Belajar Dunia Balita Melalui Majalah Ayah Bunda

Ilustrasi ayah bundaMenjadi seorang Ayah Bunda merupakan anugerah terindah yang Tuhan berikan. Kita dipercaya untuk memelihara dan membesarkan seorang anak. Kita patut mensyukurinya dengan cara memberikan kasih sayang yang tulus untuk sang buah hati.

Setiap orangtua menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Dengan segenap daya dan upaya, mereka mengerahkan seluruh kasih sayangnya untuk kebahagiaan sang anak.

Bagi para orangtua yang telah berpengalaman, tentu sudah sangat terbiasa mengasuh dan mendidik anak. Namun, bagi orangtua baru atau pasangan keluarga muda, tentu kita membutuhkan kiat-kiat khusus menyambut kedatangan sang buah hati.

Namanya saja pasangan muda, sudah pasti kita masih dibingungkan dengan urusan seputar kehamilan, kelahiran, menyusui, dan sebagainya. Pengalaman mereka menjadi sepasang Ayah Bunda juga masih tergolong muda yang artinya baru. Orangtua baru ini pastinya membutuhkan guide untuk memandu mereka.

Petunjuk atau guide menjadi orangtua baru bisa didapatkan dari manapun. Yang terdekat adalah dari berbagi pengalaman dengan orangtua Anda. Perhatikan masukan-masukan serta nasihatnya, karena bagaimanapun, orangtua Anda sudah lebih dulu merasakan memiliki bayi. Anda bisa sampai sebesar sekarang ini, tentunya atas andil dari kedua orangtua, bukan?

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan petunjuk atau guide dari buku-buku parenting atau majalah-majalah tentang dunia balita. Salah satunya Majalah Ayah Bunda. Informasi yang berkenaan dengan hal ini pasti sangat Anda butuhkan. Rajin-rajin membaca akan membuat Anda menjadi orangtua baru yang terampil.

Petunjuk atau guide dari orangtua dan informasi yang ada di majalah atau buku parenting bisa menjadi perpaduan yang sempurna. Ilmu yang tidak didapat dari orangtua, bisa Anda temukan di majalah, begitupun sebaliknya. Terutama jika hal tersebut berkaitan dengan kebudayaan yang sifatnya adat dalam mengurus balita.

Biasanya, hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan tersebut bersifat tidak tertulis. Peraturan itu umumnya juga berbeda untuk setiap orangtua. Benar-benar bergantung pada kepercayaan, dan cenderung bersifat “tidak boleh dilanggar”.

Tapi, orangtua Anda juga tidak selalu serta-merta siap sedia kapan pun, bukan? Bagaimana pun fisiknya yang sudah mulai tua, harus membutuhkan lebih banyak istirahat. Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cucunya pasti membuatnya senang, tapi, ada baiknya jika Anda mulai mandiri, dan jangan tanyakan hal-hal sepele yang sesungguhnya bisa Anda temukan sendiri jawabannya.

Oleh karena itu, banyak-banyak membaca buku atau majalah tentang orangtua dan balita, sangat membantu. Jadilah orangtua inisiatif yang cerdas.

Majalah Ayah Bunda dan Cara Praktis Menghadapi Permasalahan Balita

Perkembangan balitanya menjadi perhatian khusus bagi setiap orangtua. Mulai dari permasalahan kesehatan hingga perkembangan mentalnya. Mulai melangkahkan kaki sendiri sebagai ayah dan bunda pasti menawarkan dua sensasi, deg-degan, takut sekaligus bahagia. Anda harus siap menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi pada balita Anda.

Modal yang harus disiapkan adalah pengetahuan tentang hal-hal tersebut. Banyak baca, banyak tahu. Itu benar. Ketika Anda rajin membaca banyak buku atau majalah, ini bukan lagi masalah buat Anda.

Tahukah Anda bila anak-anak, bila tidak dilatih sejak dini, akan sulit beradaptasi dengan lingkungannya? Orangtua harus bisa memahami itu. Kita tidak mau kan, dia menjadi anak yang membangkang dan sulit diatur? Informasi berkenaan dengan hal ini juga bisa Anda dapat di buku-buku.

Agar hal itu tidak terjadi, sejak awal kita sudah harus prepare segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangannya. Salah satu yang dapat kita lakukan adalah mencari informasi yang dapat menunjang perkembangan anak.

Saat ini, banyak sekali, entah itu buku, majalah, tabloid, film, yang materinya seputar pertumbuhan dan perkembangan anak. Majalah Ayah Bunda sebagai salah satu majalah parenting benar-benar fokus mengangkat informasi tentang balita beserta permasalahannya.

Majalah Ayah Bunda memuat berbagai informasi seputar orangtua, bayi, anak, dan keluarga, berikut berbagai permasalahannya. Dalam majalah tersebut, terdapat berbagai kiat praktis yang dapat dengan mudah kita terapkan pada buah hati.

Misalnya, cara mengajak anak untuk tidak pipis sembarangan; cara menyapih; daftar belanja kebutuhan anak; bahkan, sampai permasalahan keuangan. Jadi, praktis dalam satu media.

Hal-hal yang berkaitan dengan dunia balita, dari yang sifatnya sepele, hingga berat, dibahasa secara tuntas dan berkelanjutan di majalah ini. Sungguh sebuah sarana edukasi sekaligus hiburan yang pas bagi Anda, bukan? Selain sebagai informasi yang lengkap, membaca majalah ini bisa menjadi hiburan bagi Anda di tengah kepenatan aktivitas.

Berikut ini adalah beberapa contoh informasi yang bisa Anda dapatkan ketika membaca Majalah Ayah Bunda.

Tips Memahami “Gaya Bicara” Bayi dalam Majalah Ayah Bunda

Bayi ibarat selembar kertas yang masih bersih. Tangisannya mungkin berarti, “Ayah Bunda, aku datang?”. Setelah beberapa waktu, saat dia lapar, mau pipis, kepanasan, kedinginan, sakit, ngantuk semua diungkapkan dalam wujud tangisan.

Anda yang sudah lelah seharian mengurusi bayi, terpaksa bangun tengah malam karena tangisan bayi pasti cukup kesulitan untuk menerjemahkan tangisan tersebut. Inginnya marah dan bisa berlanjut pada baby blues syndrome. Ini tentu sangat berbahaya.

Hal yang perlu Anda tahu adalah, menangis merupakan salah satu bahasa balita. Selain menangis, balita memiliki bahasa-bahasa lain. Untuk itu, Anda sepertinya memerlukan informasi yang berkenaan dengan hal ini.

Berikut beberapa tahap gaya bicara yang dialami oleh bayi:

1. Usia 0-2 Bulan – Menangis

Pada masa ini, bayi mengungkapkan apa yang diinginkannya dengan menangis. Sama seperti musik, tangisan bayi pun punya nada dan irama, sesuai dengan pesan yang akan disampaikan. Oleh karena itu, ajak dia ngobrol. Tatap wajahnya dan balas tangisannya dengan kontak mata. Dengan bahasa mata, bayi merasa Anda memahami keinginannya.

Informasi semacam ini, pasti menjadi salah satu topik pada Majalah Ayah Bunda. Tentu saja, karena hal ini adalah hal yang paling dasar, pengetahuan dasar yang wajib diketahui oleh semua orangtua berstatus baru.

2. Usia 3-6 Bulan – Bergumam

Pada usia ini bayi mulai ingin ngobrol dengan orang lain. Dia sangat senang mendengarkan orang lain mengobrol. Dia akan menyimak dan sesekali menyahut dengan bergumam, “Eh..ah..uh..oh..”, “Ee…aa..uu..oo..”, juga “mm..pp..bb..”.

Anda bisa menstimulinya dengan bernyanyi di dekat dia, mengucapkan kata-kata bermakna. Ajak bayi Anda menjulurkan lidah dan melontarkan selalu pertanyaan seperti “Dedek haus ya..?” dan biarkan dia menjawab dengan gumamannya.

Tahapan-tahapan perkembangan bahasa balita menjadi informasi yang penting. Perhatikan, karena dengan demikian, Anda tahu betul perkembangan balita Anda.

3. Usia 6-12 Bulan – Mengoceh

Dari ucapan “Ma..ma..” yang membuat Anda terkesima, sampai celotehan “gaga..baba..papa..”. Menginjak usia 11 bulan, bayi sedikit demi sedikit mencoba bicara sepatah kata yang sarat makna, misalnya “mam..mam..mam..”, sambil menunjuk makanan yang Anda pegang.

Anda bisa ikuti celotehnya dan ucapkan kata yang benar. Biasakan bicara di depan wajah si kecil, mengucapkan kata atau kalimat tidak terburu-buru, dan ajak si kecil bermain “cilukba”. Ini merupakan “petunjuk” sederhana yang pasti juga ada di dalam Majalah Ayah Bunda.

4. Usia 12-18 Bulan – Bicara Sederhana

Di usia ini si kecil sudah bisa mengucapkan dua atau tiga kata, misalnya “mau kue”, “mau mimik”, ucapannya semakin utuh. Jika dulu “dah” kini menjadi “sudah”. Dia juga sudah paham dengan objek yang Anda bicarakan.

Yang Anda lakukan bisa mengenalkan pada berbagai macam suara, mengenalkan kata-kata yang bermakna. Ajak si kecil menunjuk warna atau benda. Selain itu, Anda bisa juga membacakan buku cerita. Lalu, biarkan dia membacakan cerita itu lagi kepada Anda.

Memelajari tahapan-tahapan bahasa pada balita merupakan sedikit contoh informasi yang bisa Anda dapatkan di majalah-majalah parenting seperti Majalah Ayah Bunda. Luangkan waktu Anda untuk sedikit mengetahui informasi berguna ini. Selamat membaca!

Speak Your Mind

*