Bahasa Pemograman Java

Ilustrasi javaBahasa pemrograman Java adalah suatu teknologi di dunia software komputer yang merupakan suatu bahasa pemrograman. Java juga sekaligus merupakan suatu platform. Sebagai bahasa pemrograman, Java dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Bahasa pemograman tingkat tinggi berarti bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang di mengerti manusia (bukan bahasa mesin/assembler) oleh karena itulah bahasa pemograman java termasuk bahasa pemograman yang mudah untuk dipelajari.

Sejarah singkat bahasa pemograman java

Java pertama kali di ciptakan oleh suatu tim yang bernama The Green Project, yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak terikat pada arsitekture tertentu pada sekitar tahun 1991-1992.

Mulanya Java disebut OAK, yang di ambil dari Pohon OAK yang tumbuh di depan jendela ruang kerja James Gosling. tetapi karena OAK sendiri merupakan nama dari bahasa pemrograman komputer yang sudah ada dan terdaftar. Maka Sun mengubahnya menjadi Java. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji kopi kesukaan Gosling.

Sun merilis versi awal Java secara resmi pada awal tahun 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1, kemudian JDK 1.2 yang mulai disebut sebagai versi Java2 karena banyak mengandung peningkatan dan perbaikan.

Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:

  • java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
  • java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
  • java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
  • java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  • java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  • java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan Java API (Application Programming Interface)  antara lain sebagai berikut :

  • Applet

Yaitu program Java yang berjalan pada browser, sehingga dapat membuat halaman HTML lebih dinamis.

  • Java Networking

Sekumpulan API (Application Programming Interface) yang menyediakan fungsi – fungsi untuk aplikasi – aplikasi jaringan.

  • Java Database Connectivity (JDBC)

JDBC menyediakan sekumpulan API yang dapat digunakan untuk mengakses database seperti Oracle, MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server.

  • Java Security

Java Security menyediakan sekumpulan API untuk mengatur keamanan aplikasi java seperti public/private management.

  • Java Swing

Java Swing menyediakan sekumpulan API untuk membangun aplikasi – aplikasi GUI (Graphical User Interface).

  • Java 2D/3D

Java 2D/3D menyediakan sekumpulan API untuk membangun grafik – grafik 2D/3D yang menarik dan juga akses ke printer.

  • Java Server Pages

JSP berevolusi dari Java Servlet yang digunakan untuk menggantikan aplikasi – aplikasi seperti CGI. JSP (Java Server Pages) yang mirip ASP dan PHP merupakan alternatif terbaik untuk solusi aplikasi Internet.

Keunggulan Bahasa Pemrograman Java

Multiplatform atau open system, Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform/sistem operasi komputer, yang tidak terikat pada arsitektur tertentu. sesuai dengan prinsip write once runs anywhare.

Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris.

Kemudian, mendukung OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang berati dalam bahasa java merupakab bahasa pemograman yang mendukung pemodelan berorientasi objek.

Aspek-aspek yang terdapat dalam bahasa java merupakan sebuah objek. Dimana semua tipe data diturunkan dari kelas-kelas dasar yang telah ada.

Keunggulan lainnya adalah mengadopsi gaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java.

Distribusikan software ini juga bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan Java Web Start, pengguna program Anda akan dapat menggunakan aplikasi Anda dengan mudah.

Satu lagi, yaitu sistem pengecekan versi otomatis pada saat program dimulai menjamin pengguna Anda selalu menjalankan versi terkini. Apabila versi baru tersedia, Java Web Start akan melakukan instalasi secara otomatis.

Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

Kekurangan pertama adalah mudah untuk didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode mesin jadi menjadi kode sumber (reverseengineering). Hasil kompiler bahasa java (.jar) dapat kembali dirubah menjadi source asalnya.

Hal ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data.

Selanjutnya karena penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal .

Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena tren memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi user yang masih menggunakan komputer berteknologi lama.

Tips Belajar Bahasa Pemrograman Java

Bagi yang masih pemula tentu akan mengalami kesulitan saat belajar program ini. Namun, tidak usah khawatir, ada tips untuk Anda yang masih pemula dalam mendalami bahasa pemrograman ini.

Pertama-tama tentu Anda harus memiliki buku atau ebook tentang java. Baca semua isinya dan pelajari sebaik mungkin hingga tamat. Ketika Anda akan mencoba sebuah kode, alangkah lebih baik Anda mengerti kode tersebut. Perhatikan struktur kode dan gunakan logika mengapa kode dibuat seperti itu.

Kemudian setelah mencoba beberapa kali sambil melihat buku, cobalah untuk menuliskan kode tanpa melihat contoh. Latih kemampuan Anda agar tahu sebatas apa kemampuan Anda.

Berlatihlah dengan intensitas yang sering, lebih baik jika membuat jadwalnya sendiri. Dalam jadwal tuliskan juga kapan Anda akan menghapal kode dan kapan Anda akan mencoba menuliskan kode sendiri tanpa melihat contoh pada buku atau ebook Anda. Pastinya, Anda akan cepat hapal dan mahir jika mempelajarinya dengan giat.

Akan semakin baik jika Anda memiliki lebih dari 1 buku pelajaran. Semakin banyak sumber, semakin banyak pemahaman dan semakin banyak materi pembelajaran, Anda akan semakin cepat mengerti dan lancar membuat kode dan aplikasi Java sendiri.

Jika ada beberapa bahasan di buku yang tidak Anda mengerti, carilah informasinya di internet. Jika Anda sudah “khatam” dengan buku pemula, carilah buku lain yang sifatnya lebih rumit. Buku yang membahas program Java keseluruhan dan pembelajaran tentang aplikasi yang lebih lengkap.

Dengan begitu, Anda bisa membuat program jadi dan bukan hanya kode atau teorinya saja. Jangan lupa untuk belajar membuat aplikasi tanpa melihat buku, gunakan kemampuan Anda sendiri.

Tentu yang paling penting dalam proses belajar adalah mencari informasi dan contoh sebanyak mungkin. Niscaya, Anda akan memiliki keterampilan yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Jika sudah belajar dengan baik, carilah beberapa kasus dan buat kodenya sendiri. Jika masih sulit, menggunakan bantuan media internet juga bisa. Oh ya, ada satu lagi, cobalah untuk masuk ke forum yang membahas mengenai pemrograman Java. Setelah itu coba untuk ikut berkomentar di sana agar Anda tahu sejauh mana kemampuan Anda. Kemudian dapat juga membandingkan kemampuan Anda dengan programmer Anda.

Nah, itulah bahasan mengenai bahas memrograman Java beserta beberapa tips agar Anda yang pemula bisa mahir dalam membuat kode, aplikasi, memahami struktur Java dan lain sebagainya. Selamat belajar bahasa pemrograman.

Speak Your Mind

*