Budi Daya Jamur Tiram: Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ilustrasi budi daya jamur tiramJika Anda seorang vegetarian yang gemar mengonsumsi jamur, pasti nama jamur tiram sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Jamur tiram adalah 100% sayuran bersih, berwarna putih hingga kekuningan. Ada juga yang berwarna hitam hingga kecoklatan.

Jamur tiram memiliki banyak kandungan gizi, di antaranya serat, kalsium, asam amino esensial, mineral vitamin B1 dan B2, serta menyimpan kalori yang rendah sehingga banyak dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Manfaat Jamur Tiram

Jamur tiram memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi karena kandungan gizi yang baik di dalamnya.

  1. Membantu proses pencernaan.
  2. Menekan kolesterol jahat dalam tubuh.
  3. Menyerap kelebihan gula dalam darah.
  4. Menyembuhkan penyakit anemia.
  5. Mencegah timbulnya kanker dan tumor.
  6. Sebagai bahan kosmetik untuk perawatan wajah yang berjerawat.
  7. Dapat diolah menjadi berbagai hidangan masakan karena rasanya yang paling enak dibandingkan dengan jamur pangan lainnya (rasanya seperti daging ayam). Bahkan, saat ini banyak restoran yang mengkhususkan diri menyediakan hidangan yang semuanya berbahan dasar jamur tiram.

Kelebihan Budi Daya Jamur Tiram

Peluang usaha budi daya jamur tiram sangatlah menjanjikan. Karena kaya akan gizi dan manfaat, menyebabkan jamur ini selalu dicari orang. Permintaan pasar jamur tiram terus meningkat setiap tahun.

Budi daya cukup mudah dilakukan. Bahkan, oleh pemula atau orang awam sekalipun, murah, serta bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Budi daya jamur tiram memiliki banyak kelebihan, di antaranya sebagai berikut.

    1. Dengan memanfaatkan limbah gergaji kayu atau ampas tebu (bahan yang sangat mudah didapat alias murah), bibit yang sedikit dapat menghasilkan jamur yang melimpah sehingga dapat panen setiap hari yang bisa berdampak pada cepatnya perputaran modal.
    1. Perawatan yang mudah. Jamur tiram dapat tumbuh saat musim kemarau maupun musim hujan. Untuk budi daya jamur tiram, Anda harus menciptakan lingkungan yang lembab bagi jamur. Ini merupakan syarat mutlak. Anda bisa membuat ruangan khusus yang sering disebut rumah jamur dengan mengatur tingkat kelembapannya. Kelembapan ruangannya sekitar 80%-90% dengan suhu 18-23ºC. Perawatannya pun mudah. Tidak perlu diberi pupuk, bahan kimia, atau obat-obatan untuk merangsang pertumbuhannya. Cukup diberi penyiraman pada tanahnya setiap pagi dan sore hari serta penyinaran matahari langsung atau tidak langsung (dengan cahaya maximum 40 lux).
    1. Bisa dijalankan oleh siapa saja. Budi daya ini bisa dilakukan sebagai kerja sampingan, selain rutinitas harian Anda. Anda tidak perlu memiliki lahan yang luas untuk membuat rumah jamur. Cukup memanfaatkan pekarangan kosong atau kamar yang tidak terpakai.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha atau sebagai usaha sampingan, budi daya jamur tiram merupakan salah satu alternatif peluang usaha yang menjanjikan.

Speak Your Mind

*