Cara Alami Membuat Rambut Sehat

Ilustrasi Cara Alami Membuat Rambut SehatTahukah Anda bagaimana cara alami membuat rambut sehat? Siapa yang tidak senang memiliki rambut yang indah dan sehat? Rambut memang sangat menakjubkan. Namun, banyak orang yang melalaikan perawatan rambut. Jika rambut sudah rusak, baru mulai dirawat. Sikap tersebut sangat disayangkan. Padahal, mencegah lebih baik daripada mengobati. Apakah Anda juga suka merawat rambutmu? Apabila tidak, mulailah dari sekarang. Rambut yang indah dan sehat pasti akan membuatmu dan orang-orang di sekitar kita senang melihatnya.

Rambut mempunyai peran tersendiri bagi setiap makhluk hidup, khususnya manusia. Memiliki rambut berarti memiliki pori-pori. Dari sinilah sebagian kecil kotoran tubuh manusia dibuang. Proses tersebut dikenal dengan istilah sekresi. Kotoran yang dibuang melalui pori-pori itu disebut keringat. Pada manusia, keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh.

Keringat juga merupakan respons dari keadaan emosional. Keringat meningkat dalam keadaan gugup dan mual, serta menurun dalam keadaan demam. Saat kita grogi atau gugup, ada peningkatan aktivitas saraf simpatis dalam tubuh yang juga mengakibatkan kenaikan sekresi ephinerphin dari kelenjar adrenalin. Bahkan saat grogi dan takut, keringat menjadi “keringat dingin” karena aktivitas ephinerphin pun semakin meningkat.

Dengan adanya rambut, aliran keringat dapat dikendalikan. Misalnya, saat kita berolahraga, muncul keringat di dahi. Mungkin ada rasa takut bahwa keringat itu akan mengenai mata. Bersyukurlah karena ada alis mata yang menahan keringat. Rambut memang benar-benar menakjubkan. Menjaga kesehatan rambut, tentu sangat memberikan manfaat bagi kita.

Lalu, kondisi bagaimanakah rambut dinyatakan sehat? Setiap orang pasti menginginkan rambut yang sehat. Namun, tidak ada satu pengertian khusus mengenai rambut sehat. Apabila seseorang kekurangan gizi, warna rambut akan terlihat berwarna kuning. Sementara yang gizinya terpenuhi, rambutnya akan terlihat banyak dan tebal.

Selain itu, kamu bisa mengetahui apakah rambutmu sehat atau tidak berdasarkan hal berikut. Apakah Anda berambut lebat? Apakah rambut Anda halus dan lembut? Apakah rambut Anda berkilau? Apakah rambut Anda mudah diatur? Apakah rambut Anda tumbuh dengan baik? Jika rambut Anda tergolong sehat, mayoritas Anda akan menjawab ’ya’ untuk semua pertanyaan tersebut.

Faktor yang memengaruhi kesehatan rambut berbeda-beda, bergantung pada komposisi setiap rambut dan asupan gizi. Cara tersebut merupakan cara alami membuat rambut sehat. Menjaga asupan nutrisi tubuh merupakan termasuk salah satu faktor yang membuat rambut Anda sehat. Pertumbuhan rambut Anda sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi.

Rambut mengambil nutrisi dari dalam tubuh Anda. Karena itu, makanan bernutrisi seimbang akan berpengaruh baik untuk rambut Anda. Contohnya, kekurangan zat besi dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut karena menurunnya produksi hemoglobin. Hal ini berpengaruh terhadap jumlah oksigen yang dibawa oleh darah. Kekurangan oksigen akan berakibat pada keringnya kulit kepala yang selanjutnya membuat rambut menjadi rontok.

Konsumsi makanan kaya protein dan kalsium sangat dianjurkan karena penting untuk jaringan otot rambut. Kekurangan salah satu protein atau kalsium akan mengakibatkan kerusakan permanen pada rambut.

Perawatan dari luar pun sangatlah penting bagi rambut. Perawatan dari luar tubuh pun dapat membantu menyehatkan rambut seperti melakukan rutin cream bath, memotong rambut secara berkala, serta memberikan minyak atau vitamin khusus baik alami maupun produk pabrikan.

Ada banyak cara alami membuat rambut sehat yang dapat Anda lakukan agar mendapatkan rambut sehat. Anda dapat memakan banyak makanan alami yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan rambut. Selain dimakan, cara alami membuat rambut sehat dapat dilakukan dengan menggunting ujung rambut secara teratur agar ujung rambut tidak bercabang.

Anda juga dapat melakukan perawatan rambut dengan membalurkan bahan alami yang bermanfaat bagi rambut langsung ke seluruh rambut, seperti melakukan cream bath menggunakan bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan, buah, lemak nabati. cara alami membuat rambut sehat ini lebih aman serta hemat biaya karena bahan-bahannya dapat Anda temukan di sekitar lingkungan Anda. Bahan alami tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

• Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk pertumbuhan rambut. Makanlah kacang kedelai secukupnya karena terlalu banyak juga tidak baik.

• Susu

Susu juga merupakan sumber kalsium yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Semua produk susu juga tidak kalah baiknya. Mineral dan vitamin, seperti zink, vitamin B, dan sebagainya juga baik untuk tubuh. Kelebihan vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, atau K dapat merusak fungsi hati karena vitamin-vitamin tersebut mengendap dalam tubuh. Vitamin B diserap tubuh dalam jumlah tertentu dan sisanya dibuang dari dalam tubuh melalui proses ekskresi.

• Gandum

Gandum merupakan sumber makanan kaya vitamin B. Orang-orang yang memiliki masalah rambut bisa mengonsumsi gandum untuk menguranginya.

• Yoghurt

Yoghurt juga baik untuk dikonsumsi ataupun dioleskan langsung pada rambut karena mudah dicerna dan mengandung banyak vitamin B. Selain itu, di dalamnya juga terkandung bakteri yang sangat baik untuk kulit dan rambut.

 Daun seledri

Daun seledri yang kaya kandungan vitamin c dikenal sebagai bahan alami yang menyuburkan, merangsang pertumbuhan, dan mengatasi kerontokan pada rambut. Daun seledri membuat rambut menjadi sehat dan segar. Daun seledri memiliki efek rasa dingin pada kulit kepala. Biasanya daun seledri ditumbuk kemudian diusapkan di kulit kepala dan seluruh bagian rambut Anda. Biarkan beberapa saat baru kemudian dibilas.

• Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin A dan E. Apukat dapat membuat rambut menjadi lembap dan kuat sehingga takmudah patah. Alpukat sangat baik untuk Anda yang memiliki rambut kering. Cara menggunakannya, buah alpukat dihaluskan terlebih dahulu lalu dibalurkan langsung ke .kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih seperempat jam sampai menyerap.

• Kemiri

Kemiri walaupun baunya kurang sedap memiliki manfaat yang sangat bagus untuk menghitamkan rambut. Bertahun-tahun banyak orang yang memakai kemiri untuk menyuburkan rambutnya. Kemiri disangrai kemudian ditumbuk halus. Balurkan ke seluruh bagian rambut seminggu tiga kali.

• Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga sudah lama dikenal bermanfaat untuk rambut. Jeruk nipis dapat menyembuhkan ketombe. Caranya menggunakannya dengan memeras jeruk nipis untuk diambil airnya. Air sari jeruk nipis tersebut kemudian dibalurkan ke seluruh kulit kepala, lebih bagus sambil dilakukan pemijatan (creambath). Setelah itu, diamkan selama kurang lebih satu.

• Lidah Buaya

Di antara tumbuhan lainnya, lidah buayalah tumbuhan yang sangat populer untuk menyehatkan rambut. Lidah buaya dapat mengurangi rambut rontok pelembab rambut alami yang memiliki efek pendinginan. Hal tersebut disebabkan kandungan banyak vitamin dan mineral yang terdapat pada lidah buaya. Oleskan getah lidah buaya langsung pada pada rambut Anda.Biarkan selama seperempat jam.

• Teh Hijau

Teh hijau mengandung pathenol yang dapat mengurangi rambut bercabang. Cara menggunakan teh hijau adalah dengan menyeduhnya dengan air panas kemudian didinginkan. Simpan semalaman di luar rumah agar menjadi basi dan dingin. Usapkan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala lalu biarkan selama seperempat jam. Bilas rambut jika sudah.

• Daun Urang Aring

Daun urang aring terkenal dapat menghitamkan rambut secara alami. Daun urang-aring mengandung banyak nikotina. Anda dapat mengambil beberapa lembar daunnya lalu cuci dan haluskan. Berikan 2 gelas air matang pada daun yang telah dihaluskan. Remas-remas daun dan ambil sarinya. Seperti pada daun teh, embunkan air sari daun urang aring di luar ruangan. Pakailah sari daun urang-aring untuk mencuci rambut dan kulit kepala.

 

Speak Your Mind

*