Bisnis Online

Sejatinya, banyak orang yang telah memahami apa itu bisnis online. Semenjak booming beberapa dekade yang lalu, bisnis online terus berkembang tanpa batas.

bisnis online

Namun, jika masih terdapat pertanyaan apa sih bisnis online itu? Umumnya mereka adalah orang yang baru mengenal teknologi internet atau mulai tertarik dengan bisnis yang sangat memiliki ketergantungan dengan akses internet ini.

Definisi Bisnis Online

Secara sederhana, bisnis online dapat diartikan sebagai bisnis atau pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan sebuah komputer yang terkenoksi dengan jaringan internet.

Tentu saja bisnis yang dikerjakan ini ‘tidak tampak’ secara kasat mata. Anda memang bisa melihatnya, namun di dunia maya dan bukannya di dunia nyata.

Bisnis online mulai mewabah ketika para pengusaha atau orang dibalik sebuah perusahaan mulai menyadari kekuatan yang sesungguhnya dari sebuah internet.

Tidak sedikit dari mereka yang mensinergikan bisnisnya dengan internet. Dan tidak sedikit pula dari mereka yang banting setir justru berpaling ke internet dalam ‘berjualan’ barang atau jasanya.

Contoh Bisnis Online

Ada banyak ragam bisnis online. Mungkin yang paling gampang untuk dijadikan perumpamaan adalah sebuah toko online. Toko umumnya beroperasi di pasar, ruko, atau sebuah pusat perbelanjaan.

Namun, dengan sedikit sentuhan ‘magic’ bisnis online, sebuah toko tidaklah harus menjelma seperti sebuah toko pada umumnya. Dengan bangunan besar, display produk, pramuniaga,kasir, atau security.

Bisnis online dapat mengubah sebuah toko konvensional menjadi toko online. Kita tidak memerlukan bangunan. Kita juga tidak memerlukan space yang luas untuk memajang produk.

Hanya bermodal sebuah web atau blog dengan space tertentu dan juga sedikit pengaturan, maka toko yang biasanya beroperasi di pasar tradisional dapat dimigrasikan ke laman internet.

Bangunan atau ruko menjelma menjadi sebuah blog atau website toko online. Display produk di rak atau almari dapat diganti dengan gallery image dengan tampilan yang tidak kalah menarik.

Kasir dan pramuniaga dapat ‘dipensiunkan’ dengan sebuah script shopping chart. Dan security dapat ‘dilengserkan’ dengan menu login username + password.

Lantas, bagaimana dengan konsumen? Calon pembeli tentu saja akan mengunjungi toko kita di laman web atau blog toko online. Istilahnya adalah visitor. Dengan sedikit promosi via online maka calon pembeli dapat didatangkan.

Tidak sedikit toko-toko online yang dapat meraup omzet puluhan juta rupiah walaupun hanya bermodal blog atau web. Dan toko online ini menjadi pilihan alternatif apabila seseorang ingin membuka sebuah usaha (jual beli) dengan budget yang terbatas.

Belajar Bisnis Online

Memang untuk memahami segala seluk bisnis online tidak dapat ditempuh dengan cara instan. Proses dan waktu adalah suatu kewajiban dalam pembelajaran segala yang berkaitan dengan bisnis online.

Jika Anda adalah orang awam yang tertarik untuk berkutat di dunia bisnis online, alangkah bijaknya untuk ‘berguru’ kepada ‘empunya’. Ada beberapa tempat yang dapat dijadikan referensi ‘sekolah’ bisnis online yang memberikan pencerahan secara gratis maupun berbayar.

Bagaimana saya mencari tempat tersebut? Salah satu tempat yang dapat dijadikan rujukan adalah AsianBrain.com. Di situs asuhan Anne Ahira tersebut kita dapat belajar tentang seluk beluk bisnis online secara lengkap.

Mulai dari tingkat dasar hingga mahir. Anne Ahira akan memandu Anda step by step bagaimana memulai sebuah bisnis online walaupun kita baru pertama kali mengenal internet.

Internet marketing sebagai salah satu program unggulan di AsianBrain.com dapat dijadikan acuan dalam menekuni bisnis online. Karena sebuah bisnis online tidak hanya terfokus pada bagaimana kita ‘menjual’, namun perlu sebuah marketing, research pasar, promosi, road map ke depan, jadwal, strategi, risk management, dan lain sebagainya.

Jika Anda memang ingin mendalami bisnis online secara serius, dapat menekuninya di mulai dari AsianBrain.com. Di situs tersebut Anda akan mendapatkan manfaat yang berharga bagaimana menjajaki serta langkah apa yang harus ditempuh dalam mensiasati sebuah bisnis online.

Sehingga Anda akan menjadi seorang yang ahli dan bukan orang yang mendadak pakar. Kunjungi laman AsianBrain.com di http://www.asianbrain.com/ untuk belajar bisnis online secara langkap dan tuntas.

Pandai Menulis – Modal Bisnis Online

Menulis di dalam bisnis online yang bertemakan memasarkan produk dan jasa di internet adalah modal penting karena tanpa menulis, sulit sekali meraih kesuksesan di dunia bisnis online. Menulis dalam bisnis online banyak jenisnya, misalnya menulis teks promosi untuk bisnis online, menulis iklan baris bisnis online, menulis sales letter untuk bisnis online Anda, membuat blog, membuat follow-up, dan lain-lain.

Tak hanya itu, sebuah website yang menjadi ramai juga tidak lepas dari kegiatan tulis-menulis. Jadi, secara tidak langsung orang-orang yang sering menulis online akan memperoleh uang di bisnis online ini. tuilislah sesering mungkin apa yang Anda sukai.

Orang-orang Sukses di Dunia Bisnis Online

Sejarah orang-orang sukses di dunia bisnis online memang perlu diketahui agar kita semua terpacu untuk giat dan bersemangat mencari peluang usaha dengan cara bisnis online. Setiap orang berkesempatan untuk bisa sukses di bisnis online tanpa melihat latar belakang dan pendidikan yang dimiliki.

Ada sebagian orang yang sukses di bisnis online, ternyata berasal dari latar belakang sama dengan kita. Artinya, orang-orang tersebut dapat dikatakan manusia biasa yang mampu menjadi orang terkenal dengan penghasilan ribuan dolar sampai jutaan dolar. Salah satu orang yang sukses dalam bisnis online adalah Anne Ahira yang terkenal dengan AsianBrain.com-nya.

Selain itu, ada banyak orang sukses lainnya dalam bisnis online, yaitu sebagai berikut.

1. Pogung

Sebagian masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama pogung. Pogung adalah orang yang mengadakan kontes seo kampanye damai Pemilu Indonesia 2009. Namun, sebagian orang pasti belum tahu bahwa Pogung merupakan salah satu orang yang sukses dalam bisnis online, yaitu affiliate. Kesuksesannya dalam bisnis online telah dirangkum dalam sebuah buku yang berjudul GoBloG. Dengan bisnis online-nya, ia mampu meraup ribuan dolar per bulannya dari affiliate.

2. Cosa Andara

Cosa Andara adalah orang yang sangat terkenal dalam dunia bisnis online di Indoensia. Ia begitu terkenal karena ilmunya dalam google adsense sudah tidak diragukan lagi. Pada awalnya, Cosa hanya coba-coba dan hanya memperoleh 0,2 dolar. Selama beberapa bulan pertama, earning adsense-nya tidak pernah naik atau meningkat. Walaupun begitu, ia tidak pernah menyerah dan selalu memaksimalkan web-nya. Bahkan, ia sempat tidak keluar dari kamarnya selam kurang lebih 8 jam dan hanya berada di depan komputer.

Akhirnya, kerja keras Cosa tidak sia-sia karena ia mampu meraup ribuan dolar per bulannya dari google adsense. Saat ini, bisnis online yang dijalankan Cosa tidak hanya google adsense, tetapi juga sudah membuat website lainnya yang menghasilkan rupiah.

Itulah sebagian kecil orang yang sukses dalam dunia bisnis online. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk putus asa. Anda semua juga bisa menjadi seperti mereka asalkan dibarengi dengan kegigihan dan kerja keras dalam menjalani bisnis online.

***

Semua orang pasti mengetahui arti kata bisnis, yaitu kegiatan perekonomian yang menghasilkan uang. Untuk mencukupi kebutuhan, manusia melakukan bisnis dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan bisnis online.

Apa Sih Bisnis Online?

Bisnis online dapat diartikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara online, yaitu bisnis dengan menggunakan media internet. Jadi, kegiatan apa saja yang dijalankan melalui jaringan internet, itulah yang dinamakan bisnis online. Agar tersambung dengan media internet, kita bisa menggunakan komputer seperti desktop, netbook, notebook, handphone, dan lain-lain.

Kegiatan bisnis online sebenarnya sama dengan bisnis bukan online. Ada yang menjual baju, menjadi reseller sebuah program penjualan, menyediakan jasa pembuatan website, dan lain-lain. Bila kita mempunyai produk berupa sepatu dan biasanya kita hanya menjual di pasar, melalui internet kita bisa memajangnya secara online. Begitupun bila kita mempunyai keterampilan membuat lukisan, kita bisa menawarkan keterampilan tersebut melalui internet. Apabila kita tidak mempunyai barang dan keterampilan yang bisa dijual, kita bisa menjadi reseller dari kedua bidang tersebut. Kita akan mendapatkan komisi setiap berhasil melakukan “goal” bisnis tersebut.

Bagaimana Proses Transaksi di Bisnis Online?

Sama seperti bisnis pada umumnya, ada uang ada barang. Hanya saja caranya sedikit berbeda. Apabila kita ingin membeli sebuah produk dari sebuah toko online, pulpen berkamera misalnya, maka yang perlu kita lakukan adalah transfer uang terlebih dahulu sebesar harga pulpen berkamera yang ditawarkan. Biasanya toko online menyediakan nomor rekening untuk bertransaksi atau metode pembayaran lain. Jika kita sudah melakukan transfer, maka barang akan dikirimkan ke alamat kita. Begitu juga jika kita ingin ikut program-program pelatihan online yang berbayar dan aneka bisnis online lainnya.

Begitu Pentingkah Bisnis Online?

Semakin ke depan, masyarakat kian akrab dengan dunia internet. Tidak heran jika internet akan menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dipenuhi. Artinya, apapun yang dilakukan di dunia internet akan menjadi penting dan diperlukan. Begitu juga dengan bisnis online di dalamnya. Sekarang saja di Indonesia sudah ribuan atau mungkin jutaan orang yang tengah melakukan bisnis secara online. Dan tentu sudah banyak yang sukses menjalaninya.

Apa keuntungannya?

Keuntungan bisnis online antara lain:

1. Tidak memerlukan modal yang besar

Modal utama hanyalah perangkat komputer dan jaringan internet. Kita tidak perlu menyewa kantor, karena kantor bisa diadakan di rumah bahkan di kamar sendiri. Begitu juga dengan barang. Kita tidak selalu harus menyediakan stock dalam jumlah banyak. Kita bisa memproduksi atau mengadakan barang tersebut sesuai pesanan saja. Jadi, tidak ada penumpukan barang di gudang. Tidak perlu membayar karyawan, karena bisnis kita sendiri yang menjalankan, kecuali jika bisnis sudah sangat besar dan kita kewalahan menanganinya sendiri.

2. Bisa menjangkau pasar yang tak terbatas

Internet mencapai ke semua daerah, bahkan lintas negara. Jadi bisa saja pembeli adalah orang dari Malaysia, Arab, Singapura, dan lain-lain. Begitu luas, bukan?

3. Jangkauan waktu yang tak terbatas

Dengan bisnis online, kita bisa menjalankan bisnis 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Asalkan bisnis kita sudah terpasang di internet, maka sistem bisnis kita akan tetap berjalan, walaupun kita sedang tidur dan bermimpi.

4. Mudah dijalankan dan mendatangkan keuntungan materi yang menjanjikan

Bisnis ini begitu mudah dijalankan, karena menghemat waktu dan tenaga. Baik dari sisi pembeli, maupun penjual. Keuntungannya pun tak perlu diragukan lagi.

Nah, tertarik untuk mencoba berbisnis online di internet? Yuk, kita mulai dari sekarang! 🙂

Selamat mencoba!

Speak Your Mind

*