Artikel Psikologi – Daya Ingat sampai Wolby

Ilustrasi artikel psikologiHewan peliharaan tidak hanya akan membuat kita lebih bahagia dan terbebas dari stres. Hewan peliharaan bisa juga memberi kita pelajaran hidup yang luar biasa serta memberi inspirasi yang tiada hentinya. Seperti cerita dalam artikel psikologi berikut.

Mempertahankan Daya Ingat

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan menurunnya memori atau daya ingat. Jika daya ingat itu tidak dipertahankan dengan cara-cara tertentu, daya ingat kita bisa dipastikan akan benar-benar menyusut, bahkan bisa jadi terjadi sebelum waktunya. Hal ini menujukkan bahwa sebenarnya daya ingat yang menurun bukanlah sesuatu yang tidak bisa diatasi dan boleh dibiarkan begitu saja.

Mempertahankan daya ingat bisa kita dapatkan dalam artikel psikologi berikut ini. Berdasarkan informasi yang ada dalam artikel psikologi, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan daya ingat, yaitu dengan cara sebagai berikut:

Mengonsumsi Kedelai

Sebagaimana dijelaskan dalam Wikipedia bahasa Indonesia, kedelai atau kacang kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur, seperti kecap, tahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudiyakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur.

Kedelai putih diperkenalkan ke nusantara oleh pendatang dari Cina, sejak maraknya perdagangan dengan Tiongkok. Sementara itu, kedelai hitam sudah dikenal lama orang penduduk setempat. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat, meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.

Kedelai yang tumbuh secara liar di Asia Tenggara meliputi sekitar 40 jenis. Penyebaran geografis dari kedelai mempengaruhi tipenya. Untuk itu, terdapat 4 tipe kedelai, yaitu tipe Mansyuria, Jepang, India, dan Cina. Dasar-dasar penentuan varietas kedelai adalah didasarkan menurut umur, warna biji, dan tipe batang.

Kandungan gizi kacang kedelai antara lain adalah mineral 3.261 mg, mineral kalium 1.835 mg, magnesium 225 mg, dan protein 2,8 gr. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung lemak 1,5 g, karbohidrat 3,6 g, serat 0,1 g, vitamin A 110 mcg, vitamin B 407 mcg, kalori 331 g, hidrat arang 34,8 g, dan fosfor 585 g. Sebagian besar kandungan ini memiliki nilai gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Mengonsumsi Zat Besi

Nutrisi itu penting dikonsumsi untuk otak. Dan, sebenarnya, hal yang terpenting dalam nutrisi adalah zat besinya. Untuk itu, para ahli gizi banyak yang memfokuskan diri mengkaji beberapa jenis nutrisi tertentu yang diduga paling penting untuk kebutuhan otak. Sebab, pada hakikatnya, zat besi adalah unsur penting dalam produksi, pemeliharaan mielin, serta mempengaruhi aktivitas saraf.

Lebih dari itu, zat besi membantu kerja enzim yang penting untuk perangsangan saraf. Zat besi juga ditemukan dalam otak secara tidak merata, sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian otak tersebut. Kekurangan asupan zat besi, akan membuat otak menjadi tulalit dan proses mielinasi terganggu.

Anak yang mengalami kekurangan zat besi saat usia 6 bulan, menunjukkan gangguan kecepatan hantar saraf dari pendengaran, karena kurang sempurnanya mielinasi. Efek ini menetap hingga anak berusia 2-4 tahun, walau sudah diobati. Jika anak pernah mengalami kekurangan zat besi, saat usia 3-5 tahun, respon penglihatannya menjadi lebih lambat.

Tidur yang Cukup

Keletihan akan mengganggu informasi yang telah kita simpan, begitu juga kemampuan kita untuk mempelajari sesuatu yang baru. Tetapi, tidur yang cukup di malam hari akan membantu daya ingat kita dapat berfungsi kembali.

Belajar Berkonsentrasi

Duduk di dapur dan buatlah daftar dalam pikiran kita tentang segala sesuatu yang ada di tempat tidur. Tujuan dari latihan ini adalah untuk membangun perhatian dan konsentrasi dengan memfokuskan pada sekitarnya.

Mengonsumsi Kopi

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi memang digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.

Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffe dalam bahasa Belanda.penggunaan kata koffe segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Kandungan kopi didimonasi oleh senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal yang memiliki sensasi rasa pahit. Seorang Friedrich Ferdinand Rungem kimiawan Jerman, mengidentifikasi senyawa ini pada tahun 1819. Ia memberi bama kafein untuk senyawa yang bekerja menyerupai obat perangsang psikoaktif dan diuretik itu.

Kafein dalam tubuh berperan untuk meningkatkan kerja psikomotorik. Kafein memberi efek rasa segar dan energi meningkat. Dalam tinjauan kimiawi, kafein mengandung molekul metabolit, yaitu 1-3-7-asam trimetilurat, paraksantina, teofillina, dan teobromina. Molekul tersebut memiliki kemampuan mengikat reseptor adenosine, yaitu nukleotida di dalam otak yang merespons rasa lelah. Itulah mengapa kafein bisa menghilangkan rasa lelah.

Latihan Fisik dan Mental

Penelitian menunjukkan bahwa rangsangan mental dapat menjaga otak sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Orang yang memiliki daya ingat bagus, cenderung memiliki berbagai keinginan dan dapat mengatasi tantangan latihan mental. Latihan mental dapat menggunakan teknik seperti puzzle, teka-teki, dan minat pada bidang sosial dan budaya.

Selain itu, setengah jam melakukan latihan fisik sebanyak tiga kali dalam seminggu, cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak. Olahraga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif dan otot bergerak, bahkan hanya dengan jalan kaki sehari-hari akan meningkatkan suplai darah dan nutrisi.

Mengontrol Stres

Stres berdasarkan dari artikel psikologi membuat kita berpikir tidak jelas dan dapat mengganggu daya ingat yang baik. Sementara, sumber stres mungkin di luar kontrol kita. Kita dapat mengajari tubuh untuk merespons secara berbeda dengan latihan yoga atau terapi relaksasi.

Mengobati Depresi

Jika kita memiliki masalah daya ingat dengan insomnia dan merasa gelisah atau putus asa, kita mungkin menderita depresi. Apabila situasi ini diobati dengan efektif, maka daya ingat kita seharusnya membaik.

Aku dan Wolby

Jika kita sudah belajar dari artikel psikologi bagaimana mempertahankan daya ingat. Artikel psikologi yang satu ini menginformasikan efek dari memelihara hewan di rumah. Ternyata memelihara hewan di rumah memberikan efek psikologis yang positif buat kita. Terutama jika hewan peliharaan itu adalah hewan yang kita sukai. Berikut pengalaman seorang yang memelihara seekor kelinci yang diberi nama Wolby.

Wolby adalah kelinci Australia berbulu lebat, lembut, berwarna abu-abu. Wolby masuk dalam kehidupanku saat ia berusia 2 bulan. Matanya yang lucu dengan pandangan yang begitu menggemaskan langsung menghilangkan rasa takutku untuk menyentuhnya.

Ketiadaan pengetahuan bagaimana memelihara kelinci, aku dengan santainya memberi Wolby makanan apa saja yang bisa aku temui di halaman belakang. Daun sirih, daun katuk, sisa sayur, kulit buah, rerumputan, daun pandan, bahkan nasi. Entah apa memang Wolby doyan atau lapar, semua makanan yang kuberikan kepadanya habis dilahap.

Wolby adalah kelinci yang hebat dan penurut. Toilet training yang aku ajarkan langsung dipatuhinya. Jadi, Wolby mempunyai tempat membuang kotoran. Bila kami masih bermain di halaman depan dan Wolby ingin pipis, dia akan terlihat gelisah. Aku tahu maksudnya. Wolby mampu menahan pipis. Bila aku pulang kerja, Wolby akan mengelilingiku dan memintaku untuk mengelusnya.

Apa yang diajarkan Wolby kepadaku?

  • Wolby membuatku semakin sabar dan penuh perhatian. Aku yang dahulu cukup egois, kini mampu melihat cinta yang harus kubagikan kepada orang lain.
  • Aku mulai tahu kebiasaan Wolby dan Wolbypun tahu kebiasaanku. Hanya dengan memeluk dan mendekapnya, aku merasa begitu tenang. Aku mulai sering memeluk mamaku dan ternyata aku merasakan kenyamanan yang hampir sama.
  • Aku sering curhat kepada Wolby. Wolby yang tidak mengeluarkan suara apa pun, mendengarkan aku dengan saksama. Kini aku menyadari bahwa betapa pentingnya menjadi seorang pendengar yang baik.
  • Dengan semakin sering mengelus dan membelai Wolby, aku mulai mengetahui bahwa belaian, elusan, dan sentuhan, mampu membuat kita tenang. Kini aku semakin sering menyentuh tangan mamaku. Akupun sering membelai rambut dan punggungnya. Mamaku suka.
  • Saat aku membelikan Wolby seorang teman yang aku beri nama Mona, aku mulai mengerti bahwa Wolby mengajari Mona tentang toilet training. Jadi aku tak harus bersusah payah membuat Mona mengerti di mana harus buang kotoran. Hewan pun saling mengajari ternyata.
  • Wolby memberi perhatian kepada Mona, tapi cintanya kepadaku tidak berkurang. Wolby tidak berubah. Wolby tetap menggemaskan. Aku tahu kini bahwa kita bisa membagi rasa sayang kepada orang banyak tanpa harus mengurangi cinta kita kepada orang yang terlebih dahulu hadir dalam hidup kita.

Kini Wolby telah tiada. Wolby meninggalkan aku ketika berusia 4 tahun. Tapi kenangan dan pelajaran yang diberikannya kepadaku selama 4 tahun itu, begitu membekas dan selama itu juga hidupku, pandanganku terhadap cinta berubah. Kehadiran Wolby adalah turning point yang cukup penting bagiku.

Speak Your Mind

*