Belajar Bisnis Online Adsense di Asian Brain

Ilustrasi adsensePernahkah anda mendengar tentang bisnis online adsense?. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seakan telah mengubah berbagai sektor kehidupan. Tak terkecuali dengan dunia bisnis. Dunia internet dengan beragam media yang hadir telah mengubah upaya pemasaran produk. Kalau dahulu sebuah produk dipasarkan secara tradisional (face to face), kini kendala jarak tidak menjadi halangan untuk memasarkan produk perusahaan. Kondisi ini mengakibatkan kita dapat memperoleh penghasilan dari internet.

Hanya dengan berbekal laman situs atau blog pribadi, setiap orang dapat mendulang uang dari perusahaan-perusahaan terkemuka. Dengan memampang iklan di blog kita, secara tidak langsung kita tengah menjadi tenaga pemasaran sebuah perusahaan.

Nah, di ranah daring kita mungkin pernah mendengar istilah internet marketing. Sederhananya, istilah ini mengacu pada pemasaran produk sebuah perusahaan di internet. Dan, di dunia maya semua itu bisa dilakukan siapa saja. Salah satu perusahaan media terkemuka, Google, menyediakan program adsence yang dikhususkan bagi pengguna internet yang menyukai aktivitas marketing.

AdSense adalah program gratis bagi internet marketer di ranah daring untuk meraih pendapatan dengan menampilkan iklan secara online. Program ini beken dengan sebuatan Google Adsense. Salah satu program yang dirancang Google berupa iklan dalam bentuk text link, kolom pencarian atau banner komersil untuk dipampang di situs atau blog.

Nah, perusahaan Google akan membayar pemasang setiap kali link tersebut di klik. Biasanya, link atau gambar tersebut akan disesuaikan dengan konten situs secara otomatis oleh pihak Google. Misalnya, situs pemasang bisnis online yang berupa iklan ini berhubungan dengan teknologi, maka iklannya pun berhubungan dengan teknologi.

AdSence adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSence, pemilik situs we atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan program bisnis online mengenai iklan ini untuk pencarian (AdSence for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada program bisnis online ini untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Potensi keuntungan mengikuti program AdSense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka tayangkan. Sebagian metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi program bisnis online ini. Metode yang lain diperbolehkan, bahkan didorong penggunaannya oleh Google. Beberapa metode yang dianggap sah adalah:

  • Memodifikasi warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan AdSense
  • Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi
  • Menghilangkan garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman.

Tipe Adsence di Google Adsence

Ada beberapa macam tipe adsense yang disediakan oleh google adsense, yaitu:

  1. Adsense for content. Tipe iklan seperti ini bentuknya berupa iklan. Jika ada yang mengklik link tersebut kita akan mendapatkan uang (Paid Per Click). Atau, dihitung dari jumlah tampilan selama waktu tertentu (Paid Per Impression), yang hanya dikhususkan bagi negara tertentu.
  2. Adsense for search. Tipe ini bentuknya berupa “mesin pencari”. Kita akan mendapatkan bayaran bila ada orang yang melakukan pencarian melalui mesin pencari yang dipasang di blog. Kemudian, apabila ada orang yang mengklik salah satu hasil pencarian berupa iklan, ia akan memperoleh komisi.
  3. Referrals. Tipe iklan ini bentuknya sama dengan “Adsence for content”. Yang membedakannya dari sistem perolehan komisi. Kalau ada yang mendaftar, mendownload, atau membeli produk maka kita akan memperoleh komisi.

Salah satu kendala dalam google adsense adalah materi atau konten website yang akan kita kelola, mau di arahkan kemana apakah harus dengan niche market atau dengan keyword research terlebih dahulu tergantung strategi yang kita gunakan. Biasanya untuk pemula yang sudah terdaftar google adsence pasti akan bingung, karena pada dasarnya mereka belum punya strategi yang jelas untuk memanfaatkan google adsence sebagai lahan bisnis online mereka. Dan pada akhirnya jalan singkat banyak di tempuh seperti menggunakan Auto Blog, Auto Generated Content dan metode Black Hat lainnya. Tidak jarang akun google adsence mereka kena banned ataupun bisa juga google adsence ad serving has disabled to your site.

Namun pada dasarnya masalah ini bisa diselesaikan bila kita mengikuti aturan privacy policy dari google adsense. Kasus yang sering terjadi adalah google adsence ad serving has disabled to your site karena memang ada beberapa konten website kita hasil copy paste ataupun menaruh link yang mengarahkan ke hak cipta di mana Google sebagai penyedia produk google adsence sangat antipati masalah ini, tidak jarang mereka kirim email ke publisher masalah ini. Filosofinya tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan tergantung bagaimana kita menyikapinya dan mengatasinya.

Asian Brain tempat belajar bisnis online

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penghasilan dari internet ini, sejatinya menengok Asian Brain. Kesuksesan bisnis online Asian Brain, membuatnya jadi Pusat Pembelajaran Internet Marketing pertama di Indonesia. Jumlah member Asian Brain IMC yang mencapai 6000 orang, menunjukkan Asian Brain sebagai tempat yang tepat untuk belajar bisnis online.

Belajar bisnis online dan internet marketing di AsianBrain.com saat ini harganya Rp245.000; per bulan (untuk 6 bulan pertama), lalu Rp 149.000 per bulan untuk bulan ke-7 dan seterusnya. Tak hanya itu, kini AsianBrain.com memberikan kesempatan untuk belajar GRATIS selama 1 bulan penuh!

Di Asian Brain kita akan mendapatkan pelajaran tentang Internet Marketing yang Sangat Berbobot. Asian Brain adalah tempat belajar Internet Marketing paling luar biasa di Indonesia. Paling lengkap, paling advanced, paling update.

Asian Brain merupakan pelopor pembelajaran Internet Marketing pertama dan terbaik di Indonesia. Kehadirannya bertujuan membantu terciptanya revolusi e-bisnis di Indonesia. Sekolah bisnis online terkemuka ini juga ingin mencetak ribuan pemasar online profesional yang siap bersaing dengan pemasar online dunia. Anda bisa menjadi salah satu yang terdepan dengan menguasai ilmu internet marketing dengan mendaftar di Asian Brain dan menjadi member di sini.

Meski program AdSence memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense. Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:

  • Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
  • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
  • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
  • Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  • Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSence dengan Kata Kunci tertentu
  • Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  • Kode unit iklan AdSence harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSence dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

Speak Your Mind

*