Bagaimana Jerawat Bisa Timbul

Ilustrasi Timbul Jerawat Timbul Jerawat, kata ini seperti momok buat anak remaja sampai dewasa. Bagaimana jerawat bisa timbul, jerawat ada jika kelenjar minyak yang ada di wajah mengeluarkan banyak sebum di permukaan kulit terutama di bagian muka, selain muka, jerawat juga bisa timbul di daerah belakang kepala, tempat bulu roma. Muka yang banyak dipenuhi oleh jerawat sedikit banyak akan menimbulkan masalah, salah satunya adalah krisis percaya diri.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bagaimana jerawat bisa timbul, diantaranya adalah :

1. Umur Jika seseorang memasuki usia belasan tahun hingga awal 20 tahun akan mempunyai hormon yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan karena seseorang yang berada di usia seperti itu memasuki masa-masa yang amat subur. Setiap manusia pasti mengalami masa remaja.

Walaupun tidak semua remaja mempunyai masalah dengan jerawat. Jika Anda salah satu orang yang mempunyai jerawat di masa remaja, berpikirlah bahwa masa itu akan berlalu. Merawat wajah dengan baik agar selalu dalam kondisi sehat maka masalah jerawat itu dapat di atasi dengan mudah.

2. Keturunan Jika dalam silsilah keluarga ada yang mempunyai banyak jerawat di mukanya, bisa dipastikan seseorang akan lebih mudah berjerawat dibandingkan dengan seseorang yang tidak mempunyai keluarga yang mempunyai jerawat di tubuhnya.

3. Obat obatan Jika seseorang merupakan pengguna obat secara rutin, maksudnya adalah pil kb atau alat kontrasepsi yang lain dan menggunakan hormone ada kemungkinan kulitnya mengalami alergi terhadap obat tersebut. Dan memberontak sehingga menimbulkan jerawat.

4. Makanan Jangan terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, karena lemak dapat menimbulkan minyak di wajah sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Namun disini bukan berarti tidak boleh makan makanan berlemak sama sekali, karena tubuh selain memerlukan protein, karbohidrat juga memerlukan lemak untuk menghangatkan tubuh.

5. Kosmetik Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan sifat kulit bisa juga menyebabkan timbulnya jerawat di muka. Karena kosmetik dipergunakan di muka.

Jika Anda sudah terlanjur mempunyai jerawat, hindari untuk memegang muka terlalu lama dan sering karena akan menyebabkan kotoran di wajah menjadi semakin menumpuk terlebih lagi berusaha mengeluarkan isi jerawat.

Jika di wajah Anda sudah banyak jerawat, jangan menggunakan kosmetik terlalu tebal. Menutupi jerawat dengan menggunakan kosmetik berlebih bukan suatu jalan keluar.

Untuk membersihkan bekas kosmetik dan membersihkan wajah, sebaiknya gunakan sabun yang mengandung antiseptic. Sabun seperti itu bisa menangkal wajah Anda dari serangan bakteriyang dapat menyebabkan jerawat.

6. Emosi Seseorang yang mengalami stress akan mengalami ketegangan syaraf semakin tegang semakin banyak minyak yang dihasilkan, begitu juga sebum yang dihasilkan sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi jika Anda tidak ingin berjerawat, jauhkan stress dari kehidupan Anda.

Jangan lupa untuk perbanyak istirahat, kurangi begadang yang tidak perlu, karena tidur sangat penting bagi tubuh untuk menjaga agar kondisi badan Anda tetap dalam kondisi yang fit. Anda juga bisa melakukan olah raga secara teratur agar kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat juga

7. Faktor alam Perubahan iklim yang tidak menentu seperti yang terjadi belakangan ini berpengaruh juga dengan timbulnya jerawat. Selain cuaca keadaan sekitar seperti asap dan bahan kimia juga dapat menyebabkan kotoran menumpuk di wajah sehingga menimbulkan jerawat.

Terlepas dari semua faktor yang menyebabkan jerawat itu timbul di wajah. Jika wajah itu selalu bersih dan sehat, maka jerawat tidak akan datang.

Jerawat bukan selamanya masalah buat wanita, untuk pria juga bisa. Mengapa banyak wanita yang mengalami masalah jerawat. Hal ini disebabkan karena kadar lemak di wanita lebih banyak dari pada yang dimiliki pria.

Makanan yang Menyebabkan Jerawat Jerawat

Ada banyak ditulis dan dikatakan tentang penyebab jerawat. Meskipun tidak ada hubungan langsung antara pola makan dan jerawat, diet sehat memainkan peran penting dalam keseluruhan kesejahteraan dan penampilan seseorang.

Ketika tubuh mendapatkan semua nutrisi penting, itu jelas tercermin dalam kesehatan orang. Tapi ada beberapa makanan yang memicu jerawat. Namun daftar mungkin tidak sama untuk semua orang.

Hal ini tergantung pada bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap makanan tertentu. Makanan tertentu dapat menjadi penyebab jerawat dan jerawat pada beberapa, sementara di lain konsumsi makanan yang sama mungkin tidak menimbulkan masalah sama sekali.
Penyebab umum untuk pelarian jerawat adalah karena alergi makanan. Ketika tubuh Anda alergi terhadap item makanan tertentu, reaksi toksik terus menerus terjadi di tubuh melepaskan banyak racun.

Hal ini menyebabkan peradangan di kulit yang menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga menyebabkan jerawat. Makanan tertentu menyebabkan jerawat kistik yang sangat sulit untuk mengobati. Seperti yang telah disebutkan, sulit untuk mengidentifikasi daftar tetap makanan yang dapat menyebabkan jerawat, sebagai faktor penyebab mungkin berbeda dari orang ke orang.

Mari kita lihat beberapa makanan umum yang dianggap bertanggung jawab untuk memicu jerawat.

    • Daging Merah dalam banyak kasus diketahui memicu jerawat. Protein hewani sulit untuk dicerna dibandingkan dengan yang sayuran. Produk limbah tersisa di tubuh dapat dilepaskan melalui kulit yang menyebabkan jerawat. Selain itu ada hormon hadir dalam makanan seperti, sehingga memakan daging menyebabkan kenaikan kadar hormon yang dapat menyebabkan jerawat.
    • Produk Susu Para peneliti mengklaim bahwa produk susu mungkin memiliki dampak negatif pada kulit, susu menjadi salah satu penyebab signifikan untuk pelarian jerawat. Hal ini terutama karena kandungan lemak dan juga hormon hadir dalam susu. Namun, tidak semua orang yang minum susu menderita masalah jerawat. Konsumsi berlebihan produk susu juga dapat memperburuk kondisi.
    • Telur adalah salah satu alergen makanan yang paling umum, yang bisa memicu jerawat. Umumnya adalah kuning telur yang dianggap paling bermasalah, sehingga pecinta telur masih dapat memiliki kesenangan putih telur.
    • Makanan Pabrik Makanan olahan ini mengandung banyak pengawet dan aditif yang mungkin tidak sangat baik untuk kulit Anda. Mereka mengandung racun yang bisa memicu jerawat. Gula rafinasi atau pemanis buatan juga dapat berbahaya untuk kulit berjerawat.
    • Padi-padian Biji-bijian gandum dan lainnya juga tidak baik untuk kulit berjerawat karena mereka dikonversi menjadi gula dengan cepat saat dikonsumsi. Banyak bakteri dan parasit yang menyebabkan jerawat dan ruam kulit memakan mereka. Jadi cobalah menghindari produk terbuat dari biji-bijian seperti biskuit, pasta roti, dll
    • Kafein Makanan yang mengandung kafein seperti cokelat, kopi, teh dan minuman cola lainnya yang dikenal sebagai makanan umum yang menyebabkan jerawat. Kafein meningkatkan produksi hormon dan dapat menyebabkan jerawat besar.

Daftar di atas tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi makanan (jika ada) yang memicu timbulnya jerawat dalam kasus Anda. Menghindari makanan tersebut dapat membantu mendapatkan kulit yang bersih, sehat dan bercahaya. Jika Anda sudah terlanjur timbul jerawat, hindari untuk memegang muka terlalu lama dan sering karena akan menyebabkan kotoran di wajah semakin menumpuk terlebih. Juga mengkonsumsi banyak buah-buahan segar dan minum air yang cukup untuk membantu flush racun dari tubuh Anda. Latihan teratur dan diet yang seimbang adalah kunci untuk kulit yang jelas dan sempurna.

Speak Your Mind

*