Beberapa Resep Kopi Dingin Untuk Para Penggila Kopi

Ilustrasi resep kopi

Daftar Isi

  1. Kopi yang Umum Dijumpai
  2. Aneka Resep Kopi Dingin
    • Banana Coffee Smoothie
    • Berry Cream Iced Coffee
    • Bubble Lime Iced Coffee
    • Café Orange Slush
    • Fruity Chocolatos Coffee
    • Orange Kiwi Iced Coffee
    • Yoghurt Ffrozen Iced Coffee

Saat ini, kopi menjadi minuman favorit dan menjadi gaya hidup banyak orang. Dan seiring perkembangan zaman, telah banyak resep kopi yang diciptakan.

Awalnya, minum kopi dipercaya sebagai penahan kantuk. Tapi sekarang, minum kopi menjadi agenda bagi sebagian orang untuk mengisi waktu luang atau berinteraksi dengan sesama.

Sekarang ini, menjamurnya kedai kopi bukanlah hal yang aneh. Hampir di setiap sudut , misalnya tempat perbelanjaan, terdapat kedai-kedai kopi.

Kopi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia sekitar 3.000 tahun yang lalu.

Bangsa Etiopia mengonsumsi biji kopi untuk memenuhi kebutuhan protein dan energi tubuh. Biji kopi itu dicampurkan dengan lemak hewan dan anggur. Indonesia pun mengenal kopi akibat penjajahan Belanda.

Ketika itu, Belanda mengadakan Tanam Paksa atau Cultuurstelsel yang memerintahkan masayarakat Indonesia untuk menanam kopi. Karena letak geografisnya yang sangat cocok untuk menanam kopi, produksi kopi di Indonesia meningkat. Saat ini, produksi kopi Indonesia menduduki peringkat keempat terbesar di dunia. Dari sekian banyak jenis biji kopi di pasaran, ada dua jenis yang paling terkenal, yaitu biji kopi arabika dan biji kopi robusta.

1. Biji Kopi Arabika
Biji kopi ini berasal dari Etiopia. Biji kopi ini tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis. Biji kopi yang dihasilkan berukuran kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap. Beberapa jenis kopi arabika yang terkenal, antara lain colombian coffee, colombian milds, costa rican tarrazu, gayo coffee, guatemala huehuetenango, ethiopian harrar, ethiopian yirgacheffe, hawaiian kona coffee, jamaican blue mountain coffee, java coffee, kenyan, mexico, mocha, santos, sumatra mandheiling, sumatra lintong, sulawesi toraja kalosi, tanzania peaberry, dan uganda.
2. Biji Kopi Robusta
Biji kopi ini pertama kali ditemukan di Kongo. Rasanya lebih pahit, sedikit asam, dan kandungan kafeinnya lebih banyak dibandingkan dengan biji kopi arabika. Jenis kopi robusta yang terkenal, antara lain kape alamid dan kopi luwak.
1. Café au lait
Café au lait merupakan campuran kopi hitam yang tajam dengan susu panas.
2. Cappuccino
Cappuccino merupakan kopi yang dibuat dengan campuran krim, susu, dan serpihan cokelat.
3. Dry cappuccino
Dry cappuccino merupakan cappuccino tanpa susu dan sedikit krim.
4. Espresso
Espresso merupakan kopi yang dihasilkan dengan mengekstrasi biji kopi yang sudah digiling menggunakan uap panas pada tekanan tinggi. Pada setiap espresso terdapat crema, yaitu busa keemasan yang terdiri atas gula, minyak, dan protein di permukaan.
5. Frappe
Frappe merupakan espresso yang disajikan dingin dan biasanya menggunakan kopi instan, air, gula, dan es. Frappe pertama kali dibuat oleh Dimitrios Vakondios pada September 1957.
6. Kopi hitam
Kopi hitam merupakan kopi hasil ekstrasi langsung dari perebusan biji kopi tanpa penambahan apa pun. Meminum 1-2 cangkir kopi hitam sehari dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, antara lain melindungi jantung, mencegah diabetes tipe 2, menjaga kesehatan hati, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan kekuatan otak, serta membantu menghilangkan sakit kepala.
7. Kopi instan
Kopi instan merupakan kopi yang berasal dari hasil pengeringan dan granulasi. Kopi instan pertama kali diproduksi oleh Satori Kato. Kopi irlandia atau irish coffee. Kopi irlandia atau irish coffee merupakan kopi yang penyajiannya dicampur dengan wiski, gula, dank rim kocok di atasnya. Kopi ini pertama kali dibuat oleh seorang bartender bernama Joe Sheridan.
8. Kopi moka
Kopi moka merupakan kopi yang serupa dengan cappuccino dan latte, tapi dicampur dengan cokelat.
9. Kopi tubruk
Kopi tubruk merupakan kopi asli Indonesia yang dibuat dengan mendidihkan biji kopi dengan gula. Hal yang harus diperhatikan jika membuat kopi ini adalah air yang digunakan harus benar-benar panas supaya tidak ada biji kopi yang tersisa.
10. Latte atau coffee latte
Latte atau coffee latte merupakan espresso yang dicampur dengan susu dan mempunyai lapisan tipis di bagian atasnya. Latte pertama kali ditemukan di Italia oleh Lino Meiorin, pemilik sebuah kafe dan barista pertama di Italia.
11. Macchiato
Macchiato merupakan kopi yang dibuat dari campuran espresso dengan susu. Ada dua macchiato yang sering disajikan, yaitu espresso macchiato yang disajikan dalam cangkir kecil berukuran 60-90 mililiter dan latte macchiato yang disajikan dalam gelas tinggi berukuran besar.
12. Melya
Melya merupakan kopi yang pembuatannya dicampur dengan madu dan bubuk cokelat.
13. Oleng
Oleng merupakan kopi khas Thailand yang pembuatannya dicampur dengan kedelai, jagung, dan wijen.

Resep Kopi Dingin yang Menggugah Selera

Seiring perkembangan zaman, para penikmat kopi dapat menikmati kopi yang disajikan dingin. Hal ini dapat memberikan kesegaran bagi tubuh. Biasanya, kopi dingin dinikmati saat cuaca panas. Berikut ini beberapa resep kopi dingin.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
2 sdt kopi instan,
1 sdm gula,
2 sdm air panas,
1/2 gelas susu putih cair,
2 pisang kecil yang dipotong kecil-kecil,
2 biskuit cokelat yang diremahkan,
2 sendok es krim cokelat atau vanila,
es batu sekucupnya, dan
whipped cream.

Cara membuatnya:

Larutkan kopi instan dan gula dengan air panas. Blender larutan kopi, es batu, susu putih, potongan pisang, remah-remah biskuit cokelat, dan es krim cokelat atau vanila hingga berbusa. Tuangkan dalam cangkir. Tambahkan whipped cream dan bubuk cokelat di atasnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
2 sdm kopi bubuk,
200 ml air panas,
10 buah rasberi,
10 buah stroberi,
3 sdm gula pasir,
1 sdm sirup vanila,
1 sendok es krim vanila,
es batu secukupnya.

Cara membuatnya:

Seduh kopi bubuk dengan air panas, saring, lalu dinginkan. Blender air kopi dengan rasberi, stroberi, gula pasir, dan sirup vanila hingga rata. Tuangkan ke dalam gelas berisi es batu. Beri 1 sendok es krim vanila di atasnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
2 sdm kopi bubuk,
200 ml air panas,
1 sdm rum,
2 sdm gula palem,
1 sdm madu,
5 sdm krim kocok,
3 sdm bubble siap pakai,
150 ml soda manis,
1 buah lemon diblender, dan
es batu secukupnya.

Cara membuatnya:

Rebus air hingga mendidih, masukkan bubble sambil diaduk, masak bubble hingga matang, saring, lalu rendam dalam air dingin. Seduh kopi bubuk, lalu saring. Aduk rata rum, gula palem, dan madu, lalu dinginkan. Tuang kopi ke dalam gelas berisi es. Masukkan krim kocok. Aduk rata soda dengan jus lemon, lalu tuangkan ke atas krim kocok. Tambahkan bubble di atasnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
3 sdm kopi bubuk instan,
300 ml air panas,
100 ml krim cair,
1/2 sdt kayu manis bubuk,
300 ml jus jeruk,
2 sdm gula palem,
1 sdm gula pasir, dan
es batu secukupnya.

Cara membuatnya:

Seduh kopi bubuk dengan air panas, campur dengan gula palem, lalu aduk rata. Simpan dalan freezer kurang lebih delapan jam. Keluarkan dari freezer, blender sampai lembut, lalu simpan dalam kulkas. Aduk jus jeruk dengan gula pasir, lalu simpan dalam kulkas kurang lebih dua jam. Tuang jus jeruk dingin ke dalam gelas berisi es batu, tambahkan krim cair, lalu masukkan kopi yang dihaluskan tadi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
2 sdm kopi bubuk,
200 ml air panas,
2 sdm sirup vanila,
50 gr cokelat masak yang dicairkan dengan cara ditim,
50 ml susu kental manis,
100 ml susu cair,
1/2 buah kiwi dipotong kotak,
10 buah jeruk mandarin kaleng,
5 buah anggur dipotong dua, dan
es batu secukupnya.

Cara membuatnya:

Seduh kopi bubuk dengan air panas, lalu saring. Campurkan dengan sirup vanila. Tuang susu kental manis ke dalam gelas berisi es batu. Aduk rata susu cair dengan cokelat masak, lalu masukkan ke dalam gelas berisi susu kental manis. Masukkan potongan buah. Tuang air kopi. Sajikan selagi dingin.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
2 sdm kopi bubuk,
200 ml air panas,
3 buah jeruk sunkist diambil airnya,
2 sdm gula pasir,
1 sdm madu,
5 sdm krim cair kocok,
1 buah kiwi potong bundar tipis,
100 ml soda, dan
es batu secukupnya.

Cara membuatnya:

Seduh kopi bubuk dengan air panas, saring, lalu dinginkan. Campur air kopi dengan air jeruk, madu, dan gula pasir. Campur soda dengan kiwi. Tuang campuran air kopi ke dalam gelas berisi es batu. Tuangkan krim kocok. Masukkan campuran soda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
2 sdm kopi bubuk,
200 ml air panas,
1 sdm gula merah,
200 ml susu cair,
2 sdm sirup cokelat,
100 ml yoghurt vanila, dan
es serut secukupnya.

Cara membuatnya:

Seduh kopi bubuk dengan air panas, lalu saring. Aduk dengan gula merah. Tuang ke dalam cetakan es batu, lalu simpan di dalam freezer kurang lebih delapan jam. Blender susu, yoghurt, vanila, dan es serut hingga berbusa. Tuang sirup ke dalam gelas dan masukkan es batu kopi. Tuang campuran susu ke atas es kopi.

Itulah beberapa resep kopi dingin yang dapat dinikmati selagi cuaca panas. Selamat minum kopi!

Speak Your Mind

*