Bajak facebook 

Besarnya hal pribadi yang tersimpan dalam facebook membuat seseorang terkadang ingin melakukan sebuah tindakan kejahatan. Salah satu hal yang biasa dilakukan oleh seseorang adalah dengan cebook adalah salah media jejaring sosial yang sangat ramai digunakan oleh banyak orang saat ini. cara membajak facebook orang lain.

Yang jelas, tujuan yang dimiliki oleh seseorang yang membajak facebook orang lain adalah sebuah tindakan buruk dan tidak terpuji. Bagaimana bisa seseorang yang melakukan pencurian sebuah identitas orang lain lantas dibilang sebagai sebuah tindakan yang normal saja.

Banyak sekali fenomena yang terjadi saat ini perihal pembajakan akun facebook yang dimiliki oleh seseorang. Ada orang yang dengan sengaja mengumumkan dirinya bahwa dia bisa membajak sebuah akun facebook yang dimiliki oleh orang lain.

Namun benarkah bahwa hal tersebut bisa benar-benar dilakukan oleh oknum tersebut atau hanya masalah omong kosong saja yang tiada pernah bisa untuk dibuktikan. Secara logika dan nalar, memang ada kemungkinan bagi sebuah ciptaan atau karya manusia untuk memiliki celah dan kesalahan.

Seperti halnya juga facebook yang hanya merupakan karya manusia biasa saja yang meskipun sebenarnya dia merupakan orang istimewa karena mampu menciptakan sebuah facebook yang pada akhirnya digunakan oleh banyak orang. Adanya kemungkinan celah ini lah yang kemudian dimanfaatkan oleh orang lain untuk mencuri atau membajak akun facebook seseorang.

Tujuan Membajak Facebook

Membajak facebook sekali lagi hampir sama dengan merampok rumah orang lain bahkan bisa lebih tercela. Bagaimana bisa kedua hal tercela tersebut disandingkan? Alasannya cukup sederhana karena ketika seseorang sudah bisa membajak akun facebook yang dimiliki oleh orang lain maka orang tersebut bebas untuk melakukan apa saja tersebut facebook tersebut.

Setiap data yang ada di facebook bisa dengan mudah untuk diambil dan dilakukan sebuah manipulasi sehingga memberikan kesan yang buruk kepada pemilik akun facebook yang sebenarnya. Pencurian data yang ada di dalam facebook seperti foto pribadi atau hal lainnya yang bersifat pribadi sama halnya dengan mencuri setiap barang yang ada di rumah orang lain tersebut.

Ketika seseorang mengambil barang milik orang lain tanpa adanya persetujuan dari orang yang memilikinya maka hal tersebut sama saja dengan sebuah pencurian. Lebih kejinya lagi adalah ketika seseorang berhasil masuk ke dalam facebook orang lain maka dia bisa bersikap seolah seperti pemilik akun facebook yang sebenarnya.

Hanya saja yang membedakan adalah perilaku yang mendasar dari pembajak akun facebook tersebut. Biasanya seseorang yang kenal dekat dengan penggunak akun facebook yang asli pasti akan tahu bahwa akun facebook tersebut telah digunakan oleh orang lain.

Biasanya tindakan pembajakan facebook dilakukan dengan tujuan sebuah tindakan kriminal. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu untuk mencuri data yang ada pada akun facebook tersebut yang bersifat sangat privasi. Sedangkan tujuan lainnya adalah untuk memberikan kesan yang buruk kepada pemilik facebook yang asli.

Cara yang biasa dilakukan oleh seseorang untuk memberikan kesan yang buruk kepada pengguna asli adalah dengan melakukan status yang berisikan makian dan umpatan. Biasanya hal ini lah yang paling sering dilakukan oleh seseorang yang melakukan pembajakan terhadap akun facebook orang lain.

Cara lainnya yang dilakukan oleh seseorang yang berhasil membajak akun facebook orang lain adalah dengan cara melakukan sebuah postingan yang berisikan pornografi. Tujuannya sudah sangat jelas untuk memberikan citra negatif bahwa orang yang memiliki akun facebook tersebut memiliki otak yang mesum.

Padahal secara kenyataan hal tersebut sangatlah jauh dari yang ada di kehidupan sehari-hari. Biasanya jika isi status sebuah facebook seseorang sudah seperti itu maka besar kemungkinan bahwa akun facebook yang dimilikinya sudah mengalami pembajakan.

Tentu saja sebagai seorang sahabat yang memiliki pertemanan dengan pemilik akun facebook tersebut yang sebenarnya maka ada baiknya untuk segera diberitahu perihal pembajakan tersebut. Langkah ini dilakukan agar akun yang ada tersebut bisa segera dilakukan pemulihan dengan jalan melalui email yang ada.

Kemungkinan lainnya dari sebuah pembajakan akun facebook adalah untuk sarana meningkatkan rating suatu website. Biasanya akun yang dibajak adalah yang memiliki pertemanan yang cukup banyak. Akun facebook yang memiliki pertemanan cukup banyak akan besar kemungkinan untuk bisa menaikkan rating sebuah web dala waktu yang cukup cepat karena akan mendapatkan klik dari banyak orang tersebut.

Mengatai Pembajakan Facebook

Mengerikan memang jika sampai terjadi sebuah pembajakan pada akun facebook yang kita miliki apalagi jika di dalamnya tersimpan berbagai hal penting dan privasi menurut kita. Terlebih lagi jika akun facebook yang ada tersebut merupakan sarana komunikasi yang paling primer untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Kita patutnya bersyukur dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup baik ini. Sekarang untuk bisa berkoordinasi antara satu orang dengan orang yang lainnya tidak perlu untuk datang langsung ataupun komunikasi lewat handphone.

Jika harus datang langsung maka banyak sekali hal yang harus dikorbankan hanya untuk bisa berkoordinasi saja. Beberapa hal yang biasanya dikorbankan adalah waktu, tenaga, dan uang yang bisa dibilang tidak murah untuk bisa bertemu langsung atau tatap muka.

Koordinasi dengan menggunakan handphone juga masih sangat terbatas sekali. Selain harga pulsa yang cukup mahal kita tidak bisa melakukan sebuah pengiriman file dalam jumlah yang besar dan semua gerak masih cukup terbatas. Namun dengan hadirnya media jejaring sosial seperti facebook telah membuka semua sekat tersebut.

Koordinasi bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Belum lagi untuk kirim-kirim file yang merupakan kebutuhan utama untuk seseorang yang sedang bekerja kantoran. Jadi sungguh sangat menghemat waktu dan biaya.

Namun ketika terjadi pembajakan terhadap akun facebook maka hal tersebut akan sangat disayangkan sekali. Berikut adalah beberapa tips untuk bisa terhindar dari adanya pembajakan akun facebook yang kita miliki.

1. Jangan gunakan pasword yang sama
Sangat dianjurkan dan disarankan untuk tidak menggunakan pasword yang sama antara email dan akun yang ada di facebook. Hal tersebut dilakukan guna menghindari terjadinya pencurian akun facebook dan email.

Ketika pasword akun facebook yang dicuri maka ada kemungkinan untuk bisa dikembalikan lewat email. Namun jika keduanya menggunakan pasword yang sama maka akan besar kemungkinan bahwa keduanya tidak akan pernah menjadi milik kita lagi.

2. Sering ganti Pasword
Lakukanlah penggantian password akun facebook atau email setiap saat untuk mencegah terjadinya pencurian sebuah pasword. Namun jangan lupa untuk mengingatnya agar tetap bisa masuk ke dalam akun tersebut.

3. Jangan lupa Logout
Kemungkinan terbesar seeorang yang mengalami kecurian akun facebooknya adalah lupa melakukan logout setiap kali kita masuk ke dalam akun facebook yang dimiliki. Biasanya hal ini sering terjadi manakala membuka akun facebook di warnet atau komputer umum dan lupa melakukan log out. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk melakukan log out setiap kali masuk akun facebook

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya pembajakan pada akun facaebook yang kita miliki. Semoga berguna dan bermanfaat.

Speak Your Mind

*