Cara Bikin Website untuk Bisnis Anda

Ilustrasi cara bikin websiteCara bikin website untuk bisnis online? Ah, gampang itu. Saat ini dunia internet marketing sedang mendapatkan “surga”-nya sehingga orang beramai-ramai memasang produk-produknya di internet dan beramai-ramai pula mempertanyakan cara bikin website. Hubungannya? Sebagai media promo dan jualan online, dong.

Membuat sebuah website terlihat sulit untuk banyak orang. Mereka berpikir bahwa membuat website memerlukan sebuah keahlian khusus yang tidak mudah dipelajari dalam waktu yang instan.

Keuntungan lainnya dengan mengetahui cara bikin website ini, anda bisa menghemat ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk meggaji karyawan. Apa lagi saat ini kemudahan untuk membuat website untu bisnis anda juga banyak yang tersedia dengan layanan tanpa biaya alias gratis. Tanpa biaya anda akan memiliki sebuah website untuk bisnis anda yang siap melayani calon konsumen kapanpun dan dimanapun. Bagaimana bisa gratis? Bersyukurlah karena perkembangan internet yang begitu pesat dan masih banyak orang baik di luaran sana yang menyediakan segalanya yang gratis untuk mewujudkan website bisnis kita. Tentunya jika kita mengetahui rahasia-rahasianya. Oleh karena itu tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak mengonlinekan bisnis kita. Selain semuanya gratis, juga seabrek keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita membuat website untuk bisnis kita. Saya sudah merasakannya! Dan saya sangat ingin anda merasakannya.

Tahukah Anda? Itu pendapat yang keliru! Anda dapat mengetahui cara bikin website dengan mudah dan membuat sebuah website dan menghasilkan banyak uang untuk Anda. Jutaan rupiah dalam sebulan! Caranya? Anda tinggal melihat informasi yang telah disediakan oleh Asian Brain. Bahkan Anda bisa belajar mulai sekarang.

Membuat Web; Dulu dan Sekarang

Adalah benar, dulu, hanya programer dan teknisi website yang benar-benar memahami script saja yang bisa membuat website. Sekarang, Anda tak perlu pusing dengan berbagai bahasa pemrogaman. Anda dapat membuatnya hanya dalam saktu kurang dari sehari tanpa harus memiliki keahlian tertentu.

Internet akan bekerja secara otomatis untuk Anda. Saat Anda ingin membuat sebuah website, Anda akan langsung dibimbing tahap demi tahap untuk mewujudkannya. Anda tinggal mempelajari bagaimana mengoperasikan website yang telah Anda buat.

Unsur Website

Ada tiga unsur utama yang harus Anda ketahui dalam pembuatan website.

1. Domain

Domain adalah nama atau alamat sebuah website yang digunakan orang untuk bisa menuju dan membuka isi website yang Anda buat. Buatlah nama domain yang sesuai dengan konsep bisnis Anda.Salah satu hal yang terpenting dalam mengetahui cara bikin website ini adalah nama domain yang anda supaya anda mengingat nama website anda.

Domain/Domain Name adalah nama unik yang mewakili suatu alamat website sebagai identitas alamat website tersebut. Domain Name atau Nama Domain tersebut selalu terletak setelah tanda “http://” dan biasanya nama domain setelah tanda tersebut ada yang di awali dengan tanda “www.” dan ada yang tanpa “www.” dan kemudian berakhiran extension seperti; .com, .id, .web.id, dan lain-lain sebagai alamat website. Coba perhatikan contoh alamat website misalnya: http://www.lucubanget.com dan http://lucubanget.com. Nah, yang menjadi nama domain alamat tersebut adalah “lucubanget”.

Alamat website pada contoh tersebut tidak akan pernah bisa online dan tidak bisa di akses oleh siapapun jika tidak ada web hosting yang mengaktifkan dan mengelolanya. Oleh karena itu agar alamat website tersebut bisa online dan bisa diakses oleh siapapun dari internet, maka perlu disediakan web hosting, baik itu menggunakan server hosting yang dibuat dan dikelola sendiri maupun dengan cara menyewa web hosting pada perusahaan penyedia layanan web hosting.

2. Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Agar website Anda bisa muncul di internet, file-file website Anda harus disimpan di sebuah server hosting yang seblelumnya sudah dibuatkan websitenya dengan mengetahui cara bikin websitenya.

Hosting berasal dari kata host yang jika pada komputer, host artinya lokasi penyimpanan. Nah, sekarang kita mengambil kesimpulan saja apa arti web hosting itu. Jika menurut kesimpulannya adalah, web hosting merupakan lokasi penyimpanan file di web atau internet dan file tersebut adalah khusus untuk file-file website atau katakanlah file tersebut merupakan organ-organ tubuh website yang dikendalikan oleh server yang dikelola oleh individu atau suatu organisasi/perusahaan tertentu yang bertanggung jawab untuk menjadikan setiap website yang terkoneksi ke dalam jaringannya agar selalu online dengan bantuan komputer yang terkoneksi ke jaringan internet berkecepatan tinggi.

Harga sebuah hosting tentu sangat beragam, bergantung pada fasilitas yang diberikannya. Anda bisa membeli hosting lokal maupun luar negeri.

3. Software Website

Software Website ada yang sumbernya tertutup ada yang terbuka (dapat diambil gratis) seperti wordpress. Anda bisa menggunakannya sebagai software website Anda. Tapi ingat, jangan mengkopi tampilan atau isi website orang lain karena hal itu dilarang. Setelah cara bikin website anda pelajari, maka sebisa mungkin anda dapat membuat website yang anda kehendaki.

Website dan Bisnis Online

Jika Anda sudah siap membuat sebuah website, Anda tinggal menjalankan bisnis online Anda secepatnya. Ya, secepatnya! Atau Anda masih bingung?

Tahukah Anda? Asian Brain telah berkecimpung dalam bisnis online sejak beberapa tahun yang lalu. Bisa dikatakan, Asian Brain adalah pengusung konsep internet marketing yang pertama di Indonesia.

Asian Brain telah membantu banyak orang dalam menjalankan bisnis online-nya. Anda pun bisa belajar bersama Asian Brain untuk mewujudkan raksasa bisnis online Anda.

Cara bikin website memang mudah, dengan begitu kita bisa memangfaatkannya untuk berbisnis online. Website jauh lebih cepat diakses, lebih mudah dimengerti dan efektif dalam hal biaya dibandingkan media  lain. Anda dapat memasang artikel, gambar, detil produk atau segala macam informasi bahkan online store dan peta online yang dapat memandu klien ke kantor anda (dengan bantuan Google Map contohnya). Website dapat menjadi bagian penting promosi perusahaan dan strategi marketing. Pembuatan website perlu menjadi agenda marketing yang serius. Lebih dari itu website dapat meningkatkan bonafiditas perusahaan.

Berikutnya pada artikel ini akan kami rangkum 10 keuntungan mempunyai website

    1. Publikasi bisnis dengan website, jasa dan produk ke jutaan (bahkan miliaran) calon konsumen. Menaikkan penjualan.
    1. Update informasi dengan cepat dan mudah.
    1. Menghemat biaya komunikasi dan administrasi.
    1. Beriklan dan menyampaikan informasi tanpa henti 24 jam sehari. Edukasi klien dan calon klien tentang produk atau jasa yang anda berikan.
    1. Outlet Perusahaan tambahan di dunia maya. Terima order kapanpun.
    1. Brand Awarness dengan cara iklan di website terkemuka atau dengan tukar link.
    1. Mempermudah klien dalam melakukan bisnis. Meningkatkan kepercayaan atas bisnis yang anda berikan. Desain dan isi website dapat mencerminkan keseriusan anda atau perusahaan anda.
    1. Bonafiditas naik. Kartu nama tidak lagi hanya berisi kontak alamat, telepon dan email tapi ditambah dengan alamat website anda.
  1. Resiko kehilangan calon klien atau resiko klien kehilangan informasi dapat lebih ditekan seminim mungkin

10. Menjalin bisnis dengan partner dari luar negeri.

Bisnis online, bagaimana pun akan selalu menguntungkan. Cara bikin website yang kerjanya praktis, tanpa risiko membawa barang-barang Anda. Anda bahkan mampu menjual produk-produk afiliasi dan menghasilkan uang tanpa proses pengiriman atau pembelian barang-barang. Anda hanya tinggal memulainya sekarang!

Tips membuat website:

    • Buatlah website yang unik, yang berbeda dan tidak meniru tampilan yang sudah ada.
    • Perhatikan komposisi warna yang Anda buat. Gunakan corporate colour perusahaan Anda sebagai warna yang dominan.
    • Gunakan tampilan website yang mudah dilihat dan dimengerti oleh pengunjung. Anda cukup memerhatikan kerapian, kebersihan, dan konten yang informatif. Jangan meletakkan template-template yang rumit.
    • Buatlah font tulisan pada website Anda yang mudah dan nyaman dibaca oleh pengunjung. Jangan terlalu kecil atau besar. Anda juga harus menyesuaikan font yang Anda pilih dengan jenis perusahaan. Jangan memilih font semacam comic sans jika perusahaan Anda sangat resmi.
  • Letakkan link secara tepat sehingga dapat dengan cepat dan mudah diakses oleh pengunjung.

Begitulah pembahasan cara bikin website untuk berbisnis oline, semoga bermanfaat!

Speak Your Mind

*