Burung Palek, Sudah Cantik, Merdu Pula

Ilustrasi burung palek 

Agnes monica, artis multitalenta yang tak hanya merdu suaranya, ia juga berparas cantik yang memiliki fans jutaan. Tak mau kalah dengan manusia, bangsa burung pun ada bisa menyaingi kecantikan dan kemerduannya, yakni burung palek (cockatiel). Masyarakat Indonesia menyebutnya parkit Australia. Sosoknya tak begitu asing bagi orang Indonesia. Bagian belakang kepala memiliki jambul, berparuh bengkok, manggut-manggut, warna bulu putih bersih.

Orang pun langsung terbayang pada burung kakak tua yang asli dari Kepulauan Maluku dan Papua. Hanya kakak tua asli Indonesia Timur berukuran lebih besar dibandingkan dengan parkit Australia. Karena ukurannya yang kecil, maka dari itu disebut pula kakak tua mini.

Asli Australia

Sosok asli parkit Australia di alam sebenarnya tidak menarik. Warna dominan burung ini adalah abu-abu. Burung Palek jantan berwarna abu-abu gelap, sedangkan yang betina warna abu-abunya terlihat kusam atau coklat kelabu. Cara membedakan antara yang berkelamin jantan dan betina dapat diamati dengan mudah dari sosok aslinya.

Sekarang, para penangkar Australia telah berhasil membuat strain atau varian baru yang membuat warna bulu Burung Palek jadi lebih cerah dan terang. Secara biologis, burung ini telah mengalami perubahan genetis (mutasi). Cara membedakan yang berkelamin jantan dan betina untuk burung yang sudah mengalami mutasi jadi lebih sulit. Terutama bagi penggemar pemula dan orang awam.

Strain atau varian Burung Palek yang memiliki warna-warna cerah antara lain albino, cinnamon, lutino, pearl dan pied. Cara membedakan mana yang jantan dan yang betina sulit jika hanya mengandalkan pandangan mata. Para penangkar harus memperhatikan suara kicauan, tingkah laku dan tanda-tanda khusus di bagian tubuh tertentu.

Perbedaan Jantan dan Betina

Perhatikan kicauan harian. Frekuensi kicauan atau siulan burung jantan lebih banyak dibandingkan dengan yang betina. Malahan, burung betina hampir terlihat seperti tidak berkicau. Suara yang terdengar lebih menyerupai pekikan.

Tingkah laku jantan agresif, sayap sering diangkat sedikit sambil membusungkan dada. Sedangkan betina tampak kalem tapi sering mengigit dan mendesis. Tingkah laku yang bisa diamati dengan mudah untuk mengetahui perbedaan antara jantan dan betina yakni menggunakan pengujian bayangan cermin.

Taruh cermin di depan burung, yang jantan akan terlihat tertarik dengan bayangannya sendiri. Sedangkan yang betina malah menjauh. Mania parkit Australia dapat melihat tanda-tanda khusus di bagian bawah bulu ekor atau sayap. Pada betina akan terlihat bintik atau garis jika bulu-bulunya dihadapkan cahaya terang.

Diet Pakan

Burung yang memiliki ciri paruh bengkok merupakan pemakan biji-bijian sebagai sumber utama diet-nya. Tapi, ia memerlukan diet pakan lain sebagai sumber lemak, protein, mineral dan vitamin untuk pertumbuhan dan kesehatannya. Burung Palek dapat mengonsumsi berbagai jenis biji-bijian, sayur berdaun dan berbuah, sedikit ikan atau daging dan air yang cukup.

Variasikan komposisi jenis-jenis pakan yang diberikan. Hal yang masih menjengkelkan dari burung ini, ia sering hanya mau makan satu jenis pakan tertentu. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya campur jadi satu berbagai jenis pakan seperti biji matahari, cincangan sayuran dan buah, ikan dalam satu wadah pakan.

Cara Pemeliharaan dan Perawatan

Burung yang baru dibeli dari lokasi penangkaran dan menghabiskan waktu yang lama dalam pengangkutan cenderung rentan stress, sebaiknya dipersiapkan dahulu obat anti stres sebagai antisipasi. Pada saat di lokasi penangkaran, beri obat antistres yang dicampurkan ke dalam pakan atau minuman. Lanjutkan perlakuan ini setelah burung sampai di rumah. Lama perlakuan bisa memakan waktu antara 4-7 hari sesuai dengan kondisi tingkat kebugarannya.

Pemberian jenis pakan untuk Burung Palek yang baru dbeli hendaknya disesuaikan dengan jenis pakan di lokasi penangkaran. Jika Anda ingin mengganti pola jenis pakannya, lakukan pemberian pakan jenis baru sedikit demi sedikit hingga terbiasa. Kontrol selalu kebutuhan pakan dan kesehatannya. Cara termudah cek kesehatan yakni melihat kondisi fesesnya.

Apabila kondisi feses tampak encer, masih tampak agresif dan nafsu makan tidak berkurang berarti ada kemungkinan terkena cacingan. Cara mengatasinya, beri obat cacing untuk burung sesuai dosis dalam kemasan.

Pengisian Suara Kicauan

Parkit Australia termasuk burung kicauan. Ia akan berkicau pada malam hari dan pagi hari. Demikian pula, ketika si pemilik menghampirinya atau ada burung lain yang mendekati. Kicauan ini bisa diisi dengan kicauan yang merdu. Asalkan pemilik mau melatihnya. Caranya:

  • Latih dengan metode punishment dan reward dalam pemberian pakan. untuk beberapa saat tidak memberi pakan ke burung selama kicauan tidak terdengar merdu. Baru pada saat suara kicauan ada perubahan lebih merdu beri ia makanan. Dengan demikian, ia akan menganggap kicauan seperti itulah yang membuat si pemilik akan memberi pakan.
  • Latihan ini dilakukan secara rutin tiap hari sehingga burung pun jadi hafal dengan kemauan pemiliknya.
  • Pengisian suara kicauan bisa diganti dengan suara lain, bahkan lagu-lagu yang sedang populer.

Perkembangbiakan

Tahap awal dalam proses perkembangbiakan Burung Palek adalah perjodohan. Mereka akan memilih pasangan yang cocok dan akan menjadi pasangan setia hingga akhir hidupnya. Mirip dengan Burung Merpati dan jenis-jenis lovebird. Untuk mempermudah proses perjodohan ini bisa digunakan teknik-teknik berikut:

1. Teknik Kemiripan Warna Bulu

Teknik perjodohan ini memakai prinsip pengelompokkan warna yang mirip atau sama. Pengelompokkan warna yang mirip sebaiknya dilakukan sejak masih piyik. Misalkan, piyik yang sudah terlihat muncul bulu berwarna pearl dijadikan satu kelompok, piyik yang berwarna albino juga dijadikan satu kelompok tersendiri. Lakukan tahap pengelompokkan ini pada kandang aviary yang besar.

Biarkan piyik-piyik tersebut tumbuh dewasa hingga matang untuk siap kawin. Umur siap kawin sekitar 6-7 bulan. Tanda-tanda burung yang siap kawin yakni ada sepasang burung yang terlihat selalu berdekatan, rukun dan harmonis. Jika kita menemukan pasangan burung yang berjodoh ini, segera saja masukkan ke dalam kandang tersendiri dan diberi kotak sarang atau gelodok untuk merangsang proses perkawinan.

2. Teknik Pemisahan

Tahap awal mengelompokkan burung-burung warna yang semirip dan diletakkan dalam kandang aviary. Setelah memasuki usia matang siap kawin, burung pejantan diambil dari kandang aviary ke kandang individual. Setiap kandang hanya berisi satu pejantan. Sedangkan burung betina pasangannya tetap berada di kandang aviary. Tunggu sekitar satu minggu. Masukkan burung betina ke kandang pejantan. Pejantan dan betina yang terlihat rukun berarti berjodoh. Beri kotak sarang atau gelodok ke dalam kandang sebagai tempat bertelur dan perangsang proses perkawinan.

3. Teknik Pencampuran

Teknik perjodohan ini dilakukan dengan cara dicampur baik yang asli maupun hasil mutasi ke dalam kandang aviary besar. Biarkan burung mencapai usia dewasa kelamin. Setelah itu, semua pejantan diambil dari kandang aviary dan ditaruh pada kandang tersendiri yang saling berhadapan dengan kandang aviary betina.

Amati perilaku burung-burung tersebut. Pejantan yang siap kawin ditandai dengan kicauan keras, menaikkan dan menurunkan kedua sayap dengan cepat dan terlihat seperti sedang menari di atas tenggeran. Betina siap kawin ditandai dengan suara yang terdengar khas ‘serak atau parau’.

Pejantan dan betina yang siap kawin ini dipasang-pasangkan untuk mencari jodoh yang cocok. Pasangan yang terlihat rukun diberi kotak sarang atau gelodok sebagai tempat bertelur sekaligus sebagai perangsang proses perkawinan.

Speak Your Mind

*