Belanja Pakaian Murah di Bandung

Ilustrasi belanja pakaianMengapa kita harus belanja pakaian? Pakaian atau busana merupakan salah satu kebutuhan pokok (primer) dalam kehidupan, selain makanan dan minuman sebagai sumber energi. Selayaknya kebutuhan akan tempat tinggal, manusia memerlukan pakaian untuk menutupi sebagian dan atau seluruh tubuhnya. Oleh sebab itu, belanja pakaian tak bisa begitu saja dilupakan.

Bagi manusia, belanja pakaian adalah penting. Manusia mampu menunjukkan siapa dirinya, apa pekerjaannya, bagaimana status sosialnya, dan seperti apa karakternya berdasarkan apa yang ia pakai. Pakaian bahkan dapat dikatakan lebih penting daripada makanan. Tidak makan manusia tidak lantas mati begitu saja, tetapi tidak berpakaian manusia tidak dapat berinteraksi dan berusaha untuk mencari makan.

Belanja Pakaian Murah Meriah

Dalam hal kebutuhan akan pakaian, perempuan dan laki-laki sama saja. Tua, muda, anak-anak, bahkan bayi sekali pun butuh pakaian. Perbedaannya hanya berdasarkan jumlah, model, dan kualitas. Setiap orang menghabiskan dana untuk belanja pakaian dengan kualitas dan jumlah yang tidak sama bergantung kebutuhan dan status sosial masyarakat itu sendiri.

Semua ini karena trend berpakaian yang selalu berubah-ubah sesuai masanya sehingga memungkinkan setiap orang untuk belanja pakaian yang tidak lagi bergantung kelas. Setiap trend fashion selalu menyediakan barang dengan harga bervariasi, mulai harga murah hingga yang paling mahal sekali pun.

Kecenderungan yang paling nyata adalah bagaimana gaya dan kenyamanan ditentukan dari barang yang dipakai. Setiap orang berhak menciptakan gaya sendiri dalam berpakaian. Ada beberapa kalangan yang berpikir bahwa gaya itu mengikuti trend, namun ada pula yang beranggapan bahwa gaya adalah nyaman dan percaya diri dengan apa yang dikenakan.

Untuk tampil gaya, seseorang tidak perlu melulu mengeluarkan biaya tinggi untuk sekadar belanja pakaian. Gaya bukanlah soal harga, melainkan rasa. Untuk itu, buat apa mengeluarkan biaya tinggi untuk belanja pakaian dan terlihat gaya sementara kita tak merasakan “rasa” itu.

Belanja Pakaian di Bandung

Kota Bandung memang terkenal sebagai Paris van Java atau Paris dari Jawa. Seperti kita ketahui bahwa Paris adalah kiblat mode dunia. Jadi, tidak salah kiranya jika kota Bandung disejajarkan dengan Paris di tataran Jawa jika dilihat dari perkembangan mode busana.

Sebagai kota mode, Bandung menyediakan pakaian dengan model apapun. Kita bisa belanja pakaian mulai dari yang unik, glamour, trendy, santai, dan yang pasti murah di kota Bandung. Bagi penyuka barang dengan harga tinggi, jangan khawatir di Bandung juga tersedia tempat-tempat belanja pakaian ‘khusus’. Namun, harga murah selalu jadi pilihan yang menggiurkan.

Bagi para pendatang, Cihampelas selalu menjadi tempat belanja pakaian yang tidak boleh dilewatkan. Setiap akhir pekan, sepanjang jalan Cihampelas selalu dipadati pengunjung luar kota. Di sepanjang jalan Cihampelas, terdapat beberapa toko tempat belanja pakaian. Toko-toko tersebut menjual atasan maupun bawahan berupa celana jeans murah dengan kualitas FO. Selain barang-barang yang dijual di emperan, di sepanjang jalan Cihampelas pun banyak ditemui tempat belanja pakaian berupa distro.

Tempat kedua yang sering dikunjungi para shopaholic untuk belanja pakaian adalah Pasar Baru yang terletak di dekat alun-alun Bandung. Di tempat belanja pakaian ini tersedia berbagai bentuk dan model pakaian murah yang bisa Anda dapatkan. Dana yang dihabiskan untuk belanja pakaian di tempat ini bergantung pada kemampuan menawar Anda.

Tempat belanja pakaian Pasar Baru ini menerima pembelian pakaian secara grosir maupun eceran. Namun, tentu saja harga grosir dan eceran tidak akan sama. Jika Anda menginginkan harga lebih murah, maka belanja pakaiannya harus secara grosir.

Bagi para penggila jeans, tidak jauh dari Pasar Baru terdapat pusat belanja kain yang mayoritas bahan jeans. Setelah membeli bahan, kita tidak perlu repot-repot mencari penjahit karena di Tamim ini terdapat para penjahit yang siap melayani Anda.

Anda tinggal menentukan model celana yang diinginkan, mereka langsung mengerjakan pesanan Anda. Waktu pengerjaannya pun tidak lama seperti para penjahit umumnya. Jika tidak terlalu banyak pelanggan, jeans yang Anda pesan pun bisa selesai di hari yang sama.

Sambil menunggu barang selesai dijahit, para wanita bisa memanjakan mata dengan belanja pakaian di Kings. Di sini, Anda bisa belanja pakaian dengan mode terbaru. Selain menyediakan berbagai mode pakaian, Kings juga selalu menyediakan model pakaian terupdate setiap minggunya.

Anda yang menyenangi belanja pakaian dengan sensasi lain, bisa mendatangi pusat belanja Paberik Badjoe yang terletak di jalan Soekarno Hatta, berhadapan dengan Carrefour Kiara Condong. Paberik Badjoe menyediakan barang kualitas ekspor dengan harga lokal. Baju-baju dan celana yang dijual di tempat ini rata-rata bermerk luar, namun produksi dalam negeri.

Sesuai namanya, Paberik Badjoe adalah tempat belanja pakaian yang menyatu dengan tempat produksi pakaian (pabrik)nya. Pabrik tempat memproduksi pakaiannya berada tepat di belakang tokonya, sehingga tidak heran jika harganya miring.

Dekorasi ruangan di tempat belanja pakaian ini sangatlah unik. Di dindingnya terdapat foto-foto yang menceritakan sejarah Bandung zaman dulu. Sebuah mobil antik yang disulap menjadi tempat pajangan pakaian menghadirkan suasana berbelanja yang unik.

Bagi para suami yang lelah menemani istrinya berbelanja, tempat inbelanja pakaian ini menyediakan semacam warung kopi modern yang menyediakan pula beberapa menu makanan. Di sini terdapat pula arena bermain bagi anak-anak.

Anda yang menyenangi barang-barang, termasuk pakaian unik dan etnik, jangan lewatkan untuk berbelanja pakaian ke pusat perbelanjaan barang-barang bekas di Cimol, Gede Bage. Di sini tersedia berbagai macam barang yang unik. Namun, kita harus bersabar untuk memilih barang-barang yang benar-benar kita inginkan.

Jika ingin mendapatkan harga murah, sebaiknya berpakaian yang tidak mencolok. Jangan memperlihatkan bahwa Anda pendatang. Selain itu, untuk bisa belanja pakaian dengan biaya minim, di pusat baju bekas ini Anda harus benar-benar piawai dalam menawar.

Ya, di tempat belanja pakaian ini, kemampuan tawar-menawar kita harus benar-benar dilatih. Jangan takut menawar dengan harga semurah-murahnya, selama itu masuk akal. Jika Anda ingin mendapatkan barang dengan kualitas bagus, datanglah pada hari Kamis, karena hari itu adalah waktunya barang baru datang.. Dan jika ingin berbelanja dengan lebih murah lagi datanglah menjelang magrib karena biasanya para penjual melakukan obral besar-besaran.

Bahkan, ada barang yang hanya dijual dengan harga Rp1.000,00,- Asalkan kita pandai memilih, belanja di sini mengasyikan dan menguntungkan. Meskipun barang-barang di tempat ini bekas, kualitasnya tidak kalah bagus. Itulah beberapa tempat belanja pakaian murah yang bisa Anda datangi jika berkunjung ke kota Bandung. Nikmati suasana liburan Anda dengan berbelanja murah dan hemat.

Kiat Belanja Pakaian yang Efektif

Urusan belanja pakaian memang bidangnya kaum hawa, namun bukan berarti kaum hawa benar-benar ahli dalam membelanjakan uangnya dalam hal pakaian. Jika berbelanja pakaian untuk diri sendiri mungkin tidak menemukan hal yang berarti, tetapi bila belanja pakaian untuk kebutuhan keluarga ini memerlukan kiat khusus.

Setiap orang tentu memiliki kebijakan khusus dalam mengatur pengeluaran untuk pakaian, terutama untuk keluarga tercinta. Kebutuhan sandang kita dengan kebutuhan sandang anak-anak tentu berbeda. Dalam soal harga apalagi, kita tahu bahwa harga pakaian anak-anak tidaklah murah, bahkan untuk merek tertentu harganya bahkan lebih mahal dari pakaian orang dewasa.

Sebagai pengelola keuangan keluarga Anda tentu harus bijaksana dalam urusan pemenuhan kebutuhan sandang yang satu ini. Hal utama yang harus mendapat perhatian adalah, jangan terlalu fokus pada kebutuhan pakaian saja, karena kebutuhan sandang yang lainnya juga perlu Anda perhatikan, seperti sepatu atau rekreasi. Memang apa susahnya belanja pakaian, tetapi jika semua anggota keluarga saat yang bersamaan memerlukan pakaian tambahan sementara kondisi belum memungkinkan, itu tentu akan membuat pusing. Nah, Anda bisa mengikuti kiat berikut ini:

  • Biasakan menyediakan dana simpanan untuk kebutuhan sandang, seperti pakaian, sepatu, tas sekolah anak-anak, perlengkapan mandi, pakaian tidur dan sebagainya. Jika Anda sudah menyiapkannya jauh-jauh hari, Anda tidak bingung lagi jika suatu saat akan membeli pakaian.
  • Jika Anda memiliki anak lebih dari satu dan berjenis kelamin yang sama, misalnya anak Anda laki-laki semua atau perempuan semua, tidak ada salahnya jika si adik menggunakan pakaian si kakak yang masih bagus, jadi tidak boros.
  • Tanamkan dalam diri anak jika pakaian bukanlah kebutuhan yang sangat mendesak, beri tenggang waktu berapa bulan sekali harus membeli pakaian. Ada baiknya juga Anda memberikan pengertian pakaian tidak harus selalu mahal dan bermerek, tetapi harus melihat kualitas dan kenyamanannya.
  • Tahan diri dulu jika melihat ada pakaian keluaran terbaru, dan jangan langsung terburu-buru untuk membelinya. Mungkin saja di tempat lain pakaian yang sama dipatok lebih murah dari yang pertama Anda lihat dengan kualitas yang hampir sama.

Speak Your Mind

*