Canon Printer dan Seri yang Dikembangkannya

Ilustrasi canon
Anda kenal Canon? Atau malah pemakai salah satu produknya? Perusahaan satu ini memang bergerak dibidang teknologi yang banyak digunakan orang dalam kegiatan sehari-hari. Banyak sekali contoh produknya, termasuk printer, scanner, mesin foto kopi, kamera, dan lain-lain. Produk-produk tersebut cukup disenangi oleh masyarakat Indonesia. Selain memang dikenal cukup bisa diandalkan, produk-produk tersebut cukup terjangkau oleh kantong masyarakat lapisan menengah ke bawah.

Sejarah

Berikut ini adalah sedikit sejarah Canon dan printer sebagai salah satu produknya. Ditampilkan berbagai seri printer  yang bisa dimiliki oleh Anda sekalian. Didirikan Tahun 1933 Oleh PADA Goro Yoshida Dan Saburo Uchida.  Tujuan utama mereka adalah untuk mengembangkan sebuah kamera 35mm. Pada tahun 1934, kamera Kwanon dirilis namun tidak mendapat sambutan baik dari pasar. Saat ini, Canon membuat printer, mesin fotokopi dan banyak produk kantor lainnya.

Untuk memperkuat posisinya,  perusahaan asal Jepang ini memperkenalkan  jajaran printer foto A3+ terbarunya, yaitu PIXMA Pro9500, PIXMA Pro9000,  PIXMA iX4000, dan PIXMA iX5000. Jajaran seri ditujukan untuk para fotografer baik profesional maupun amatir. Bayangkan saja dengan adanya printer ini, orang awam pun bisa mencetak foto sendiri. Kalau dahulu mereka harus ke toko yang menyediakan cetak foto, sekarang di rumah pun cetak foto itu bisa dilakukan. Hasilnya pun cukup maksimal.

Harga printer yang tidak terlalu mahal juga membuat banyak orang yang membuka usaha cetak foto digital. Melihat peluang yang terbuka, bisnis ini cukup bagus walaupun kini tidak terlalu banyak lagi orang yang berusaha mencetak hasil fotonya. Mereka lebih banyak menyimpan foto itu di komputer atau di album facebook. Kalau memang dibutuhkan untuk kepentingan dokumentasi, barulah foto digital itu akan dicetak. Misalnya untuk keperluan membuat surat nikah atau dokumen haji, dan lain-lain.

Keperluan mencetak foto ini juga biasanya dilakukan oleh anak-anak sekolah berkaitan dengan tugas sekolah yang mereka lakukan. Cara mencetak yang mudah membuat printer satu ini cukup laris dipasaran. Apalagi dengan slogan bahwa printer ini cukup hemat dan bisa digunakan untuk mencetak sekian banyak cetakan, printer ini semakin menjadi salah satu yang difavoritkan. Tidak salah kalau printer ini menjadi sangat baik. Pembuatannya telah melalui berabagai tahapan penelitian.

Aneka Macam Produk Printer

Berbagai macam aneka produk printer Canon yang cukup laris di pasaran,  antara lain:

PIXMA Pro9500 Photo Printer
PIXMA Pro9500 yang mengandalkan tinta Lucia pigment-based, ditunjang oleh 10 tangki tinta individual, termasuk 3 tinta hitam (Photo Black, Matte Black, dan Grey) untuk menghasilkan foto hitam putih yang ekspresif.   Printer yang sudah mendukung teknologi PictBridge ini juga dapat melakukan pencetakan label CD/DVD dengan pemasukan kertas dari depan untuk pencetakan di atas kertas yang lebih tebal dan tentu saja bisa mencetak di atas kertas foto.

PIXMA Pro9000
Photo Printer? PIXMA Pro9000 menggunakan tinta dye-based dengan 8 tangki individual (Cyan, Magenta, Yellow, Photo Cyan, Photo Magenta, Black, Red, dan Green). Printer ini menerapkan teknologi ChromaLife100, CD/DVD label printing, PictBridge, dan pemasukan kertas dari depan untuk pencetakan di atas kertas yang lebih tebal.

PIXMA iX5000
PIXMA iX5000 ditunjang oleh teknologi FINE™ di print-headnya yang menyemprotkan butiran tinta 1pl sehingga memberikan resolusi 4800 x 1200dpi. Resolusi setinggi ini telah diakui banyak fotografer setara dengan hasil cetak lab foto. Printer satu ini memang sangat bisa diandalkan. Hasilnya cukup memuaskan. Tidak heran kalau banyak yang menggunakannya sebagai salah satu penunjang pekerjaan dibidang fotografi.

PIXMA iX4000
PIXMA iX4000 yang ditunjang oleh teknologi ChromaLife 100 agar cetakan bisa bertahan lama, ditunjang pula oleh teknologi FINE pada print-headnya yang menyemprotkan butiran tinta 2pl untuk menghasilkan resolusi 4800x1200dpi.  Kecepatan pencetakan PIXMA iX4000 adalah 166 detik untuk foto bertepi ukuran A3+ dengan rata-rata kecepatan 18/14ppm untuk foto mono/color berukuran A4. PIXMA iX4000 ditunjang oleh PictBridge dan USB 2.0 Hi-speed untuk mencetak langsung.

Ramah Lingkungan

Canon memperkenalkan printer ramah lingkungan yang hemat energi, berkecepatan tinggi serta standar fitur duplex yaitu seri LBP7200C yaitu: LBP7200Cdn dan LBP7200C.  Printer tidak hanya memiliki kecepatan dua kali lipat saat beralih dari sleep mode, tapi juga saat melakukan proses pencetakan dengan suara sangat lembut – ultra silent. Inilah kelebihan yang kemudian menjadi keunggulan seri printer LBP7200C.

Printer Canon lasershot warna LBP7200Cd dan LBP7200Cdn ini didukung oleh beberapa teknologi terkini antara lain On-Demand Fixing teknologi. Printer ini bisa langsung melakukan proses cetak tanpa harus menunggu warm up time dari standby mode. Fitur network printing, untuk memudahkan dan mempercepat koneksi workgroup resource sharing juga mendukung LBP7200Cdn.  Kecepatan ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memang membutuhkan kecepatan dalam pekerjaannya.

Pada zaman semua ingin serba cepat ini membuat orang berpikir bahwa menggunakan sesuatu yang tidak cepat bukan pilihan. Mereka bahkan rela membayar sedikit lebih mahal demi kecepatan yang diinginkan. Ini sudah menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat modern. Terkadang teknologi yang lambat itu akan menjadi usang dalam waktu yang sangat cepat. Terkadang juga teknologi lambat ini bertahan cukup lama sebelum ada penggantinya. Setiap perusahaan yang bergerak dibidang teknologi harus sangat paham dengan hal ini.

Penggunaan dirumah atau pun Small Office Home Office (SOHO) sangat tepat jika memilih printer ini sebagai printernya karena fitur ini mempermudah proses pengaturan printer dalam network dan memaksimalkan investasi penggunaan automation asset perusahaan. Bagi yang membutuhkan penghematan untuk mencetak hampir setiap saat, printer satu ini bisa diandalkan. Sudah banyak yang membuktikannya. Nah, saatnya memilih produk yang Anda butuhkan!

Kelebihan Kamera Digital Canon

Canon adalah sebuah merk dari produk elektronik yang berbasis teknologi digital. Bagi masyarakat Indonesia, sejak tahun 80an lebih mengenal merk ini sebagai produsen mesin foto copy. Hal ini karena pada tahun-tahun tersebut, teknologi belum berkembang secepat saat ini. Ketika era komputer berkembang, perusahaan yang bergerak dibidang optic dan imaging ini mulai melirik bisnis komputer tersebut.

Meski pilihannya bukan sebagai produsen komputer yang kala itu dikuasai oleh beberapa perusahaan komputer besar yang sudah punya nama. Seperti IBM, Compaq, Aplle atau juga Dell. Pilihan Canon adalah membuat produk pendukung perangkat komputer, yaitu printer. Printer adalah piranti pelengkap komputer yang berfungsi untuk mencetak semua yang dikerjakan melalui komputer dan dipindahkan menjadi sebuah hard copy. Bahkan, Canon termasuk salah satu pelopor produsen teknologi printer tinta yang menggantikan teknologi dot matrik yang lebih dulu muncul.

Pada saat bisnis printer mulai jenuh dan banyak pesaing, teknologi yang berkembang di tengah masyarakat adalah kamera digital. Salah satu perusahaan terkemuka dari Jepang ini pun mulai merambah bisnis kamera digital ini. Pilihan yang dilakukannya untuk produk kamera digitalnya pun cenderung lebih spesialis. Canon hanya memproduksi kamera yang bertipe SLR atau Single Lens Reflect. Jenis kamera ini merupakan kamera yang banyak digunakan oleh para fotografer profesional.

Banyak yang beranggapan bahwa untuk produk kamera digital SLR, merk Nikon adalah yang terbaik. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena memang Nikon adalah merk yang sudah lebih dahulu muncul dalam tekhnologi kamera SLR sejak teknologi kamera analog berjaya. Namun hal itu bukan berarti kamera digital merk lain, khususnya Canon tidak memiliki kelebihan. Bahkan, bagi sebagian kalangan lebih memilih produk ini untuk kamera mereka karena beberapa kelebihannya.

Beberapa kelebihan kamera digital SLR produksi dari Canon, di antaranya adalah harga kameranya lebih terjangkau daripada merk Nikon. Bentuknya menarik. Fitur yang ada di dalam kamera Canon, cenderung sederhana dan lebih mudah dioperasikan. Orang yang tidak tahu kamera juga bisa menguasainya dengan cepat. Kamera Canon mudah beradaptasi dengan berbagai merk lensa. Sehingga jika ingin mengganti dengan lensa yang sesuai keinginan, maka tidak terlalu sulit.

Kamera digitalnya selalu dilengkapi dengan mini flash. Sehingga, bisa digunakan untuk membantu pemotretan di tempat gelap, tanpa perlu menggunakan lampu flash tambahan.  Layanan purna jual yang mudah ditemui. Sehingga apabila terjadi sesuatu pada kamera tersebut, kita bisa segera memperbaikinya.

Speak Your Mind

*