Bendera Argentina: Langit, Awan, dan Matahari

Ilustrasi bendera argentinaNama Argentina sangat identik dengan sepakbola. Ya, negara ini memang pencetak bintang-bintang sepakbola yang mendunia, misalnya Maradona. Argentina yang merupakan salah satu negara di wilayah Amerika Latin ini berada di antara Pegunungan Andes bagian Barat dan Samudera Atlantik bagian Selatan.

Argentina memiliki kawasan yang luas sehingga termasuk ke dalam sepuluh besar negara-negara terbesar di dunia. Ibu kotanya bernama Buenos Aires. Sebagaimana negara-negara merdeka pada umumnya, Argentina mempunyai pemerintahan, sejarah, dan atribut-atribut kenegaraan lainnya, seperti bendera nasional.

Bendera

Bendera nasional Argentinaberwarna biru muda dan putih dengan gambar “Matahari Bulan Mei” di bagian tengahnya. Warna biru muda dan putih dipilih oleh Manuel Belgrano, pemimpin revolusi Argentina saat melawan Spanyol. Belgrano pula yang pertama kali mengibarkan bendera ini pada 1812.

Lambang “Matahari Bulan Mei” kemudian ditambahkan pada 1818. Warna biru yang mengapit warna putih melambangkan langit bersih yang dibelah oleh awan, sebagai lambang pergerakan awal demonstrasi pembebasan di Buenos Aires pada 25 Mei 1810. Sementara, Matahari Bulan Mei diambil dari ukiran pada koin Argentina yang pertama. Untuk menghormati Manuel Belgrano, tanggal kematiannya, 20 Juni, ditetapkan sebagai Hari Bendera Argentina.

Bendera biru muda dan putih ini dinyatakan sebagai Bendera Nasional oleh Kongres Tucuman pada 20 Juli 1816, tak lama setelah deklarasi kemerdekaan. Pada masa pemerintahan Presiden Roberto Ortiz, hari Bendera Argentina dijadikan hari libur nasional. Kemudian, pada 1957, didirikan National Flag Memorial, sebuah kompleks monumental seluas 10.000 meter persegi di Rosario untuk mengenang peristiwa pembuatan bendera.

Kembali pada pemilihan warna. Banyak orang yang meyakini bahwa semuanya merupakan simbolisasi dari langit, awan, dan matahari. Namun, para ahli sejarah tidak begitu setuju dengan pendapat itu.

Mereka memiliki teori bahwa warna-warna dan simbol tersebut merupakan wujud ketaatan kepada Bunda Maria, atau kesetiaan terhadap House of Bourbon. Bunda Maria biasa direpresentasikan sebagai wanita yang mengenakan gaun putih dengan selembar kain biru yang melambai ringan. Ia dianggap sebagai patron bagi Konsulat Perdagangan di Buenos Aires yang dikepalai oleh Manuel Belgrano.

Interpretasi lainnya mengarah kepada warna-warna khas House of Bourbon (Dinasti Bourbon). Sejak Revolusi Mei, Perang Kemerdekaan Argentina yang pertama disebut sebagai pembelaan untuk Raja Spanyol, Ferdinand VII, yang menjadi tawanan Napoleon Bonaparte pada masa Perang Peninsula.

Bagaimanapun sejarah mengenai pemilihan warna dan desain bendera nasional tersebut, masyarakat Argentina tetap menghargainya sebagai lambang kemerdekaan bangsa mereka. Beberapa musisi bahkan menciptakan lagu tema untuk menghormati Bendera Nasional Argentina. Di antaranya adalah lagu Sunrise (diciptakan oleh H.C. Quesada, L. Illica, H. Panizza), Aurora (H.C. Quesada, L. Illica, H. Panizza), Long Live Argentina (Leopoldo Corretjer), dan Salve Argentina (Leopoldo Corretjer).

Speak Your Mind

*