Bagaimana Mengemudikan Mobil Secara Aman

Ilustrasi Mengemudikan MobilMobil sudah menjadi alat transportasi yang sangat penting saat ini. Mobil yang dimaksud di sini adalah mobil pribadi. seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan peradaban manusia, mobil menjadi sebuah kebutuhan yang tidak lagi tersier melainkan primer. Banyak sekali orang-orang yang menjadikan mobil sebagai salah satu bagian dalam menunjang eksistensi kariernya.

Selanjutnya, berbicara mengenai masalah mobil, maka secara otomatis kita akan berbicara tentang bagaimana mengemudikan mobil secara aman. Mengemudikan mobil yang baik dan tertib menjadi kunci keselamatan pengendaranya.

Bagaimanapun juga umur manusia memang sudah ditentukan, namun kewajiban manusia adalah berusaha untuk berbuat yang terbaik termasuk pada saat mengendarai mobil, yaitu menjaga keselamatan.

Mengemudikan mobil yang aman dan tertib menjadi salah satu barang langka di ibu kota. Banyak nya deadline yang harus dikejar, kondisi fisik yang kurang stabil, serta kurangnya sarana dan prasarana yaitu terbatasnya jalan raya yang tidak seimbang dengan membludaknya jumlah mobil menjadi salah satu bencana besar bagi para pengendara mobil.

Bayangkan saja, begitu banyak kecelakaan yang terjadi karena pengendara mobil kurang berhati-hati atau lalai dalam mengendara. Akibat nila setitik rusaklah susu sebelangga. Begitulah kira-kira peribahasa yang cocok. Dalam mengendarai mobil, pengendara harus memperhatikan peraturan dan mematuhinya. Sedikit saja lalai akan berakibat fatal.

Bagaimana mengemudikan mobil secara aman?

Berikut ini ada beberapa tips tentang bagaimana mengemudikan mobil secara aman?

    1. Bila pengendara masih pemula, hindarilah mengendarai mobil di tempat ramai. Bila toh, pengendara ingin untuk berkendara di tempat ramai, sebaiknya ditemani oleh instruktur atau pengendara mobil lain yang lebih ahli.
    1. Memperhatikan kondisi fisik. Banyak sekali kecelakaan yang terjadi hanya karena pengendara mobilnya mengantuk atau melamun. Hal sepele ini sungguh berakibat pada kematian. Seperti yang telah disinggung di atas, sesuatu yang terlihat sepele kadang menyebabkan bencana besar bila kita tidak memperhatikannya.
    1. Menjaga jarak dengan pengemudi yang lain. Kecelakaan mobil di jalan raya sering terjadi karena mobil yang dikendarai terlalu dekat dengan mobil yang ada di depannya yang sedang sama-sama melintas. Akibatnya, bila suatu saat pengendara mobil yang berada tak jauh dari mobil kita itu mengerem secara mendadak, dan kita tidak siap dengan mengerem pula, bisa-bisa kita akan mengalami kecelakaan maut.
    1. Mengecek kondisi mobil dari semua sisi, baik ban mobil maupun mesin mobil.
    1. Menyiapkan berbagai macam peralatan pendukung seperti dongkrak dan ban serep, misalnya nanti di tengah jalan terjadi sesuatu.
    1. Bila pengendara akan menghadapi perjalanan jauh, maka pengendara tersebut harus menyiapkan sopir pengganti. Jangan sampai pada saat mengantuk, pengendara dipaksa untuk tetap mengendarai mobil. Hal tersebut bisa berakibat fatal.
    1. Mengecek ketersediaan bahan bakar. Bila bahan bakar mobil sudah hampir habis, maka sebaiknya pengendara segera membelinya untuk kelancaran perjalanan.
    1. Mengganti ban secara berkala bila masa pakainya sudah tidak layak pakai lagi.
  1. Memperhatikan kecepatan dan tidak ugal-ugalan. Pada saat di jalan tol, pengendara bisa saja mempergunakan kecepatan tinggi, karena memang biasanya kecepatan tinggilah yang dibutuhkan. Namun bila hal itu juga diterapkan di jalanan yang ramai apalagi sering dilewati pejalan kaki, maka hal itu akan merugikan dan tentunya bisa membahayakan bahkan berakibat fatal. Oleh sebab itu pengendara wajib untuk selalu menyesuaikan kecepatan mobil dengan tempat atau jalan raya.

Bagaimana mengemudikan mobil secara aman?

Setelah disinggung di atas tentang bagaimana mengemudikan mobil secara aman, kita bisa menilai bahwa kebanyakan kecelakaan mobil terjadi karena kurangnya persiapan dan kekurang hati-hatian. Coba saja misalnya pengendara mobil tersebut cermat, maka kecelakaan mobil pun bisa diminimalisir. Untuk itu semua para pengendara mobil hendaknya memperhatikan hal ini.

Speak Your Mind

*