Cantik dengan Bedak

Ilustrasi bedak

 

Apa hubungannya bedak dengan zaman modern? Zaman modern semakin memanjakan manusia. Tak hanya di sektor kebutuhan primer saja, kebutuhan sekunder, tersier, bahkan kuartener semakin melengkapi kebutuhan hidup manusia.

Kosmetik bagi sebagian kalangan adalah kebutuhan primer. Tanpa barang-barang pemercantik diri ini, mereka mungkin tak akan memiliki kepercayaan diri. Golongan yang paling membutuhkan barang-barang ini adalah wanita. Akan tetapi, bukan berarti lelaki juga tak memerlukannya.

Ada satu kosmetik dasar yang paling dibutuhkan, yaitu bedak. Serbuk halus ini terdiri atas dua jenis, yaitu serbuk halus tabur dan serbuk halus padat.

Jenis Bedak

1. Loose Powder

Loose powder adalah serbuk halus yang cocok digunakan untuk merias wajah sehari-hari. Hal ini karena serbuk halus ini bersifat ringan dan bila dipakai akan membuat wajah tampak alami. Untuk keperluan khusus, misalnya pergi ke pesta, penggunaan serbuk halus ini dipakai setelah terlebih dahulu wajah diberi pelembap. Hal ini agar serbuk halus ini tahan lama dan wajah tidak cepat mengkilat.

2. Compact Powder

Compact powder adalah suatu bentuk serbuk halus yang dibuat dengan cara di-press. Tujuan dibuatnya serbuk halus ini adalah untuk keperluan kepraktisan dalam membawa serbuk halus ke berbagai tempat. Tentu saja, jika serbuk halus yang dibawa, kemungkinan serbuk halus untuk tumpah akan sangat besar. Selain itu, serbuk halus juga dibuat agar wanita bisa merias wajahnya yang kusam atau mengkilat di mana saja dan kapan saja.

Dalam perkembangannya, serbuk halus ini padat ditambahkan berbagai bahan yang berfungsi sebagai pelembab dan alas bedak. Jadi, dengan hanya memakai serbuk halus, wanita bisa menghemat waktu dalam pemakaian pelembab dan alas serbuk halus.

Bahan Pembuat Bedak

Serbuk halus terbuat dari berbagai macam zat. Akan tetapi, karena dipakai pada wajah, maka bahan-bahan pembuat serbuk halus harus ringan, tidak beracun, tidak berbahaya, dan tidak menimbulkan alergi. Oleh karena itu, bahan-bahan yang ada di dalam serbuk halus harus terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai bahan yang tidak berbahaya.

Bahan utama pada serbuk halus wajah adalah bedak talk. Serbuk halus ini terbuat dari magnesium silikat hidrous yang terkadang mengandung sedikin aluminium silikat. Bahan-bahan tersebut merupakan mineral yang diproduksi dari penambangan batuan talk melalui proses pemecahan, pengeringan, pelembutan, dan pemurnian.

Di samping bahan-bahan di atas, pada pembuatan serbuk halus ini juga bisa ditambahkan berbagai macam zat lain, seperti titanium dioksida dan seng oksida (yang merupakan tabir surya); magnesium stearat; besi oksida (yang merupakan pewarna); minyak jojoba; minyak vitamin E; minyak esensial (yang merupakan pewangi); bismuth oksiklorida; zat anti jerawat; dan lain-lain.

Cara Memakai Bedak Wajah

Untuk pemakaian riasan wajah sehari-hari, usapkan serbuk halus tabur pada kulit wajah secara merata. Hindari mata, bibir, dan lubang hidung. Penggunaan pelembap dan alas bedak sebelum memakai serbuk halus akan membuat efek serbuk halus di kulit wajah lebih tahan lama. Pemakaian pelembap dan alas serbuk halus lebih disarankan ketika Anda akan pergi ke luar rumah.

Untuk pemakaian serbuk halus bisa langsung dipakaikan secara langsung di wajah tanpa pelembab dan alas serbuk halus. Akan tetapi, dalam pemakaiannya diperlukan spons agar serbuk halus menempel sempurna.

Tips Memilih dan Menggunakan Bedak

    • Pilih serbuk halus wajah yang warnanya senada dengan kulit Anda. Warna yang lebih muda akan membuat kulit wajah Anda terlalu terang. Dan hal ini akan membuat warna leher dan kulit wajah tidak sama. Begitu juga dengan warna serbuk halus yang terlalu gelap dari wajah Anda.
    • Gunakan spons atau kuas serbuk halus yang halus agar kulit wajah Anda tidak teriritasi. Usapkan spons atau kuas dari arah bawah ke atas hingga rata.
    • Jika kulit Anda termasuk kulit kering, gunakan selalu pelembap sebelum menggunakan serbuk halus tabur.
  • Jangan terlalu banyak mengulaskan serbuk halus di wajah Anda. Hal ini akan membuat kesan wajah yang artificial (buatan)

Bedak Pemutih Wajah dan Penghilang Jerawat

Saat ini, banyak produsen kecantikan yang menawarkan bedak pemutih wajah dan penghilang jerawat. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keinginan dari kaum hawa untuk mempercantik wajah, yaitu dengan cara memutihkan wajah dan menghilangkan jerawat yang cukup mengganggu penampilan mereka.

Di pasaran, serbuk halus ini dibuat dengan beragam cara dan bahan-bahannya pun bermacam-macam. Ada produsen kecantikan yang membuat serbuk halus untuk pemutih wajah ini dengan ramuan dari bahan-bahan alami yang sudah terbukti khasiatnya menjaga kehalusan kulit dan kecantikan wajah.

Khasiat ini memang bukan isapan jempol semata karena memang sudah banyak yang menggunakannya dan hasilnya sangat memuaskan. Sekali lagi, produk pemutih wajah dan penghilang jerawat memang banyak dipakai untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan wajah kusam dan kasar, serta menghilangkan noda-noda hitam di kulit muka.

Tapi, tidak semua produk pemutih ini aman dipakai. Jadi kita harus hati-hati dalam memilihnya, yaitu dengan cara mengetahui manfaat dan kandungan yang ada di dalamnya.

1. Kandungan dan Manfaat

Secara umum, produk pemutih wajah yang dijual di pasaran luas dibuat dari bahan dan olahan produk alami tanpa mengandung bahan-bahan kimia atau bahan berbahaya yang lain. Serbuk halus pemutih ini juga umumnya mengandung ultra violet whitening yang bermanfaat sekali menghaluskan serta memutihkan kulit wajah. Selain itu, juga menghadirkan efek yang begitu menyegarkan pada wajah Anda.

Manfaat lainnya dari produk pemutih wajah ini adalah dapat membasmi jerawat, menghilangkan noda hitam atau flek, membuat kulit wajah segar sepanjang hari, dan menjadikan kulit wajah Anda lebih cerah dan awet muda.

Selain dapat digunakan oleh kaum hawa, ada juga produk kecantikan pemutih wajah yang bisa difunakan oleh pria. Para pria yang memiliki masalah pada wajahnya dapat memakai produk-produk ini. Hasil dan manfaatnya pun akan sama bila digunakan oleh kaum Adam. Jadi, produk-produk kecantikan untuk pemutih wajah ini bisa juga menjadi solusi untuk pria yang memiliki masalah pad wajahnya, baik itu jerawat, noda hitam, dan kulit muka yang kusam.

2. Cara Pemakaian

Berikut cara umum penggunaan produk pemutih wajah.

  • Umumnya, penggunaan produk ini hanya sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi atau siang hari dan malam hari.
  • Di pagi atau di siang hari, produk ini bisa juga dipakai sekaligus menjadi alas bedak.
  • Sebelum menggunakannya, ada baiknya cuci muka dulu agar hasilnya lebih maksimal.
  • Selama masa penggunaan sebuah produk, disarankan untuk tidak memakai kosmetik wajah produk lain.
  • Bila digunakan secara rutin, khasiat dari peroduk-produk ini baru akan terlihat paling lama sekitar dua minggu atau bergantung juga pada jenis serta tipe kulit seseorang.
  • Produk-produk kecantikan ini selain untuk memutihkan wajah, juga mampu menghilangkan jerawat, menyegarkan kulit, dan menghilangkan noda hitam.

Bedak Menjawab Kebutuhan Wanita

Serbuk halus yang cocok atau bagus untuk kulit wajah Anda ada bermacam-macam. Setuju atau tidak setuju, terlihat cantik sempurna merupakan bagian dari tujuan seorang wanita berdandan. Cantik sempurna diartikan sempurnanya wajah yang dibungkus kulit halus, mulus, bercahaya, dan licin tanpa ada cela satu pun.

Satu-satunya barang ajaib yang dapat menjawab kebutuhan wanita tersebut adalah serbuk halus bernama bedak. Produk kecantikan wanita ini dianggap sebagai peninggalan teknologi modern dan berpredikat sebagai beauty most wanted sepanjang masa. Hanya dengan sekali goresan serbuk halus ini, ketidaksempurnaan wajah Anda akan tertutupi, membuat kulit jadi legbih putih, menyiasati kekurangan, wajah terlihat berkilau, dan cantik alami seperti tidak berdandan.

Bermacam-macam produk dan ramuan serbuk halus ini kini sudah juga bertransformasi jadi sebuah isu bernama flawless finish. Kini, produk kecantikan andalan wanita ini memiliki jenis yang beragam untuk memanjakan kulit wajah, misalnya serbuk halus tembus cahaya, serbuk halus transparan, krim bedak, pelembab, dan lain-lain.

Speak Your Mind

*