Batu Zamrud, Permata Hijau Nan Menawan

Ilustrasi batu zamrudAnda tentu familiar dengan ungkapan “Zamrud di Khatulistiwa”. Ungkapan ini menggambarkan betapa wilayah Indonesia yang subur diibaratkan bagai permata hijau di permukaan bumi.

Kita patut berbangga karena keindahan alam Indonesia disamakan dengan permata hijau yang menawan. Ya, batu zamrud memang merupakan salah satu batu yang memiliki pesona serta nilai yang tinggi.

Zamrud sangat dihargai, permata hijau tua, berasal dari warna krom. Batu ini adalah birthstone Mei tradisional, meskipun batu ini lahir pada bulan Mei mungkin memerlukan kantong dalam untuk mendapatkan zamrud kualitas yang baik.

Sifat pembentukan batu ini mengarah ke lebih banyak kelemahan dalam zamrud daripada di beberapa permata lainnya. Oleh karena itu, menjadi sebuah permata yang relatif unflawed adalah langka dan mahal.

Mineral Beryl

Zamrud adalah salah satu jenis mineral beryl yang berwarna hijau karena mengandung chromium dan pada sebagian ditemukan jejak vanadium. Batu ini sangat padat. Tingkat kekerasannya adalah 7,5 hingga 8 pada 10 poin skala Mohs mengenai kepadatan mineral.

Seperti batu-batu pertama berwarna lainnya, zamrud diklasifikasikan menggunakan empat parameter dasar, yaitu Empat C dari takaran keistimewaan: color (warna), cut (potongan), clarity (kejernihan), dan crystal (kristal). Kriteria yang terakhir, yaitu kristal, dipakai sebagai sinonim dari sifat transparan.

Umumnya, warna merupakan kriteria paling utama dalam menilai permata berwarna, tetapi dalam hal zamrud, syarat tersebut diikuti oleh kejernihan. Keduanya merupakan kriteria yang mutlak.

Selain warna hijau segar yang asli, batu zamrud yang baik harus mempunyai kejernihan atau ketransparanan yang tinggi. Untuk memperbaiki kejernihan zamrud, permukaan batu ini biasanya diminyaki, misalnya dengan minyak cendana.

Minyak intesis dan polimer juga kerap digunakan untuk tujuan tersebut. Meski demikian, peminat batu berharga harus mewaspadai penjual perhiasan yang mengolesi zamrud dengan minyak bertinta hijau untuk menutupi cacat atau kekurangan.

Tambang Zamrud

Batu zamrud banyak ditemukan di tiga tempat penambangan yang berada di Kolombia, yaitu Muzo, Coscuez, dan Chivor. Negara-negara lain yang dikenal sebagai penghasil zamrud adalah Afganistan, Australian, Austria, Brazil, Bulgaria, Kamboja, Kanada, Cina, Mesir, Etiopia, Prancis, Jerman, India, Italia, Mozambik, Somalia, Afrika Selatan, dan sebagainya. Sebuah jenis zamrud langka yang bernama trapiche sering ditemukan di tambang-tambang di Kolombia.

Zamrud pun dapat ditemukan di seluruh Timur Tengah, tetapi sekarang terutama ditambang di Columbia. budaya Timur Tengah menghargai permata, dan representasi dari zamrud perhiasan mengandung mendahului masanya.

Zamrud Terbesar

The Zamrud Mogul adalah salah satu batu terbesar yang diketahui, lebih dari 200 karat dalam ukurannya. Permata ini saat ini dimiliki oleh pembeli tak dikenal, yang membelinya saat lelang 2001 di Christie selama lebih dari 2.000.000 dolar AS (USD). Batu terbesar yang diketahui ditemukan di Columbia, dan sangat mengesankan di lebih dari 600 karat. Hal ini dapat dilihat di Museum of Natural History di New York City.

Meskipun zamrud memiliki kekerasan 7,5 pada Skala Mohs, inklusi dalam batu dapat menyebabkan kerusakan mudah. Untuk alasan ini, zamrud komersial sering dilapisi resin untuk menghindari kerusakan pada batu.

Semua zamrud memiliki beberapa kekurangan karena batu ini terbentuk dalam tiga tahap. Cacat ini disebut sebagai jardins, bahasa Perancis untuk taman, menunjukkan bahwa kekurangan alami mekar dari proses pembentukan.

Cleopatra dikatakan memiliki kebiasaan meminum pecahan mutiara dan zamrud dengan anggur. Maharajah India juga menghargai zamrud, dan koleksi harta karun lama kekuasaan India masa lalu yang penuh dengan batu-batu hijau yang luar biasa ini.

Zamrud kualitas dapat dinilai sebagai berikut : tertinggi, perhiasan tinggi, komersial, dan rendah. Kualitas dua-karat tinggi batu berkisar dari 3.000 hingga lebih dari 4.000 USD. Perhiasan kualitas dua-karat batu sedikit lebih dari 2.000 USD. Kualitas terendah dua-karat batu dapat dibeli kurang dari 200 USD.

Zamrud telah identik sebagai batu kelahiran di Bulan Mei. Sehingga, melekat dengan zodiak-zodiak astrologi Taurus, Cancer, dan juga Gemini. Dalam budaya beberapa bangsa, zamrud adalah hadiah yang lazim diberikan pada perayaan ulang tahun perkawinan ke-20, 35, dan 55.

Sisi Perhiasan

Warna hijau segar yang memancar dari batu zamrud akan memperindah perhiasan yang terbuat dari platina (emas putih), emas, dan logam mulia lain. Jenis perhiasan zamrud yang paling diminati para wanita adalah kalung, anting-anting, dan cincin.

Anting-anting zamrud akan tampak dramatis di telinga seorang perempuan, seolah menyinari wajah. Demikian pula dengan kalung yang indah membelit leher. Kaum pria pun tak kalah bergaya dengan cincin model lelaki yang bertatahkan batu zamrud.

Jika Anda ingin mencari hadiah yang tepat untuk kekasih atau istri yang lahir di Bulan Mei, perhiasan ini barangkali jawaban yang tepat.

Ketika memilih zamrud untuk perhiasan, permata kecil kadang-kadang pilihan yang lebih baik karena tingkat kualitas yang lebih tinggi dapat diperoleh dengan harga yang lebih rendah. Sebuah batu kecil dengan kejelasan yang lebih besar akan muncul lebih dari satu batu besar penuh dengan kekurangan. Bahkan batu-batu kecil, meskipun, bisa mahal dibandingkan dengan permata lain.

Kejelasan zamrud juga ditingkatkan, dari i1 sampai i9. Zamrud dengan nilai i1 sangat langka, karena mengandung inklusi paling. Sebaliknya, i9 zamrud dapat ditemukan dalam kelimpahan, tetapi memiliki jardins begitu banyak sehingga batu ini tampak berlumpur.

Setiap zamrud dinilai i4 atau lebih rendah memiliki kekurangan hanya terlihat melalui perbesaran. Namun, banyak yang senang dengan perhiasan dengan peringkat lebih tinggi daripada i4, karena salah satu alami mengharapkan jardins. Dengan demikian, zamrud menggemakan hidup dalam menjadi kurang sempurna.

The Beauty and Flawless of Zamrud

Sulit untuk menemukan zamrud sempurna. Jadi tidaklah mengherankan bahwa biaya zamrud agak curam daripada batu permata lainnya hanya kedua berlian. Menjadi permata yang lembut, mungkin memiliki banyak biji-bijian alami yang dikenal sebagai inklusi, sementara itu sedang terbentuk di bawah permukaan bumi.

Beryl juga mengandung lainnya, varietas permata kurang dikenal, seperti aquamarine dan heliodor. Warna hijau Zamrud ini disebabkan oleh kotoran kromium (dan kadang-kadang oleh kotoran vanadium). Hijau tua merupakan warna yang paling diinginkan dalam zamrud.

Zarna pucat zamrud, yang nilainya lebih rendah. Zamrud pucat tidak disebut zamrud, tapi “hijau beryl”. Batu ini kadang-kadang disalah artikan menjadi aquamarine. Bahkan, zamrud terbaik yang tersedia di pasar saat ini direkayasa atau diciptakan sengaja.

Zamrud dapat mengembangkan retak internal jika terbentur keras atau jika tunduk pada perubahan suhu yang ekstrim, karena mungkin salah satu batu permata paling lembut yang dikenal manusia. Karena itu, disarankan bahwa jika Anda perlu untuk memakainya bahkan untuk alasan astrologi, yang terbaik adalah tidak memakai satu yang tidak lebih dari 3-4 karat.

Batu Zamrud yang diperlakukan untuk menutupi kelemahan internal yang tidak boleh dibersihkan dengan pembersih perhiasan ultrasonik, atau batu ini harus dicuci dengan sabun. Praktek ini akan menghapus minyak dan mengekspos kelemahan internal yang tersembunyi.

 

Speak Your Mind

*