Beyonce, Sang Diva Dunia

Ilustrasi beyonceSiapa yang tak kenal Beyonce Knowles? Penyanyi, aktris, dan model keturunan Afrika Amerika ini terkenal dengan aksi panggungnya yang total. Tak hanya memamerkan suara emasnya, Beyonce juga selalu menampilkan tarian yang dinamis dengan kostum yang artistik. Tapi siapa sangka bahwa sosok di balik aksi panggung itu bukanlah Beyonce, melainkan alter egonya?

Sasha, Sang Alter Ego

Sasha muncul sekitar tahun 2003. Saat itu, Beyonce yang juga merupakan vokalis utama Destiny’s Child tengah mempersiapkan single Crazy in Lovedalam album solo perdananya, Dangerously in Love.

Menurut gadis kelahiran 4 September 1981 ini, pada dasarnya ia adalah seorang yang pemalu. Sashalah sosok karakter yang lebih sensual, lebih agresif, lebih berani dan lebih percaya diri sehingga membuat aksi panggungnya lebih atraktif.

Pada tahun 2008, untuk pertama kalinya secara resmi Beyonce memperkenalkan nama Sasha pada dunia. Nama tersebut diabadikan sebagai judul album solo ketiganya, I Am… Sasha Fierce.

Tak hanya itu, pada tahun 2009 Beyonce dan Tina–ibunya yang berprofesi sebagai desainer–juga meluncurkan label busana Sasha Fierce. Koleksi busana dengan label alter ego Beyonce ini terdiri atas pakaian olahraga, pakaian dalam, asesoris metal serba gemerlap, celana ketat, kacamata, sepatu dan tas tangan.

Beyonce dalam Karier Grup dan Solo

Bakat menyanyi Beyonce yang memiliki rentang suara hingga tiga setengah oktaf ini ditemukan saat ia masih bersekolah di St. Mary’s Elementary School di Texas. Saat itu, guru menarinya menyenandungkan sebuah lagu. Lagu itu kemudian diselesaikan Beyonce dengan mencapai nada-nada tinggi.

Ketertarikan Beyonce pada musik dan seni panggung sendiri baru muncul saat ia berpartisipasi dalam suatu ajang bakat sekolah. Kala itu ia menyanyikan lagu Imagine karya John Lennon dan memenangkan kompetisi tersebut.

Era Destiny’s Child dimulai pada 1997. Setelah mengubah nama terdahulu mereka–Girl’s Tyme, grup ini tampil dalam sejumlah acara lokal. Empat tahun kemudian, mereka menandatangani kontrak dengan Columbia Records. Pada tahun yang sama, Destiny’s Child merekam lagu debut mereka, “Killing Time”, yang menjadi soundtrack film Men in Black.

Tahun-tahun berikutnya merupakan masa keemasan bagi Destiny’s Child. Album yang memuat lagu-lagu mereka seperti “No, No, No”, “”Bills, Bills, Bills”, “Jumping, jumping”, “Say My Name”, “Survivor” serta “Independent Women” terjual jutaan kopi dan meraih banyak penghargaan, diantaranya Grammy Award for Best R&B; Performance by a Duo or Group with Vocals. Setelah merilis album liburan 8 Days of Christmas, grup ini menyatakan hiatus untuk melakukan karir solo masing-masing.

Pada masa inilah, tepatnya pada 2003, Beyonce merilis debut album solonya, Dangerously in Love, dengan hitsnya “Crazy in Love” dan “Baby Boy”. Diikuti dengan album solo kedua pada 2006, B’Day. Album ini meuat hits seperti “Irreplaceable” dan “Beautiful Liar” yang dinyanyikannya duet bersama Shakira. Sementara album ketiga, dirilis pada November 2008 dengan tajuk I Am… Sasha Fierce. Album ini sukses meraih enam penghargaan Grammy dan Beyonce memecahkan rekor selama 52 tahun terakhir sebagai penyanyi wanita peraih Grammy terbanyak dalam semalam.

Setelah Konser Usai

Kini dengan berakhirnya tur dunia album I Am…Sasha FierceBeyonce mengaku ingin rehat. Usai menjalani lebih dari 100 konser di enam benua, istri rapper Jay – Z ini mengungkapkan keinginannya untuk belajar melukis, memasak, dan menjadi orang rumahan. Dan Sasha pun akan ‘tidur’ untuk sementara.

Jalinan Kasih Beyonce dan Jay-Z

Saat penyanyi jebolan Destiny Childs ini m,emutuskan menikah dengan rapper Jay-Z, banyak pihak yang meramalkan pernikahan mereka tidak akan berhasil atau tidak akan bertahan lama. Namun, perkiraan itu dimentahkan oleh jalinan kasih Beyonce dan Jay-Z yang masih bertahan hingga sekarang. Bahkan, pernikahan itu telah dikaruniai seorang anak yang bernama Blue Ivy. Kelanggengan dan kehadiran serorang anak seolah menyatakan bahwa jalinan kasih dua selebritis Hollywood ini masih “sehat” sehingga masih bertahan.

Penyanyi bertubuh sintal ini menuturkan bahwa kunci penikahannya dengan rapper Jay-Z adalah jalinan pertemanan mereka yang sangat akrab. Sebelum memutuskan untuk menikah, penyanyi R & B dan rapper ini telah berteman dalam jangka waktu yang lama. Inilah yang menjadi kunci sukses perkawinan mereka. Beyonce mengatakan bahwa mereka berteman kurang lebih selama satu setengah tahun, sebelum memutuskan untuk pacaran dan menikah.

Penyanyi yang memopulerkan lagu “Crazy in Love” ini menyatakan bahwa komunikasi yang intens merupakan salah satu pondasi dari langgengnya pernikahan mereka. Selain itu, Beyonce juga mengatakan bahwa sikap saling menghargai pun sangat penting dalam jalinan kasih pernikahan.

Sebenarnya, pernikahan Beyonce dan Jay-Z ini bersifat privat sehingga publik tidak mengetahui pernikahan mereka. Dalam pernikahan yang privat itu, tidak banyak tamu yang hadir. Namun, pernikahan Beyonce dan Jay-Z diketahui umum setelah Mary J Blige membocorkan pernikahan Beyonce. Mary J Blige meneriakkan ucapan selamat yang ditujukan kepada Jay-Z dan Beyonce.

Jay-z dan Beyonce menyelenggarakan pernikahannya pada 4 April di apartemen Jay-Z di New York. Pernikahan dua penyanyi ini sangat tertutup dan private. Bahkan, persiapan pernikahan mereka terkesan kilat dan sembunyi-sembunyi.

Ketika dikonfirmasi oleh pers, juru bicara Jay-Z masih bungkan soal kabar gembira itu. Namun, seorang teman Jay-Z berani buka mulut untuk menyatakan pernikahan mereka. Teman Jay-Z itu menyatkaan bahwa pernikahan Beyonce dan Jay-Z terjadi pada Jumat sore. Selain itu, Jay-Z pun menginginkan pesta yang bersifat pribadi dan hanya mengundang keluarga dan teman dekatnya saja.

Jalinan kasih dalam ikatan pernikahan yang dilakukan dua mega bintang ini sungguh romatis. Hal ini dikarenakan di tengah banyaknya perceraian dan perselingkuhan di kalangan selebritis. Jusstru hubungan dua pennayi tenar ini semakin kokoh.

Keduanya dikabarkan baru saja merayakan hari jadi pernikahan yang ke-4. Meskipun umur penikahannya masih 4 tahun, tapi pasangan ini sudah menjalin hubungan lebih dari 10 tahun. Seiring berjalannya waktu dan kehadiran anak yang bernama Blue Ivy ini menjadikan hubungan dua penyaanyi papan atas ini semakin hangat dan romantis.

Menurut Beyonce, dia tidak akan pernah lengkap menjadi seorang wanita seutuhnya jika tidak pulang ke rumah. Di matanya, Jay-Z telah banyak mengisi hidupnya dengan segala hal. Mantan personil Destiny Child ini mengatakan bahwa memiliki seorang yang dicintai adalah hal yang sangat penting dalam hidup.

Karier Film Beyonce

Selain menjadi seorang penyanyi, Beyonce pun merambah dunia acting. Awal karier Beyonce di dunia acting diawali dengan membintangi film televise MTV yang berjudul Carmen: A Hip Hopera. Selanjutnya, karier sebagai bintang film Beyonce semakin maju pesat. Hal ini ditandai dengan dia menjadi pemain dalam film Austin Power in Goldmember pada 2002. Setelah itu, dia bermain film lagi pada film yang bejudul The Fighting Temptation dan film Pink Panther. Selain film-film tersebut, Beyonce pun pernah membintangi film lainnya, seperti Dreamgirls, Cadillac Records, dan Obsessed.

Nah, itulah penjelasan mengenai sosok Beyonce Knowles, seorang penyanyi, artis, sekaligus istri dari penyanyi rap, Jay-

Speak Your Mind

*