Bagaimana Cara Mendownload Video Dari Youtube?

Ilustrasi bagaimana cara mendownload video dari youtubeTidak dapat dipungkiri lagi, situs yang paling banyak dikunjungi untuk melihat video secara online adalah Youtube. Di situs ini kita bisa melihat jutaan video secara gratis. Ribuan video juga ditambahkan oleh member setiap harinya, karena di Youtube member bisa mengupload video secara gratis. Jika orang bisa mengupload file video secara gratis, apakah orang juga bisa mendownload file tersebut?

Secara resmi, situs ini tidak menyediakan fasilitas download video dengan alasan melindungi hak cipta dari member yang mengupload video mereka. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita  lakukan untuk bisa mendownload video dari Youtube ini. Tentang bagaimana cara mendownload video dari Youtube tersebut akan kita uraikan lebih lanjut.

Apa itu Youtube?

Youtube adalah sebuah situs yang memiliki fungsi sebagai tempat berbagai video. Di dalam situs ini, kita bisa mengunggah atau mengupload video serta membagikannya dengan orang lain yang memiliki koneksi internet.

Semua orang berhak atau memiliki kesempatan untuk menaruh video ke dalam situs tersebut. Tidak terkecuali video yang berbau pribadi. Pada umumnya, banyak orang yang mengunggah video klip musik, berita televisi, hingga video amatir buatan sendiri.

Video yang diupload atau diunggah oleh orang lain bisa kita lihat dengan bebas. Namun untuk mengunduh atau mendownload video yang ada di youtube, tidak disediakan oleh youtube itu sendiri.

Youtube hanya memberikan kebebasan bagi pengguna internet untuk mnegunggah file videonya ke internet. Namun youtube tidak memberikan kemudahan untuk mengunduh file internet yang telah dipasang oleh orang lain tersebut.

Banyaknya file video yang diunggah di situs ini serta bisa diakses oleh orang lain maka banyak orang yang ingin menyimpannya. Keinginan untuk menyimpan video yang ada di youtube karena tidak semua orang memiliki koneksi internet setiap saat.

Adakalanya orang yang memiliki komputer namun tidak memiliki koneksi internet. Pada waktu kondisi tidak ada koneksi internet tersebutlah video itu diputar untuk dilihat dan dinikmati.

Situs youtube sendiri dibuat atau didirikan oleh tiga orang. Ketiga orang tersebut adalah Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim.  Ketiga orang tersebut merupakan mantan karyawan dari paypal.

Paypal adalah perusahan jaringan yang menyediakan jasa pengiriman uang secara elektronik. Pelayanan keuangan ini merupakan pengganti dari pelayanan pengiriman uang yang lama semisal cek dan wesel. Dengan menggunakan  paypal maka kita bisa melakukan transaksi secara elektronik.

Ketiga orang tersebut bergabung dan memutuskan untuk mendirikan youtube. Situs youtube berdiri pada tahun 2005 dan tetap ada hingga sekarang. Tidak hanya eksis, situs ini juga mengalami perkembangan yang luar biasa.

Perkembangannya yang luar biasa tersebut memacu google untuk membelinya. Akhirnya pada tahun 2006, situs youtube resmi dibeli oleh google dengan harga $1,6 miliar. Merupakan angka yang fantastis bagi kita yang tidak pernah memegang uang sebanyak itu.

Menggunakan Software Video Downloader

Untuk pengguna internet yang masih baru pasti akan bertanya-tanya tentang bagaimana cara mendownload video dari youtube. Banyaknya video yang ada membuat orang ingin mendownloadnya.

Bagi orang yang ingin memiliki video klip musik yang dicari, maka youtube adalah solusinya. Selama video tersebut ada yang mengunggahnya. Dan kebanyakan video yang dicari terutama video klip bisa dikatakan ada pada situs youtube. Maka juga sangat wajar jika orang berbondong-bondong ke situs youtube untuk melihat dan mendownload video yang ada di youtube.

Di antara beberapa cara mendownload video dari Youtube dan masih berhasil dilakukan adalah dengan menggunakan software video downloader. Software ini berfungsi untuk mengambil file-file video yang alamat websitenya kita masukkan ke dalam address bar yang disediakan software ini.

Sangat mudah dan praktis tanpa melakukan langkah-langkah yang lain. Semudah copy alamat website video kemudian paste ke software. Akan muncul pertanyaan di folder mana kita akan menyimpan software tersebut. Cara ini paling simple dan cepat tanpa ribet. Contoh software yang bisa digunakan antara lain easy video downloader, youtube downloader, dan masih banyak yang lain.

Menggunakan Situs Khusus Download

Cara ini juga masih berlaku untuk mendownload video dari Youtube. Banyak sekali situs yang menawarkan layanan download video ini. Misalnya saja dengan menggunakan siteus dengan alamat www.keepvid.com.

Cara download video youtube dengan cara ini hampir sama dengan menggunakan software. Bedanya kita harus menyimpan file video yang kita download dalam format flv. Jika tidak, maka video yang kita download tidak akan bisa dibuka.

Menggunakan Add On Browser

Jika kita menggunakan browser Mozilla untuk menjelajah internet, cara ini bisa dilakukan. Caranya adalah dengan menambahkana add on bawaan Mozilla. Namanya adalah get video yang bisa didownload secara gratis di www.mozilla.com. Sebelum kita install, tutup dulu browser mozilla dan kita simpan halaman-halaman web penting yang sedang kita buka. Karena jika tidak bisa jadi halaman tersebut akan hilang saat add on tersebut meminta restart browser.

Saat kita buka kembali, maka di kanan bawah mozilla akan ada  tombol save. Kita bisa mendownload langsung file youtube dengan melihat video yang akan kita download kemudian klik tombol save.

Menggunakan Fasilitas Browser Safari

Trik ini bisa kita lakukan jika kita menggunakan browser Safari. Caranya adalah mempergunakan fasilitas Activity. Caranya adalah dengan mengunjungi website video yang akan kita download kemudian di menu safari kita buka Window => Activty. Maka akan terlihat URL yang dibuka oleh Safari. Setelah itu kita pilih file URL yang menampilkan video yang kita inginkan. Dengan sendirinya Safari akan mendownload file video tersebut.

Menggunakan Internet Download Manager

Internet download manager atau yang lebih dikenal sebagai idm adalah software yang digunakan sebagai akselator dalam mendownload file di internet. Software ini telah banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh internet download manager yang membuat banyak orang menggunakan software ini. Dengan menggunakan software internet download manager, kecepatan saat mendownload file diyakini dapat meningkat drastis dibandingkan hanya mendonwload biasa.

Maksud dari mendownload biasa adalah mendownload langsung dengan menggunakan browser yang ada. Browser yang ada adalah internet eksplorer maupun mozilla firefox yang sekarang lebih banyak digunakan.

Jika dibandingkan dengan menggunakan browser tersebut, maka sangat berbeda ketika menggunakan internet download manager. Selain kecepatan saat mendowload menjadi lebih cepat, stabilitas internet juga terjaga dengan baik.

Hal inilah yang membuat orang untuk menggunkan software ini pada mulanya. Namun seiring perkembangan jaman, internet download manager juga menyertakan beberapa program tambahan. Salah satu program tersebut berfungsi untuk mendownload setiap file video yang diunggah ke internet.

Jika dalam sebuah situs menyediakan streaming atau melihat video layaknya youtube, maka software internet download manager bisa melakukannya. Software internet download manager bisa mendownload video tidak hanya yang berada di youtube. Melainkan semua file video yang ada di internet.

Penggunaannya juga relatif sangat mudah alias gampang. Cukup menginstal program internet download manager ke dalam komputer anda, maka dengan otomatis internet download manager mampu melakukan tugasnya untuk mendowload file video yang ada di internet.

Namun ada sedikit catatan ketika menggunakan software internet download manager. Catatan tersebut adalah tidak semua browser support dengan internet download manager.

Maksudnya adalah semisal anda menggunakan mozilla firefox versi rendah maka anda bisa menggunakan internet download manager versi rendah pula untuk mendownload video di internet. Namun ketika anda menguprage browser tersebut ke versi yang lebih tinggi, dimungkinkan software internet download manager tersebut tidak bisa jalan di browser yang baru.

Hal tersebut dimungkinkan karena adanya pembatasan adon yang diberikan pada browser yang baru. Untuk mengatasinya cukup mudah, yakni dengan menginstal lagi versi terbaru dari internet download manager.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah penginstallah java. Tanpa adanya aplikasi java maka video youtube tidak bisa diputar pada browser anda.

Penggunaan internet download manager juga mudah. Cukup tekan tombol play pada player yang ada di youtube atau video yang berbasis web maka secara otomatis akan muncul semacam toolbar berlogo internet download manager. Silahkan klik toolbal tersebut maka dengan sendirinya video yang kita inginkan akan didownload.

Tips di atas hanyalah sebagian kecil dari cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjawab pertanyaan “bagaimana cara mendownload video dari youtube?” Masih banyak cara lain yang bisa digunakan, karena seperti kata pepatah, “Banyak jalan menuju Roma, banyak cara download video dari Youtube.”

Speak Your Mind

*