Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman. Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer.

Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman terdiri atas Bahasa Tingkat Rendah, Bahasa tingkat menengah, dan bahasa tingkat tinggi.

Kunci Menguasai Bahasa Pemrograman HTML

Belajar teknologi komunikasi dan informasi tidak mungkin didapat secara instan dan cepat. Waktu yang diperlukan sangat lama karena kompleksitas materi-materi yang dipelajari. Cabang ilmu teknologi informasi salah satunya adalah beragamnya bahasa pemrograman.Bahasa Pemrograman biasanya dibuat untuk mendukung pembuatan aplikasi untuk digunakan user atau pengguna.

Dari sekian banyak bahasa pemrograman tentu Anda sudah mengenal bahasa pemrograman HTML. Saat ini di seluruh dunia sudah menggunakannya dalam bentuk aplikasi website di internet. Situs-situs yang di-browsing semuanya menggunakanya.

HTML kepanjangan dari Hyper Text Markup Language merupakan bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi website standar yang sudah digunakan sejak pertama kali internet di launching di dunia. Sifatnya yang dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya yang sejenis, membuat banyak programmer wajib menguasainya.

Menjadi Ahli Bahasa Pemrograman HTML

Lalu apakah hanya seorang programmer yang menghabiskan waktu kuliahnya selama beberapa tahun saja yang dapat menguasainya? Jawabannya tentu saja tidak. Banyak sekali fakta lapangan membuktikan seorang dengan basic ilmu di luar disiplin komputer dapat menguasainya.

Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menerapkan kunci menguasai bahasa pemrograman HTML ini. Sebelum memulainya Anda perlu mengetahui beberapa elemen utama yang terdapat di dalam tips berikut. Tips yang akan mendukung Anda untuk menguasainya. Diantaranya adalah istilah tag, atribut, value dan tag penutup.

Tag adalah perintah inti dalam sebuah script berbasis HTML. Yang membuat sebuah script dapat dieksekusi oleh browser adalah tag ini.

SELAMAT DATANG DI WEBSITE ANNEAHIRA!

Keterangan:

< “ untuk browser membaca sebuah script-script dalam sebuah website.

Tag-tag disediakan oleh bahasa pemrograman HTML dengan sesuai fungsinya masing-masing. Untuk mengingat atau menghafal ratusan jumlah tag yang disediakan. Sepertinya masih mustahil untuk mereka yang masih otodidak. Namun, dengan latihan dan menerapkan tips di bawah ini Anda akan lebih mudah untuk menguasainya.

Selanjutnya setelah tag akan dilanjutkan eksekusi bahasa pemrograman menggunakan HTML adalah atribut.

=”justify”> disebut atribut. Atribut digunakan dalam tag-tag. Yang dapat untuk memberikan hasil tampilan yang berbeda atau bervariasi dalam halaman website. Contoh di atas adalah tag HTML yang akan mengeksekusi paragraf agar rata kiri kanan.

Selanjutnya diikuti oleh,  >SELAMAT DATANG DI WEBSITE ANNE AHIRA!<, ini adalah value atau disebut isi yang akan ditampilkan dalam sebuah website. Dapat juga disebut data dalam sebuah website. Karena user ketika mengakses alamat website tersebut yang akan tampil dan dibaca di layar adalah tulisan tersebut.

Jangan lupa menutup sebuah tag dalam HTML dengan menggunakan tag penutupnya. Penutup sebuah tag HTML menggunakan tanda “ / “ slash. Dalam contoh  di atas, Anda akan melihat tag penutupnya menjadi

Tips Menguasai Bahasa Pemrograman HTML

Melalui latihan dan sering melakukan percobaan membuat website adalah cara terbaik untuk mengasah. Namun, bisa jadi membutuhkan waktu yang lama. Ada baiknya Anda mulai menerapkan kunci menguasai bahasa pemrograman html berikut ini.

Setelah mengetahui tag, atribut, value dan tag penutup, Anda dapat menerapkannya sekarang. Seperti kita ketahui tag adalah perintah yang telah disediakan oleh HTML begitu juga atributnya. Value atau isi ada yang sudah disiapkan oleh HTML dan ada yang berupa data informasi yang akan disampaikan kepada user.

Sekarang buatlah tiga kolom dalam software pengolah kata Anda. Di mana kolom ke satu diberi judul Tag. Kolom kedua diberi nama atribute dan kolom ketiga adalah value. Contohnya akan seperti di bawah ini:

——————————————————————–
            Tag &                   atribut               value 

       Tag Penutup        
——————————————————————–
      Paragraph 

=”left”
/p>               =”right”
————————————————————————
        Font          

=”color”         yellow/RGB
/font>           =”face”         Arial, Verdana,
———————————————————————

       Image

width            Uk. pixel/%

height           Uk. pixel/%

Alt                Text

h space        Uk. pixel/%

v space         Uk. pixel/%

align             left, right, center

>

———————————————————————–

Menggunakannya sangat mudah. Di saat Anda sedang mengerjakan sebuah script pemrograman menggunakan HTML. Silahkan Anda membuka kamus HTML dalam bentuk 3 kolom seperti di atas. Hal ini juga bermanfaat untuk solusi apabila terjadi error saat eksekusi di browser. Anda akan merasa sangat menguasainya jika dapat menerapkan tips di atas. Mudah bukan?

Jangan lupa untuk selalu menggunakan tag penutup agar sebuah script dijalankan oleh browser. Aplikasinya sama dengan rumus penulisan sebuah tag-tag dalam script HTML. Setiap memiliki kesulitan membangun sebuah website berbasis HTML, Anda hanya perlu membuka kunci rahasia.

Hal ini harus terus dilakukan hingga perintah tag yang telah disediakan HTML Anda kuasai. Kunci menguasai bahasa pemrograman HTML ini dapat berfungsi seperti kamus. Kamus yang akan menemani Anda dalam menguasai HTML.

Selamat Mencobanya!

Speak Your Mind

*