Belajar Menulis dari Sekolah Menulis Online

Sekolah menulis online makin marak di dunia maya. Sejauh ini ada puluhan bahkan mungkin ratusan sekolah menulis di dunia maya ini. Mereka secara masif menawarkan jasa untuk memberikan pelatihan kepenulisan secara online dengan pertemuan tatap muka minimal. Berbagai program dirancang untuk disukai dan dipilih oleh calon klien. Tidak sedikit yang tertarik bahkan dengan cara membayar beberapa ratus rupiah. Menjadi penulis itu dianggap cukup keren dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.

Tren Sekolah Menulis Secara Online

Sekolah menulis secara online memang sedang  tren. Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut terjadi. Pertama, masih banyak masyarakat kita yang belum pandai menulis atau menuangkan gagasannya ke dalam bentuk tulisan. Harus diakui bahwa bangsa kita memiliki tradisi literasi yang lemah dibandingkan dengan tradisi bicara. Menulis dianggap sesuatu yang sangat menyengsarakan. Walaupun mungkin budaya menulis sms atau email kian marak, ternyata kalau sudah memasuki wilayah menulis dengan serius, masih banyak orang yang belum tahu.

Dalam bahasa apapun ternyata belajar menulis ini tetap saja ada peminatnya. Bahkan The Jakarta Post, salah satu koran berbahasa Inggris tertua di Indonesia memberikan kursus menulis dengan biaya yang cukup tinggi. Nyatanya kursus menulis itu tetap saja ada yang bersedia mengikutinya. Sudah ada kesadaran yang cukup bagus di tengah masyarakat bahwa menulis yang bagus ini memang butuh dipelajari. Bahkan ada beberapa orang yang secara serius berguru kepada penulis profesional.

Para penulis yang telah menerbitkan banyak buku juga tetap ingin belajar sehingga mereka mengikuti beberapa grup kumpulan para penulis yang bersedia memberikan ilmunya secara gratis. Penulispro misalnya. Situs ini memberikan beberapa tips dan teknik menulis yang baik. Tulisan itu tidak semata tentang fiksi. Tulisan non fiksi pun ada di situs yang digawangi oleh Isa Jatinegara ini. Pengasuh situs ini benar-benar peduli dengan dunia tulis-menulis.

Yang kedua mengapa sekolah menulis di dunia maya ini naik daun karena belajarnya tak memerlukan banyak waktu. Berbeda dengan jenis pelatihan kepenulisan secara konvensional yang     tentunya memerlukan banyak waktu tatap muka. Belajar menulis secara online bisa dilakukan di mana saja sehingga waktunya lebih efisien dan fleksibel. Kesibukan orang memang berbeda-beda. Ada yang tetap semangat belajar walaupun didera kesibukan yang luar biasa. Bagi mereka belajar itu sesuatu yang harus dilakukan. Otak serasa beku kalau tidak dipakai.

Ketiga, terbebas dari “rasa malu” karena tak bisa menulis.  Dengan belajar menulis secara online, murid-murid yang lain, yang bisa jadi teman sejawat, pacar, atau mertua tidak mengetahui bahwa Anda juga ternyata tidak bisa menulis. Paling tidak dengan berguru menulis secara online ranah privasi Anda—jika Anda anggap demikian—masih terjaga.

Memilih Sekolah Menulis Secara Online yang Tepat

Meski  banyak manfaat belajar menulis secara online, sebaiknya Anda jangan terburu nafsu untuk secepatnya masuk sekolah menulis secara online. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda  mendaftar menjadi murid salah satu sekolah online. Apalagi kalau harus membayar dengan angka yang cukup tinggi. Jangan langsung percaya kalau tidak ada rekomendasi dari seseorang yang dikenal baik. Bila perlu, carilah informasi secara saksama.

Bagaimanapun dunia maya itu bukan dunia nyata. Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat penting. Perhatikan secara teliti sekolah online yang akan Anda masuki. Jangan sampai Anda gegabah dalam menjatuhkan pilihan sehingga yang terjadi hanya kerugian baik waktu maupun materi yang Anda alami. Laiknya bisnis online lain yang menawarkan berbagai fasilitas, kemudahan dan keuntungan, sekolah seperti ini pun banyak pula yang harus Anda cermati dan pertimbangkan.

Jangan terburu nafsu untuk segera mendaftar menjadi murid hanya karena iming-iming berbagai keuntungan yang kadang menggiurkan. Namun ternyata hasilnya tidak sebanding dengan promosi awal. Tetap waspada dan tetap menegakan radar agar tidak menjadi salah satu korban. Sebelumnya, pikirkan apa yang memang dibutuhkan. Untuk apa bisa menulis dengan baik. Kalau tidak ada manfaat yang bisa didapatkan dari menulis untuk apa belajar menulis.

Telusuri dan tanyakan secara langsung kepada orang atau teman yang telah menjadi murid di sekolah menulis secara online. Hal ini  untuk lebih meyakinkan Anda bahwa sekolah tersebut benar-benar berkualitas atau tidak. Pertimbangkan manfaat yang benar-benar akan Anda dapatkan jika masuk menjadi murid di sekolah tersebut. Anda pasti tak menginginkan berinvestasi tanpa mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

Tips Memilih Sekolah Online
Setelah Anda memastikan untuk belajar menulis di sekolah online ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.  Pertama, pilih sekolah online yang Anda inginkan. Sesuaikan dengan kondisi keuangan, manfaat yang akan diperoleh, dan tingkat kepercayaan Anda kepada insitusi menulis online tersebut.

Kedua, untuk memiminimalkan budget yang harus dikeluarkan untuk membiayai sekolah tersebut, sebaiknya Anda mengambil program belajar yang singkat dengan biaya murah. Usahakan agar berbagai materi dalam program tersebut Anda serap maksimal. Sehingga selanjutnya Anda tidak perlu memperpanjang masa belajar. Cukup dengan mengembangkan trik dan teknis menulis. Karena menulis ibarat berenang, jika hanya berteori jangan harap Anda bisa menulis. Untuk bisa menulis, ya Anda harus menulis.

Ketiga, pilih sekolah online yang juga memberikan intensif, misalnya dengan menjadi reseller dari produk yang dijual sekolah online tersebut. Lumayan untuk mengganti biaya yang Anda keluarkan ketika mendaftar menjadi murid sekolah online tersebut.

Menulis Itu Ketrampilan

Kemampuan menulis itu adalah sesuatu yang akan membuat orang merasa mempunyai suatu ketrampilan dan bukan hanya sekedar bakat. Kalau mengandalkan bakat tanpa ada pengetahuan, maka tulisan tidak akan bagus. Tulisan yang bagus itu adalah campuran dari pengalaman, pengetahuan secara langsung maupun tidak langsung, bakat, dan latihan yang dilakukan secara tekun. Siapa pun seharusnya mempunyai ketrampilan ini.

Seorang pemimpin sekelas Obama, Hillary Clinton, masih mempunyai waktu untuk menulis. Seorang Warren Buffet pun sempat menulis. Tidak ada kata tidak ada waktu untuk menulis. Menulis itu adalah satu renungan yang harus dipertanggungjawabkan. Ketika seorang pemimpin mampu membuat renungan itu, ia akan berusaha mempertanggungjawabkan semua hasil tulisannya. Menulis itu meletakkan sebuah konsep.

Kalau pemimpin bisa menulis, konsep berpikirnya bisa terlihat. Dengan cara yang terkonsep itu lalu orang bisa menilai kecerdasannya, pengalamannya, pengetahuannya, pandangan ke depannya, visi dan misinya.  Tidak ada orang yang bisa menulis kalau ia tidak mempunyai pengalaman, pengetahuan, visi dan misi yang jelas. Tulisannya tentu saja menjadi tidak enak dibaca karena tidak terstruktur dengan baik. Pemimpin yang bisa menulis, tentunya akan mengurangi anggaran untuk membuat pidato.

Perlu diketahui bahwa pada era kepemimpinan Megawati, teks pidato itu ada anggarannya. Begitu juga dengan era gubernur Foke dari DKI Jakarta, ada 1,5 miliar untuk pembuatan teks pidato. Untuk apa uang sebanyak itu. Untungnya Jokowi tidak memerlukan teks pidato. Ia hanya menyampaikan apa yang harus disampaikan sehingga tidak harus seperti membaca pidato dengan kata-kata berbunga-bunga namun tak ada hasilnya.

Pemimpin yang bisa menulis, akan dengan mudah menyampaikan pemikirannya. Hal ini karena ia biasa membuat konsep. Suatu partai politik yang hanya memikirkan bagaimana memenangkan pemilu, seharusnya tidak perlu dipilih. Partai yang berhak dipilih adalah partai yang mempersiapkan agenda bagaimana membangun bangsa dengan lebih baik. Partai yang berlomba menampilkan program yang terbaiklah yang seharusnya menang. Rakyat harus diberi pendidikan politik seperti ini.

Dari mana partai bisa mendidik para kadernya? Mulai dari memberikan ketrampilan menulis. Para penulis itu akan berusaha berdiskusi dengan orang-orang yang dipandangnya bisa memberikan energi positif agar pemikirannya dan otaknya tidak tercemar oleh informasi yang tidak baik. Dengan memberikan cara menulis yang baik, para calon pemimpin bangsa ini akan mengetahui bagaimana meramu kata-kata yang baik yang tidak akan menyakiti orang lain.

Pelatihan menulis ini tidak akan memakan dana yang besar namun bisa mencetak orang-orang hebat nantinya. Bangsa ini membutuhkan orang-orang yang bisa memimpin yang benar dan tidak haus harta. Semoga dengan langkah kecil ini, suatu saat bangsa ini akan lebih maju.

Harapannya semoga Anda bisa mengimplementasikan langkah-langkah yang telah disebutkan tersebut sehingga Anda bisa menulis dengan biaya yang minimal.

Speak Your Mind

*