Cara Jitu Belajar Menulis Artikel

Ilustrasi belajar menulis artikelBanyak orang yang mengatakan, Belajar Menulis Artikel itu sulit. Percayakah Anda dengan pernyataan itu? Kalau belum tahu teknik untuk belajar, mungkin Anda boleh setuju atau percaya dengan pernyataan itu.

Namun bila sudah tahu metode yang benar, pasti Anda akan mengatakan bila belajar menulis itu mudah, semudah ketika ingin berbicara. Karena menulis pada dasarnya adalah memindah apa yang ingin diomongkan dengan mulut ke dalam bentuk tulisan.

Belajar Menulis Artikel

Jadi pada dasarnya, menulis itu adalah pekerjaan yang tidak memerlukan keahlian tertentu dalam menjalankannya. Yang terpenting adalah Anda mau belajar untuk menulis artikel dengan tekun dan rajin berlatih.

Karena dengan tekun belajar dan giat berlatih Anda akan jadi lebih mudah menemukan ide yang bagus yang dapat menarik minat orang untuk membaca tulisan Anda. Sebab ketika mau menulis, kita jangan menunggu munculnya ide saja. Namun harus mampu mencari ide yang bisa dibuat ke dalam suatu artikel.

Semua pekerjaan, bila ingin lebih mudah dilakukan pasti perlu menggunakan teknik yang benar. Demikian pula untuk menulis. Terutama untuk penulis pemula yang masih belum punya banyak pengalaman, mengetahui teknik menulis atau belajar penulisan artikel dengan benar adalah mutlak. Suatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Hanya saja, untuk menulis artikel ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Sejatinya hal ini sama dengan ketika kita akan menulis apapu itu bentuknya, enath itu fiksi ataupun non fiksi. Hal yang patut diperhatikan adalah bagaimana kita mengembangkan ide utama yang ada di dalam cerita kita.

Perbedaan akan terlihat pada sisi pengembangannya. Jika artikel maka kita harus sanggup untuk mencari segala sumber informasi yang memang valid dan sesuai dengan fakta yang ada, bukan hanya mengada-ada.

Karena memang itulah artikel, memberikan info yang sebenarnya kepada pembacanya. Membeberkan fakta yang ada di dalam berita atau info tersebut. Bisa saja kita memberikan pendapat di dalam tulisan artikel kita namun, hal itu haruslah netral sehingga tak akan melukai perasaan siapapun yang membaca artikel kita.

Bagi sebagian orang, menulis artikel terkesan lebih sulit dibandingkan dengan menulis cerita. Karena jika di dalam penulisan cerita kita tak harus terpaku pada fakta yang akan kita sampaikan.

Dalam penulisan cerita, kita dibiarkan untuk bermain dengan imajinasi kita dalam mengembangkan cerita yang ingin kita sampaikan. Inilah yang membuat menulis cerita terkesan lebih mudah dibandingkan dengn menulis artikel.

Namun, segala hal memang akan terlihat lebih susah di awalnya. Dengan terus latihan dan latihan maka sesuatu itu akan terlihat lebih mudah. Ibaratnya pisau yang terus diasah, lama kelamaan akan menjadi tajam juga. Sejatinya, dalam belajar untuk menulis artikel yang diperlukan hanyalah kemauan yang keras untuk terus menulis dan menulis sehingga kemampuan akan terus terasah.

Cara Jitu Belajar Menulis Artikel

Walaupun kita dapat saja langsung menulis untuk mengasah kemampuan kita dalam menulis. Namun ada beberapa hal yang dapat membantu kita untuk dapat menulis dengan lebih baik lagi. Ibaratnya ketika akan pergi ke gunung untuk mencari kayu, kita butuh bekal pisau ataupun benda tajam yang lain yang nantinya akan kita perlukan untuk memotong kayu yang ditemukan. Akan menjadi lebih sulit lagi jika kita tak membawa apapun.

Berikut ini ada beberapa cara bagus dan jitu untuk belajar penulisan artikel.

1. Jadikan kegiatan menulis itu sebagai suatu kebiasaan

Bila Anda rajin berlatih dan belajar penulisan artikel, maka Anda akan merasakan bila menulis itu makin mudah dilakukan dan bisa merasakan adanya suatu kenikmatan tersendiri ketika tulisan tersebut bisa diselesaikan.

Bisa saja orang menyamakan kebiasaan menulis dengan mengendarai sepeda motor ataupun kendaraan bermotor yang lain. Hal ini awalnya pastilah terlihat sulit. Namun jika kita terus berlatih dan menggunakan kendaraan bermotor tersebut setiap harinya, maka akan terlihat mudah.

Dan jika kita terus menggunakannya setiap harinya maka kita pun akan mengetahui bagian mana saja yang akan memberikan kemudahan kita dalam mengendari atau justru hanya membuat kita merasa tidak nyaman ketika berkendara.

Demikian juga dengan menulis, semakin sering kita menulis maka akan semakin terasah kemampuan ini. Kita akan memiliki kemampuan lebih untuk menghubungkan satu hal dengan hal yang lain. Namun tetap dapat membentuk kesatuan dan keindahan dalam tulisan sehingga memberikan kenyamanan bagi pembaca kita.

Kita memang harus meluangkan waktu entah beberapa saat dalam satu harinya untuk menulis. Hal ini haruslah dilakukan guna membuat kemudahan dalam menulis. Juga untuk membuat kita terbiasa dengan kebiasaan menulis itu sendiri.

2. Membaca dan terus membaca

Apa gunanya membaca?. Salah satunya adalah untuk menambah pengetahuan Anda. Namun bagi yang sedang dalam proses belajar untuk menulis artikel, atau yang sudah bisa sekalipun, kegiatan membaca itu sangatlah penting. Karena Anda bisa tahu tentang ilmu penyusunan kata dan kalimat yang bagus. Selain itu dengan membaca perbendaharaan kata yang dimiliki juga semakin bertambah banyak.

Membaca ibarat input yang kita berikan kepada otak kita. Sedang tulisan yang kita hasilkan adalah output dari hasil pengolahan output yang sudah ada di dalam otak kita. Untuk itu, memangs eorang penulis yang baik tak akan pernah lepas dari kebiasaan membaca.

Dengan semakin sering kita membaca akan membuat kita semakin banyak memiliki bahan di dalam otak dan pikiran kita. Kita pun tak akan mengalami kesulitan untuk dapat memberikan pengembangan terhadap tulisan yang kita buat.s emua bahan sudah tersedia di dalam otak, kita tinggal mengolahnya dengan cantik dan tepat.

3. Setelah membaca, ceritakan pada orang lain

Jika Anda sering melakukan hal ini, yakinlah, kemampuan Anda dalam menulis jika makin meningkat. Karena menceritakan apa yang baru saja dibaca itu sama artinya dengan Anda belajar untuk menulis artikel juga.

Hal ini akan mengasah kemampuan kita untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam hati dan pikiran kita kepada orang lain. Terkadang, ada sebagian orang yang mengalami kesulitan untuk melakukan hal ini. Sulit untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam dirinya kepada oarng lain.

Jika anda termasuk pada golongan ini, maka anda dapat memulai untuk lebih dapat mengungkapkan isi hati anda kepada orang lain. Hal ini akan menjadi bekal kita untuk dapat mengungkapkan isi hati kita melalui media tulisan.

4. Sering melakukan kegiatan yang bernilai positif

Karena hal ini akan membantu Anda agar lebih mudah mencari ide-ide baru yang segar yang dapat dipindah atau dibuat dalam bentuk artikel. Jadi ketika pikiran Anda sedang kusut karena tidak bisa mendapat ide baru, lakukan hal tersebut. Terutama kegiatan yang paling disukai.

Sejatinya, banyak ide di sekitar kita yang dapat dengan mudah kita bawa ke dalam tulisan kita. Karena memang apa yang ada di sekitar kita adalah bahan untuk pengembangan tulisan kita. Jadi, semakin kita sering berada di lingkungan kita maka akan mudah bagi kita untuk mendapatkan ide tersebut.

5. Peka terhadap suatu peristiwa

Ketika ada suatu peristiwa, bagi orang lain mungkin itu biasa saja. Namun ketika Anda bisa menemukan sisi yang lain dari suatu peristiwa dan membuatnya ke dalam suatu artikel, dipastikan akan banyak orang tertarik membaca artikel Anda.

Misalnya Anda melihat ada sebatang pohon yang tumbang atau sedang ditebang. Jika Anda peka pasti bisa menulis artikel yang berhubungan dengan pohon. Misalnya kasus penebangan liar, banjir akibat banyak pohon yang ditebang dan seterusnya. Begitu maksudnya.

6. Selalu bawa buku catatan

Tujuannya adalah, ketika sedang berada di suatu tempat kemudian Anda mendapat ide, agar tidak lupa ide tersebut perlu dicatat. Bila ada waktu yang longgar Anda tinggal mengembangkan ide tersebut. Namun sekarang bila malas membawa buku catatan, bisa menggunakan telephone genggam atau HP. Mengenai teknik atau caranya pasti Anda sudah mengetahui. Jadi tidak perlu dijelaskan.

Semoga tips-tips sederhana ini bisa Anda pelajari dan praktekan. Selamat belajar untuk menulis artikel, semoga bisa menjadi penulis yang sukses dan terkenal dan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan peradaban manusia. Ami

Speak Your Mind

*