Berumrah Dengan Baik Dan Cermat

Ilustrasi Berumrah dengan BaikBisa melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci adalah impian setiap Muslim. Tentu, tidak akan ada hamba Allah yang menolak menikmati kesempatan beribadah di negeri para nabi tersebut.

Dengan melakukan umrah, Anda bisa menapaki jejak Rasulullah dan bersujud di hadapan Ka’bah secara langsung. Hal inilah yang menjadi sebuah kenikmatan tersendiri ketika kita melaksanakan umrah.

Sayangnya, kesempatan merasakan kenikmatan berumrah dengan baik ini tidak semua orang bisa mendapatkannya. Hal ini dikarenakan Arab Saudi tidak terletak di luar pintu rumah atau hanya berjarak seratus atau dua ratus kilometer dari tempat tinggal kita. Dengan jarak yang menghadang ini tentu diperlukan biaya yang tidak kecil untuk bisa melaksanakan panggilan Allah Swt ini.

Untuk pergi berumrah, seorang Muslim harus merogoh saku cukup dalam demi memperoleh tiket pulang-pergi ke dan dari Arab Saudi. Selain itu, para jamaah yang ingin pergi berumrah juga harus membuat paspor, mengajukan visa, membayar biaya akomodasi, fiskal, dan sebagainya yang tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Selain biaya, ada juga kesulitan-kesulitan lain yang juga bisa menjadi penyebab tidak semua umat muslim bisa merasakan kenikmatan umrah ini.

Pada umumnya, orang yang akan berumrah menggunakan jasa KBIH atau agen perjalanan untuk menyiapkan segala kebutuhan, seperti tiket, visa, fiskal, akomodasi, dan lain-lain. KBIH atau agen perjalanan juga akan memandu seluruh kegiatan ibadah Anda selama di Tanah Suci dengan menyediakan jasa bimbingan dan penunjuk jalan.

Dengan demikian, Anda tinggal mempersiapkan diri untuk berangkat ke Tanah Suci dan melaksanakan ibadah umrah supaya meraih keutamaan dan pahala dari Allah SWT. Supaya tujuan ibadah terpenuhi, penting bagi Anda untuk mencari dan memilih KBIH atau agen perjalanan yang baik, jujur, dan bisa mengakomodasi segala keperluan selama berada di Tanah Suci.

Salah memilih KBIH atau agen perjalanan bisa berdampak buruk untuk kesejahteraan diri Anda, sehingga dapat dipastikan hal tersebut akan mempengaruhi kelancaran dan kualitas ibadah. Apalagi saat ini, banyak contoh kasus agen perjalanan yang tidak bisa mengantarkan para jamaahnya untuk berhaji dan berumrah. Semua itu, membuat Anda harus lebih waspada demi kekhusyuan ibadah yang akan dilakukan.

Mungkin Anda pun pernah mendengar tentang KBIH atau agen-agen perjalanan yang menelantarkan jamaah, tidak memberikan layanan sesuai perjanjian, lalai menjaga bagasi, tidak konsisten dalam hal jadwal, dan sebagainya? Jangan sampai biaya, waktu, dan tenaga yang telah Anda keluarkan menjadi sia-sia.

KBIH atau agen-agen perjalanan biasanya menawarkan berbagai jenis paket umrah. Mulai dari paket biasa, yang hanya melayani perjalanan ibadah sampai paket umrah plus liburan, yaitu Anda juga akan dibawa berlibur sebelum, selama, atau sesudah ibadah usai.

Liburan yang ditawarkan biasanya ke tempat-tempat bersejarah di Arab Saudi dan wisata ke beberapa negara lain di Timur Tengah, seperti Turki, Jordania, dan Mesir. Anda juga bisa memilih umrah Ramadhan yang dilaksanakan di Bulan Ramadhan.

Sebelum mendaftar untuk mengikuti ibadah umrah dengan KBIH atau agen perjalanan tertentu, kumpulkan informasi mengenai perusahaan tersebut untuk memeriksa tingkat profesionalitasnya. Bisa melalui website atau dari referensi orang-orang yang telah menggunakan jasa perusahaan itu.

Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya Anda tentu akan mendapat beberapa info mengenai agen perjalanan haji dan umrah yang berguna dalam pelaksanaan ibadah Anda.

Sangatlah penting untuk memastikan apakah biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan fasilitas yang diperoleh. Pastikan pula Anda akan benar-benar mendapatkan segala hal yang dijanjikan.

Mulai dari pengurusan dokumen-dokumen resmi, penyediaan pakaian batik seragam dan alat ibadah utama, koper atau tas, dan jasa bimbingan (manasik) beserta buku-buku doa. Semua hal tersebut biasanya sudah disediakan oleh pihak agen perjalanan yang Anda pilih untuk membantu anda dalam melaksanakan ibadah umrah tersebut.

Jika informasi telah terkumpul dan KBIH atau agen perjalanan yang telah dipilih oleh Anda sudah terjamin profesionalitasnya maka Anda bisa bernapas lega. Dengan agen perjalanan yang telah terpercaya maka ibadah umrah pun bisa dilaksanakan dengan lancar dan baik serta aktivitas ibadah jiwa dan raga pun akan berjalan dengan lebih meresapi makna keimanan Anda.

Persiapan dalam Melaksanakan Umrah

Dalam melaksanakan ibadah umrah, tentulah ada banyak persiapan yang harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum waktu berumrah tiba. Selain persiapan, ada juga amalan-amalan yang tidak boleh dilupakan.

Amalan-amalan sebelum berangkat umrah ini merupakan penyempurna ibadah umrah itu sendiri. Hal ini dikarenakan amalan-amalan yang dilakukan akan menjadi suatu penilaian Mabrur atau Maqbul dalam umrah yang berkaitan dengan amalan sebelum berangkat.

Dalam melaksanakan umrah, ada beberapa persiapan yang meliputi kegiatan umrah sebelum dan saat ibadah berlangsung. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan ketika menjelang keberangkatan untuk ibadah umrah;

1.Persiapan Dhohir

  • Bertobat dari segala dosa dan maksiat, baik dosa kepada Allah Swt maupun dosa kepada sesama manusia.
  • Meminta izin kepada orangtua atau orang yang dituakan.
  • Membayar segala hutang yang pernah dipinjam dan mengembalikan harta yang diperoleh dengan cara zhalim dan aniaya.
  • Dana yang digunakan dalam melaksanakan ibadah umrah ini benar-benar bersih dan halal.
  • Menyiapkan nafkah yang cukup untuk keluarga yang ditinggalkan.
  • Banyak melakukan sedekah kepada kaum dhuafa, fakir dan miskin.
  • Mencari teman seperjalanan yang saleh, baik, saling tolong menolong, sering mengingatkan ketika lupa, suka menegur kesalahan, dan memotivasi dengan keteguhan dan kesabaran.
  • Meminta restu kepada sanak saudara, teman, tetangga dan lain sebagainya.

2.Persiapan Batin

  • Memantapkan hati untuk berniat dan bertujuan ibadah umrah ini semata-mata hanya karena Allah Swt, bukan untuk mencari kemasyhuran dan gelar saja.
  • Memperbanyak sedekah agar hati menjadi ikhlas dan tulus menerima segala perbuatan, musibah dan lain sebagainya.
  • Meninggalkan semua ucapan kotor, maksiat, dan menghindari perselisihan antar manusia.
  • Rendah hati, lembut, mengutamakan kebaikan, budi pekerti yang baik serta melakukan hal-hal yang baik menjadi keutamaan dalam melakukan persiapan sebelum keberangkatan ibadah umrah.

3. Persiapan dalam Keberangkatan

Persiapan ketika berangkat umrah bisa dilakukan dengan salat sunat Safar atau salat sunat ketika akan bepergian sebanyak dua rakaat dengan membaca surat AL-Fatihah dan surat AL-Kafirun di rakaat pertama dan membaca surat AL-Fatihah dan surat AL-Ikhlas pada rakaat kedua.

Boleh juga ditambahkan dengan membaca Ayat Kursi atau surat AL-Quraisy dan satu kali sebelum keluar rumah serta doa lainnya yang dihafal. Selain itu anda juga bisa mendoakan keluarga dan kerabat yang ditinggalkan serta membaca doa naik kendaraan ketika anda memulai perjalanan dengan kendaraan yang digunakan.

Tata Cara Berumrah

Dalam pelaksanaan umrah, ada beberapa tata cara yang harus dilakukan oleh para jamaah untuk mengikuti rangkaian ibadah umrah tersebut. Pada umumnya, tata cara dalam berumrah sama halnya seperti tata cara berhaji. Hanya saja, terdapat rangkaian kegiatan yang tidak ada dalam berumrah.

Dalam tata cara pelaksanaan ibadah umrah, terdapat persiapan yang disebut dengan persiapan ihram. Persiapan ihram ini dilaksanakan dalam persiapan haji, seperti mencukur kuku, jenggot, kumis, bulu ketiak dan bulu-bulu lainnya, berpakaian ihram, memakai wewangian, dan berniat.

Setelah melakukan sunat-sunat ihram dan berniat hal yang selanjutnya dilakukan adalah melakukan ihram umrah. Tata cara umrah kemudian dilakukan dengan memasuki Masjidil Haram, memulai Tawaf, Rukun Yamani, Salat di Maqam Ibrahim, Minum air Zam-zam, Sa’i, dan Tahallul yang terdiri atas kegiatan bermiqat dari Tan’im atau Ji’ranah serta Tawaf Wada’.

Demikianlah pembahasan mengenai kegiatan umrah yang dapat disampaikan. Pada dasarnya kegiatan umrah ini merupakan suatu ibadah yang wajib bagi yang mampu. Ibadah ini sering juga disebut dengan haji kecil karena semua kegiatan di dalam umrah ini sama dengan ibadah haji, hanya saja ada beberapa kegiatan yang berbeda dengan kegiatan haji.

Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*