Bantal Cinta, Unik dan Menggemaskan

Ilustrasi bantal cintaBantal cinta adalah sebutan untuk bantal unik dengan model yang lucu, dengan beragam ukuran dan bentuk. Bantal cinta ini digemari oleh anak-anak sampai orang dewasa. Pada awalnya, bantal cinta dibuat dengan ukuran dua kali lipat ukuran bantal biasa, yang dapat dipakai oleh dua orang sekaligus saat tidur. Bantal ini sengaja dibuat untuk hadiah atau souvenir pada pasangan. Itu sebabnya bantal ini dinamakan “bantal cinta”.

Bantal cinta mulai ramai di pasaran sejak tahun 2008. Harganya juga beragam. Tergantung isi, bentuk, dan panjangnya. Kisaran harganya dimulai dari Rp 30.000 hingga ratusan ribu. Motifnya juga berbagai macam, selain warna putih yang beredar di pasaran. Dulu, motif kainnnya dapat langsung dikenali melalui bentuk hati. Kini, selain bentuk dan motif yang mengalami perkembangan, bantal cinta juga sudah dapat dibeli dimana saja. Termasuk distributor khusus bantal cinta.

Bantal cinta, karena bentuk dan motifnya yang lucu, serta panjangnya yang beraneka ragam, banyak dicari dan dikoleksi oleh banyak orang. Untuk anak kecil laki-laki misalnya, motif bantal cinta dapat dicari yang berwarna biru dengan gambar-gambar lucu seperti gambar kereta api, awan, atau tokoh kartun. Begitu pula dengan motif untuk anak perempuan yang bisa lebih menjamur pilihannya.

Seprai bantal cinta dengan berbagai ukuran panjang dan bentuk, akhir-akhir ini sudah dapat dicari di pasaran. Jika kesulitan mencarinya, Anda bisa langsung membelinya di tempat Anda membeli bantal tersebut. Atau dengan cara pemesanan online. Dengan pemesanan online, bahkan Anda juga dapat memilih motif, warna, serta panjang seprai sesuai dengan yang diinginkan.

Sebenarnya bantal hanya digunakan sebagai alas kepala saat kita tidur. Tidak peduli bentuk maupun modelnya, yang penting kita bisa tidur dengan nyaman dan tenang. Tapi tidak jarang, bantal menjadi benda kesayangan. Kadang kita hanya bisa tidur dengan bantal yang sama setiap harinya. Atau bahkan kita tidak bisa tidur kalau tidak pakai bantal. Bantal, benda Kecil, tapi berguna dan dibutuhkan.

Fungsi Bantal

Sebenarnya, apa fungsi bantal itu? Selain memberikan kenyamanan saat tidur, bantal juga berfungsi untuk melemaskan otot-otot leher kita juga lho! Terkadang saat kita bangun dari tidur, bukannya segar tapi malah leher tegang dan sakit. Penyebabnya bisa karena kesalahan cara tidur maupun bantal yang kita gunakan kurang bagus.

Pemilihan bantal yang tepat dan baik ketika tidur, dapat membantu Anda melepas kepenatan dan stress. Ketika Bangun, seharusnya badan dan pikiran justru terasa lebih segar. Di luar negeri sudah banyak tempat-tempat khusus seperti Pillow House yang menyediakan fasilitas menginap dengan terapi bantal Tempat ini sering dikunjungi oleh orang yang kesulitan tidur dan merasa bertambah penat ketika tidur.

Bantal selain berguna ketika Anda tidur, juga berfungsi sebagai bantalan, senderan, atau pun alas ketika Anda duduk maupun bersantai. Bantal memberikan kenyamanan khusus pada setiap penggunaannya. Karena penggunaan bantal dapat menghindari sakit pinggang dan di sekitar badan.

Di ruang tamu misalnya, bantal kursi yang juga bisa digunakan sebagai penghias ruang tamu, dapat digunakan juga sebagai penambah efek kenyamanan, baik ketika dijadikan senderan maupun ketika diletakkan di atas paha. Tanpa terasa ketika bantal diletakkan di atas paha, atau sekedar dipegang dan dipelukkan, seseorang akan menjadi tidak canggung ketika bertamu.

Tempat lainnya adalah ruang keluarga. Biasanya ruang keluarga ini berupa ruang duduk, dengan sofa atau pun lesehan menggunakan karpet. Bantal tentu saja menjadi pelengkap bagi tempat ini. Untuk meningkatkan perasaan santai dan nyaman, bantal bisa menjadi teman setia ketika Anda menghabiskan waktu dengan keluarga sambil menonton tv atau sekedar duduk-duduk sambil mengobrol.

Harga bantal sendiri beraneka macam. Tergantung merek, isi bantal, serta bahannya. Ada beberapa bahan yang tidak mudah lembab dan berjamur. Ada bantal yang terasa keras dan sangat lembut ketika pertama digunakan. Ada bantal yang bagiannya terdiri dari kapuk, kapas, hingga berbagai bulu, salah satunya bulu angsa.

Tips Memilih Jenis Bantal

Bantal Latex

Bahan bantal dari Lateks terbuat dari getah karet. Ada 2 jenis lateks, yaitu lateks natural yang lebih dari 80% terbuat dari getah karet dan lateks sintetis yang lebih dari 80% terbuat dari bahan sintetis. Permukaan bantal lateks lebih keras dari bantal dakron dan bentuknya rata. Yang menggembirakan bahwa bantal dari bahan lateks ini cocok untuk orang yang bermasalah dengan tulang leher dan tulang belakang. Lateks juga bebas dari tungau sehingga cocok untuk yang biasa menderita alergi.

Bantal Bulu Angsa

Dari dulu bahan bantal dari bulu angsa ini telah digunakan oleh Kerajaan di benua Eropa. Ada kelemahan yang cukup mendasar dari bulu angsa yaitu sering menjadi tempat tinggal tungau dan debu sehingga bantal dar bahan bulu angsa ini tidak cocok bagi Anda yang menderita alergi. Namun dari segi kelembutannya bantal dari bahan bulu angsa lebih lembut. Semakin banyak bulu halus dari angsa yang digunakan, maka akan semakin baik kualitasnya. Sebaliknya, jika bulu angsa bagian luar yang lebih banyak digunakan, bantal menjadi kurang baik karena terasa kasar. Dan yang cukup penting dari segi harga Bantal bulu angsa dijual dengan harga yang cukup mahal.

Bantal Busa

Bahan pengisi bantal busa ini seperti spon dan merupakan bahan sintetis digunakan dikenal sebagai pengisi bantal setelah kapuk. Salah satu kelemahannya adalah terasa panas saat digunakan, sisi baiknya adalah bantal dari bahan ini lebih bersih daripada dari bahan bulu angsa

Bantal Kapuk

Berasal dari pohon kapuk, berwarna putih dan terasa licin saat dipegang. Kelemahannya yang dikenal hingga saat ini adalah kapuk menjadi tempat favorit bagi tungau dan juga mudah dihinggapi debu, sehingga dapat mengganggu kesehatan. Untuk mengurangi dampak ini kesehatannya bantal dari bahan apuk harus sering dijemur. Dan yang paling penting bagi penderita asma, kapuk dapat menjadi salah satu pemicu asma, sehingga tidak cocok untuk penderita asma.

Bantal Memory Foam

Memory foam dibuat dari bahan sejenis busa yang bernama Polyurethane. Bantal dengan bahan pengisi memory foam membutuhkan waktu beberapa lama untuk kembali ke bentuk semula. Material ini menyerap keringat sehingga nyaman saat digunakan.

Bantal Dakron

Dakron terbuat dari serat plastik dengan ukuran yang sangat halus. Ketika digunakan sebagai pengisi bantal, dakron diisi dengan 2 cara yaitu dengan cara dilipat atau dengan digumpal. Bantal yang diisi dengan dakron yang dilipat, permukaan bantal akan terasa halus saat diraba, inilah bantal dengan isi dakron yang berkualitas baik. Sedangkan, apabila diisi dengan cara digumpal, permukaannya tidak rata sehingga kualitasnya kurang baik. Semakin berat bantal dakron akan lebih baik karena lama kelamaan bantal dakron akan kempis.

Ciri-ciri Bantal Sehat

Bantal yang sehat memiliki bentuk yang lentur menyesuaikan dengan otot leher dan tulang belakang pada tubuh kita, tidak keras, tidak mudah kempes, berpori, mudah menyerap keringat, tidak panas dan tidak mengandung bahan allergen (bahan pencetus alergi, seperti :kapuk).

Bantal cinta yang ada di pasaran saat ini, cukup baik untuk dipakai. Biasanya bahan yang digunakan untuk isinya memakai bahan Silikon murni. Bahan ini mudah mengembang, tidak gampang kempes, tidak panas, mudah dicuci dan ringan. Untuk kain pembungkus bantal cinta, biasanya memakai bahan dasar katun. Sedangkan motif bisa dipesan atau sesuai dengan selera.

Bantal cinta ini biasanya dijual dalam kemasan tertutup dan keadaan kempes. Biasanya bantal akan mengembang dengan sendirinya setelah kemasan dibuka. Trik yang bagus untuk membantu pembeli saat membawa bantal cinta yang ukurannya dua kali lipat bantal biasa ini.

Lambat laun Bantal cinta mengalami perubahan desain dan tujuan. Ada bantal cinta yang berukuran kecil, sedang dan besar. Motifnyapun bertambah banyak. Yang paling digemari adalah motif kesukaan anak-anak, seperti Barbie, Princess, gambar hewan kesukaan dan tokoh kartun. Bantal cinta tidak hanya digunakan sebagai alas tempat tidur saja sekarang, namun juga dapat dipakai sebagai alat dekorasi untuk mempercantik rumah.

Ciri bantal sehat yang lain adalah tidak berjamur ataupun berbercak dan berubah warna terlalu cepat. Kebersihan bantal perlu dijaga. Sekalipun menggunakan sarung bantal yang sering diganti dan dicuci jika sudah kotor, kebersihan bantal tanpa seprai juga perlu dijaga.

Untuk Anda para ibu yang memiliki anak kecil, sebaiknya bantal dijemur setiap pagi hari. Ini dapat membantu membunuh kuman-kuman yang mungkin saja menempel di bantal. Ini juga dilakukan untuk menghindari bantal menjadi berjamur dan buluk, yang nantinya akan mengeluarkan bau tidak sedap karena lembab. Tentunya, kegiatan menjemur ini juga sebaiknya dilakukan oleh siapa saja yang ingin menjaga kebersihan.

Selain dijemur, bantal juga bisa dicuci dahulu minimal satu kali dalam sebulan. Apalagi untuk para Ibu yang masih memiliki anak kecil dan ketika tidur masih sering mengompoli bantal. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan anak dan bantal agar tetap awet.

Speak Your Mind

*