Bagaimana Merawat Kulit Berjerawat

Ilustrasi bagaimana merawat kulit berjerawatJerawat, benda kecil namun dapat memberikan dampak yang besar bagi sang pemilik kulit berjerawat. Terlebih lagi jika jerawat itu tumbuh di area wajah. Seseorang bisa merasa stress karena jerawat, demikian juga sebaliknya, seseorang jika mengalami stress bisa menimbulkan jerawat di wajahnya. Dulu sempat ada di iklan istilah kulit berjerawat ini dengan ‘wajah meledak’. Dan itu benar. Orang berjerawat pada intinya adalah proses pemasangan bom kulit, dan terjadinya perang antara bakteri dengan sel darah putih di bawah permukaan kulit.

Jerawat adalah penyakit kulit inflamasi yang ditandai dengan jerawat yang muncul pada hampir semua bagian tubuh, tetapi paling sering pada wajah. Meskipun terjadi paling umum di kalangan remaja, dapat disebabkan dalam satu apapun oleh hormon, diet yang tidak tepat, kekurangan vitamin, dan bahkan stres.

Ada berbagai bentuk jerawat, mulai dari yang ringan sampai yang sangat merusak. Jenis ringan termasuk whiteheads, komedo, jerawat atau bisul, dan banyak iritasi kulit lainnya dan benjolan yang bisa menyakitkan, menjengkelkan, dan sedap dipandang. Beberapa jenis lebih bermasalah dapat membentuk bisul besar yang mengambil bulan untuk menghilang.

Sementara tepat penyebab jerawat tidak diketahui, jelas bagaimana bentuk. Kebanyakan komedo, bisul putih, dan jerawat terbentuk ketika pori-pori di lapisan epidermis kulit membengkak atau kolaps, hingga mencegah keberadaan minyak yang bergerak secara alami keluar dari pori-pori demi menyehatkan kulit. Ketika minyak tersumbat, infeksi kecil terjadi gara gara si bakteri yang mengkonsumsi minyak penyehat kulit itu. Meskipun tidak ada obat yang permanen untuk kondisi ini, dapat diobati dan bahkan dicegah cukup berhasil. Langkah pertama dalam mengobati dan mencegah jerawat adalah dengan menjaga kulit tetap bersih dan kering. Meskipun pori-pori sering menjadi terhalang atau tersumbat tanpa memperhatikan kebersihan kulit seseorang, kulit bersih pergi jauh ke arah mencegah wabah.

Jenis Kulit Mempengaruhi

Jenis kulit juga bermacam macam. Ada kulit kering, kulit normal dan juga kulit berminyak. Setiap kosmetik telah menyesuaikan dengan masing-masing jenis kulit. Pada umumnya jika mempunyai jenis kulit yang berminyak sering timbul jerawat. Karena jerawat itu ada yang disebabkan oleh penumpukan minyak dan sebum di bawah permukaan kulit wajah.

Kulit sensitive terdiri dari banyak macamnya, sensitive terhadap debu dan kotoran. Jika Anda mempunyai jenis kulit seperti ini, sebaiknya Anda lebih rajin membersihkan wajah setiap habis bepergian dan sebelum tidur. Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor, usahakan untuk sering mencuci tangan. Dengan mencuci tangan dapat mengurangi bakteri yang ada di tangan sehingga tidak dapat berpindah ke wajah. Tangan yang kotor dapat menyebabkan jerawat semakin parah karena akan ada penumpukan bakteri di sana.

Ada juga kulit sensitive terhadap kosmetik, jenis kulit seperti ini tidak boleh sembarangan menggunakan kosmetik. Karena pada umumnya kosmetik terbuat dari bahan kimia, jika menggunakan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah akibatnya tidak mudah. Bahkan ada yang terkena kanker kulit akibat pemakaian kosmetik yang tidak sesuai.

biasanya jerawat muncul di sekitar kulit wajah, walaupun demikian jerawat juga banyak tumbuh di daerah tubuh yang lain seperti misalnya di daerah punggung, dada dan bagian kepala bagian belakang leher. Lantas bagaimana cara merawat kulit yang berminyak dan berjerawat agar tidak semakin parah dan berkurang sehingga dapat hilang dari wajah

Membersihan Kulit dari Jerawat

salah satunya adalah dengan rajin membersihkan muka menggunakan sabun pembersih khusus wajah. Jangan menggunakan sabun pembersih yang bukan untuk wajah. Karena kulit wajah dan bagian tubuh yang lain mempunyai jenis kulit yang berbeda. Jadi dalam memperlakukannya pun juga harus berbeda.

Selain setelah bepergian, sebelum tidur juga jangan lupa untuk membersihkan wajah, setelah dibersihkan diberikan obat jerawat yang cocok dengan kulit wajah, jangan mudah percaya dengan iklan yang menyebutkan obat A dapat menyembuhkan dan menghilangkan jerawat dalam 1 hari atau dalam keadaan instan. Karena sesuatu yang instant tidak akan maksimal hasilnya.

Mempergunakan obat jerawat sebaiknya dalam kondisi akan tidur atau pada malam hari. Karena tubuh dalam keadaan tidur, kondisi kulit dalam keadaan relax. Jika dalam keadaan bersih wajah akan semakin sehat.

Selain perawatan dari luar dengan cara pemberian obat, lakukan juga perawatan dari dalam, yaitu dengan mengurangi jenis makanan yang dikonsumsi. Kurangi makanan yang mengandung banyak lemak, seperti coklat, kacang, susu, dan lain sebagainya.

Jerawat bisa ada belum tentu juga dikarenakan makanan yang dikonsumsi, ada beberapa faktor yang lain selain makanan yang dapat memicu keluarnya jerawat. seperti faktor pikiran, jauhkan pikiran yang dapat membuat Anda stress agar jerawat juga enggan untuk datang.

Cara Cara Praktis Hindari Jerawat

Melakukan perawatan juga dianjurkan dalam masalah jerawat ini. salah satunya adalah dengan menggunakan bedak dingin dan penyegaran dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti irisan tomat dan irisan mentimun.

    • Menggunakan produk herbal sebagai perawatan bisa menjadi pilihan buat Anda yang mempunyai kulit sensitive, karena biasanya produk herbal tidak ada efek sampingnya. Namun perlu diingat juga. Produk herbal seperti ini tergantung juga kepada jenis kulit Anda, tidak semua jenis kulit cocok menggunakan produk herbal. Sekarang sudah banyak produsen yang mengeluarkan produk herbal. Jangan sembarang memilih produk herbal karena bila salah memilih akan berakibat fatal juga.
    • Sebelum melakukan perawatan dan pengobatan terhadap jerawat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya seperti dokter kulit dan ahli kecantikan. Mereka akan memberikan saran yang terbaik buat kulit Anda sehingga bisa menyelesaikan masalah jerawat dengan baik.
    • Selalu membersihkan kulit dengan pembersih yang lembut yang non-pengeringan dan non-menjengkelkan, juga disebut non-comedogenic. Pembersih mengandung obat tidak diperlukan. Membersihkan kulit hanya harus melibatkan pembersih, air, dan tangan Anda.
    • Seringkali, mencuci kain atau handuk tangan dapat mengiritasi kulit. Scrubbing harus dihindari, karena tidak menyembuhkan jerawat, bahkan, bahkan dapat menyebabkan jerawat lebih banyak. Cukup mencuci dan kemudian keringkan dengan handuk lembut. Cuci kulit dua kali sehari, atau lebih jika kulit berminyak adalah luar biasa. Astringent dapat digunakan pada kulit yang sangat berminyak, tapi menghindari alkohol astringents, karena mereka kering dan dapat merusak kulit.
    • Langkah kedua dalam mengobati dan mencegah jerawat adalah obat. Entah dengan Over-The-Counter (OTC) semisal obat paten yang tersedua umum, dan atau dengan resep obat untuk kondisi khusus lewat saran ahli kulit. Kebanyakan obat OTC mengandung satu atau lebih dari bahan dasar: benzoil peroksida, asam salisilat, sulfur, dan resorsinol. Biasanya ini pengeringan agen yang juga menarik keluar pori-pori yang menyebabkan penyumbatan, untuk kemudian membuka jerawat.
  • Resep obat kulit berjerawat juga datang dalam berbagai bentuk, dari dosis yang lebih tinggi benzoil peroksida dicampur dengan antibiotik ringan, yang kuat terhadap antibiotik, kontrasepsi oral, accutane, perawatan asam, dan obat yang lebih kuat yang sering melepas beberapa lapisan kulit. Resep perawatan biasanya memakan waktu lebih lama untuk bekerja, dan efek samping kadang-kadang bisa menjengkelkan pengobatan jerawat itu sendiri. Namun, bila berkonsultasi dengan dokter kulit akan dapat membantu adanya kondisi stress ini dan lantas bisa memutuskan bagaimana cara mengobatinya.

Speak Your Mind

*