Berbagi Video dan Kumpulkan Uang di Youtobe

Daftar Isi

  1. Upload Video di Youtube
    • Sarana Memasarkan Produk
    • Berbagi Ilmu
    • Ketenaran
    • Mencari Penghasilan
  2. Format Video Yang Support
  3. Download Video dari Youtube
  4. Dampak Sosial Youtube
    • Dampak Di Dunia
    • Dampak Di Indonesia
  5. Fakta Tentang Youtube

Anda memiliki koleksi video pribadi yang unik dan kocak? Atau, mungkin Anda pernah merekam sebuah momen penting, misalnya detik-detik menjelang jebolnya sebuah tanggul yang mengakibatkan banjir besar?

Mengapa Anda Anda tidak meng-upload (unggah)-nya di YouTobe (YouTube)? Akhir-akhir ini, fenomena Youtobe sering diperbincangkan.

Youtube adalah situs yang memungkinkan kita bisa sharing (berbagi) video tentang apa pun pada seluruh dunia. Semua orang di berbagai belahan bumi akan menonton video Anda, dan memberi komentar.

Sejak didirikan oleh 3 orang mantan karyawan Pay Pal pada Februari 2005, YouTube telah menjadi situs populer dan dominan di dunia. Total durasi video yang di-upload ke YouTube setiap harinya mencapai sekitar 20 jam, dengan penonton mencapai 6 miliar setiap harinya.

Keuntungan Upload Video Di Youtube

Berbagai video bisa Anda peroleh di YouTube.

Dengan jumlah penonton sebanyak 6 miliar setiap harinya, tentu saja itu akan membawa banyak keuntungan bagi Anda. Lantas, apa saja keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan upload video di YouTube?

1. Sarana Memasarkan Produk

Jika seorang pengusaha, Anda bisa membuat video tentang produk barang atau jasa yang ditawarkan di-upload ke Youtobe. Dengan demikian, video tersebut akan menjadi sarana iklan yang memungkinkan calon konsumen lebih mengenal produk-produk Anda sebelum memutuskan untuk membeli.

2. Berbagi Ilmu

Jika Anda memiliki keahlian tertentu, misalnya piawai mengaplikasikan make-up pada wajah, Anda bisa membuat video tutorial tentang dasar-dasar menggunakan make-up dan dimasukkan ke Youtobe.

Video Anda pastinya akan menarik perhatian kalangan gadis yang baru beranjak dewasa dan ingin tampil cantik. Dan, semakin banyak video Anda ditonton di Youtobe, maka Anda akan semakin dikenal sebagai perias wajah profesional.

3. Ketenaran

Untuk menjadi terkenal, kini Anda tidak perlu menjadi artis. Anda bisa membuat video unik dan kocak, dan meng-uploadnya di YouTube. Semakin banyak orang yang menonton video Anda di YouTube, Anda akan semakin dikenal.

Banyak orang biasa yang kemudian menjadi artis dan terkenal dari YouTube. Sebut saja pasangan duet lipsync “Keong Racun” yang diperankan oleh Sinta dan Jojo. Fenomena keong racun itu mampu merebut perhatian jutaan orang di seluruh dunia, dan menempati ranking atas dalam daftar video YouTube yang paling banyak ditonton.

Bahkan, ulah konyol mereka saat menyanyikan lagu “Keong Racun” itu, mampu mengalahkan kepopuleran penyanyi aslinya. Bisa ditebak, banyak tawaran kepada mereka, mulai dari bermain sinetron, bintang iklan, sampai jadi penyanyi beneran.

4. Mencari Penghasilan

Mungkin alasan terakhir ini yang paling dicari oleh para pengguna YouTube. Siapa orang tidak ingin mendapatkan uang dari video yang mereka upload?

Nah, jika popularitas video dianggap cukup tinggi oleh manajemen YouTube, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk menjadi mitra YouTube. Artinya, pihak YouTube akan memasang iklan pada video Anda, dan Anda akan mendapatkan honor dari pemasangan iklan tersebut.

Akan tetapi, tentunya sebelum Anda bisa menjadi partner YouTube, video Anda harus memiliki trafik pengunjung yang tinggi.

Youtube – Format Video yang Support

Ketika Anda mencoba meng-upload video di YouTube, mungkin video Anda akan gagal ter-upload. Coba perhatikan format video yang Anda gunakan.

Berikut ini beberapa format video yang support untuk di-upload di YouTube:

Format Video
WebM files
MPEG4, 3GPP and MOV files
AVI (banyak kamera video menggunakan format ini)
MPEGPS
WMV
FLV

Keuntungan Mengunduh Video di Youtube

Fakta Youtube

  1. YouTube berdiri pada bulan Februari 2005 dan didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, serta Jawed Karim (mantan karyawan PayPal).
  2. Kantor pusat YouTube yang pertama berada di lantai atas restoran Pizza dan Restoran Jepang, San Mateo, California.
  3. Video yang berjudul Me at The Zoo adalah vidoe pertama yang diupload ke YouTube. Video ini merekam Jawed Karim yang sedang berada di kebun binatang San Diego. Sampai sekarang video ini masih dapat dilihat di Youtube.
  4. Delapan bulan setelah dirilis, tepatnya pada bulan Juli 2006, setiap hari tercatat 65.000 video baru diupload ke YouTube dengan 100 juta views.

Anda bisa menemukan video apa pun di Youtube. Anda tinggal mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian, dan segala jenis video yang berhubungan dengan kata kunci tersebut akan muncul.

Anda dapat menontonnya online, atau mengunduhnya secara gratis. Anda akan mendapatkan format video unduhan berupa flv, 3gp, ataupun mp4.

Akan tetapi, jangan harap Anda akan menemukan film-film porno atau video berbau SARA, karena semua video-video yang menyalahi etika akan diblokir.

Selain mendapatkan banyak video menarik, Anda juga bisa menambah penghasilan hanya dengan menonton video di YouTube.

Program ini dirilis oleh paid2youtube, di mana Anda bisa mengumpulkan uang dari nonton video youtube melalui 3 cara:

  • Menonton video
  • Member komentar pada video
  • Subscrive video

Anda akan mendapatkan pembayaran yang berbeda pada setiap aktivitas yang dipilih, yaitu sebesar $0.01 untuk menonton video dan $0.35 untuk subscribe.

Jadi, intinya YouTube akan memberikan keuntungan, baik bagi pengunggah atau pengunduh video. Berbagi video dan sekaligus mengumpulkan uang tentunya menjadi kombinasi yang menyenangkan. Itulah kenapa popularitas situs ini sangat tinggi dewasa ini.

Dampak Sosial Youtube

Berbagai video bisa Anda peroleh di YouTube.

Mulai dari koleksi lagu-lagu lama yang mungkin tidak akan Anda peroleh di toko kaset sekalipun, video-video yang kocak dan menghibur, video tutorial yang mengajari Anda melakukan sesuatu.

Berbagai info produk yang mungkin bermanfaat bagi Anda, dan Anda bahkan juga bisa mengunduh film secara gratis.

Sebelum YouTube diluncurkan pada 2005, ada beberapa metode sederhana yang dipakai oleh pengguna komputer untuk mengunggah video secara daring.

Dengan antarmuka yang cukup sederhana, YouTube memungkinkan setiap orang dengan koneksi internet dapat mengunggah video serta penonton dari seluruh belahan dunia bisa menyaksikannya hanya dalam beberapa menit.

Keragaman topik yang tersedia di YouTube menyebabkan beragam video menjadi aslah satu segmen penting dalam budaya berinternet.

1. Dampak Di Dunia

Dampak awal sosial YouTube di dunia yaitu suksenya video The Bus Uncle pada 2006.

Video tersebut memperlihatkan perdebatan antara anak muda dan orang tua di dalam bus di Hong Kong. Akhirnya, video yang ada di YouTube ini banyak diperbincangkan di berbagai media.

Video lainnya di YouTube yang juga mendapat banyak perhatian yaitu permainan Pachelbel’s Canon dengan memakai gitar listrik. Nama pemain gitar ini tidak disebutkan di dalam video. Setelah disaksikan oleh jutaan penonton, The New York Times berhasil mengetahui nama pemain gitar dalam video tersebut. yaitu bernama Lim Jeong-hyun dari Korea Selatan.

2. Dampak Di Indonesia

Dampak sosial YuoTube di Indonesia adalah hadirnya artis-artis dadakan, misalnya yang sudah sangat terkenal adalah Shinta-Jojo dengan lipsync lagu Keong Racun dan Briptu Norman dengan lipsync lagu Chaiyya Chaiyya.

Mereka semua menjadi terkenal karena keunikannya masing-masing. Briptu Norman bergaya dengan bergoyang mengikuti irama musik, Shinta-Jojo pun sama bergoyang dengan gayanya sendiri, unik, dan tidak dibuat-buat.

Speak Your Mind

*