Buku-Buku Photoshop Terlaris

Ilustrasi buku photoshopMulai awal tahun 2010 hingga sekarang, trend buku-buku komputer telah berganti ke tema Photoshop. Banyak penerbit yang mengeluarkan buku Photoshop yang membahas tentang editing foto menggunakan Photoshop karena banyaknya permintaan pasar.

Sekitar pertengahan 2009 hingga awal 2010, toko buku dibanjiri dengan buku-buku bertema Facebook dan Twitter. Bahkan, beberapa toko buku menyediakan tempat khusus untuk memajang kedua buku yang sangat laris itu.

Waktu itu, hampir semua penerbit berlomba-lomba menerbitkan buku tentang Facebook dan Twitter dengan berbagai macam tema. Menariknya, ada beberapa penerbit yang sebelumnya tidak pernah menerbitkan buku-buku komputer, mendadak mengeluarkan buku tentang Facebook atau Twitter. Tapi, masa kepopuleran buku-buku bertema Facebook dan Twitter telah berlalu.

Apa Itu Photoshop?

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems Incorporated, sebuah perusahaan perangkat lunak komputer asal Amerika sejak tahun 1982, berkedudukan di San Jose, California, Amerika Serikat. Penemunya, John Warnock dan Charles Geschke, sebelumnya pernah bekerja di Xerox PARC, dan berhenti ketika keduanya memutuskan untuk mengembangkan dan menjual bahasa deskripsi PostScript.

Photoshop merupakan perangkat lunak khusus untuk mengedit atau mengoreksi hasil foto atau gambar dan membuat atau menambah efek pada foto/gambar.

Perangkat ini pertama kali dikenalkan sebagai produk andalan Adobe pada tahun 1989, yang mana merupakan program koreksi grafis untuk Macintosh. Aplikasi ini diciptakan oleh Thomas Knoll dan John Knoll pada awal musim panas, 1988, yang kemudian dibeli lisensinya oleh Adobe Systems pada September 1988.

Adobe Photoshop dan Adobe Acrobat disebut sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems hingga mendapatkan penghargaan Standar Internasional, ISO 32000-1: 2008.

Kini perangkat ini telah banyak digunakan oleh fotografer digital profesional, desainer grafis, dan perusahaan iklan. Popularitas yang dihasilkan perusahaan yang termasuk jajaran perintis ini masih sulit disaingi, sehingga Adobe dapat dikatakan sebagai market leader (pemimpin pasar) untuk perangkat lunak pengolah gambar atau foto.

Awalnya, Photoshop dirancang Thomas Knoll, PhD., lulusan University of Michigan, yang menciptakan program untuk menayangkan atau menampilkan gambar format hitam-putih atau grayscale ke dalam tayangan monokrom atau monochrome.

Program yang dinamainya Display ini, kemudian dilirik John Knoll, saudara laki-lakinya yang telah bekerja di Industrial Light & Magic, dan disarankan agar disempurnakannya hingga menjadi program editing atau koreksi gambar.

Mereka kemudian berkolaborasi dan terciptalah Photoshop. Sekarang, seiring dengan inovasinya, perangkat lunak ini pun dapat dipakai untuk mengoreksi gambar, menambah efek pada gambar atau filter, mengubah gambar, bahkan memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhirnya juga dilengkapi aplikasi tambahan, yaitu Adobe ImageReady.

Photoshop mempunyai hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan, Adobe yang lain. File format asli Photoshop (PSD) dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna, yaitu sebagai berikut.

  • RGB color model;
  • Lab color model;
  • CMYK color model;
  • Grayscale;
  • Bitmap; dan
  • Duotone.

Pada tahun 1990, Adobe meluncuran seri pertama perangkat lunak ini untuk umum, dengan label Adobe Photoshop 1.0. Seiring dengan pengembangan manajemennya, program-program pembaharuan terus ditanam pada aplikasi ini hingga Adobe terus meluncurkan versi-versi baru untuk pasar luas.

Dari mulai versi 2.0 (dikenal juga dengan nama kode Fast Eddy), versi 2.5 (codename Merlin untuk kompabilitas pada Macintosh, dan Brimstone untuk Windows), versi 3.0 (codename Tiger Mountain), versi 4.0 (codename Big Electric Cat), versi 5.0 (codename Strange Cargo), versi 5.5 (codename masih Strange Cargo), versi 6.0 (codename Venus in Furs), versi 7.0 (codename Liquid Sky), dan versi 7.0.1.

Photoshop CS adalah nama versi kedelapan aplikasi ini. Versi pertama CS ini dirilis pada Oktober 2003. Perbedaan nyata yang dimiliki versi ini dibanding Adobe Photoshop sebelumnya adalah versi ini dapat mengolah format mentah atau raw media dari berbagai kamera digital dan juga mendukung koreksi ekstensif untuk gambar 16-bit warna.

Versi kesembilan dan selanjutnya dari Adobe Photoshop ini terus menggunakan istilah CS (yang merupakan akronim dari Creative Suit) dan diikuti nomor urut di belakangnya, yaitu Adobe Photoshop CS2, Adobe Photoshop CS3 untuk versi kesepuluh, versi Adobe Photoshop CS4 untuk versi kesebelas, dan Adobe Photoshop CS5 untuk versi keduabelas, dan yang terakhir dirilis di pasaran pada Maret 2012 adalah Adobe Photoshop CS6.

Versi sembilan dirilis pada 2005 dan dipasarkan dengan nama Photoshop CS2. Versi ini memiliki beberapa tambahan, seperti multiple layer selecting dan “warp”, versi kurva dari transform tool dan color replacement tool.

Adobe juga menyediakan filter reduce again (mengurangi grain) untuk para penggemar fotografi. Filter ini membantu mengoptimalkan foto yang diambil saat kondisi kekurangan cahaya. Photoshop CS dan CS2 memakai bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.

Pada tanggal 15 Desember 2006, dirilis versi beta Photoshop CS3 untuk pengguna CS2. Logonya berbeda dengan versi sebelumnya, yaitu berbentuk tipografi dengan huruf ‘Ps’ warna putih dan berlatar belakang biru gradien.

Adobe Photoshop CS4 (Adobe Photoshop Creative Suite 4) adalah versi baru program Adobe Photoshop yang dikeluarkan oleh Adobe Systems Incorporated. CS4 tersedia dalam dua versi dan merupakan penyempurnaan versi-versi sebelumnya.

Versi ini sudah mencakup software print, mobile, interaktif, film, dan pembuatan video. Produk-produk yang dikeluarkan oleh Adobe Photoshop CS4, yaitu design premium, web premium, production premium, dan master collection.

Adobe Photoshop CS5 memperkenalkan hingga 30 fitur atau peralatan, seperti Content-Aware Fill, Refine Edge, Mixer Brush, Bristle Tips, Puppet Warp, dan lain-lain. Pengembangan fitur ini juga didukung oleh hasil-hasil inovasi komunitas pecinta Photoshop.

Sementara Adobe Photoshop CS6 bahkan mendukung untuk editing atau koreksi video. Fitur canggih pada versi ini dikenal dengan “straighten tool” yang mana dengan peralatan ini pengguna dapat menarik garis lurus di sudut mana saja pada gambar, dan garis lurus tersebut akan secara otomatis mengorientasikan dan menyesuaikan dirinya dengan media gambar. Garis tersebut dapat langsung berubah horizontal, vertikal, atau miring, sesuai perspektif gambar.

Buku Photoshop

Banyak buku Photoshop yang beredar di pasaran. Berikut ini adalah beberapa judul buku Photoshop dari berbagai penerbit yang cukup laris pada tahun ini.

1. 4 Hari Jago Manipulasi Photoshop

Buku setebal 134 halaman ini diterbitkan oleh Mediakita. Sebelumnya Mediakita juga telah mengeluarkan buku yang dibuat oleh Asep Effendy ini, namun dengan judul yang berbeda. Meskipun ada beberapa pembahasannya yang mirip dengan buku sebelumnya, namun di edisi ini jumlah tutorialnya ditambah dan lebih bervariasi.

Ada 40 tutorial manipulasi gambar dengan Photoshop yang bisa pembaca coba, yang kesemuanya dicetak full color. Buku ini dibanderol dengan harga Rp44.000. Di dalamnya berisi file latihan, video tutorial, serta tambahan sisipan peta tools Photoshop.

2. 70 Trik Pintar Plus Manipulasi Photoshop

Buku terbitan Gagas Media ini, di dalamnya berisi 70 trik yang berhubungan dengan fitur-fitur penting Adobe Photoshop dan 10 tutorial berbagai macam manipulasi foto. Buku ini dikemas dengan bahasa anak muda, sebagaimana ciri khas penerbit bukunya yang selama ini kita kenal dekat dengan dunia remaja dan dewasa.

Untuk mendapatkan buku ini karya Catur HP ini, kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp41.500. Harga itu cukup pantas karena selain dicetak full color pada bagian-bagian pentingnya, juga diberi bonus CD yang berisi file latihan dan video tutorial yang eksklusif.

3. 129 Teknik Profesional Adobe Photoshop CS3 – Edisi Revisi

Siapa bilang jika karya revisian itu berarti buruk. Buktinya, buku hasil revisian ini malah meledak di pasaran. Buku ini merupakan edisi penyempurnaan atau revisi dari buku dengan judul yang sama yang pernah terbit pada 2007 yang lalu, namun hingga sekarang masih disukai oleh para pembaca serta telah menjadi buku best seller Elexmedia.

Penyajian di dalam buku ini memang unik dan menarik, yang didukung dengan ratusan gambar, serta teks penjelas yang akan memudahkan pembaca untuk memahaminya. Untuk menebus buku karya Rahmad Widyanto ini, Anda harus mengeluarkan kocek cukup dalam, yakni sebesar Rp94.800. Harga itu sudah termasuk bonus CD yang berisi file-file latihan.

Itulah judul buku-buku Photoshop yang cukup diminati pembaca saat ini. Nah, sekarang Anda mau memilih yang mana? Semoga informasi tersebut bermanfaat. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*