Berkenalan dengan Joomla!

Ilustrasi Joomla  Joomla ! adalah salah satu web dari Content Management Sistem (CMS) yang ada di dunia internet. Ia dapat kita gunakan untuk pembuatan website sederhana, seperti web komunitas, toko online, hingga untuk website yang sangat kompleks.

Jadi Joomla  bisa dikatakan sebagai sistem manajemen konten bebas digunakan untuk membuat website. Joomla memungkinkan desainer web untuk membangun situs dengan menggabungkan modul, dan tidak memerlukan pengetahuan pemrograman untuk digunakan.

Joomla  memiliki  Kerangka ditulis dalam PHP, seperti modul yang digunakan untuk menyesuaikan situs web. Ada berbagai macam modul yang tersedia, termasuk RSS feed, polling, dan internasionalisasi bahasa, yang membuatnya mudah bagi pengguna Joomla untuk mempublikasikan konten ke web, bahkan dengan pengalaman desain web yang minimal. Joomla  juga dapat digunakan untuk mempublikasikan informasi pada intranet, membuatnya menjadi alat organisasi yang berguna.

Selain itu, pembuatan website Joomla! juga tidak membutuhkan waklu lama. Sehingga, waktu, tenaga dan pikiran kita tidak terkuras habis saat membuatnya. Dengan Joomla !, website yang kita buat akan tampak profesional.

Elemen Dasar Joomla !

Karena Joomla merupakan kode open source, siapapun dapat menulis modul dan ekstensi dari sistem, sehingga sangat mudah beradaptasi. Modul ini tersedia untuk di-download, biasanya melalui website pencipta mereka ‘.

Banyak web designer juga menciptakan Joomla elemen desain, yang disebut ‘tema’, yang kemudian membuat tersedia untuk di-download. Tidak semua Joomla tema bebas, bagaimanapun, dan banyak web designer akan membuat tema kustom untuk berbagai harga.

Saat artikel ini ditulis, versi terbaru Joomla ! adalah Joomla  1. 6 Beta 9. Kita dapat mendownloadnya di situs www.Joomla .org.  Joomla !, secara garis besar, terdiri dari 3 elemen dasar: script PHP, database MySQL, dan web server Apache.

Script PHP adalah kode program dalam bahasa PHP yang digunakan untuk membuat Joomla ! Database MySQL sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan content web dan web server yang digunakan untuk mendukung aplikasi PHP. Sedangkan Apache berperan sebagai server web dan MySQL untuk database-nya.

Joomla sering dibandingkan dengan Drupal, lain sistem manajemen konten sumber terbuka. Joomla sering digambarkan sebagai mudah digunakan, pada awalnya, tapi Drupal tampaknya lebih mudah beradaptasi jika pengguna mampu menangani masalah teknis. Salah satu fitur kunci Joomla adalah antarmuka grafis, yang memiliki kurang dari kurva belajar dari sistem menu Drupals.

Nama ‘Joomla ‘ adalah transliterasi dari kata Swahili yang berarti ‘bersama-sama’ atau ‘secara keseluruhan. ” Ia terpilih sebagai bagian dari proses re-branding untuk software awalnya dikembangkan sebagai bagian dari sistem manajemen konten Mambo.

Mambo adalah pusat interogasi kontroversi apa yang merupakan software open source, dan anggota yayasan dituduh mendanai proyek dituduh merencanakan usaha kapitalisasi. Tim pengembangan Mambo ini, pada gilirannya, meninggalkan proyek tersebut dan merilis versi pertama dari Joomla – dasarnya Mambo versi 4.5.2.3 – pada tahun 2005.

Selain template visual, Joomla  memiliki kemampuan untuk memperluas melalui modul dan pluggins yang memperluas kemampuan dari sistem. Beberapa ekstensi dapat cukup kuat. Mereka dapat foto pemain slide show atau beberapa bentuk manajemen user. Bahkan ada ekstensi untuk mengintegrasikan kartu kredit sistem pembayaran dan keranjang belanja ke Joomla .

Cross-menghubungkan website besar hari ini dan Joomla  akan membiarkan Anda mengikuti perubahan tersebut.

Fleksibilitas yang Joomla  telah sediakan untuk desain pun digadang gadang sebagai menakjubkan. Penulis bukan salah satu dari orang-orang yang vdesain tapi itu OK karena perangkat lunak memungkinkan penulis fokus kan pada konten dan artikel yang  dipublikasikan bukannya terus-menerus berurusan dengan masalah desain.

Salah satu pilihan yang Anda akan menemukan saat Anda penelitian Joomla  lebih adalah bahwa perusahaan telah mengembangkan desain template Joomla  yang spesifik yang dapat Anda tempatkan di atas desain standar.

Sering ada klub Joomla  template yang memungkinkan Anda untuk berlangganan kepada mereka dan mendapatkan terus menggunakan aliran konstan perubahan visual yang mereka berikan.

Jika Anda ingin mengubah tampilan sistem anda secara teratur maka penulis akan merekomendasikan berinvestasi dalam keanggotaan klub seperti ini.

Meskipun ada klaim kemudahan penggunaan yang ditawarka Joomla dan sistem manajemen konten lainnya dapat dihadirkan, ada proses pembelajaran yang sangat sulit terlibat dengan perangkat lunak jenis ini jika Anda tidak pernah bisa bekerja dengan mereka sebelumnya. Untungnya ada banyak video tutorial Joomla yang tersedia di internet untuk menyediakan cara belajar dengan bantuan visual untuk mendirikan dan mengelola sebuah website Joomla.

Kelebihan dan Kekurangan Joomla !

Cukup banyak kelebihan-kelebihan yang didapat dengan menggunakan Joomla ! Di antaranya:

1.    Bisa menambahkan paket extensions. Yaitu, paket aplikasi yang dapat di-install ke dalam Joomla ! Untuk menambah fungsinya. Jika dirujuk di portal Joomla ! sudah lebih dari 4300 lebih extensions yang sudah diupload, meski tidak semua bisa kita gunakan dengan gratis.

Diantaranya, bisa memiliki menu contact, membuat blog di dalam website yang digagas, bisa membuat forum di dalam website, dan lain sebagainya.

2.    Joomla ! memiliki komunitas yang banyak. ID-Joomla .com merupakan website tempat berkumpulnya pengguna Joomla ! yang berasal dari Indonesia. Fungsinya bisa saling tanya jawab, mengirim artikel, mencari teman dan berkomunikasi satu dengan lainnya.

3.    Karena memang sudah didesain khusus sebagai portal, maka Joomla ! cocok jadi web apa saja.

4.    Jomla! juga merupakan produk open source.

Di balik kelebihannya, Joomla ! juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya:

1.    Jika digunakan untuk SEO, masih kurang bagus. Meskipun sudah ada plug in SEOnya

2.    Jika memasang Video di dalam Joomla !, masih terasa lambat prosesnya.

3.    Masih sulitnya mengolaborasikan Blogspot dan WordPress sebagai domain Joomla!

Mendownload dan Menginstall Joomla !

Sebelum menginstall Joomla !, maka yang terlebih dahulu dilakukan adalah PHP. MSyQL, dan Apache. Kini ketiganya bisa dengan sekaligus dilakukan. Caranya dengan mendownloadnya di  www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html.

Jika sudah selesai di download, segera instal langsung. Cara menginstallnya juga mudah sekali, yaitu tinggal klik next. Bila ingin mengaplikasikannya, tinggal klik tombol start pada Appache dan MSyQL sehingga statusnya menjadi Running.

Untuk menginstall Joomla ! caranya:

1.    Kunjungi situs Joomla ! di www.Joomla .org

2.    Klik Download Joomla !

3.    Setelah itu extract filenya ke dalam suatu folder, kemudian folder tersebut Anda copykan ke program file  di c:/program files/xampp/htdocs/

4.    Kemudian, buka browser Anda, dan ketikkan http://localhost:80/Joomla  (sesuai dengan nama folder yang Anda tuliskan tadi). Dan jangan lupa untuk tetap mengaktifkan service dan mysqlnya.

5.    Setelah tampil pre-installtion check, maka Anda tinggal mengklik tombol Next yang muncul dalam langkah penginstallan

6.    Isi hostname dengan tulisan local host, username dengan root, password dikosongkan saja, databasename diisi sesuai keinginan Anda, baru klik Next.

7.    Pada halaman Configuration, isilah sitename dengan nama situs Anda, Your Email dengan email Anda, Admin Password dengan password Anda, pada Confirm Admin Password ketik ulang password Anda tadi. Kemudian pilihlah option Install Default Sample Data, dan klik tombol Install. Terakhir, klik Next

8.    Jika install Joomla ! telah selesai, maka Anda harus menghapus pada folder c:/program files/XAMPP/Htdocs/Joomla  (folder yang Anda buat tadi). Sekarang, telah selesai proses menginstall Joomla!

Sebagai pengembang Joomla memperjatikan kemajuan platform perangkat lunak, versi yang lebih baru akan keluar dengan fitur yang ditambahkan. Saya telah melalui proses upgrade dari beberapa versi, termasuk Joomla 1.5.6, Joomla, 1.5.7 dan sekarang versi terbaru dari Joomla 2.

 

Speak Your Mind

*