ditemukan di daerah sebagian besar pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua.

Di lokasi hutan hujan tropis ini hampir setengah dari spesies flora dan fauna tinggal dan berlindung di dalamnya. Tak hanya itu, hutan hujan tropis merupakan rumah terbesar bagi tanaman obat di mana 1/4 obat modern berasal dari tanaman yang tumbuh di hutan ini. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika hutan hujan tropis dijuluki sebagai farmasi terbesar di dunia.

2. Artikel Hutan – Hutan Gambut

Hutan gambut merupakan jenis hutan yang ada di daerah berawa-rawa yang hampir sepanjang tahun selalu tergenang. Hutan gambut ini biasanya ditemukan di sepanjang pantai dan sungai besar yang ada di pulau Kalimantan,pantai timur Sumatera, dan sebagian pantai selatan Papua.

Istilah penamaan hutan gambut sebenarnya berasal dari jenis tanah tempat hutan itu tumbuh. Ya, gambut adalah suatu kondisi tanah yang terbentuk daru akumulasi sisa-sisa tumbuhan yang telah membusuk. Maka tidak mengherankan jika kandungan keasaman tanah gambut ini sangat tinggi, yakni di bawah angka 3.

Dengan tingkat keasaman tanah yang tinggi ini, tidak semua flora dan fauna bisa menetap di dalam hutan ini. Kasarnya, hutan ini hanya bisa dinikmati oleh flora dan fauna yang mempunyai toleransi tinggi terhadap keasaman.

Hutan gambut tropis tersebar di hampir seluruh dunia. Sejumlah kecil terdapat di Afrika, Karibia, dan Amerika. Jumlah terbesarnya tersebar di Asia Tenggara, dengan wilayah terbesar dimiliki Indonesia, yang hampir memiliki 27 juta hektar lahan atau hutan gambut.

3. Artikel Hutan – Hutan Muson

Hutan Muson kurang lebih sama dengan hutan hujan tropis, yaitu memiliki curah hujan yang tinggi. Namun, yang membedakan hutan muson dengan hutan hujan tropis adalah pada periode tertentu hutan muson juga mengalami musim kemarau yang panjang, di mana pepohonan yang hidup di hutan muson akan meranggaskan daunnya untuk mencegah kekeringan selama musim kemarau.

Hutan muson terdiri atas dua jenis, yakni hutan muson basah dan hutan muson kering. hutan muson basah memiliki periode musim kemarau hingga 4-6 bulan, sedangkan hutan muson kering memiliki frekuensi kemarau hingga 6-8 bulan. Hutan muson ini tumbuh di daerah Yogyakarta,Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB , Bali, dan sebagian NTT.

Artikel Hutan – Jenis Hutan Berdasarkan Sifat Tanah

Hutan berdasarkan sifat tanahnya dapat dibedakan menjadi hutan mangrove,hutan pantai, dan hutan rawa. Hutan yang masuk dalam kelompok ini adalah hutan yang tumbuh di pinggir-pinggir pantai, baik di pinggir pantai yang berlumpur maupun pantai yang bertanah kering.

Artikel Hutan – Jenis Hutan Berdasarkan Sifat Pembuatannya

Hutan yang berdasarkan sifat-sifat pembuatannya terdiri dari hutan alam dan hutan buatan.

1. Artikel Hutan – Hutan Alam

Hutan alam adalah hutan yang memang sudah ada dengan sendirinya. Pepohonannya tumbuh dan berkembang biak dengan cara penyerbukan dan biji. Hutan alam biasanya ditinggali oleh beragam flora dan fauna, mulai dari binatang langka hingga binatang yang memiliki populasi tinggi.

2. Artikel Hutan – Hutan Buatan

Hutan buatan adalah hutan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk berbagai tujuan. Misalnya saja hutan produksi dibuat dan dikelola oleh manusia untuk menghasilkan kayu yang akan digunakan oleh industri kayu. Ada lagi hutan yang dikelola sebagai taman observasi dan melindungi keanekaragaman tumbuhan dan hewan, seperti hutan taman nasional, cagar alam, atau suaka margasatwa.

Artikel Hutan – Jenis Hutan Berdasarkan Asal Terbentuknya

Menurut asal terbentuknya, hutan dapat dibedakan menjadi hutan primer dan hutan sekunder

1.Artikel Hutan – Hutan Primer

Hutan Primer adalah hutan yang masih perawan, di mana pepohonan dan tumbuhannya tumbuh secara alami tanpa campur tangan dari manusia. Di hutan ini biasanya flora dan fauna yang tergolong langka bisa tumbuh dengan leluasa.

2.Artikel Hutan – Hutan Sekunder

Hutan sekunder adalah hutan hasil penanaman kembali akibat penebangan, perkebunan, atau perusakan hutan. Pohon-pohon yang tumbuh di hutan sekunder berbeda dengan pepohonan yang tumbuh di hutan primer karena pada hutan sekunder pepohonannya adalah hasil penanaman manusia, sehingga pohon yang dihasilkan lebih pendek, berbatang kurus, dan lebih kecil dan umur pohon biasanya lebih muda dibandingkan dengan pepohonan yang tumbuh secara alami.

Nah, itulah artikel hutan mengenai definisi dan jenis-jenis hutan yang terdapat di bumi. Perlulah kiranya setiap manusia memerhatikan fungsi atau peranan hutan bagi kehidupan yang sangat penting.Kerusakan hutan yang diakibatkan oleh tangan jahil manusia hanya akan membunuh makhluk hidup penghuni bumi secara perlahan tapi pasti.

Speak Your Mind

*