Cara Cermat Beli Mobil Bekas

Ilustrasi beli mobil bekasMemiliki mobil merupakan idaman semua orang. Jika kemampuan kantong mencukupi, tentu tak ada persoalan untuk membeli mobil baru. Namun, jika kondisi kantong tak mendukung, beli mobil bekas bukan sebuah pilihan yang keliru. Membeli atau beli mobil bekas memang semakin marak dilakukan akhir-akhir ini.

Membeli atau beli mobil bekas berbeda dengan membeli mobil baru. Banyak hal yang harus dicermati dan diperhatikan ketika kita berniat membeli mobil bekas. Hal ini karena membeli mobil bekas bisa jadi juga berarti “membeli” persoalan orang lain.

Membeli atau beli mobil bekas sebaiknya pada sahabat, famili, atau orang yang kita kenal dan ketahui kesehariannya. Dengan mengetahui keseharian pemilik mobil, berarti kita juga mengetahui riwayat mobil yang akan kita beli. Dan seandainya suatu saat ada masalah dengan mobil yang kita beli, kita mudah menghubungi orang tersebut.

Namun, tidak selalu ketika ingin membeli mobil bekas, kita bisa membelinya dari orang yang kita kenal, bahkan kemungkinan besar kita harus membeli dari orang yang belum kita kenal atau dari show room. Di sinilah ketelitian dan kejelian kita perlukan.

Beli Mobil Bekas – Mengetahui Harga Pasaran

Sebelum membeli mobil bekas, kita harus tahu apa kebutuhan kita. Jika kita akan menggunakan mobil tersebut untuk kegiatan keluarga, tentu bukan sedan pilihannya, lebih tepat kita memilih MPV (multipurpose vehicle).

Sedan saloon tentu lebih pas untuk ke kantor ketimbang hatchback yang lebih pas untuk bergaya di malam Minggu bagi kalangan muda.

Kita harus mengukur kebutuhan dengan kemampuan kantong kita sebelum membeli mobil bekas. Jangan sampai memaksakan diri untuk mendapatkan mobil yang kita inginkan. Setelah mengetahui kebutuhan dan kemampuan, kita harus tahu harga pasaran mobil tersebut. Ini penting agar kita bisa menawar dengan harga yang tidak menjebak dan kita mendapatkan harga yang ekonomis.

Salah satu yang mempengaruhi harga mobil bekas adalah keberterimaan mobil tersebut di masyarakat. Beberapa merk mobil yang dikeluarkan oleh negara tertentu harga bekasnya jatuh karena masyarakat belum begitu menerima dan percaya dengan merk-merk tersebut, kendati secara kualitas tak perlu diragukan. Ini berarti kita bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga yang ekonomis dan berkualitas baik.

Langkah Awal Sebelum Beli Mobil Bekas

    • Kita harus tahu apa tujuan membeli atau beli mobil bekas. Beli mobil bekas janganlah sembarangan, tentukanlah jenis mobil yang akan dibeli sesuai dengan pemakaiannya. Contohnya, jika membutuhkan mobil untuk menjemput anak sekolah, beli mobil bekas yang menawarkan uang cukup luas. Untuk keperluan mobilitas kerja, beli mobil bekas yang yaman serta berabahan bakar irit. Gaya hidup sangat berpengaruh ketika Anda akan membeli mobil bekas dan jenis mobil itu sendiri.
    • Sebelum beli mobil bekas, tentukan terlebih dahulu fitur-fitur yang harus ada. Contohnya AC, aneka macam power, CD charger, dan lain sebagainya. Tulislah semua fitur-fitur tersebut dalam sebuah list., termasuk fitur keselamatan seperti rem ABS, air bag, child door lock, dan lain sebagainya. Fitur-fitur ini sangat layak dipertimbangkan sebelum membeli mobil bekas.
  • Salah satu hal terpenting sebelum beli mobil bekas adalah masalah finansial atau keuangan. Hitunglah berasa besar kemampuan finansial Anda untuk beli mobil bekas, termasuk di dalamnya masalah uang muka dan pembayaran tip bulannya jika dibeli secara kredit.

Setelah hal-hal di atas, langkah selanjutnya sebelum Anda benar-benar membeli mobil bekas, adalah menentukan tipe, model, dan merek mobil. Lalu, cari tahu kelebihan serta kekurangan dari masing-masing tipe mobil tersebut.

Caranya melalui informasi dari teman yang sudah berpengalaman dalam hal beli mobil bekas, dari situs otomotif atau dari komunitas-komunitas otomotif yang ada di sekitar. Setelah puas mendapatkan informasi dari berbagai sumber tersebut, barulah Anda dapat menentukan mobil tipe apa yang cocok sehingga tidak akan salah dalam membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

Setelah hal-hal nonteknis di atas kita ketahui dan kita telah menjatuhkan pilihan pada mobil tertentu, tips berikut ini penting diperhatikan kletika akan membeli mobil bekas. Tips yang dimaksud adalah:

1. Yang Menyangkut Dokumen Kendaraan

  • Harus dipastikan BPKB, STNK, faktur, dan sebagainya adalah asli dan sah. Bila perlu, cek ke Direktorat Lalu Lintas (Samsat) Polda setempat. Cocokkan data-data teknis pada dokumen dengan kendaraan yang ada yang menyangkut nama pemilik, nomor rangka, nomor mesin, warna kendaraan, dan lain-lain.

2. Yang Menyangkut Fisik Kendaraan

    • Buka kap mesin, cermati apakah ada belt yang aus, pipa yang bocor, atau oli yang berceceran.
    • Hidupkan mesin, periksa apakah semua indikator bekerja dengan baik. Perhatikan asap knalpot, bila berwarna biru atau hitam berarti ada kelainan pada mesin.
    • Periksa sistem safety, mulai dari air bagseat belthead restrainchild seat anchor, hingga struktur atap.
    • Jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera pada odometer. Perhatikan pada dashboard apakah ada bekas-bekas odometer pernah dibuka yang bisa saja dilakukan penjual untuk “mempermuda” data-data pada odometer.
    • Periksa body dan chassis. Caranya, naikkan salah satu roda ke tempat yang lebih tinggi. Kemudian buka dan tutup semua pintu. Jika tidak bisa menutup dengan sempurna, kemungkinan besar mobil pernah mengalami benturan keras atau tabrakan.
    • Periksa bagian yang rawan karat, seperti atap dan talang air, jendela-jendela dan pintu, di balik kaca bagian dalam sebelah bawah, bagian dekat kaca spion dan antena radio, sekitar lampu depan dan belakang, bagian bawah spatbor, bagian bawah belakang, di balik karpet bagasi, dan knalpot.
    • Amati apakah warna mobil masih asli. Cek bagian pinggir karet pintu dan kaca, jika mobil pernah dicat ulang akan terlihat bekas-bekasnya.
    • Sebelum membeli mobil bekas, periksa suspensi dengan menekan masing-masing sisi mobil ke bawah secara bergantian. Bila suspensi masih bagus, sisi yang ditekan akan berbalik naik lebih tinggi dari posisi semula dan turun lagi ke posisi saat awal ditekan.
    • Sebelum membeli mobil bekas, cek keausan ban. Permukaan ban yang tidak rata menunjukkan pada bagian roda dan atau mekanisme suspensi ada yang tidak beres.
    • Jika ada stiker yang dipasang pada body mobil, buka stiker tersebut untuk mengetahui apakah stiker itu untuk menutupi body yang karat atau lecet karena benturan.
  • Lakukanlah test drive sebelum membeli mobil bekas yang diinginkan. Jalankan mobil pada kecepatan 60–80 km/ jam dan rasakan apakah perpindahan gigi halus, kemudi lurus, kondisi rem baik serta stabil saat pengereman, dan ketika menikung tidak “membuang”.

Speak Your Mind

*