Bisnis Online Bisnis Masa Depan yang Menjanjikan

Bisnis Masa Depan – Memasuki era globalisasi dan perdagangan bebas, banyak hal yang mesti disesuaikan. Pola pikir dan cara pandang harus mengalami sedikit perubahan agar mampu bersaing di tengah konsep baru dunia dalam hal ekonomi. Terutama, bagi para pelaku bisnis. Boleh jadi bisnis Anda saat ini perlahan sirna tergerus perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat. Untuk mengantisipasinya, dibutuhkan inovasi baru dalam membangun bisnis masa depan. Salah satunya, bisnis online.

Bisnis Masa Depan

Bisnis online merupakan fenomena yang menarik di awal tahun 2000-an, di tahun-tahun itu bisnis online masih dikenal oleh sedikit masyarakat Indonesia. Bahkan yang mengenalnya hanya orang-orang yang berlatar belakang pendidikan yang tinggi. Namun saat ini bisnis online telah merambah ke level masyarakat dengan pendidikan rendah sekalipun. Teknologi internet yang semakin maju dan dapat diakses oleh siapapun memudahkan masyarakat kita mengenal dunia maya, terutama dengan perihal jual beli di internet.

Jual beli lewat internet tidak seseram dahulu yang penuh dengan penipuan dan tindak kriminalitas yang sering terjadi. Sekarang membeli barang di internet tergolong aman walaupun masih ada sedikit orang yang tidak beretika, yakni mengelabuhi kepercayaan konsumennya. Bila ingin terjun di usaha online, maka seseorang harus tahu bagaimana transaksi yang aman dan memuaskan bagi kedua belah pihak, sang penjual dan pembeli. Cara yang teraman untuk bertransaksi lewat internet adalah dengan sistem jual beli ‘ngopi darat’. Atau biasa disebut dengan COD singkatan dari Call On Delivery.

Sang penjual dan pembeli langsung bertemu di tempat yang telah disepakati, metode ini dipakai bila sang pembeli atau penjual tidak terlalu yakin dengan kredibelitas dari salah satu pihak. Umumnya cara ini dipakai ketika barang yang ditransaksikan berharga mahal, seperti mobil, sepeda motor, ataupun rumah. Oleh itu bila Anda mau berbisnis dalam bentuk apa saja, tampilkanlah diri sebagai penjual yang meyakinkan. Dan jangan sekali-kali mengecewakan pelanggan dengan dalih apapun.

Bisnis

Raymond E. Gloss mengungkapkan fakta bisnis yang mengacu pada kegiatan komersial dan industrial yang dapat menghasilkan barang dan jasa untuk meningkatkan dan memperhatikan kualitas kehidupan seseorang. Membangun bisnis berarti membangun mental, strategi, dan semangat juang. Untuk memulai bisnis, Anda bisa mengamati hal-hal yang disukai dan dekat dengan kehidupan Anda.

Misalnya, Anda menyukai parfum. Sedikit banyak Anda pasti tahu mengenai benda wangi dalam botol kaca ini. Dengan modal yang dimiliki, Anda bisa membeli berbagai jenis parfum. Mulai yang paling banyak diminati orang karena harganya murah hingga yang paling mahal karena keeksklusifannya.

Sasaran Bisnis

Khalayak ramai adalah sasaran Anda. Inilah fungsi sosial yang bekerja. Konsumen dapat dijaring secara random maupun secara golongan tertentu yang sama-sama meminati produk Anda. Setelah target dan produk siap, Anda bisa langsung memasarkannya. Untuk melakukannya dalam waktu cepat dan dapat menjaring konsumen yang berada di tempat jauh, Anda bisa memanfaatkan bisnis online.

Bisnis yang menjanjikan ini dapat Anda bangun di tengah kondisi apapun. Bahkan, krisis sekalipun. Maka dari itu, bisnis yang muncul akibat adanya pemanfaatan internet ini banyak dijadikan kiblat para pebisnis pemula maupun yang sudah lama malang melintang di dunia bisnis dan berniat melebarkan sayap bisnisnya setinggi mungkin.

Bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis yang menggarap bidang kebutuhan primer manusia, sebut saja bisnis rumah makan, sembako, pakaian ataupun perumahan. Terjun ke bidang salah satu bidang bisnis tadi bila yakin berpengalaman atau mempunyai ilmu yang terkait. Tentu sebelum membangun bisnis tadi diperlukan persiapan yang matang. Seperti mengetahui produsen yang terpercaya dan murah, minat pasar di dalam kota, tempat-tempa yang ramai dikunjungi oleh masyarakat dan lain sebagainya. Lakukan survey terlebih dahulu bila belum mengetahui persis kendala dan keuntungan usaha yang akan didirikan.

Bisnis Online Bisnis Masa Depan

Bisnis online adalah salah satu dari sepuluh jenis bisnis masa depan yang dapat dipastikan akan semakin berkembang dari hari ke hari karena semakin banyak orang yang menggunakan internet. Bisnis ini kurang lebih sama dengan bisnis yang didirikan dalam bentuk perusahaan offline. Bisnis ini juga mengenal manajemen dalam pelaksanaannya. Pelaku bisnis online adalah mereka yang memiliki produk tertentu dan ingin lebih banyak menjaring konsumen.

Mereka yang serius menekuni bisnis online pasti tidak ingin ketinggalan informasi mengenai bagaimana manajemen bisnis bisa diterapkan. Langkah awal mempelajari manajemen bisnis online adalah belajar dari orang-orang yang telah berhasil dalam bisnis ini. Saat ini, banyak situs yang menawarkan sekolah bisnis online. Salah satunya, www.asianbrain.com.

Anda tentunya lebih percaya dengan guru bisnis online yang berasal dari Indonesia, bukan? Jadi, carilah situs buatan orang Indonesia yang dapat Anda percaya seperti situs asuhan Anne Ahira ini.

Untuk bermain cantik di dunia bisnis internet ada tahapan-tahapn yang harus diketahui oleh calon pengusaha online, antara lain:

1. Buat website sebagai toko atau tempat penawaran

Hal yang terpenting dalam menjalani sebuah bisnis di internet adalah membangun sebuah website dengan benar dan baik. Website yang baik di internet dapat dipandang dari berbagai segi. Dari segi penampilan, maka situs yang dibuat harus enak dipandang dan memiliki navigasi yang gampang. Intinya pengunjung tidak merasakan hal yang aneh ketika berkunjung ke situs tersebut.

Tipsnya adalah pemilihan desain warna dan tata letak halaman situs yang tepat. Jangan coba-coba untuk membuat website dengan background yang amat terang sehingga mengganggu pandangan mata pengunjung. Pilihlah background dengan warna yang gelap atau soft, seperti warna biru, coklat, putih ataupung kuning muda. Untuk tata letak sebuah web harus memudahkan pengunjung dalam mencari apa yang mereka inginkan. Buatlah sidebar yang memuat tentang isi situs Anda, misalnya barang dagangan yang terlaris, link ke katalog barang yang dijual dan lain sebagainya.

Tidak dapat membuat website sendiri bukanlah kendala berarti saat ini, karena perusahaan-perusahaan hosting di Indonesia telah menawarkan berbagai paket website berserta instalasinya.

2. Strategi marketing di internet

Ada sedikit perbedaan antara marketing di internet dan dunia nyata, walaupun prinsipnya sama tetapi lain dalam penerapan. Bila dihitung ada banyak sekali cara untuk mendapatkan pembeli di internet. Yang pertama adalah mengoptimalkan performa situs di search engine atau mesin pencari. Buatlah web yang akrab dengan mesin pencari, para blogger menyebut trik ini adalah search engine friendly. Dengan memenangkan persaingan di search engine secara otomatis para pengunjung akan berdatangan ke toko online kita.

3. Buat  sistem transaksi yang aman dan terpercaya

Setelah melakukan research marketing dengan baik dan terencana, langkah selanjutnya membuat sistem transaksi yang aman bagi usaha yang didirikan dengan pembeli. Sekarang ada yang dinamakan rekening bersama seperti di forum Kaskus.co.id, rekening bersama tersebut digunakan untuk mengatur keamanan jual beli di forum kaskus. Bisa saja Anda memanfaatkan rekber itu, namun ada cara lain yaitu sistem transaksi dimana sang pembeli harus menunjukkan bukti pembayaran sebelum pengiriman barang atau jasa.

Barang apa yang harus dijual di internet? Tawarkan barang apa saja yang bermanfaat dan halal kepada khalayak onliner. Bisa mulai dari bantal guling sampai rumah yang berharga milayaran rupiah. Intinya barang yang dijual adalah gampang didapatkan oleh pengusaha dan mempunyai pangsa pasar yang bagus. Boleh saja mengikuti berbagai bisnis internet tanpa modal yang sekarang lagi tren, namun berhati-hatilah dengan berbagai jebakan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Lebih enak belajar bisnis dan marketing online bersama di AsianBrain.com.

Speak Your Mind

*